Fungsi, Jenis dan Pengertian Printer Yang Wajib Kita Tahu

Pada perangkat komputer terdapat istilah printer yang pastinya sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Printer adalah piranti komputer yang mempunyai nama asli peripheral device.

Kebanyakan orang lebih akrab dengan istilah printer dibanding bahasa aslinya tersebut.

Bentuk dari peripheral device juga variatif, tergantung kebutuhan pengguna komputer, tapi kebanyakan penggunaanya lebih ke piranti luar komputer yang akrab disebut printer itu.

Berikut ini penjelasan dan informasi lengkap mengenai printer yang harus diketahui para penggunanya.

print kertas

Pengertian Printer

Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen atau file. Istilah printer sendiri diambil dari kata print yang memiliki arti cetak.

Printer juga bisa disebut sebagai alat luar penunjang agar soft file bisa menjadi hard file. Pengertian printer ini secara langsung telah memaparkan fungsi keseluruhannya.

Printer pada dunia elektronik juga selalu mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan dan peluang yang dimiliki.

Salah satu contoh printer yang terkenal di era sembilan puluhan adalah jenis produk yang menunjang kerja komputer sebagai perangkat keras luar.

Menurut beberapa ahli, printer adalah piranti peripheral bagian luar karena letaknya pasti di luar perangkat komputer. Berkat adanya printer ini, aktivitas manusia untuk menulis dokumen sudah digantikan oleh percetakan. 

digital print

Pada era modern saat ini semua hal dibuat lebih praktis. Printer juga telah mengalami modifikasi yang semakin komplit lagi.

Saat ini, printer juga mempunyai ukuran dan tingkat ketelitian yang berbeda-beda pada setiap jenisnya. Hal itu tergantung kebutuhan pengguna.

Salah satu contoh printer adalah epson 18. Printer semacam ini banyak dipakai pengguna komputer yang berkebutuhan mencetak dokumen supaya lebih praktis. 

Di zaman dahulu, mesin ketik sudah bisa menghasilkan tulisan dalam bentuk hard file secara langsung. Kalau sekarang, tentu harus memakai alat bantu berupa printer ini.

printer kantor

Fungsi Printer

Masyarakat pada umumnya menyukai pekerjaan yang cepat selesai dan tidak menguras banyak tenaga. Salah satu pekerjaan yang mungkin menyita waktu adalah menyalin file sebuah data.

Pada zaman seperti ini pekerjaan rumit seperti itu tidak perlu lagi dilakukan dengan manual karena sudah ada alat cetak file.

Alat cetak dokumen yang biasa disebut printer ini memang mempunyai fungsi sebagaimana namanya, yakni untuk mencetak data.

Nah berikut ini beberapa fungsi dari printer secara rinci yang bisa menambah wawasan Anda mengenai perkembangan teknologi pencetak dokumen.

  • Mencetak File

Fungsi printer ini akan memudahkan pengguna memperoleh data asli berupa hard file yang sesuai dengan data soft file yang dimilikinya.Printer biasanya digunakan mencetak dokumen seperti surat, laporan, makalah, arsip dan masih banyak lagi. 

Kebanyakan file yang bisa dicetak dengan alat modern ini berupa salinan dari microsoft word, excell, power point, PDF dan sejenisnya.

printer profesional

Penggunaan printer untuk mencetak file ini bisa memudahkan pekerja administrasi yang bekerja di bidang kearsipan dalam menyusun dan mengolah data secara efisien.

Dokumen yang sudah dicetak dengan printer akan secara otomatis muncul dari alat print yang didalamnya sudah disediakan kertas kosong. Pencetakan file ini bisa dilakukan dengan mensinkronkan printer dengan komputer agar dokumen yang dikehendaki bisa keluar dalam bentuk fisik.

  • Mencetak foto
Baca Juga  Aplikasi: Pengertian, Fungsi dan Jenis Klasifikasinya

Alat cetak ini selain berfungsi untuk mencetak berbagai dokumen juga bisa dipakai untuk mencetak foto maupun gambar dari media lain.

Fungsi printer tersebut berasal dari ketelitian alat tersebut membaca warna pada sebuah file dan selanjutnya ditorehkan pada sebuah lembaran yang dimasukkan ke dalamnya. 

Kerja printer akan secara otomatis mendeteksi apapun yang diperintahkan untuk dicetaknya. Bentuk gambar dan foto yang dicetak bisa menyesuaikan keinginan pengguna berdasarkan file.

Pengaturan ketelitian printer untuk menjalankan fungsinya ini juga bisa diatur dari komputer pengguna secara langsung.

Hanya saja, kebanyakan printer hanya berfungsi untuk mencetak file data saja karena untuk menjalankan fungsi mencetak gambar dan foto memerlukan ketelitian lebih tinggi. Supaya fungsi ini tetap berjalan biasanya pengguna memilih printer yang revolusi dan orientasinya lebih maksimal.

printer dan komputer

  • Mencetak Banner Dan Mencetak Spanduk

Fungsi selanjutnya adalah untuk mencetak banner dan spanduk. Hanya sedikit orang yang tau jika alat yang digunakan untuk menjadikan banner dan spanduk juga adalah printer.

Biasanya printer seperti ini dibuat khusus karena fungsinya yang berkaitan dengan media yang berukuran besar.

Percetakan banner dan spanduk biasanya memakai kertas dan bahan yang berbeda dengan pencetakan dokumen biasa, makanya dibutuhkan printer yang lebih kuat. Alat semacam ini oleh masyarakat disebut plotter dengan resolusi dan ketelitian lebih tinggi, serta lebih berkualitas dibanding percetakan kertas biasa.

Fungsi alat printer semacam ini adalah memudahkan pengguna membuat berbagai jenis file digital bisa terekam dengan baik.

Kebanyakan orang yang membuka jasa percetakan banner dan spanduk ini juga mengandalkan mesin printer yang terbaik agar tahan lama.

  • Mencetak Stiker Dan Untuk Menyablon

Fungsi dari alat print berikutnya adalah untuk  mencetak stiker sekaligus menyablon. Percetakan media seperti ini biasanya menggunakan alat khusus warna akrilik. 

Penggunaan media warna print seperti ini dilakukan supaya file tetap terdeteksi walaupun menggunakan media kain, kaca atau bahan lain sebagai landasan sablon.

Penggunaan printer untuk mencetak striker dan menyablon ini merupakan terobosan baru dalam dunia percetakan.

jenis printer

Media mencetak stiker dan menyablon dulu dilakukan secara manual dan memerlukan waktu yang cukup lama dari pada alat print yang sudah modern.

Kegunaan alat print ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat akan pakaian dan aksesoris berupa stiker yang semakin banyak.

Print yang dimodifikasi untuk percetakan semacam ini bisa memudahkan produsen membuat barang lebih cepat dan efesien sekaligus menghemat budget.

  • Melakukan Scanner
Baca Juga  Cara Memasukkan Video Ke PPT Lengkap Dengan Gambar

Seiring perkembangan dunia teknologi, baru-baru ini fungsi printer bukan hanya mencetak data dari soft file menjadi hard file tapi juga sebaliknya. Fungsi yang seperti ini biasanya disebut dengan print scanner. Printer seperti ini mempunyai kemampuan untuk mendeteksi data hard file dijadikan bentuk soft file.

Saat ini pengumpulan tugas dan laporan tagihan bukan hanya berupa bentuk fisik saja. Biasanya lembaga memerlukan bentuk digital, sehingga alat scan ini bisa mempermudah penyajiannya. Melakukan scan dengan alat print ini membuat pekerjaan seseorang lebih efisien, sesuai kebutuhannya.

Kebanyakan printer semacam ini ada di perkantoran karena banyak sekali dokumen yang memerlukan arsip baik secara fisik maupun soft file. Printer untuk scan ini bisa digunakan untuk seluruh dokumen. Alat ini juga bisa untuk scan foto dan gambar.

  • Meningkatkan Fungsi Menganalisa Dokumen

Fungsi terakhir dari printer adalah untuk meningkatkan fungsi dalam menganalisa sebuah dokumen. Fungsi ini kebanyakan dikaitkan dengan kemampuan seseorang dalam menganalisa dokumen secara langsung dimana ada yang teliti dan ada yang kurang.

Adanya printer bisa menambah kemampuan meneliti dokumen secara spesifik dibandingkan dengan memakai mata telanjang. Alat ini akan meningkatkan fungsi ketajaman indera penglihatan. Sistem analisa dari printer yang bisa lebih detail ini hanya ditunjang sistem dan pewarnaan yang terstruktur. 

pengertian printer

Perbedaan Jenis Printer

Pengguna printer pasti juga paham jika jenis printer berbeda-beda tergantung jenis teknologi maupun fungsinya.

Kebanyakan orang hanya berpatok pada fungsi alat cetak ini saja saat membelinya tanpa memperhatikan spesifikasi setiap jenisnya. Berikut perbedaan jenis printer yang harus diketahui:

  • Menurut Cara Pemakaian

Jenis printer menurut cara pemakaiannya ada beberapa golongan.  Mulai dari yang dipakai individu, dipakai jaringan, printer virtual, sampai printer tiga dimensi. 

  • Menurut Teknologi Pada Mesin Printer

Jenis printer selanjutnya bisa digolongkan berdasarkan teknologi pada mesinnya. Disini jenisnya ada printer daisy wheel, printer garis, printer dot, inkjet dan lain-lain. Klasifikasi printer ini didasarkan pada fungsi dan fitur yang tersedia di dalamnya. Tentu saja dalam pemanfaatannya pun pada akhirnya berbeda.

printer adalah

Rincian Jenis Printer

Secara umum, mesin printer berguna untuk mencetak segala macam dokumen, baik tulisan maupun gambar. Bentuk printer secara fisik dan kegunaannya memang hampir sama.

Namun, secara rinci, macam-macam printer itu ada banyak. Berikut ini beberapa variasi printer yang bisa Anda jumpai.

  • Inkjet
Baca Juga  Cara Merekam Suara di Laptop & Aplikasi Perekam Audio

Printer inkjet ini adalah jenis yang sering ditemui di pasaran. Inkjet biasanya dipakai oleh pelaku  jasa percetakan yang buka setiap hari dan setiap waktu. Penggunaan printer ini disarankan untuk percetakan kertas biasa untuk file dan dokumen lainnya karena resolusinya yang masih kecil.

  • Laserjet 

Macam-macam printer yang berikutnya adalah laserjet. Printer semacam ini memiliki fungsi yang sama dengan namanya, yakni untuk laser cut dalam dunia percetakan. Penggunaan mesin printer semacam ini bisa memudahkan pengguna memotong gambar sesuai pola yang diinginkan.

  • LED dan LCD

Berikutnya ada printer LED dan LCD. Printer LED dan LCD memiliki spesifikasi dan kegunaan yang hampir menyerupai laserjet. Penggunaan printer ini bisa membuat hasil dokumen yang dicetak lebih baik karena kualitasnya yang semakin maksimal.

printer dan hp

  • Thermal

Ada juga printer thermal yang bisa ditemui di pusat-pusat perbelanjaan terutama di bagian kasir. Penggunaan mesin printer thermal ini penting untuk memverifikasi barang secara efisien tanpa harus menghitungnya satu persatu secara manual.

Printer thermal cara kerjanya yakni dengan memanfaatkan gulungan kertas kecil untuk menorehkan tinta berdasarkan deskripsi pembelanjaan. Penggunaan printer semacam ini juga menunjang para pekerja kasir untuk lebih teliti dan cepat karena kerjanya lebih efektif dari kasir konvensional.

  • Solid Ink

Jenis printer selanjutnya adalah solid link yang menggunakan jenis tinta cari. Bentuk printer semacam ini biasanya digunakan di sebuah percetakan yang membutuhkan kinerja lebih besar dan resolusi lebih tinggi. Solid link bekerja dengan mencairkan tinta yang selanjutnya ditampung pada tabung khusus.

  • Dot Matrix

Berikutnya ada printer dot matrik yang lebih modern dibandingkan mesin printer konvensional lainnya. Mesin printer ini memakai pita dan pengaturan kode pin yang mempunyai struktur rapat dan gunanya adalah untuk mencetak huruf maupun karakter yang lain.

Meski desainnya sudah modern cara kerja printer ini masih sama dengan mesin tik jadul. Dot matrix mempunyai ketelitian dan kecepatan mencetak mencapai 500 bentuk setiap detiknya.

  • Jenis Satu Untuk Semua

Variasi printer terakhir adalah printer satu untuk semua. Printer dengan spesifikasi ini biasanya bentuknya tunggal tapi bisa dipakai untuk segala macam kebutuhan. Printer yang mempunyai banyak fungsi ini cenderung memiliki resolusi tinggi dan harganya mahal.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *