vpn untuk laptop
Komputer

4 Pilihan Populer VPN untuk Laptop Saat Ini

VPN untuk Laptop – Di era canggih seperti sekarang ini banyak di antara kita yang menggunakan software VPN untuk menunjang kegiatan dan pekerjaan sehari-hari.

Software VPN yang bisa digunakan di laptop tentunya sangat banyak. Namun sebelum mengetahui berbagai macam VPN, alangkah lebih baiknya bila berkenalan terlebih dahulu tentang apa itu VPN.

Pengertian VPN, Manfaat, dan Cara Kerja VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah jenis dari sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan kita terkoneksi ke jaringan publik sehingga dapat bergabung dengan jaringan lokal.

Dengan cara itulah kita akan mendapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti berada di dalam LAN itu sendiri. Meskipun sebenarnya menggunakan jaringan publik.

vpn untuk komputer

Dahulu kala, Virtual Private Network (VPN) ini dibuat dengan tujuan untuk dapat mengkoneksikan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan dapat mengakses jaringan kantor ke tempat lain.

Namun untuk saat ini, VPN banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh penjuru dunia dengan tujuan supaya mendapat akses ke internet secara aman, pribadi dan tentunya mengakses jaringan melalui jarak jauh.

VPN ini adalah suatu layanan koneksi yang memberikan akses ke website secara aman dan pribadi dengan menggunakan cara yaitu mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran sebuah data.

Mudahnya, VPN (yang biasa disebut dengan VPN server) digunakan untuk mengoneksikan smartphone, tablet, PC ke komputer yang lain dan memberikan izin untuk menjelajah internet menggunakan jaringan komputer internet.

vpn untuk pc

Meski Anda berada di Negara yang berbeda, Anda akan dapat mengakses koneksi negara lain tanpa perlu berada di wilayah negara tersebut.

Salah satu persoalan terkait masalah jaringan internet/IP Publik yakni tidak adanya dukungan yang baik terhadap keamanan.

Padahal IP merupakan kebutuhan dasar bagi sebuah perusahaan untuk melakukan pertukaran data antara rekan perusahaan ataupun kantor cabang.

Hadirnya VPN tentunya untuk dapat mengatasi permasalah tersebut. Perusahaan dapat melakukan pengamatan secara private ke kantor cabangnya dengan melakukan pengamanan terhadap pemancar paket data.

Fungsi Utama VPN

Setidaknya VPN memiliki tiga fungsi utama bagi penggunanya yakni sebagai berikut :

1. Kerahasiaan (Confidentiality)

Jaringan publik tentunya rawan akan pencurian data. Namun teknologi VPN mampu mengenkripsi semua data yang lewat melaluinya.

Dengan adanya teknologi tersebut, maka kerahasiaan data lebih dapat terjaga. Meskipun ada pihak yang dapat menyadap data internet dengan VPN juga tetapi belum tentu bisa membaca data tersebut.

Adanya enkripsi ini orang akan kesulitan untuk mengakses dan membaca isi jaringan data dengan mudah.

vpn untuk ios

2. Keutuhan Data (Data Integrity)

Sebuah data sebenarnya sudah berjalan melintasi berbagai negara yang sangat jauh ketika melewati jaringan internet. Ketika saat perjalanan itulah dapat terjadi gangguan pada isinya, misalnya saja hilang, rusak, atau bahkan dimanipulasi oleh orang yang tidak berkepentingan.

VPN memiliki teknologi untuk menjaga keutuhan dimulai saat pengiriman data tersebut hingga data sampai pada tempat tujuan.

3. Autentikasi Sumber (Origin Authentication)

Kemampuan untuk melakukan autentikasi pada sumber pengiriman data yang akan diterima juga ada di dalam teknologi VPN.

Data yang diterima akan dilakukan pemeriksaan melalui VPN yang kemudian perlu adanya persetujuan terhadap alamat sumber data. Dengan demikian VPN menjamin terhadap keaslian data yang dikirim dan diterima.

vpn untuk laptop terbaik

Dilihat dari fungsinya, VPN tentu saja sangat menguntungkan bagi penggunanya. Selain itu, VPN juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting seperti : remote acces, keamanan, dapat menghemat biaya set up jaringan.

Manfaat VPN yang lainnya adalah ByPass, pengamanan data di jaringan publik, mengamankan informasi pribadi secara anonim, data dienkripsi, dan enkripsi informasi perangkat.

VPN juga banyak mendukung protokol jaringan seperti SOCKS, PPTP, IPSes dan L2TP yang membantu cara kerja VPN untuk memproses otentikasi.

Sederhananya, cara kerja dari VPN yakni dengan melakukan enkripsi pertukaran data bahkan sebelum koneksi di tempat lain atau publik membacanya. Ketika koneksi VPN terhubung dengan internet seperti mengakses internet dengan menggunakan lorong khusus tidak menggunakan jaringan utama.

Meski memiliki fungsi serta manfaat yang cukup baik, VPN juga memiliki kekurangan dan kelebihannya yakni :

Kekurangan : koneksi lebih lambat, koneksi kadang tidak stabil, konfigurasi manual masih cukup rumit, adanya batasan terhadap penggunaan.

Kelebihan : data yang bersifat rahasia lebih aman, dapat mengakses website yang terblokir, identitas IP tidak langsung diketahui, memiliki akses jaringan dari lokasi yang berbeda.

VPN server memiliki tugas untuk melanjutkan koneksi Anda ke situs yang nanti akan diakses. Sehingga koneksi yang dikenal adalah jaringan server VPN bukan dari jaringan yang digunakan pada saat itu.

vpn untuk pc

Jika menggunakan jaringan tanpa VPN maka koneksi dilakukan secara langsung tanpa enkripsi. Sedangkan jika menggunakan VPN, koneksi yang dilakukan akan terenkripsi dan akan terlebih dahulu melalui VPN server.

Pada saat menggunakan VPN (biasanya dalam aplikasi) data akan dienkripsi oleh aplikasi setelah itu dikirimkan melalui ISP dan akan dilanjutkan ke server VPN.

Server VPN akan menjadi perangkat ketiga untuk menghubungkan situs pribadi atau layanan online.

vpn untuk android terbaik

Rekomendasi VPN untuk Laptop dan PC yang Aman

Salah seorang peneliti keamanan siber bernama Kate Vale telah melakukan penelitian terhadap 300 jenis VPN. Namun jenis manakah yang paling aman dan bagus serta bisa digunakan banyak orang?

Faktanya hanya sedikit VPN terbilang bagus yang dapat digunakan pada perangkat Windows.

1. NordVPN

NordVPN adalah salah satu jenis VPN terbaik untuk laptop yang direkomendasikan untuk Windows. Aplikasi NordVPN dapat beroperasi sempurna di semua Windows.

Jenis VPN ini juga dapat digunakan cukup baik pada perangkat android dan iOS. Salah satu contohnya adalah dapat membuka blokir situs Netflix dan BBC iPlayer.

vpn untuk ios

2. Surfshark

VPN dengan jenis ini diperuntukan pada PC dan laptop yang berpusat di Kepulauan Virgin di Britania yang memiliki keunggulan jumlah perangkat dengan akses tanpa batas.

VPN Surfshark cocok jika dipasang di rumah atau di kantor karena kelebihannya yang dapat diakses oleh orang banyak.

3. PrivateVPN

Jika Anda hanya memiliki budget ekonomis tetapi ingin mendapat VPN yang bagus untuk laptop, anda bisa mencoba PrivateVPN.

VPN jenis ini telah tersebar di 159 negara di dunia dan Jakarta termasuk di dalamnya. Memiliki 150 server P2P yang ramah.

vpn terbaik

 4. IPVanish

Lokasi kantornya di Amerika Serikat serta memiliki 1200 server dan telah tersebar di 60 negara di dunia dan 6 diantaranya adalah di Indonesia.

Namun karena lokasi markas besar berada di Amerika Serikat, membuat sebagian orang merasa khawatir terhadap keamanan penggunaan VPN tersebut.

Di zaman sekarang tampaknya tidak heran jika VPN bukan lagi sesuatu yang asing, terlebih dikalangan anak muda untuk mendapatkan akses sebuah website. Apakah anda tertarik untuk menggunakan salah satunya?

Mungkin beberapa jenis VPN di atas dapat dijadikan rekomendasi yang dapat dipertimbangkan untuk keamanan serta kenyamanan anda.

Marita Ningtyas
A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *