Spam: Pengertian, Contoh dan 4 Cara Mencegahnya

Spam – Di era modern seperti saat ini spam adalah salah satu kata yang sangat familiar untuk kita. Bagi siapa saja yang beraktivitas atau menggunakan internet sudah pasti pernah mendengar istilah spam.

Lantas apa itu spam? dan kenapa spam sering dianggap sebagai salah satu hal yang mengganggu untuk mengetahui apa arti spam, kali ini saya akan memberikan kepada anda informasi terkait pengertian dari spam itu sendiri.

Sama halnya seperti internet, spam juga mengalami revolusi. Awalnya spam hanya merupakan gangguan yang lama kelamaan berubah menjadi suatu tindakan kriminal. Jika dulu spam dimulai seperti email yang dikirim dengan berbagai eksperimen, sekarang spam bisa menjadi hal yang merugikan untuk kita.

Banyak kita jumpai di media elektronik kegiatan pengiriman data, chat maupun iklan dikirim secara beruntun, tidak lain karena dapat menguntungkan pihak tertentu seperti iklan.

Tidak asing lagi saat kalian berselancar di dunia maya sering kali terdapat banyak pop up yang muncul dan mengganggu para pengguna internet di sisi lain spamming termasuk kategori penyerangan dalam keamanan jaringan dengan konsep melemahkan server lalu menyerangnya disaat keadaan rentan, tetapi dapat diatasi mudah dengan verifikasi captcha pada awal masuk website untuk mendeteksi pengguna asli dengan bot.

Apa Itu Spam?

Apa Itu Spam?
Spam atau juga bisa berbentuk junk mail merupakan penyalahgunaan dari sistem pesan elektronik dengan tujuan untuk mengirim iklan berita dan juga keperluan lainnya untuk dikirim secara massal.

Umumnya spam akan menampilkan berita atau kabar secara bertubi-tubi tanpa diminta dan tidak dikehendaki oleh penerima spam tersebut. Hingga pada akhirnya spam bisa membuat rasa tidak nyaman oleh penerima spam tersebut. Spam adalah kegiatan mengganggu orang lain dengan tujuan tertentu seperti memasarkan produk, memasarkan jasa atau untuk tindakan kejahatan lainnya.

Baca Juga  Studi Kasus: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Banyak dari penyedia kotak masuk email yang menganggap jika spam adalah email masuk yang tidak diinginkan oleh penerima. Namun jika kita melihat dari berbagai macam definisi apa arti spam, maka bisa digambarkan jika spam adalah sekumpulan pesan yang sama dan dikirimkan oleh orang yang sama

Sementara menurut negara yang mempunyai undang-undang terkait spam, definisi paling umum dari spam adalah email komersial yang tidak diminta yang biasanya berisi email menipu atau menyesatkan.

Contoh-Contoh Spam

Contoh-Contoh Spam
Dalam kegiatan positif spam dilakukan untuk mengiklankan suatu produk/jasa tetapi dalam kegiatan negative spam bertujuan lain, seperti bertujuan penipuan dengan pengiriman spam berupa link maupun gambar.

Dan jika kalian klik akan menyebabkan laptop, hp yang kalian gunakan untuk mengakses internet akan terjebak berupa lipsing yang artinya data dari laptop, hp kalian akan digunakan sarana pemeras kalian agar mengeluarkan uang agar data kalian kembali secara utuh. Berikut contoh spam sesuai media yang biasa kalian gunakan.

1. Spam Email

Tenang saja untuk yang satu ini sebab jika kalian mendapatkan spam melalui elektronik mail maka pesan spam sudah dikategorikan di menu spam pada elektronik mail, kami sarankan jangan dibuka jika itu tidak meyakinkan.

Salah satu trik yang dipakai menggunakan jaringan zombie, sebuah jaringan virus yang akan menginfeksi komputer pribadi hingga semua komputer yang terhubung di kantor kalian akan terkena dampaknya. Jaringan zombie bias dicegah dengan kalian berhati-hati dalam mendaftarkan email kalian pada website tertentu.

2. Spam Komentar Di Website

Sering kalian jumpai oleh penggemar artikel online tidak begitu nyaman jika kalian menemukan komentar yang ingin kalian bandingkan dengan opini kalian dan ternyata komentar tersebut berisi spam komentar.

Spam di komentar digunakan agar nantinya website yang kalian baca akan menjadi direkomendasikan oleh mesin pencari dan menjadi yang paling teratas pada kolom pencarian, efek negatif pada pengguna diantara lain tidak akan bisa mengungkapkan opini unik yang dimiliki setiap user.

Baca Juga  Blockchain: Pengertian, Cara Kerja dan Pengunaanya

3. Spam SMS

SMS juga bisa menjadi target dari penyebaran spam. DImana terkadang ada banyak sekali sms yang berisi informasi terkait pengumuman pemenang undian yang juga menyertakan alamat suatu situs sehingga terkadang banyak orang yang dengan mudah percaya begitu saja.

Contoh seperti itu dapat dikatakan sebagai spam karena tentu saja bisa mengganggu orang yang menerima pesan tersebut. Bagaimana tidak mengganggu jika setiap hari kita harus menerima pesan-pesan yang tidak kita inginkan tersebut.

4. Spam Telepon

Selain lewat SMS, Spam juga bisa saja dilakukan melalui telepon. Dimana terkadang kita mendapatkan telepon dari orang yang tidak kita kenal dan mengaku-ngaku sebagai perusahaan atau instansi yang menawarkan jasa atau bahkan terkadang memberikan pemberitahuan bahwa kita memenangkan suatu undian atau hadiah yang didapatkan dari perusahaan tersebut.

Sama seperti dengan Spam SMS, spam telepon juga bisa mengganggu kenyamanan pengguna karena mendapatkan telepon bertubi-tubi.

Bahkan terkadang ada juga yang memanfaatkan spam Telepon untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menghipnotis korban. Seperti yang akhir-akhir ini terjadi dimana ada banyak kasus penipuan atau penghipnotisan yang dilakukan menggunakan media telepon.

Dampak Buruk Kegiatan Spamming

Dampak Buruk Kegiatan Spamming
Dampak positif yang disebabkan oleh spammer tidak begitu banyak, hanya berupa kalian akan merasa merekomendasikan sebuah produk maupun jasa tanpa lelah mencarinya, bisa dikatakan lebih dominan pada dampak negatif pada pengguna, yaitu :

* Terlalu banyak menghabiskan sumber daya yang dipakai, menyebabkan kelambatan jika dipakai dengan definisi perangkat low spesifikasi.

Baca Juga  Sikat Virus, Dengan 7 Anti Virus Terbaik Untuk Android Ini

* Terlalu banyak cache yang tertimbun berefek pada media yang kalian gunakan menjadi sedikit lama saat diakses, kalian dapat menghapus dan membersihkannya tetapi itu cukup menyita waktu kalian dalam menggunakan media elektronik dan dengan kejadian ini membantah media perangkat elektronik dengan jargon cepat dan efisien.

* Perangkat yang kalian pakai sangat rentan terjangkit virus maupun malware yang menyebabkan anomali pada data perangkat dan nantinya akan menimbulkan sedikit bug pada data yang akan kalian diakses.

Cara Mencegah Spam Email

Cara Mencegah Spam Email
Walaupun spam email akan ada terus menerus sampai kapan saja. Namun ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melindungi akun email anda dari spam. Berikut adalah beberapa cara mencegah spam email.

1. Jangan Membalas Email Dari Orang Yang Tidak Dikenal

Apakah anda pernah mendapatkan email dari orang yang tidak anda kenal? Bahkan terkadang mereka juga memakai bahasa asing yang tidak kita pahami.

Terkadang mereka juga menawarkan beberapa produk tertentu yang bahkan sangat jauh dari apa yang saat ini kita butuhkan. Jika begitu sebaiknya jangan pernah membalas atau merespon email tersebut.

2. Jangan Pernah Membeberkan Email Pribadi

Banyak orang yang bisa dengan mudah mendapatkan email pribadi kita dari beberapa sosial media atau website yang kita buat. Untuk itu alangkah lebih baik anda membuat email khusus untuk urusan bisnis dan satu email lagi untuk email pribadi.

Anda tampilkan saja email bisnis pada website atau sosial media anda, dengan begitu email pribadi anda tidak akan mendapatkan spam email.

Baca Juga  Media Sosial: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

3. Menggunakan Fitur Anti Spam

Saat ini ada beberapa layanan email yang memberikan fitur anti spam kepada para pengguna mereka. Untuk itu anda bisa menggunakan fitur tersebut untuk menghindari adanya email spam masuk pada akun anda.

Biasanya jika kita menggunakan fitur anti spam, jika terdapat spam email masuk maka tidak akan masuk pada inbox utama melainkan akan di filter di inbox khusus untuk spam.

4. Hubungi Tim Khusus Untuk Penanggulangan Spam

Apabila serangan spam semakin merajalela dan juga menimbulkan ancaman yang sangat berbahaya seperti mengirimkan virus, malware atau adware. Sebaiknya anda segera menghubungi tim khusus yang bisa menanggulangi spam.

Dengan bantuan tim khusus tersebut anda bisa mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang sedang anda hadapi tersebut. Jangan terlalu menyepelekan spam yang masuk pada email anda karena banyak kasus yang terjadi dimana banyak komputer kehilangan data karena adanya spam email tersebut.

Nah itulah apa itu spam dan bagaimana cara mencegah atau mengatasi spam email. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *