Pengertian Web Browser, Fungsi dan 4 Contohnya

Pengertian Web Browser – Saat ini kita hidup di zaman yang tidak bisa lepas dari yang namanya Internet. Bagaimana tidak, semua hal sekarang dilakukan online atau dengan internet. Misalnya saja untuk bertransaksi, komunikasi hingga belanja online.

Untuk bisa mengakses halaman internet tentu saja dibutuhkan web browser. Web browser adalah nama lain dari peramban. Orang lain menyebut web browser dengan browser supaya lebih singkat. lalu apa pengertian web browser? dan apa saja macam-macam web browser ini?

Pengertian Web Browser

web browser
Menurut Technopedia pengertian web browser adalah software atau perangkat lunak yang dipakai untuk mengakses, mencari dan juga menampilkan halaman website di internet. Web browser akan menerjemahkan halaman website yang dikirim dengan HTTP atau HTTPS atau juga bisa FTP untuk menjadi konten yang bisa dibaca oleh manusia.

Jadi pada dasarnya halaman website yang anda lihat ini berisi sekumpulan kode khusus yang susah dimengerti dan dibaca oleh manusia, nah dengan adanya web browser inilah yang mengubah semua kode tersebut menjadi sesuatu yang bisa kita baca.

Baca Juga  Cara Memasukkan Video Ke PPT Lengkap Dengan Gambar

Kita ambil contoh website dari Tedas.id ini, sebenarnya website ini disusun dengan sekumpulan kode-kode bahasa pemrograman yang susah dimengerti untuk anda. Nah namun anda bisa mengerti dan membaca apa yang ada di Tedas.id ini karena anda membukanya dengan web browser tertentu.

Fungsi Web Browser

web browser adalah
Selain memiliki fungsi utama sebagai jembatan penghubung antara pengguna dan website. Web browser juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Fungsi dari web browser ini diantaranya adalah:

1. Untuk memberi dukungan akses kepada mesin pencari seperti Bing dan Google.

2. Untuk menyimpan data halaman website tertentu secara offline sehingga bisa dibuka meski tidak terhubung ke internet.

3. Memberikan jaminan bahwa situs yang dikunjungi aman untuk pengguna.

4. Melakukan terjemahan kepada script website sehingga menjadi tampilan yang sangat menarik.

5. Untuk membuka halaman atau situs di internet.

Macam-macam Contoh Web Browser

contoh web browser

Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini banyak sekali macam-macam web browser yang bisa kita pakai dengan beragam kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Mungkin anda hanya tahu beberapa saja seperti Google Chrome, Opera dan juga Mozilla Firefox, padahal masih ada banyak contoh web browser. Macam-macam web browser ini diantaranya adalah :

1. Google Chrome

Google Chrome adalah contoh web browser yang paling populer saat ini. Banyak orang yang menggunakan Google Chrome karena dinilai memiliki kecepatan akses yang tinggi. Ada beberapa fitur yang membuat Google Chrome menjadi pilihan banyak orang seperti fitur Private Mode, multi tab, Mendukung HTML5, Javascript dan CSS3.

Sesuai namanya Google Chrome adalah browser buatan dari perusahaan internet terbesar saat ini yaitu Google. Meskipun memiliki tampilan yang minimalis dan mudah dipahami, Google chrome juga memiliki kelemahan.

Banyak orang menganggap jika Google Chrome adalah browser yang paling boros penggunaan Ram, jadi terkadang laptop atau PC kita menjadi lemot jika terlalu banyak membuka tab di Google Chrome ini.

2. Mozilla Firefox

Selain Google Chrome, Mozilla Firefox atau yang lebih dikenal dengan nama Firefox ini juga termasuk ke dalam browser yang paling banyak digunakan di dunia. Apalagi di Indonesia, terbukti dengan jika anda berkunjung ke suatu Warnet atau Warung Internet pasti kebanyakan dari Komputer di warnet tersebut menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser utama mereka.

Hal ini karena Firefox dinilai lebih aman dan juga memiliki banyak add on yang bisa digunakan untuk meningkatkan performa dan produktivitas kita dalam menggunakan Firefox.

Namun pengalaman saya dalam menggunakan Firefox sedikit lebih lambat dalam memuat halaman website, selain itu Firefox memiliki kelebihan yakni tidak terlalu memakan banyak Ram sehingga anda tidak akan takut PC atau Komputer menjadi lemot menggunakan Firefox.

Baca Juga  Mau Koneksi Gratis? Coba 3 Cara Menggunakan Psiphon Pro Ini

3. Microsoft Edge

Contoh web browser selanjutnya adalah Microsoft Edge. Microsoft Edge sendiri merupakan browser buatan dari Microsoft yang terpasang pada Windows 10. Bisa dibilang browser ini merupakan penerus atau pengganti dari Internet Explorer yang dinilai memiliki banyak kekurangan.

Yang unik dari Microsoft Edge adalah kisah dibalik penamaan browser ini diambil dari pencetus codename Project Spartan. Kelebihan dari Microsoft ini memiliki tampilan yang sederhana namun berkelas dan modern. Selain itu Microsoft Edge memiliki tampilan New Tab yang mengedepankan sisi estetika dan juga fungsi.

4. Opera

Macam-macam web browser yang terakhir adalah Opera. Banyak juga pengguna internet yang memakai browser opera ini. Hal ini karena opera memiliki banyak keuntungan dan kelebihan yang tidak bisa anda dapatkan dari browser lainnya.

Keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan browser opera adalah memiliki kinerja yang lebih cepat dibandingkan dengan browser lainnya. Sehingga dalam memuat halaman website ini opera lebih cepat dibandingkan dengan Google Chrome dan juga Firefox.

Menggunakan Opera juga bisa membantu anda dalam menghemat penggunaan data internet hingga 90%. Dengan begitu kuota internet anda tidak akan cepat habis jika menggunakan browser Opera ini.

Dengan menggunakan Opera anda juga bisa mendapatkan fitur Ad Blocker. Fitur ini bisa membantu anda untuk memblokir semua iklan yang ada pada halaman website.

Nah itulah pengertian web browser dan macam-macam web browser. Masing-masing dari web browser ini tentu saja memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, silahkan anda pilih yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga bisa menambah wawasan sahabat Tedas dan semoga bermanfaat.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *