Rekomendasi, Ini 10 Browser Anti Blokir yang Aman

Artikel terakhir diperbaharui 20-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Browser Anti Blokir Berselancar di internet saat ini bisa dibilang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita semua. Rasa-rasanya dalam setiap harinya akan selalu ada waktu yang mengharuskan kita untuk mengakses internet. 

Karena dengan melakukan hal ini, seseorang bisa langsung mencari tahu sesuatu dengan lebih mudah, termasuk mengenai berita aktual pada saat itu.

Namun, pernahkah Anda mengalami hambatan pada saat Anda menggunakan browser Anda?

Bukan permasalahan dari kuota internet yang habis maupun permasalahan dari jaringan internet yang tidak stabil, tetapi timbul masalah dari adanya pemblokiran browser.

Penyebab Browser Terkena Blokir

Penyebab Browser Terkena Blokir
Image: Telkomsel Internet Positif.

Pastinya semua orang mengharapkan mereka bisa mengakses browser anti blokir, tetapi apabila sudah terjadi pemblokiran pastinya Anda juga penasaran kan apa yang menyebabkan hal ini terjadi padahal Anda tidak mengakses situs yang aneh-aneh.

Hal ini bisa terjadi karena biasanya Google mencurigai bahwa situs yang Anda akses melakukan hosting download yang dianggap berbahaya, atau berisi spam, atau melakukan praktik yang buruk atau berbahaya bagi Anda.

Bahkan, bisa juga Google mencurigai bahwa handphone Anda akan diretas melalui situs yang Anda akses tersebut, sehingga tidak heran apabila browser yang Anda gunakan mengalami pemblokiran.

Hal ini dilakukan oleh Google karena pada saat dilakukan pemeriksaan halaman, pihak Google menemukan skrip atau file download yang berbahaya, dan melanggar kebijakan seperti konten dan hal lainnya yang ternyata dapat mempengaruhi pengguna.

Setelah terdeteksi bahwa situs yang Anda akses ini bermasalah, maka browser Google akan melakukan beberapa tindakan untuk mengantisipasi hal ini.

Contohnya saja diantaranya adalah dengan menyembunyikan hasil penelusuran Anda tanpa mengirimkan notifikasi kepada sebagai pengakses situs, atau bisa juga dilakukan dengan cara memberikan label berbahaya pada hasil penelusuran atau label tersebut dapat dihilangkan dengan tujuan tertentu.

Atau bisa juga Anda mengantisipasi dengan cara  yang mudah yaitu menambahkan halaman ke daftar situs website berbahaya di Safe Browsing, Dimana Anda akan diberi peringatan tertentu sebelum Anda mengunjungi halaman browser yang terblokir.

Cara Mengatasi Browser yang Terblokir

Apabila Anda mempunyai akses terhadap situs yang terblokir tersebut, maka Anda bisa memperbaiki permasalahan ini dengan beberapa cara, yaitu dengan cara melakukan verifikasi dan pahami masalah yang terjadi pada situs tersebut.

Untuk melakukan verifikasi ini, di sarankan Anda harus mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu di Search Console. Yang mana apabila ada hal yang mencurigakan dari browser Anda, maka akan langsung muncul notifikasi ke akun Anda.

Setelah itu Anda bisa melakukan verifikasi dengan cara membuka Safe Browsing, kemudian Anda bisa mulai ke langkah selanjutnya yaitu memperbaiki masalah yang terjadi. Dilanjut dengan meminta tinjauan evaluasi dari Google akan hasil perbaikan masalah situs Anda.

Kemudian dilanjutkan dengan melakukan verifikasi hasil akhir dari perbaikan masalah di situs Anda. Mudah bukan?

Namun, hal ini hanya bisa dilakukan apabila Anda mempunyai akses terhadap situs tersebut, seperti Anda mengelola blog atau yang lainnya. Namun, apabila Anda bukan pengelola situs tersebut, maka hal yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan browser anti blokir.

Rekomendasi Browser Anti Blokir yang Bisa Digunakan

Rekomendasi Browser Anti Blokir
Image: chrome.google.com

Untuk Anda yang masih merasa kesulitan akan adanya hambatan pemblokiran pada salah satu situs yang ingin Anda akses, maka disini Anda bisa mendapatkan solusi terbaiknya sebagai berikut.

  • Proxy Surf

Yang pertama, Anda bisa mencoba untuk menggunakan browser dari Proxy Surf. Dari namanya pun pasti Anda sudah bisa menebak bahwa browser yang satu ini mempunyai keunggulan dalam proxy-nya.

Yang mana proxy yang terdapat dalam browser ini bisa Anda gunakan untuk membuka situs yang sudah diblokir. Sehingga, Anda tidak perlu menggunakan VPN untuk membuka situs yang terblokir tersebut. 

Keuntungan lainnya yang ditawarkan oleh Proxy Surf ini adalah Anda bisa menggunakan layanan server proxy SSL apabila Anda sudah menggunakan layanan premiumnya.

Dengan menggunakan server proxy SSL ini, Anda akan bisa berselancar di internet dengan lebih cepat dan pastinya aman dalam mengakses situs apapun.

  • Aloha Browser

Aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengakses browser anti blokir adalah dengan menggunakan Aloha Browser. Aplikasi yang satu ini sangat bisa diandalkan untuk digunakan di perangkat telepon Anda.

Karena di dalamnya sudah dilengkapi dengan fitur VPN tetapi hanya akan aktif apabila Anda membuka Aloha Browser, sehingga pada saat membuka aplikasi lainnya VPN tidak akan bisa turut mengaksesnya.

Sehingga, data-data pribadi Anda yang sifatnya sangat penting tidak akan terdeteksi oleh VPN. Sangat ampuh bukan? 

Keunggulan lainnya dari Aloha Browser ini yaitu bisa melakukan pemblokiran pada iklan yang sering muncul pada saat Anda membuka situs tertentu. Kemudian, ada juga fitur lainnya yaitu seperti fitur pemutar media dan VR player.

Anda juga bisa memilih server VPN negara lainnya secara bebas apabila Anda sudah menggunakan layanan premium dari Aloha Browser ini. Untuk layanan premiumnya sendiri, dikenakan tarif 2,99 dolar AS untuk setiap bulannya.

  • Opera Browser

Aplikasi lainnya yang juga bisa Anda coba ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda, yaitu Opera Browser. Bahkan eksistensi browser yang satu ini sudah banyak digunakan sebelum era android hadir.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui tentang perkembangan terbaru dari Opera Browser ini, pastinya Anda tidak akan menyangka bahwa aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengakses situs yang diblokir.

Hal ini dikarenakan Opera Browser versi terbaru sudah menyediakan layanan fitur VPN, sehingga sangat bisa diandalkan untuk mengakses situs yang terblokir.

Untuk tetap melakukan pengamanan pada data-data penting Anda, Anda bisa menggunakan Opera Browser ini dalam mode penyamaran sehingga meskipun VPN diaktifkan, ia tidak bisa mengakses data pribadi Anda. 

Opera Browser ini juga menawarkan fitur lencana keamanan yang mana akan sangat membantu dalam mendeteksi situs yang membahayakan, dan juga melindungi dari adanya malware.

Kemudian, Opera Browser ini juga mempunyai fitur layanan untuk melakukan pemblokiran pada iklan yang muncul, melakukan pemblokiran pada iklan yang tidak diinginkan, dan juga memberikan layanan perlindungan dalam cryptocurrency. 

Selain dapat digunakan di perangkat telepon, Anda juga bisa menggunakan Opera Browser ini di perangkat PC atau laptop Anda. 

Penggunaan Opera Browser di PC juga sangat terbantu dengan kehadiran fitur lainnya seperti fitur VR player, kamera bawaan Opera, battery saver, dan juga terintegrasi dengan Facebook Messenger. 

  • Pokeb Pro

    Pekob Pro
    Image: play.google.com

     

Browser anti blokir lainnya yang bisa Anda coba gunakan adalah dari Pokeb Pro. Selain sangat diandalkan untuk mengakses berbagai situs tanpa takut adanya pemblokiran, aplikasi yang satu ini juga sangat unggul dalam ukurannya.

Pokeb Pro menawarkan ukuran yang relatif kecil, sehingga penggunaan browsernya pun akan terasa lebih ringan apabila dibandingkan dengan yang lain, sehingga tidak akan membuat memori perangkat telepon Anda menjadi penuh.

Pada saat pengoperasiannya pun, Anda akan merasakan keringanan dalam berselancar di internet. Sangat jarang ditemukan Pokeb Pro yang merasakan perangkat teleponnya menjadi lemot pada saat digunakan untuk mengakses suatu situs tertentu.

  • Tor Browser

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda coba gunakan adalah Tor Browser, pasti beberapa orang dari Anda sudah tidak asing bukan dengan browser yang satu ini?

Hampir sama dengan Aloha Browser, pada Tor Browser ini sudah dilengkapi dengan VPN tersendiri sehingga Anda bisa mengakses browser anti blokir. 

Namun, meskipun menggunakan VPN, Anda tidak perlu khawatir akan keamanan data Anda. Karena dengan menggunakan Tor Browser ini, Anda bisa dengan lancar berselancar di internet secara anonim, sehingga Anda akan tetap aman.

Tor Browser ini juga sudah sangat terkenal akan keamanannya yang akan melindungi data pribadi Anda dari adanya pengintaian.

Selain sangat bisa diandalkan dalam mengakses situs yang diblokir atau dibatasi oleh wilayah tertentu, Tor Browser ini juga merupakan satu-satunya browser yang dapat digunakan untuk mengakses suatu situs dengan alamat .onion pada akhirnya.

Tor Browser ini juga bisa Anda gunakan di perangkat PC atau laptop, sehingga meskipun Anda menjelajahi internet melalui perangkat PC, Anda masih bisa mengakses situs-situs terlarang atau situs-situs yang sudah diblokir.

  • Vegas Browser

    Vegas Browser Anti Blokir
    Image: play.google.com

     

Yang selanjutnya, Anda bisa untuk mencoba menggunakan aplikasi Vegas Browser yang merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk digunakan dalam mengakses situs yang berada dalam keadaan terblokir.

Keunggulan lainnya dari Vegas Browser ini adalah Anda bisa dengan mudah mengakses situs meskipun jaringan internet di tempat Anda sedang tidak stabil atau hanya dengan koneksi 3G atau H+ pun browser tidak akan buffering. 

Untuk lebih menjaga keamanan data pribadi Anda pun, Anda bisa berselancar di internet dengan menggunakan mode penyamaran atau secara anonim, sehingga keberadaan Anda tidak akan terdeteksi.

  • Blue Proxy

Browser anti blokir yang selanjutnya yang juga bisa Anda coba untuk digunakan adalah aplikasi Blue Proxy yang sudah menyediakan fitur VPN di dalamnya secara gratis, sehingga Anda bisa mengakses situs yang berada dalam keadaan terblokir.

Agar Anda bisa menggunakan aplikasi ini tanpa mengkhawatirkan data pribadi Anda, maka Anda bisa menggunakannya dalam mode penyamaran supaya riwayat situs yang Anda akses tidak akan terlacak. 

  • BF Browser Anti Blokir

Pilihan lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu BF Browser yang merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini terjadi karena dengan menggunakan BF Browser ini, Anda bisa mengakses berbagai situs yang sudah diblokir oleh Kemkominfo. Hal ini sangat membantu bukan? 

Selain itu, keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu BF Browser termasuk ke dalam salah satu browser yang user friendly. Selain itu, desain yang diusung oleh BF Browser ini juga dinilai sangat bagus, sehingga banyak pengguna yang tertarik.

  • UR Browser

    ur-browser
    Image: ur-browser.com/

     

Selanjutnya, yaitu ada aplikasi dari UR Browser yang merupakan browser anti blokir yang bisa Anda gunakan di perangkat PC.

Hampir sama dengan aplikasi browser yang lainnya, UR Browser ini juga sudah mempunyai fitur VPN tersendiri yang tersedia dalam aplikasinya. Tetapi, meskipun begitu keamanan data Anda akan sangat terjaga.

Hal ini karena dalam UR Browser terdapat fitur privasi yang akan membuat Anda akan aman selama berselancar di internet. 

Keunggulan lainnya dari UR Browser ini juga mampu untuk memblokir iklan yang muncul di situs yang Anda kunjungi. Sistem kerja dari aplikasinya pun bisa dibilang sangat cepat, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya buffering.

Meskipun banyak tab yang terbuka pun, UR Browser ini tetap bisa mengatasi penggunaan sumber dayanya dengan sangat baik sehingga perangkat Anda tidak akan terpengaruh akan adanya banyak tab yang dibuka pada saat berselancar di internet.

Dalam UR Browser juga terdapat fitur yang difungsikan untuk memindai virus dari file-file yang akan Anda download. Bahkan, UR Browser ini juga mampu untuk mendeteksi situs-situs yang bisa dibilang mencurigakan dan membahayakan.

Keunggulan lainnya yang juga sangat diidamkan oleh pengguna adalah UR Browser ini mampu membuat tampilan yang sesuai dengan wallpaper perangkat Anda, sehingga Anda akan merasa seperti menggunakan browser yang biasanya.

  • Epic Privacy Browser

Browser anti blokir lainnya yang bisa Anda andalkan di perangkat PC atau laptop adalah Epic Privacy Browser. Browser yang satu ini sudah sangat terkenal akan sistem privasinya yang sangat mutakhir.

Epic Privacy Browser ini mempunyai layanan VPN-nya sendiri yang bisa Anda akses secara gratis dan tanpa batasan sama sekali. Namun, hal ini hanya dibatasi dalam 8 negara saja.

Keunggulan lainnya dari Epic Privacy Browser ini adalah bisa diandalkan dalam pemblokiran iklan yang muncul di situs yang Anda akses, menghindari pelacak, mengamankan pemindaian sidik jari, serta mempunyai sinyal ultrasound.

Epic Privacy Browser ini juga sudah mempunyai fitur Download manager sendiri sehingga Anda bisa mendownload video maupun audio dengan lebih praktis tanpa harus menggunakan perangkat lainnya.

Keunggulan lainnya yang tidak akan Anda dapatkan dari browser lainnya yaitu Anda bisa melakukan pelacakan harga yang terdapat dalam situs belanja online, sangat membantu bukan?

Yang membuat Epic Privacy Browser ini sangat bisa diandalkan adalah karena sistemnya mengusung penggunaan proyek Chromium, yang mana proyek ini merupakan proyek yang sudah support dengan Microsoft dan Google.

Nah, itulah dia beberapa browser anti blokir yang bisa Anda gunakan baik itu di perangkat telepon seluler, maupun PC atau laptop. Semoga dapat bermanfaat yah Sahabat Tedas.

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *