Cara Ngeprint Lewat HP yang Praktis dan Mudah 

Cara Ngeprint Lewat HP – Mencetak file untuk dijadikan dokumen dalam bentuk kertas biasanya membutuhkan perangkat komputer dan juga printer. Tapi bagaimana jika kamu tidak sempat untuk membukanya di komputer? Solusinya bisa dengan smartphone. 

Walaupun sebagai alat komunikasi smartphone adalah alat yang sangat penting, tapi karena kecanggihannya terus berkembang kemampuannya pun bisa seperti komputer mini. Anda bisa mengetik bahkan mencetak dokumen langsung dari hp. 

Cara ngeprint lewat hp pun tidak sulit apapun jenis printer yang digunakan. Jadi selepas Anda menyiapkan file dokumen di smartphone bisa memanfaatkan hp untuk ngeprint. Supaya tahu cara lengkapnya Anda bisa menyimak artikel ini sampai selesai. 

Ngeprint Lewat HP

Berbagai Macam Cara Ngeprint Lewat HP yang Mudah Dilakukan 

Ponsel pintar memiliki media penyimpanan dan kemampuannya untuk membaca file PDF, Word, Excell sangatlah menakjubkan. Tidak berhenti disitu saja, dokumen yang telah dibuat juga bisa langsung diprint dengan atau tanpa kabel. 

Jika berbicara cara ngeprint lewat hp yang mudah, maka hp bisa dijadikan pengganti USB. Anda bisa datang ke tempat fotokopi yang biasanya menyediakan komputer atau laptop untuk ngeprint. 

Kemudian Anda bisa langsung transfer data yang hendak di print dari hp ke komputer di tempat print. Dari situ Anda bisa ngeprint dengan mudah. Ini bisa dibilang sebagai cara lama karena hp dijadikan sebagai pengganti usb. 

Anda tetap harus menggunakan printer dari komputer di tempat fotokopi. Tapi apakah bisa tanpa menggunakan komputer printer bisa dioperasikan? Tentu saja bisa. Ada berbagai macam aplikasi yang disediakan bisa Anda manfaatkan. 

Aplikasi ini menyediakan cara print lewat hp tanpa kabel atau dengan kabel USB. Tinggal Anda pilih mana aplikasi yang tepat. Selain itu ada juga satu aplikasi smartphone yang bisa digunakan pada berbagai macam merk printer. 

Supaya Anda tidak bingung mencari aplikasinya dan langkah-langkah yang tepat, maka bisa meniru beberapa langkah menggunakan aplikasi berikut ini. 

Cara Ngeprint Melalui Hp Menggunakan Aplikasi Noko Print

Ada dua jenis printer yang tersedia di pasaran yaitu printer dengan kabel dan printer tanpa kabel. Nah, sebelum kamu mengunduh aplikasinya, cermati dulu karakter printer yang akan digunakan. 

Tidak semua aplikasi memiliki kemampuan print menggunakan kabel atau tanpa kabel. Jadi Anda harus mengetahuinya dengan tepat. Selain itu tidak semua aplikasi bisa digunakan untuk semua jenis printer. 

Beberapa aplikasi yang tersedia bisa digunakan untuk satu merk printer saja. Pada cara yang pertama ini akan menggunakan aplikasi Noko Print. Aplikasi ini bisa digunakan pada semua jenis merk printer. 

Hanya saja Noko Print tidak menyediakan cara print lewat hp dengan kabel usb. Cara menggunakannya pun cenderung mudah yaitu sebagai berikut ini. 

  • Instal terlebih dahulu Noko Print yang bisa Anda dapatkan dari Play Store.
  • Kemudian buka aplikasinya dan otomatis Anda akan diarahkan pada pemilihan dokumen. Pilih salah satu jenis dokumen untuk diarahkan ke pencarian di ponsel.
  • Setelah itu dokumen akan muncul pada halaman utama aplikasi. Anda tinggal memilih kertas pada bagian bawah dan jaringan wifi untuk menemukan printer.
  • Pastikan wifi pada printer hidup agar ketika aplikasi mencarinya akan terhubung langsung. Jika sudah tersambung bisa langsung tekan print.

Cara ngeprint lewat hp dengan aplikasi Noko Print cenderung mudah, disana Anda bisa memilih kertas dan printernya. Ada juga halaman preview untuk melihat dokumen yang hendak dicetak. 

Aplikasi ini memiliki rating tinggi di Play Store jadi cukup terpercaya, Anda hanya akan terganggu sedikit dengan iklan. 

Cara Ngeprint Melalui Hp Menggunakan Aplikasi Epson

Cara Ngeprint Melalui Hp Menggunakan Aplikasi Epson iPrint

Aplikasi kedua yang bisa digunakan adalah Epson iPrint, sesuai dengan namanya aplikasi ini hanya bisa digunakan pada printer Epson segala seri. Fitur yang tersedia adalah untuk mencetak dokumen langsung dari jenis file PDF, Office, Power Point dan masih banyak lagi. 

Selain itu Anda juga bisa share langsung ke Android atau tablet. Kualitas foto terbaik juga bisa didapatkan dengan adanya koreksi warna secara otomatis. Bagi Anda yang ingin ngeprint foto disarankan dengan Epson dan aplikasi ini. 

  1. Unduh aplikasi Epson iPrint di Playstore. Aplikasi ini gratis untuk siapa saja.

  2. Buka aplikasinya dan Anda akan diarahkan pada jenis dokumen yang hendak diprint. Pilih salah satu diantaranya.


  3. Setelah memilih file, Anda bisa mengatur dengan menekan ikon bentuk roda bergerigi di bagian pojok kanan atas. Pilih jenis printer pada menu paling atas dan bisa melalui wifi. Jadi pastikan jaringan printer menyala

  4. Usai mengatur semuanya, Anda tinggal tekan print pada bagian pojok kanan bawah. 

Supaya bisa mengakses semua file dan wifi, pastikan pada pengaturan di awal setelah membuka aplikasi Anda mengizinkan aplikasi untuk mengakses data. Dengan begitu cara ngeprint lewat hp jadi lebih mudah. 

Karena caranya menggunakan wifi, artinya Anda tidak perlu menghubungkan printer dengan kabel USB

Cara Ngeprint Melalui Hp Menggunakan Aplikasi Canon Print

Cara Ngeprint Melalui Hp Menggunakan Aplikasi Canon Print

Beda lagi jika ternyata printer yang digunakan adalah Canon, maka aplikasi yang harus diinstal adalah Canon Print Inkjet/ Selphy. Aplikasi gratis ini diciptakan untuk memenuhi fitur printer Canon terbaru. 

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mencetak foto langsung, dokumen dari file PDF, Word, dll serta menyediakan sistem share pada halaman web. Sebelum ngeprint akan lebih baik jika Anda mengecek jumlah tinta agar kualitas cetaknya terbaik. 

Berikut ini langkah-langkah cara ngeprint lewat hp pada aplikasi Canon Print. 

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Canon Print dari Play Store.
    Ngeprint Melalui Hp Menggunakan Aplikasi Canon Print
  2. Buka aplikasi dan setujui semua user agreement yang muncul agar bisa menggunakannya. Jangan lupa izinkan aplikasi untuk mengakses lokasi dan penyimpanan. 
  3. Pada halaman utama aplikasi Anda akan melihat pilihan dokumen yang hendak diprint. Tapi sebelumnya aktifkan dulu printer dengan ketuk pada bagian tengah bawah bergambar printer. 
  4. Kemudian pilih jenis dokumennya dan cari dokumen yang tersimpan dalam ponsel untuk diprint. 
  5. Selanjutnya Anda bisa menyesuaikan kertas dan pengaturan printer untuk dokumen yang lainnya. Tekan cetak untuk ngeprint.

Aplikasi ini mengharuskan kamu untuk terhubung pada printer terlebih dahulu sebelum masuk ke tahapan preview dokumen. Pastikan juga bahwa jenis printer yang digunakan sesuai serinya. 

Cara kerja aplikasi ini adalah menghubungkan hp dengan printer melalui jaringan bluetooth bukan wifi. Jadi pastikan bluetooth di printer sudah menyala sebelumnya. 

Cara Ngeprint Melalui Hp Menggunakan Aplikasi Hp Smart

Satu lagi merk printer yang banyak digunakan adalah printer Hp. Tak ingin kalah saing dengan brand printer lainnya Hp juga mengikuti perkembangan teknologi dengan printer wireless. Aplikasi yang bisa digunakan adalah Hp Smart

Memanfaatkan aplikasi ini nantinya Anda bisa dengan mudah mencetak dokumen foto atau teks melalui hp. Koneksi yang dilakukan adalah melalui wifi jadi pastikan saat hendak mencetak terdapat koneksi internet. Berikut ini cara ngeprint lewat hp menggunakan Hp Smart:

  • Unduh terlebih dahulu aplikasinya, berat dari aplikasi ini hanyalah 34 MB saja dan ratingnya cukup bagus di Play Store.
  • Setelah mengunggah, buka aplikasinya dan Anda akan diarahkan untuk menambahkan printer. Tinggal klik menu Add Your First Printer maka aplikasi akan memindai printer di sekitar.
  • Jika printer sudah disetting selanjutnya adala memilih dokumen yang hendak dicetak. Anda tinggal pilih salah satu dari menu yang ada di halaman awal.
  • Setelah memilih dokumen yang ingin dicetak, pada saat preview dokumen Anda bisa mengatur jenis kertas dan ukurannya. Tinggal tekan print.

Khusus untuk aplikasi ini Anda harus login terlebih dahulu jika ingin menggunakannya. Aplikasi ini juga akan terhubung dengan ponsel secara otomatis. 

Mudah bukan cara ngeprint dengan berbagai aplikasi ini di hp. Anda tidak perlu lagi kesusahan untuk mencari komputer karena smartphone saja sudah bisa digunakan. 

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan. Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *