apa itu vpn
Komputer

Apa Itu VPN? Ini Pengertian dan Fungsinya

Mungkin masih banyak di antara Anda yang bertanya-tanya apa itu VPN? Istilah ini mungkin sebenarnya sudah tidak asing lagi ditelinga Anda, namun apa pengertian VPN secara rincilah yang mungkin belum banyak dipahami.

Untuk itu, Anda bisa simak penjelasan di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Mengenal Pengertian VPN

Virtual Private Network atau yang dikenal dengan istilah VPN ternyata sudah ada sejak zaman dahulu. Namun tentu memiliki fungsi yang berbeda di zaman dulu dan sekarang.

Dulu fungsi VPN adalah untuk memudahkan pengguna menggunakan jaringan internet ketika berada di rumah atau kantor. Untuk saat ini, tujuan dari VPN ternyata sudah semakin berkembang.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengakses internet yang terhubung ke kantor atau rumah saja, ini juga bisa mengkoneksikannya secara privasi dan menghubungkannya dengan jaringan remote.

Lalu sebenarnya VPN itu apa? VPN adalah sebuah layanan koneksi internet yang bisa membantu Anda untuk mengakses internet tersebut dengan mudah.

Internet tersebut bisa Anda akses lewat ponsel, tablet, PC atau laptop dengan adanya bantuan dari VPN.

Selain itu jika sedang bepergian ke negara lain, Anda tetap bisa mengakses internet dengan bantuan VPN.

Jadi VPN yang akan membuat jaringan internet ke bentuk server pribadi dan bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Layanan ini tentu akan memudahkan Anda dalam menggunakan jaringan internet.

Kenyamanan Bagi Pengguna VPN

Setelah mengetahui tentang arti VPN, selanjutnya Anda harus memahami apa yang akan didapat jika menggunakan layanan koneksi internet tersebut.

VPN akan memberikan layanan yang sifatnya privasi, sehingga Anda bebas menggunakannya tanpa khawatir adanya gangguan.

VPN juga memberikan banyak lapisan privasi seperti membuka blokir dari beberapa platform untuk menonton film seperti Disney+ Hotstar, Netflix, dan sebagainya.

Selain itu, VPN juga akan memberikan keamanan agar posisi saat Anda mengakses internet tidak diketahui orang lain.

Jika Anda ingin melakukan torrent, bisa dilakukan dengan aman. Selain itu, penggunaan anonim juga lancar. Terakhir adalah tidak ada penyensoran online atas internet yang diakses oleh Anda.

Dengan melihat beberapa kenyamanan yang diberikan oleh layanan VPN, tidak mengherankan jika banyak yang ingin menjadi penggunanya.

Mungkin Anda adalah salah satunya, setelah mengetahui apa itu VPN dan kegunaannya sebagaimana telah diulas di atas.

fungsi vpn

Bagaimana Layanan Koneksi Bekerja

Mungkin Anda penasaran bagaimana cara kerja dari layanan koneksi yang satu ini. VPN sebenarnya memiliki tugas yang tidak terlalu rumit.

Cara kerjanya hanya melakukan sebuah enkripsi sebelum internet tersebut bisa diakses oleh publik misalnya ketika berada di perkantoran.

Jadi enkripsi yang dibentuk oleh VPN ini akan membantu para pengguna untuk menggunakan internet melalui jalur khusus, bukan yang biasa.

Jadi ketika Anda ingin membuka sebuah situs, jaringan internet tersebut akan melewati VPN server terlebih dahulu, dan inilah yang membuat penggunanya aman.

Berbeda ketika tidak menggunakan VPN, apa yang akan Anda akses tidak akan memiliki enkripsi. Enkripsi itulah yang akan mengenali Anda ketika diteruskan ke VPN server.

Dengan cara ini, Anda akan aman ketika mengakses berbagai situs di internet.

Lalu apa yang akan terjadi jika Anda tidak menggunakan VPN? Karena tidak adanya enkripsi, segala bentuk aktivitas Anda bisa dengan mudah diketahui oleh orang lain.

Hal ini termasuk apa saja yang ditelusuri dengan internet, lokasi penelusuran, waktu dan kata sandi. Tentu ini sangat berbahaya bagi Anda.

Karena itulah jika ingin lebih aman, sangat disarankan menggunakan VPN untuk laptop atau device anda. Namun pastikan memilih VPN yang aman juga.

vpn adalah

Kegunaan VPN

Setelah mengetahui cara kerja VPN, sebenarnya apa sih kegunaan menggunakan layanan tersebut? Tentu ada banyak sekali kegunaan yang akan didapatkan.

Berikut ini beberapa di antara kegunaan VPN:

  • Remote Access

Kegunaan pertama adalah remote access. Dengan adanya fungsi ini, Anda bisa mengakses internet tanpa ada batasan dan hambatan.

Anda juga bisa dengan mudah mengakses internet di manapun seperti di kantor, warung kopi, kafe, dan sebagainya.

Walaupun yang Anda gunakan bukan jaringan dalam, tetapi internet akan dengan mudah menangkap bahwa itu adalah milik kantor, jika tempat tersebut menggunakan VPN.

Jadi aktivitas Anda tidak akan dihalangi karena jaringannya sudah diketahui.

  • Data Akan Tetap Aman di Jaringan Publik

Anda tentu sudah memahami apa itu VPN bukan? Ini adalah sebuah jaringan yang akan membantu enkripsi, sehingga ketika Anda mengakses internet, orang lain tidak bisa mengetahuinya.

Nah, itu juga menjadi salah satu kegunaan menggunakan VPN ini.

Data yang Anda miliki akan tetap aman dan tidak mudah diketahui oleh orang lain. Jadi ketika Anda menggunakan jaringan yang disediakan di tempat publik seperti restoran, kantor, hingga warung kopi, data tersebut akan tetap aman.

Walaupun Anda melakukan banyak pertukaran data antar jaringan di internet, itu semua tidak akan mudah dilacak oleh orang lain dan tentunya posisi ketika melakukan penelusuran juga dirahasiakan.

  • Pengenkripsian Data

Sebenarnya apa yang membuat data Anda tetap aman? Ini karena VPN mengenkripsi pertukaran data di internet ketika Anda melakukan penelusuran.

Data yang sudah terbaca oleh VPN akan langsung dienkripsi dan sifatnya dirahasiakan.

  • Enkripsi Informasi di Perangkat

Manfaat selanjutnya ketika Anda menggunakan layanan ini adalah informasi di perangkat langsung dienkripsi.

Dengan demikian tidak akan ada orang yang bisa mengetahui kegiatan dan riwayat penelusuran Anda di internet dengan mudah. Selain itu, posisi Anda juga tidak akan terlacak.

  • Informasi yang Anda Cari Akan Tetap Aman dan Bersifat Anonim

Manfaat terakhir dari penggunaan VPN adalah informasi yang dicari akan langsung diamankan, sehingga sifatnya anonim.

Selain itu lokasi Anda melakukan penelusuran di internet juga akan tetap aman dan tidak mudah diketahui oleh orang lain, sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya.

kegunaan vpn

Hal-Hal yang Disembunyikan Oleh VPN

Fungsi VPN adalah menyembunyikan data pribadi Anda ketika sedang melakukan penelusuran internet. Lalu sebenarnya apa saja yang disembunyikan oleh VPN itu?

Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

  • Lokasi Penelusuran

Anda bisa mengubah lokasi ketika melakukan penelusuran dengan jaringan ini. Tentu saja hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Bahkan menjadi salah satu tugas dari VPN, yakni menyembunyikan lokasi Anda sebenarnya. Anda juga bisa mengakses beberapa situs dari negara lain. Tentu ini akan sangat menarik.

  • Riwayat Penelusuran

Setiap orang yang telah mengakses internet pasti akan muncul historinya di suatu tempat dan bisa dilihat oleh pihak lain.

Berbeda ketika Anda menggunakan VPN. Ini akan menambah tingkat keamanan selama penelusuran dilakukan.

Di sini riwayat penelusuran tersebut bersifat privat. Tempat menyembunyikan riwayat tersebut adalah di Internet Service Provider atau yang biasa disingkat ISP.

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah melihat atau mengecek traffic dari jaringan yang terhubung dengan VPN server tersebut.

  • Aktivitas Internet

Selanjutnya yang disembunyikan VPN adalah aktivitas yang dilakukan ketika Anda sedang berselancar di internet. Jadi ketika Anda masuk ke sebuah situs, tidak akan ada yang tahu tentang hal tersebut.

VPN juga tentu cocok sekali digunakan bagi Anda yang menyukai jaringan torrenting dan Peer to Peer.

manfaat vpn

Kekurangan Menggunakan VPN

Berikut ini beberapa kekurangan dari penggunaan VPN:

  • Koneksi internet yang Anda gunakan tidak bisa secepat seperti tanpa VPN
  • Cukup kesulitan melakukan konfigurasi secara manual
  • Selain koneksi menjadi lebih lambat, kekurangan VPN adalah membuat jaringan menjadi tidak stabil
  • Terdapat batasan bagi para pengguna VPN
  • VPN masih dilarang di beberapa negara dan dianggap sebagai hal yang ilegal
  • Penyedia VPN biasanya akan mencatat data Anda ketika memilih untuk menjadi pengguna
  • Tidak disediakan untuk beberapa jenis perangkat

Kelebihan Menggunakan VPN

Setelah mengetahui daftar kekurangannya, Anda juga harus mengetahui beberapa kelebihan lain dari jaringan ini, selain yang telah banyak dibahas sebelumnya.

Pertama yang menjadi kelebihannya adalah pertukaran data akan tetap dirahasiakan karena sudah terenkripsi.

Selain itu, penggunaan VPN tidak terlalu sulit dan jika ingin bermain game yang hanya tersedia di luar negeri, tentu bisa dilakukan dengan dukungannya.

Selanjutnya, torrenting bisa dilakukan dengan aman dan tidak akan ada sensor saat Anda melakukan penelusuran internet.

Hal yang Mempengaruhi Penggunaan VPN

Hal pertama yang mempengaruhi penggunaan VPN adalah aturan yang berlaku di suatu perusahaan.

Hal ini bergantung pada batasan aturan di perusahaan tersebut karena tidak semua tempat bisa memudahkan akses bagi pengguna VPN.

Terkadang ada sebuah perusahaan yang memiliki peraturan cukup ketat terkait cara menggunakan teknologi tersebut.

Jadi pengguna VPN memang harus mengetahui bagaimana aturan perusahaan dalam penerapan teknologi tersebut.

Selain itu hal kedua yang mempengaruhi penggunaan VPN adalah batasan teknologi.

Maksudnya adalah ada batasan atau limit dalam mengembangkan layanan ini seperti aspek protokol dan enkripsi pada VPN tersebut. Dalam penggunaannya, Anda harus memperhatikan kedua hal tersebut.

arti vpn

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi VPN

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi VPN yang tersedia dan bisa Anda gunakan dan pasang di smartphone.

Namun demikian kualitas, kebijakan, hingga tingkat keamanan data yang dijamin oleh setiap aplikasi ini berbeda-beda. Mengingat akan perbedaan tersebut, tentu Anda harus pintar-pintar memilih aplikasinya.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan VPN antara lain sebagai berikut.

  • Kecepatannya harus tinggi dan memiliki koneksi stabil
  • VPN harus bisa mengakses banyak konten global
  • Enkripsi dan protokol harus kuat
  • Kebijakan privasi dan keamanan bagi penggunanya

Kapan Seharusnya Menjadi Pengguna VPN?

Anda mungkin bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk menjadi pengguna layanan koneksi ini. Hal yang harus Anda pikirkan adalah alasan di balik menjadi pengguna VPN itu apa.

Saat dirasa Anda membutuhkan penyembunyian aktivitas penelusuran dan mengamankan data, Anda bisa mulai menggunakannya.

Lalu ketika dirasa Anda tidak ingin orang lain mengetahui dimana lokasi ketika melakukan penelusuran dan ingin mengakses kontak terblokir, berarti saat itu Anda membutuhkan bantuan dari VPN.

Jika ada salah satu alasan di atas maka kemungkinan Anda membutuhkan VPN tersebut.

Nah, setelah mengetahui banyak hal tentang VPN ini apakah Anda berencana menggunakannya?

Jika iya, pastikan Anda memilih aplikasi VPN yang aman ya, karena hal tersebut juga akan sangat berpengaruh pada keamanan data.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *