Cara Membuat Link Google Drive agar Bisa Diakses Semua Orang

Artikel terakhir diperbaharui 07-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Membagikan data ke banyak orang kini tidak sesulit dulu berkat adanya internet. Jika dulu cara membagikan file adalah dengan menggunakan CD, USB atau bluetooth kini tidak lagi.

Kamu bisa memanfaatkan penggunaan google drive untuk menyimpan file seperti Google document, Spreadsheet, Google Slide dan masih banyak lagi.

Jadi tidak perlu untuk menggunakan program lunak seperti Ms Word atau Excel untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bahkan walaupun file kamu berupa Ms. Word, kamu bisa mengubahnya menjadi Google doc atau langsung membagikannya melalui Google Drive walaupun ada limit storage nya. Lalu supaya kamu bisa membagikan file tersebut, maka tinggal membagikan link saja.

Link Google Drive bisa kamu copy dan bagikan. Bisa juga membagikan dari file atau folder.

Keuntungan dari Google Drive adalah kamu bisa memproteksi file dari orang yang mengaksesnya. Apakah mereka bisa mengakses untuk melihat saja atau bisa mengedit file.

Bagaimana caranya? ikuti cara membuat link Google Drive berikut ini.

Cara Buat Link Google Drive untuk Dibagikan dengan Mudah

Google Drive adalah salah satu layanan dari Google yang sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, kamu akan mendapatkan tempat penyimpanan untuk file yang lumayan besar. Google menawarkan ruang sebesar 15 GB yang bisa digunakan secara gratis.

Jika ingin memiliki ruang yang lebih luas, maka kamu harus membayar. Tapi bagi kamu yang ingin membagikan link saja, ruang sebesar 15 GB sudah sangat cukup untuk upload dan download file di Google Drive.

Di dalam Google Drive sendiri terdapat banyak fitur yang bisa digunakan. Seperti penyimpanan gambar, upload file zip dan juga shared ke gmail lainnya.

Karena shared link ini adalah melalui Google, maka laptop atau PC harus terhubung terlebih dahulu dengan internet.

Selain itu kamu juga harus memiliki akun Google untuk menggunakan layanan ini. Jika sudah membuatnya, kamu bisa mengikuti cara membuat link google drive berikut ini.

  1. Login terlebih dahulu ke dalam akun Google kemudian masuk ke Google Drive. Maka kamu akan diarahkan ke laman Google Drive.
  2. Setelah masuk, lihat bagian pojok kiri atas terdapat ikon + dan tulisan Baru. Klik bagian tersebut maka akan muncul beberapa menu.cara buat link google drive
  3. Klik pada menu Upload File untuk membuka file yang hendak dibagikan.cara membuat link google drive untuk di share
  4. Setelah itu terbuka file dari Explorer, kamu bisa klik dan memilih file yang hendak di share.cara membuat link video google drive
  5. Maka file akan masuk ke dalam Google Drive, kamu bisa klik file yang sudah masuk dan klik kanan maka akan muncul beberapa pilihan. Klik menu Berbagi.link google drive
  6. Maka kamu akan masuk ke pengaturan mengenai pembagian link. pada bagian Tambahkan Orang dan Grup masukan alamat email teman yang hendak dibagikan.bagaimana cara buat link google drive
  7. Setelah itu klik bagian pojok kanan email untuk memberikan akses kepada teman melalui email. Apakah mereka hanya bisa melihat saja, sebagai editor, atau hanya bisa memberi komentar, pilih salah satu saja.bikin link google drive
  8. Setelah selesai, langsung klik Kirim.

Maka teman yang kamu bagikan link akan mendapatkan pemberitahuan melalui email mereka. Isi dari email adalah berupa link yang bisa di klik dan langsung masuk ke akses file tersebut di Google Drive mereka.

Jadi agar cara buat link google drive menjadi lebih mudah, kamu harus memiliki alamat email dari teman yang ingin dibagikan.

Supaya mereka bisa mengakses langsung ke Google Drive dari akun Google yang mereka miliki.

Khusus untuk bagian email, kamu bisa membagikannya langsung ke banyak alamat. Jadi setelah memilih satu alamat, kamu bisa menambahkan alamat kembali.

Cara membuat link google drive untuk dishare juga dikenal sebagai membagikan link secara private.

Namun jika kamu ingin membagikannya secara publik maka ada langkah berbeda yang harus diikuti. Caranya adalah membagikan link secara aktif kepada publik.

Nah, langkah yang harus dilakukan adalah mengaktifkan link agar bisa dibagikan kemudian kamu bisa membagikan linknya.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut ini:

  1. Langkah pertama sama, yaitu buka Google Drive terlebih dahulu kemudian klik menu Baru untuk menambahkan file.
  2. Pilih file yang hendak dibagikan dari explorer dan klik filenya. Maka otomatis akan masuk ke Google Drive.
  3. Setelah file masuk kamu bisa klik file tersebut dengan klik kanan pada mouse. Setelah itu akan muncul beberapa menu. Kemudian klik menu Dapatkan link.cara bikin link google drive
  4. Pada tab baru yang keluar akan muncul opsi Dibatasi dan Siapa saja bisa memiliki link. Pilih Siapa saja bisa memiliki link untuk membagikannya secara public.9. cara membuat link google drive
  5. Jika kamu tekan Selesai maka file tersebut dapat dibuka oleh siapa saja.

10. cara membuat link google drive

Cara untuk membagikan link tinggal copy link URL dengan klik Salin Link pada tab yang tadi muncul. Kemudian kamu bisa membagikannya kepada teman langsung.

Apabila kamu klik menu dibatasi, maka hanya orang tertentu saja yang bisa mengakses file tersebut bahkan hanya pemilik file saja.

Cara Membagikan Link Video pada Google Drive

Bukan hanya file berupa dokumen saja yang bisa dibagikan kepada teman melalui Google Drive. Kamu bisa membagikan banyak sekali jenis file bahkan video. Asalkan ukuran file tidak terlalu besar dan ruang gratis Google Drive masih tersedia.

Cara membuat link untuk dibagikan pun sangat mudah. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Masuk Google Drive melalui browser Google Chrome.
  2. Klik Baru kemudian cari file video dari explorer dan klik agar masuk ke Google Drive.
  3. Tunggu hingga file terupload, semakin besar ukurannya akan semakin lama pula waktunya.
  4. Lanjutkan dengan proses membagikan, klik kanan pada mouse di file yang hendak dibagikan.
  5. Pilih menu Bagikan kemudian masukan nama email dari teman yang membutuhkan file video tersebut. Baru klik Selesai.

Kamu juga bisa membagikan file video tersebut secara publik menggunakan menu bagikan URL setelah file diatur untuk dapat dibuka oleh publik.

Cara membuat link video Google Drive tidaklah begitu sulit karena prosesnya sama dengan membagikan file biasa.

Cara Membuat Short Link Google Drive

Seringkali link yang dibagikan dari URL Google Drive yang tadi telah dicopy terlalu panjang. Tentu saja link yang terlalu panjang seringkali mengganggu. Oleh karena itu kamu perlu memperpendek link tersebut dengan menggunakan bit.ly.

Link yang pendek akan lebih mudah dibagikan dan ringan dibuka oleh browser. Bit.ly adalah penyedia short link yang bisa dimanfaatkan. Jadi jika URL link dari Google Drive dirasa terlalu panjang, kamu bisa memperpendeknya.

Cara untuk memperpendek link Google Drive yang bisa diikuti adalah sebagai berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah masuk ke situs bit.ly dari halaman browser.
  2. Copy terlebih dahulu alamat link URL dari file yang hendak dibagikan. Kemudian kembali lagi ke laman bit.ly.
  3. Pada halaman bit.ly tersebut kamu bisa klik menu ‘’Create’’ dan klik menu ‘’Link’’.short link google drive
  4. Kemudian akan muncul menu untuk memperpendek link URL. Kamu tinggal klik saja link yang tadi telah dicopy. Paste pada bagian Paste Long URLlink di google drive
  5. Apabila sudah selesai, kamu tinggal menambahkan judul baru pada link yang hendak di share. Bisa menggunakan nama pekerjaan atau sesuai dengan file.buat link di google drive
  6. Setelah selesai, maka link pendek sudah selesai dibuat dan kamu tinggal klik copy untuk menyalin link pendek yang baru.

Setelah copy, maka link bisa langsung dibagikan ke teman, juga bisa dengan share link. Hal yang perlu diperhatikan adalah karena menggunakan layanan gratis, maka hasil link bisa berbeda-beda.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang khusus, maka perlu berlangganan bit.ly premium. Kamu bisa langsung mendaftar di situs yang sama untuk bisa upgrade ke versi premium.

Semua cara membuat link Google Drive ini juga bisa loh kamu lakukan melalui smartphone. Pastikan saja akun Google di hp kamu sudah aktif dan memiliki jaringan internet. Semua langkah-langkahnya sama persis dan bisa diikuti.

Nah, dari cara buat link Google Drive ini kamu bisa dengan mudah sekarang membagikan file tanpa harus mengirim melalui email. Mengingat biasanya ada keterbatasan ukuran file yang dikirim.

Jadi kamu bisa membagikan file hingga ukuran beberapa giga kepada teman kerja atau sekolah. Bahkan tidak terbatas dalam membagikan file video. Dengan begitu kamu tidak perlu bingung untuk lagi untuk mengecilkan file terlebih dahulu.

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *