Internet: Pengertian, Penemu dan 6 Manfaatnya

Internet – Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan internet? padahal hampir setiap hari kita menggunakan internet, tapi hingga saat ini kita masih belum mengerti atau paham itu internet. Internet saat ini menjadi kebutuhan pokok untuk semua orang, terutama bagi para anak muda yang aktif di sosial media.

Apalagi saat ini sedang marak dilakukan belajar dari rumah atau belajar jarak jauh yang berarti proses belajar mengajar dilakukan secara online menggunakan koneksi internet. Lalu apa yang dimaksud dengan internet?

Apa Itu Internet?

apa itu internet

Saya yakin banyak dari kalian disini sudah tidak asing lagi dengan kata internet. Hampir semua orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa saja sudah tidak asing lagi dengan istilah internet.

Lalu apa itu internet? internet adalah jaringan komunikasi yang menghubungkan perangkat elektronik satu dengan yang lainnya. Standar internet adalah standar internasional yang sudah ditetapkan dan juga dipakai secara global.

Baca Juga  18 Aplikasi Pemutar Video Terbaik dan Kelebihannya

Contoh standar internet adalah TCP/IP atau Transmission Control Protocol atau Internet Protocol. TCP/IP adalah protokol yang digunakan untuk pertukaran paket yang dapat digunakan untuk semua data pengguna internet yang ada di dunia.

Sedangkan istilah dari “internetworking” mengacu pada bagaimana proses atau caranya dalam menghubungkan rangkaian internet sekaligus bagaimana penerapan aturan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Pengertian Internet Menurut Ahli

internetDiatas adalah pengertian internet secara umum atau garis besar. Para ahli sendiri juga sudah berpendapat terkait pengertian dari internet. Berikut dibawah ini sudah saya jelaskan terkait pengertian internet menurut para ahli.

1. Pengertian Internet Menurut Allan

Menurut Allan, internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya dan bisa membaca juga menguraikan berbagai macam protokol komunikasi tertentu yang sering kita kenal dengan istilah TCP/IP.

Protokol tersebut juga mempunyai pengertian lebih lanjut menurut Allan yang merupakan suatu spesifikasi sederhana terkait bagaimana komputer bisa saling berinteraksi satu sama lain.

2. Pengertian Internet Menurut Turban, Rainer Potter

Sementara menurut Turban, Rainer Potter internet adalah jaringan besar yang bisa menghubungkan jaringan komputer yang ada di dunia, mulai dari komputer organisasi pemerintahan, organisasi bisnis, sekolah di seluruh dunia dengan cepat.

3. Pengertian Internet Menurut Supriyanto

Menurut Supriyanto, internet adalah suatu hubungan dari berbagai jenis komputer yang ada di dunia, dengan jaringan mereka sendiri-sendiri dan dengan sistem operasi yang berbeda.

Hubungan ini memanfaatkan kemajuan dari perangkat komunikasi seperti satelit, telepon dan juga memakai protokol standar dalam melakukan komunikasi tersebut.

4. Pengertian Internet Menurut Harjono

Sedangkan menurut Harjono, internet adalah kumpulan dari berbagai komputer bahkan bisa mencakup semua komputer yang ada di dunia untuk saling terhubung dan terkoneksi satu sama lain.

Agar komputer bisa saling terhubung, maka dibutuhkan media yang bisa menjadi penghubung antar komputer di dunia tersebut. Media tersebut bisa memakai kabel atau serat optik. Bisa juga menggunakan satelit atau sambungan telepon.

Baca Juga  Ukuran Foto Instagram: Fitur, dan Tips Bagi Penggunanya

5. Pengertian Internet Menurut Sibero

Menurut Sibero, internet adalah interconnected Network yang merupakan suatu jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain secara global.

Internet sendiri bisa bekerja sama seperti jaringan komputer di suatu kantor atau sekolah. Internet tersebut mencakup jaringan komputer lokal dan juga jaringan komputer yang lebih luas lagi. Internet juga menggunakan protokol komunikasi yang sama yaitu TCP/IP.

6. Pengertian Internet Menurut Sarwono

jenis internet

Selanjutnya menurut Sarwono internet adalah kumpulan jaringan komputer dengan skala global.

Menurutnya, pada awalnya tidak ada orang yang mampu bertanggung jawab menggunakan jaringan internet. Karena pada awalnya internet hanya dipakai untuk kepentingan militer. Namun sekarang internet menjelma menjadi kebutuhan sekaligus menjadi sarana hiburan masyarakat.

7. Pengertian Internet Menurut Onno Purbo

Menurut Onno Purbo internet adalah media yang digunakan untuk lebih mengefisiensikan proses terjadinya komunikasi yang bisa disambungkan menggunakan berbagai aplikasi di internet seperti E-mail, VoIP, dan juga website.

8. Pengertian Internet Menurut Oetomo

Sedangkan menurut Oetomo di tahun 2002, internet adalah singkatan dari international network yang merupakan suatu jaringan dengan skala sangat besar. Jaringan besar tersebut adalah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling terhubung satu dengan lainnya.

9. Pengertian Internet Menurut Drew Heywood

Terakhir adalah pengertian internet menurut Drew Heywood. Dimana menurutnya internet adalah istilah yang digunakan dan muncul pada akhir tahun 1960an.

Saat itu United States Department of Defense atau Dod membutuhkan standar baru yang dilakukan untuk melakukan komunikasi internetworking.

Standar baru yang dibutuhkan ini adalah standar yang bisa menghubungkan berbagai jenis komputer yang ada di DoD dengan komputer miliki kontraktor militer, organisasi penelitian ilmiah di Universitas. Dengan jaringan yang harus kuat, aman dan juga tahan dari kerusakan sehingga bisa dioperasikan dalam kondisi apa saja.

Sejarah Singkat Internet

penemu internet
Image: id.wikipedia.org

Internet adalah salah satu bagian dari perkembangan teknologi di dunia. Dimana dengan adanya internet semua orang bisa dengan mudah mendapatkan berbagai macam informasi dengan cepat dan tepat dari seluruh dunia. Bukan hanya itu saja, internet juga menjadi media hubungan jutaan orang di dunia. Dengan internet banyak orang yang bisa melakukan pekerjaan mereka, mendapatkan hiburan, melakukan komunikasi dan masih banyak lagi.

Dibalik itu semua, apakah anda tahu siapa penemu internet? Mungkin anda tidak menyangka jika internet sudah ada sejah puluhan tahun lalu.

Sejarah internet ini dimulai dari kerja keras banyak programmer, ilmuwan, teknisi yang ada di dunia. Ilmuwan tersebut saling bekerja sama guna menemukan suatu perubahan baru dari dunia teknologi. Salah satu ilmuwan yang sempat memprediksi hadirnya internet adalah Nikola Tesla.

Ide tentang World Wireless System sebenarnya sudah muncul di awal tahun 1900an, kemudian ide tersebut dikembangkan oleh paul Otlet dan juga Vannevar Brush yang akhirnya berhasil membuat sistem mekanis.

Baca Juga  15 Aplikasi Edit Video Terbaik di Laptop Paling Recomended

Selain itu juga berhasil membuat sistem pencarian yang mudah pada buku dan juga media di tahun 1930 dan juga 1940. Perkembagnan internet itu semakin berkembagn besar sejak tahun tersebut, dimana di tahun itu juga pemerintah Amerika menggunakan internet untuk keperluan militer.

Peran internet dalam dunia militer adalah untuk memberi data yang luas sekaligus bisa dengan mudah diakses sama seperti saat ini.

Sistem internet ini berasal dari Semi Automatic Ground Environment atau Sage yang juga dipunyai oleh pihak militer Amerika Serikat. Pemimpin dari Sage adalah J.C.R yang memang mempunyai visi networking secara universal untuk menyatukan umat manusia.

Manfaat Internet

Manfaat Internet
Setelah kalian mengetahui pengertian internet, apa itu internet menurut para ahli dan juga mempelajari sejarah singkat internet

Di segmen terakhir ini saya akan membahas manfaat internet untuk berbagai macam sektor atau bidang. Kira-kira apa saja manfaat internet? Berikut sudah saya jelaskan di bawah ini.

1. Mendapatkan Uang

Saat ini seiring dengan berkembangnya teknologi internet membawa dampak positif atau manfaat untuk manusia. Salah satu manfaat internet untuk manusia adalah bisa digunakan untuk berjualan sehingga dapat menghasilkan uang dari internet.

Bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari internet? misalnya saja dengan menjual barang di marketplace atau dengan menjual jasa di beberapa forum-forum di internet.

2. Media Komunikasi Dan Berbagi

Manfaat internet selanjutnya adalah untuk media komunikasi dan berbagi. Dengan internet, kita bisa berbagi cerita melalui akun sosial media yang kita milik, kita juga bisa saling berkomunikasi dengan teman atau saudara tidak peduli jarak dan waktu. Yang terpenting terhubung ke internet, kita bisa berkomunikasi untuk sekedar chatting atau video call.

3. Pembayaran Dan Belanja Jadi Lebih Mudah

Saat ini sudah ada banyak sekali marketplace atau toko online yang bisa memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Misalnya saja kita ingin membeli baju atau kebutuhan fashion lainnya, cukup dengan pergi ke toko online, pilih barang dan bayar.

Selanjutnya kita hanya tinggal menunggu barang tersebut datang ke rumah kita. Selain itu dengan adanya internet kita juga bisa lebih mudah dalam membayar beberapa tagihan atau pembayaran online lainnya. Sebut saja seperti membayar tagihan listrik, tagihan internet dan tagihan lainnya.

Baca Juga  Sangat Mudah, Ini 3 Cara Install XAPK Step by Step

4. Pemetaan Informasi Dan Alamat

Ingatkah zaman dulu ketika anda sedang bepergian dan tidak tahu alamat? tentu saja anda akan bertanya kepada orang-orang di sekitar kan? nah itu zaman dulu.

Sekarang kita bisa dengan mudah mencari alamat atau rumah seseorang dengan adanya internet. Melalui fitur GPS kita bisa dengan mudah mencari lokasi yang sedang anda cari tersebut.

Misalnya ingin pergi ke kampus UNS, ketik saja lokasi UNS maka anda akan dituntun menuju ke kampus UNS tersebut dengan adanya gps.

5. Media Pembelajaran Jadi Lebih Mudah

Manfaat internet berikutnya adalah mempermudah proses belajar mengajar. Seperti yang sedang kita lakukan saat ini dimana semua aktivitas harus dilakukan secara online atau dari rumah.

Dengan adanya internet tersebut kita bisa belajar dari rumah, mengerjakan tugas dari rumah, absensi kehadiran juga dari rumah. Perkembangan internet membuat banyak munculnya platform e-learning atau pembelajaran digital online yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan proses belajar mengajar secara online.

6. Sumber Informasi Lebih Mudah

Manfaat internet yang terakhir adalah untuk menjadi sumber informasi. Seperti yang sudah kita ketahui sama-sama saat ini. Dimana kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah melalui internet.

Tersedianya portal berita dan juga semakin ramainya sosial media membuat kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi atau berita dari internet. Misalnya saja kita bisa mengetahui kejadian di suatu daerah tertentu karena adanya portal berita yang menuliskan artikel tentang peristiwa tersebut, atau kita juga bisa mengetahui informasi dari update status milik teman kita di sosial media. Bahkan bisa dikatakan internet telah menggantikan tv sebagai media sumber informasi.

Nah itulah pembahasan kali ini tentang pengertian dari internet, apa itu internet, manfaat internet dan sedikit sejarah tentang terciptanya internet zaman dulu hingga sekarang. Semoga bisa menambah wawasan dan semoga bermanfaat.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *