Begini Cara Reset Printer Epson L120 Mudah Dan Cepat

Artikel terakhir diperbaharui 07-06-2021 oleh Aldy Amrillah

Cara Reset Printer Epson L120 – Mungkin banyak dari kamu yang sering menemui kendala kerusakan atau error pada printer Epson L120.

Biasanya saat terjadi error, indikator lampu akan berkedip yang menandakan ada masalah pada printer. Kalau sudah begini, untuk mengatasinya dengan cara reset printer Epson L120.

Saat printer Epson L120 digunakan untuk keperluan sehari-hari memang terkadang ada saja masalah yang terjadi.

Bagi orang awam yang kurang memahami printer, pasti akan kewalahan dan langsung dibawa ke tempat servis.

Padahal jika dipelajari lebih dalam, kamu bisa memperbaikinya tanpa harus diservis. Ada beberapa perbedaan masalah yang bisa kamu lihat dari indikator lampu yang berkedip.

Umumnya error yang sering dialami adalah service required atau bisa juga waste ink full yang menandakan bahwa printer kamu sedang mengalami masalah.

Selain itu penyebab printer Epson L120 bermasalah adalah karena tinta yang terdapat pada cartridge kotor atau luber, tinta yang ada pada tabung sudah habis, posisi cartridge yang kurang rapat atau rusak, paper jam, atau juga meminta reset.

Untuk proses reset Epson L120 sebenarnya cukup mudah dan pasti bisa dipahami dengan cepat oleh orang awam sekalipun.

Waktu resetnya pun cepat, tidak memerlukan proses yang lama. Untuk ukuran software juga kecil dan ringan, tidak memberatkan kerja PC atau laptop kamu.

cara mereset printer epson l120

Cara Reset Printer Epson type L120

Saat printer Epson L120 mengalami error atau bermasalah, ada banyak sekali penyebab yang mungkin saja terjadi. Itulah sebabnya pada artikel kali ini akan diberikan 2 cara bagaimana reset printer Epson L120 dengan mudah dan cepat.

Untuk cara yang pertama adalah dengan menggunakan cara manual, tanpa adanya bantuan dari aplikasi atau software.

Untuk cara pertama ini bisa kamu coba praktekkan bila printer Epson mengindikasikan bahwa tinta sudah habis atau setelah pengisian tinta.

Sedangkan cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi atau software reset printer Epson L120 yang dapat kamu unduh di internet.

Untuk cara yang satu ini dapat kamu gunakan apabila pada lampu indikator Epson L120 berkedip atau blinking.

Selain dapat digunakan untuk mengatasi error pada printer Epson L120, kedua cara ini juga dapat kamu gunakan untuk printer Epson seri lainnya.

Beberapa seri Epson ini adalah seri L110, L120, L200, L210, dan seri L lain dari Epson. Ada juga resetter untuk seri lain seperti Epson seri L300 ke atas.

Untuk aplikasinya hampir sama, hanya ada sedikit perbedaan. Namun untuk langkah–langkahnya sama dan bisa kamu ikuti juga pada artikel ini.

Penyebab Error yang Terjadi pada Printer Epson L120

Saat kamu hendak mencetak menggunakan printer Epson L120 namun tidak bisa, biasanya pada status printer akan muncul pesan bertuliskan “Ink waste is full” dengan keterangan “ it is nearly time to reset the ink levels”.

Selain tulisan tadi, kadang juga muncul pesan bertuliskan “service required” atau “ Ink pad is at the end of its service live”.

Sebelum mempelajari cara reset printer Epson L120 yang error, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa penyebab terjadinya error tersebut.

Nah di bawah ini adalah beberapa penyebab Epson L120 menjadi error atau bermasalah:

1. Kabel USB

Penyebab pertama adalah karena kabel USB atau kabel data yang menghubungkan printer dengan PC atau laptop bermasalah. Kamu bisa memastikan apakah kabel dalam kondisi baik atau tidak sebelum digunakan.

2. Roller

Kedua adalah roller macet yang disebabkan karena terdapat kertas atau benda yang terjepit. Hal ini membuat printer mengalami masalah paper jam, sehingga tidak bisa mencetak dokumen.

3. Tabung Pembuangan Tinta

Saat tabung pembuangan tinta penuh, printer tidak akan bisa mencetak dan lampu indikator akan berkedip. Sedot atau bersihkan tabung pembuangan tinta sampai bersih supaya printer dapat digunakan kembali.

4. Tabung Tinta

Penyebab lain adalah pada tabung tinta, dimana saat tinta yang berada pada tabung habis maka akan terjadi error. Kamu harus mengisi kembali tinta pada tabung, serta melihat apakah selang macet atau terjepit sehingga proses pengaliran tinta ke cartridge terganggu.

5. Cartridge

Terakhir adalah cartridge yang kotor atau terhalang benda asing, atau bisa juga karena tinta pada cartridge meluber. Lepas terlebih dahulu cartridgenya, bersihkan dan kemudian pasang kembali agar printer kembali normal.

cara reset epson l120
sumber: epson.co.id

Cara Manual Reset Printer Epson Seri L120

Untuk cara pertama yang akan dijelaskan adalah bagaimana cara reset printer Epson L120 secara manual tanpa bantuan software atau aplikasi.

Untuk masalah yang satu ini biasanya ditandai dengan indikator lampu pada printer berkedip satu kali dan tidak dapat digunakan untuk mencetak.

Berikut ini cara reset L120 secara manual saat tinta habis dan setelah isi tinta :

  1. Hidupkan terlebih dahulu printer L120
  2. Tekan dan tahan pada tombol power dan juga tombol resume selama 5 detik
  3. Setelah itu, tekan lagi kedua tombol tadi selama 3 detik
  4. Biarkan printer Epson L120 untuk beberapa saat
  5. Setelah printer Epson L120 selesai proses reset dan cleaning, maka printer dapat digunakan kembali dengan normal
  6. Selesai

Jika dengan cara reset Epson L120 tadi masih tidak dapat mengatasi masalah yang terjadi, mungkin langkah selanjutnya kamu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi atau software resetter.

Cara Reset Printer Epson Seri L120 menggunakan Software

Selanjutnya adalah cara reset Epson L120 dengan bantuan software atau aplikasi resetter yang dapat kamu unduh di internet.

Cara ini terbukti ampuh dan dapat menangani masalah error pada printer Epson L120 yang tidak mau mencetak.

Berikut ini langkah – langkah menggunakan software resetter Epson L120 :

reset epson l120

reset printer epson l120

  1. Download terlebih dahulu aplikasi atau software resetternya
  2. Ekstrak data filenya, lalu install aplikasi di PC atau laptop kamu
  3. Nyalakan printer Epson L120 setelah proses install aplikasi selesai
  4. Buka aplikasi resetter yang sudah kamu install
  5. Pada bagian kanan tampilan aplikasi, klik tombol Select
  6. Pilih seri printer yang ingin kamu reset, yaitu seri Epson L120
  7. Selanjutnya pilih Particular Adjustment Mode pada aplikasi resetterbagaimana cara reset printer epson l120
  8. Di bagian list Maintenance, pilih Waste Ink pad counter
  9. Setelah itu akan muncul tampilan Menu baru, centang main pad counter.
  10. Selanjutnya klik Initialize, lalu klik Ok saat pesan pop-up tampil
  11. Restart printer

Apabila kamu sudah mengikuti semua panduan tersebut, proses reset printer Epson L120 akan berhasil dan printer kamu akan bekerja kembali secara normal.

Semua masalah yang terjadi pada printer Epson L120 sudah teratasi hanya dengan menggunakan bantuan aplikasi resetter saja.

Jika saat proses reset menggunakan aplikasi ini tidak berjalan lancar atau gagal, mungkin ada langkah–langkah yang kamu lewatkan.

Perlu di ingat bahwa semua langkah harus benar–benar kamu ikuti dan jangan sampai ada yang terlewat satu pun, karena jika terlewat sudah pasti gagal.

Saat proses pemilihan seri printer Epson pada aplikasi resetter, pastikan seri yang kamu pilih benar dan sesuai dengan printer yang hendak kamu reset.

Jika printermu seri L120, pilih seri L120 pada menu select aplikasi. Jangan sampai salah atau tertukar.

Kesimpulan

Demikianlah cara-cara yang dapat kamu lakukan apabila terjadi masalah pada printer Epson L120 atau printer tidak mau mencetak pada saat kamu hendak mencetak dokumen.

Kenali penyebab kerusakan yang dialami printer kamu, sehingga penanganannya dapat dilakukan dengan tepat dan tidak salah langkah.

Kamu bisa menggunakan kedua cara tersebut supaya printer Epson L120 kamu bisa kembali bekerja normal, dan dapat mencetak dokumen dengan normal.

Umumnya printer yang mengalami error seperti ini adalah printer yang memang sudah lama digunakan dan jarang sekali diservis.

Namun tidak jarang juga printer Epson baru yang juga mengalami masalah tersebut. Bisa jadi karena penempatan cartridge yang kurang tepat atau bisa juga karena saat pengisian tinta tidak benar, sehingga terjadi masalah pada tabung tinta atau cartridge.

Bacalah baik–baik semua cara dan langkah tadi agar kamu bisa melakukan reset printer seri Epson L120 dengan benar dan berhasil.

Semua cara reset printer Epson L120 baik secara manual maupun menggunakan resetter bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, tanpa proses yang lama.

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *