cara mengecek IP komputer
Komputer

Tutorial Lengkap Cara Mengecek IP Komputer

Ip Komputer – IP Address merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh para pemilik perangkat komputer, laptop, maupun smartphone. Pemilik PC Dalam hal ini harus bisa mengetahui cara mengecek IP komputer demi kepentingan keamanan, termasuk pada saat menyambung WiFi.

Setiap komputer mempunyai alamat IP yang berbeda-beda guna memastikan penggunaan perangkat bisa tetap aman. Cara yang bisa dilakukan untuk mengecek alamat IP di komputer juga beragam. Berikut adalah cara yang bisa digunakan untuk mengecek alamat IP di komputer.

Melihat IP Komputer Melalui Network dan Sharing Center

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melihat alamat IP adalah menggunakan bantuan network dan sharing center. Yang harus dilakukan pertama kali adalah klik ikon network dan wifi untuk membuka menu ini.

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan cara ini adalah mengklik bagian Wifi dan memilih opsi view your active network. Selanjutnya, klik opsi detail apabila kotak dialog status wifi sudah muncul untuk network connection details.

Pada kotak dialog network connection detail akan muncul alamat IP komputer yang sedang digunakan. Alamat IP yang muncul ini akan berada pada baris IPv4 address pada kotak dialog network connection. Pastikan bahwa wifi connection dalam keadaan on untuk mengecek IP dengan cara dibawah ini.

Melihat IP Komputer Melalui Network Dan Internet Setting

Network dan internet setting merupakan menu selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengecek IP komputer. Menu network dan internet setting pastinya berada pada bagian pengaturan.

Klik ikon wifi yang berada di bagian kanan bawah toolbar agar bisa mengakses network dan internet setting. Selanjutnya buka menu network properties, lalu scroll ke bawah sampai menjumpai informasi alamat IP pada komputer yang sedang digunakan.

Cara mengecek alamat IP komputer menggunakan network dan internet setting ini tergolong sangat mudah. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan tergesa-gesa saat melakukan scroll down menu properties wifi agar IP komputer dapat segera ditemukan.

cara melihat ip komputer

Cara Melihat IP Komputer Melalui Aplikasi

Aplikasi yang dikembangkan pihak ketiga guna mengecek alamat IP baik di komputer maupun smartphone sebenarnya sangat beragam. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan mudah dengan mendownloadnya melalui Play Store.

Salah satu aplikasi yang bisa diinstall baik di komputer maupun android adalah My IP Address. Kinerja aplikasi ini sangat otomatis, yaitu saat software ini dibuka akan langsung menampilkan IP komputer. Melalui bantuan aplikasi ini, pemilik tidak perlu mengikuti tahapan pengecekan lain.

Pemilihan aplikasi dari pihak ketiga harus tetap memperhatikan keamanannya dan tidak boleh sembarangan menginstal. Cara mengecek IP komputer yang mudah dengan bantuan aplikasi harus diimbagi dengan keamananan agar komputer terhindar dari malware yang berbahaya.

Cara Melihat IP Komputer Melalui Command Prompt

Command Prompt merupakan fitur yang sudah tersedia pada windows di perangkat komputer. Cara untuk bisa memunculkan fitur command prompt adalah menekan ikon windows dan huruf R bersamaan. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Run dan Anda harus mengkliknya.

Tahap berikutnya adalah mengetikkan cmd.exe atau cmd saat dialog dengan label open sudah muncul. Apabila ini sudah dilakukan, selanjutnya klik OK agar fitur command prompt bisa terbuka seutuhnya, sehingga bisa diakses dengan leluasa.

Jendela command prompt yang sudah terbuka akan memunculkan sebuah kotak dialog. Ketikkan “ipconfig” pada kotak dialog tersebut dan tekan enter pada keyboard. Selanjutnya akan muncul wireless LAN Adapter wifi yang merupakan bagian penunjuk alamat IP.

Pada bagian wireless LAN adapter wifi akan terdapat baris IPv4 Address yang menunjukkan alamat IP pada komputer. Cara mengecek IP menggunakan command prompt ini tergolong rumit bagi yang belum terbiasa, sehingga Anda perlu mencobanya berkali-kali jika masih gagal.

cara cek ip komputer

Cara Melihat IP Komputer Melalui Control Panel

Cara cek IP komputer yang berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan menu control panel. Menu control panel ini tentu saja tidak asing dan mudah ditemukan oleh para pengguna windows.

Cara membuka menu control panel adalah melalui menu start dan mengetikkannya di kolom pencarian. Pilih menu network and internet apabila fitur control panel sudah berhasil terbuka.

Selanjutnya klik sub menu view network status and task yang ada pada network dan sharing center. Tahap berikutnya adalah aktifkan sambungan wifi dan klik pada koneksi yang saat digunakan.

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melihat status koneksi wifi dan klik pada bagian details. Lalu akan terlihat detail dari koneksi wifi serta alamat IP dari komputer yang saat ini sedang digunakan.

Pengecekan menggunakan control panel tidak serumit menggunakan cara yang lainnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan lupa untuk menyambungkan perangkat komputer dengan wifi. Perangkat yang tersambung dengan wifi akan memudahkan pengecekan alamat IP.

Cara Melihat IP Komputer Melalui Mesin Pencari

Alamat IP komputer yang sedang digunakan ternyata juga bisa dicek dengan menggunakan bantuan mesin pencari. Cara cek IP komputer menggunakan mesin pencari adalah dengan membuka browser berupa Google atau Bing.

Ketikkan “What is my IP” pada kolom pencarian di Google atau Bing dan selanjutnya tekan enter. Selanjutnya hasil pencarian dari kata kunci yang sudah dimasukkan tersebut akan secara otomatis menampilkan alamat IP public dari komputer.

Mesin pencari yang bisa digunakan untuk mencoba cara ini antara lain adalah Google, Bing, dan DuckDuckGo. Apabila komputer masih menggunakan Yahoo, maka cara ini belum bisa dicoba karena mesin pencari tersebut masih belum mendukung fitur pencarian IP secara otomatis.

Alamat IP yang ditampilkan oleh mesin pencari sesungguhnya berasal dari modem atau koneksi yang saat ini sedang aktif pada perangkat komputer. Alamat IP yang ditampilkan adalah address eksternal atau publik milik komputer.

Bagaimana Cara Melihat IP Address Di Perangkat Android?

Perangkat android juga mempunyai alamat IP yang penting untuk diketahui. Hal yang perlu dilakukan untuk melihat IP address di android tidak jauh berbeda dengan cara cek IP di komputer. Berikut dibawah ini adalah cara yang bisa dilakukan guna mengecek alamat IP di perangkat android.

  • Melalui Menu About Phone

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek alamat IP di perangkat android adalah menggunakan menu about phone. Buka fitur setting pada android dan scroll hingga menemukan menu about phone.

Klik pada menu about phone dan secara otomatis akan muncul IP address pada perangkat android yang sedang digunakan. Pahami setiap menu pada setting agar pencarian alamat IP ini bisa dilakukan secara cepat.

  • Melalui Setting WiFi

Alamat IP pada android juga bisa dilihat dengan memanfaatkan menu setting wifi. Buka menu setting dan pilih connection wifi. Selanjutnya klik pada jaringan wifi yang saat ini digunakan atau tersambung pada perangkat Android.

Koneksi wifi tersebut selanjutnya akan muncul detail mengenai sambungan jaringan yang saat ini digunakan. Di samping itu, menu details ini juga akan menujukkan alamat IP pada perangkat android.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *