7 Cara Belanja Online Dengan Aman dan Nyaman

Cara Belanja Online – Perkembangan teknologi yang semakin canggih ini telah mengubah beberapa hal seperti berbelanja.

Jaman dahulu seseorang yang akan berbelanja harus pergi kesuatu tempat untuk membelinya barang, namun jaman sekarang dengan bermodalkan smartphone anda dapat berbelanja online yaitu berbelanja dimana saja.

Maraknya penjual online atau e-commerce membuat seseorang dapat memilih sesuatu dengan kebutuhan. Namun terkadang banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara belanja online walaupun sekarang fenomena belanja online ini sudah mulai menjamur.

Banyaknya diskon atau promo yang diberikan membuat seseorang lebih memilih untuk belanja secara online. Apalagi sekarang jasa kirim yang digunakan juga semakin terjangkau dan memiliki garansi hingga produk sampai kepada pelanggan.

Namun seseorang yang belum pernah belanja online akan sangat bingung namun berikut ini langkah langkah berbelanja online untuk anda simak.

Cara Belanja Online Lewat Smartphone

Cara Belanja Online Lewat Smartphone

Rata-rata orang yang tidak mengetahui bagaimana cara belanja online saat ini adalah mereka orang-orang tua yang belum paham dengan teknologi saat ini. Rata-rata mereka takut untuk belanja online karena rawan terjadi penipuan.

Anda perlu melakukan hal seperti memilih online shop atau e-commerce yang sudah terpercaya kebenarannya. Anda juga bisa melihat hal tersebut dari testimoni yang diberikan oleh para customer yang telah berbelanja di toko tersebut.

Selanjutnya customer dapat melihat barang apa saja yang dijual dan memiliki barang manakah yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan. Setelah itu customer bisa menghubungi pemilik toko untuk bertanya atau mengonfirmasi produk yang akan dibeli.

Baca Juga: Perbedaan reseller dan dropship

Setelah melakukan pemilihan produk yang tepat anda bisa memilih jasa pengiriman yang akan digunakan untuk mengantarkan barang tersebut menuju anda. Hal ini sangat perlu diperhatikan demi keselamatan produk anda.

Pastikan anda memilih jasa pengiriman yang memiliki asuransi, karena jika paket anda hilang atau rusak pada saat pengiriman anda bisa mengajukan untuk mengganti.

Setelah melalui proses memilih serta mengkonfirmasi, penjual akan mengirim nomor rekening untuk melakukan proses pembayaran. Atau penjual memiliki sistem COD untuk para customer, setelah melakukan pembayaran pastikan anda melaporkan bukti pembayaran ke penjual.

Setelah proses pembayaran selesai penjual akan mengirimkan produk sesuai dengan apa yang dipesan oleh customer ke alamat yang telah diberikan. Penjual akan mengkonfirmasi pengiriman kepada customer.

Setelah pembeli menerima barang, pastikan telah di cek kelengkapan barang apakah ada yang salah dalam pengiriman atau bahkan ada kecacatan dalam produk.

Jika mengalami kecacatan pastikan anda telah mengkonfirmasi penjual agar dilakukan pengembalian produk untuk diganti yang baru dengan ketentuan yang sudah berlaku.

Cara Belanja Online Agar Aman dan Nyaman

Cara Belanja Online Agar Aman dan Nyaman

Terakhir, setelah anda mengetahui bagaimana cara belanja online saya akan memberikan informasi terkait bagaimana sih cara belanja online agar aman dan nyaman.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terkait bagaimana cara belanja online agar aman dan nyaman, berikut adalah beberapa cara belanja online dengan aman dan nyaman.

  • Memastikan Online Shop Dapat Dipercaya

Setiap online shop akan sangat berpengaruh jika ada sebuah review atau testimoni dari para pelanggan.

Hal ini dapat menjadi ukuran kita untuk menilai suatu online shop itu baik atau bahkan tidak. Selain itu anda perlu memeriksa alamat web online shop tersebut untuk memimalisir terjadinya bocornya informasi para pelanggan.

  • Membaca Kebijakan Yang Berlaku

Cara belanja online agar aman dan nyaman berikutnya adalah anda harus membaca kebijakan yang berlaku sebelumnya. Dimana kebijakan yang berlaku ini terkait misalnya seperti refund, atau pengembalian dana.

Hal ini yang sering kali diabaikan oleh para pelanggan karena dianggap tidak penting. Padahal hal ini akan sangat penting bagi kedua belah pihak saat mengalami hal diluar dugaan.

Seperti saat barang yang dikirim mengalami cacat, lalu bagaimana cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

  • Waspada Dengan Barang Murah

Seringkali barang murah menjadikan para customer untuk membeli barang tersebut. Namun tak sedikit customer yang komplain akan hal barang yang tidak original atau bahkan sangat berbeda dengan gambar yang ditunjukkan sebelum dibeli.

Para costumer seharusnya melalui survei tentang barang tersebut secara detail agar tidak menyesal saat barang sudah datang.

Untuk itu jangan pernah tertipu atau terpancing dengan barang yang berharga murah karena barang yang murah kebanyakan adalah barang yang tidak berkualitas.

Walaupun juga tidak semua barang yang dijual dengan harga murah ini tidak berkualitas, namun tentu saja kita harus berhati-hati.

  • Membaca Deskripsi Produk Sebelum Membeli

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh orang-orang yang belanja online adalah mereka tidak membaca deskripsi produk sebelum membeli. Padahal deskripsi produk ini sangat penting untuk kita perhatikan sebab memuat deskripsi dari barang yang dijual tersebut.

Sebelum membeli sebuah produk pastikan anda telah membaca deskripsi dari barang tersebut. Hal ini dilakukan agar anda tidak salah saat memilih seperti ukuran atau warna pada produk.

Jika pada deskripsi produk anda masih mengalami kesulitan anda akan sangat membantu jika anda bertanya langsung kepada customer service sehingga anda bisa puas saat berbelanja.

  • Memilih Pembayaran Yang Aman

Saat anda telah selesai memilih produk anda akan berlanjut pada proses pembayaran, pastikan anda memiliki pembayaran yang aman bagi anda. Anda bisa melakukan pembayaran melalui sistem COD.

Namun jika online shop tersebut tidak menyediakan anda bisa memilih pembayaran menggunakan rekening.

Namun saat ini bisa dibilang semua sistem pembayaran ini aman, jadi anda tidak perlu takut dengan sistem pembayaran apa yang akan anda pilih. Anda bisa menggunakan dompet digital maupun menggunakan atm mobile banking untuk melakukan transaksi tersebut.

  • Menyimpan Bukti Transaksi

Cara belanja online yang aman berikutnya adalah dengan menyimpan bukti transaksi. Setelah melakukan pembayaran pastikan anda menyimpan bukti transfer tersebut. Hal ini dilakukan agar meminimalisir terjadinya kejadian yang tak terduga.

Misalnya saja saat terjadi pengiriman barang yang tidak sesuai dengan barang yang anda pesan. Seperti yang sedang banyak terjadi saat ini, banyak orang yang membeli barang A, namun yang datang malah barang B.

Dengan menyimpan bukti transfer atau bukti transaksi ini tentu saja akan mempermudah anda saat melakukan pengaduan refund atau permintaan pengembalian dana.

Jika anda tidak menyimpan bukti transaksi atau bukti transfer tersebut tentu saja akan mempersulit diri sendiri saat ingin melakukan pengembalian dana tersebut. Untuk itu, selalu simpan bukti transfer atau bukti transaksi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini.

  • Selalu Menggunakan Komputer Milik Sendiri

Saat anda tidak memiliki komputer sendiri, lebih baik anda bertransaksi menggunakan alat elektronik milik anda.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan akun anda saat menggunakan komputer di internet atau punya orang lain.  Anda juga bisa menggunakan smartphone milik sendiri agar transaksi lebih mudah.

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *