Komputer

Apakah Node JS Bisa Diunggah di Hosting? Berikut Penjelasan dan Panduannya!

Aplikasi web yang menggunakan Node JS mulai menarik minat banyak pengguna karena performanya yang lebih cepat. Namun, perlu diakui bahwa pilihan hosting yang mendukung Node JS masih terbatas.

Salah satu opsi yang dapat kamu gunakan adalah DomaiNesia, yang memiliki penyedia hosting murah serta berbagai pilihan harga domain, seperti domain .id, yang mendukung aplikasi berbasis Node JS. 

Saat ini, proses pengaturan Node JS di layanan hosting menjadi lebih mudah berkat fitur Setup Node JS App yang disediakan oleh DomaiNesia melalui cPanel hosting.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur aplikasi Node JS tanpa kesulitan teknis yang berlebihan. Dengan begitu, Anda dapat lebih fokus pada konten dan pengembangan aplikasi tanpa harus khawatir tentang kendala teknis terkait hosting.

Lalu, bagaimana cara untuk mengunggah Node JS di hosting DomaiNesia? Sebelumnya, kenali terlebih dulu apa itu Node JS dan berbagai kelebihannya.

Mengenal Apa Itu Node JS

Node JS merupakan hasil karya Ryan Dahl yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript dan beroperasi pada sisi server (server-side). Keunikan Node JS adalah kemampuannya berjalan pada berbagai sistem operasi, termasuk Windows, Linux, dan Mac OS. 

Dengan adanya Node JS, proses pembuatan situs web menjadi lebih efisien karena Anda tak perlu berurusan dengan pemrograman dari dua sisi yang berbeda. Cukup dengan JavaScript, Anda dapat mengembangkan situs web yang berfungsi baik di sisi klien (client-side) maupun di sisi server (server-side).

koding

Kelebihan dari Node JS

Salah satu keunggulan utama dari Node JS adalah kemampuannya dalam memproses kode dengan kecepatan tinggi karena adanya Engine V8 yang menjadi compiler JavaScript yang menggabungkan elemen bahasa pemrograman C++ dan terdiri dari tiga komponen inti: optimizer, pengumpul sampah (garbage collector), dan compiler.

Keunggulan lain yang tak kalah menarik dari Node JS adalah kemudahannya dalam pembelajaran. Bagi seorang programmer yang berada pada tingkat junior, adaptasi memerlukan waktu. Hal ini membantu para pemula dalam mengembangkan pemahaman tentang platform tersebut.

Panduan Mengunggah Node JS di Hosting

Sebelum mengatur Node JS di layanan hosting, Anda harus harus memiliki akses ke hosting atau Server melalui SSH. Selanjutnya, Anda hanya perlu memilih menu Setup Node JS App dan mengisi konfigurasi seperti berikut:

  1. Masuk ke cPanel hosting melalui tautan https://namadomain/cpanel, sesuai dengan informasi yang diberikan oleh DomaiNesia mengenai Informasi Account hosting. Untuk panduan tentang cara masuk ke cPanel, Anda dapat membaca langkah-langkahnya di bagian “Cara Login cPanel hosting”.
  2. Setelah masuk ke hosting, Anda akan diarahkan ke dashboard cPanel hosting. Di sini, terdapat berbagai opsi yang dapat Anda pilih. Jika Anda ingin mengatur Node JS, klik menu Setup Node JS App di cPanel. Anda dapat mengetik “nodejs” pada kolom pencarian, lalu klik Setup Node JS App yang muncul dan klik Create Application.
  3. Isi bagian Node JS version dengan versi Node JS yang ingin Anda gunakan. Kami merekomendasikan versi 8.10.0 karena kestabilannya. Pilih mode Production pada bagian Application mode. 
  4. Isi nama folder pada bagian Application root sebagai tempat aplikasi berbasis Node JS. Gunakan nama folder yang sesuai dengan aplikasi yang akan dijalankan. Pilih domain atau subdomain pada bagian Application URL. Pastikan Anda telah mengerti cara membuat subdomain. Biarkan kosong pada Application startup file. Setelah mengisi konfigurasi, klik Create.
  5. Setelah berhasil, jangan lupa untuk mencatat path yang ada, karena akan digunakan untuk mengakses nodevenv atau lingkungan virtual, lalu masuk ke direktori atau folder aplikasi. Anda dapat melakukannya melalui File Manager atau SSH. Selanjutnya, unggah file aplikasi atau buat file nodejs sendiri. Setelah diunggah, restart Node JS terlebih dahulu dengan perintah “touch tmp/restart.txt”.

Kesimpulan

Node JS merupakan suatu platform berbasis JavaScript yang berfungsi di sisi server (server-side). Oleh karena itu, banyak individu yang mulai mengadopsi Node JS sebagai pengganti PHP, ASP, dan teknologi sejenis. Mengamati perkembangan tersebut, DomaiNesia telah menyajikan beragam panduan untuk mengatur Node JS pada server atau hosting Anda. 

Panduan tersebut meliputi langkah-langkah menjalankan Node JS di server, menjaga servis Node JS tetap berjalan tanpa henti dengan mekanisme restart otomatis, dan mengonfigurasi Node JS di hosting agar dapat diakses melalui web browser menggunakan port http/tcp:80. Melalui fitur Setup Node JS App, Anda dapat dengan mudah melakukan pengaturan Node JS di layanan hosting.

Aldy Amrillah

Aldy adalah seorang penulis blog yang berasal dari Bogor, Indonesia. Ia merupakan lulusan jurusan Manajemen informatika dari Universitas Bina Sarana Informatika, ketertarikan dengan dunia menulis artikel dimulai ketika pertama kali bekerja untuk sebuah website lifestyle. Kini, Aldy fokus pada penulisan konten SEO yang mengutamakan pembaca bukan mengutamakan bot, karena kenyamanan membaca adalah poin paling penting yang dibutuhkan pembaca saat ini. Ia memiliki spesialisasi topik tentang dunia teknologi, seperti tips, tutorial hingga pembahasan tentang komputer. Dan saat ini ia bekerja sebagai Seo enthusiast di salah satu website yang membahas tentang dunia teknologi di daerah Jakarta

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cek Juga
Close
Back to top button