cara buat stickers whatsapp
Tutorial

Cara Mudah Membuat Stickers WhatsApp pada Smartphone Android Anda

Cara buat sticker WhatsApp – WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh hampir seluruh masyarakat di dunia dari berbagai kalangan dan usia.

Aplikasi pesan atau sarana komunikasi yang satu ini selain mudah digunakan juga hemat biaya, karena yang terpenting terkoneksi dengan paket data internet atau WiFi.

WhatsApp atau yang sering disebut dengan WA ini terus meningkatkan performarnya dengan berbagai tambahan fitur yang dapat dengan mudah digunakan. Tidak heran jika anak kecil sekarang ini juga dapat menjalankan aplikasi ini.

Salah satu fitur yang melengkapinya adalah sticker yang dapat membuat aktivitas chatting Anda semakin menarik.

Tidak hanya menggunakan sticker yang otomatis tersedia pada template WhatsApp, para pengguna Android juga dapat membuatnya sendiri.

Cara buat stickers WhatsApp cukup mudah, bahkan Anda juga dapat membuat sticker dari foto Anda sendiri maupun foto orang lain.

Tidak hanya dalam bentuk gambar, pada pembaharuan terbaru, Anda juga dapat membuat atau mengirim sticker yang mana sticker tersebut dapat bergerak atau bentuk animasi.

Sebelum lanjut tentang cara membuat stickers WhatsApp, sebelum sepopuler ini, mungkin Anda terlebih dahulu mengenal berbagai sticker yang tersedia pada aplikasi komunikasi lainnya yaitu Line.

Ukuran penyimpanan dari Line lebih besar dibandingkan dengan WA, itulah sebabnya banyak yang beralih dan pada akhirnya memilih WA.

cara membuat stickers whatsapp

Keunggulan WhatsApp dibanding Platform Komunikasi Lainnya

Berbagai fitur yang ada di dalam WhatsApp membuatnya unggul dibandingkan yang lainnya. Berikut beberapa keunggulan dari WhatsApps, diantaranya:

  1. Tampilannya lebih sederhana dan mudah untuk digunakan
  2. Pengiriman pesan dengan menggunakan jaringan internet yang stabil akan lebih hemat kuota dan dapat dijangkau dengan mudah, asal sama-sama menggunakan aplikasi WhatsApp pada nomor telepon yang dituju
  3. Tersedia fitur chat group yang bisa memuat banyak anggota, setidaknya muat untuk 256 orang dalam satu group
  4. Dengan WhatsApp dapat dengan mudah melakukan panggilan suara atau video, baik secara personal maupun panggilan group dengan maksimal 4 orang
  5. Dapat dengan mudah untuk mengirim foto, video, audio dan tersedianya fitur voice note dan juga pengiriman dalam bentuk dokumen dengan maksimal 100 MB . Serta terdapat pula kamera di bagian bawah samping kanan layar
  6. Terdapat fitur bagikan cerita dimana dapat dilihat oleh banyak orang yang nomernya tersimpan oleh Anda dan mereka, sehingga sama-sama dapat melihat dan memilih kepada siapa akan dibagikan. Sebab terdapat fitur privasi status dan setelan lain seperti bisukan atau perlihatkan status orang lain
  7. Adanya status pengiriman pesan seperti centang satu, centang dua, bentuk jam dan lain sebagainnya. Dimana masing-masing memiliki arti tersendiri.
  8. Sistem keamanannya terjamin dengan penggunaan enkripsi end to end
  9. Terdapat fitur WhatsApp Web dan juga GPS yang langsung diperlihatkan lokasi yang dituju
  10. Terintegrasi dengan sistem dan dapat dengan mudah mengatur profil serta lain sebagainya
  11. Saat ini juga tersedia fitur menghapus atau menarik pesan yang telah terkirim sebelumnya
  12. Munculnya versi terbaru tidak hanya WhatsApp Messenger tetapi juga WhatsApp Business

Itulah beberapa keunggulan dari aplikasi WhastApp dibandingkan dengan aplikasi lain seperti Line, Telegram dan aplikasi komunikasi lainnya. Mudah dan ringan yang membuat whatsApp menjadi aplikasi populer saat ini.

buat stickers whatsapp

Cara Buat Sticker WhatsApp Sendiri dari Foto

Pada smartphone sistem operasi Android, cara membuat stickers WhatsApp cukup mudah dan gratis. Dengan begitu Anda dapat mudah untuk membuat berbagai kreasi sticker sesuai dengan keinginan.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Tentukan dan Persiapkan Foto yang akan Dibuat Sticker

Cara buat stickers WhatsApp yang harus dipersiapkan pertama kali adalah memilih dan menentukan foto yang akan dibuat sticker. Akan tetapi perlu diperhatikan karena dalam satu kali unggahan harus minimal 3 foto.

Maka dari itu, siapkan 3 foto atau lebih untuk kemudian diedit dan diunggah nantinya di aplikasi WhatsApp atau WA

2. Hapus Latar Belakang Foto

Langkah selanjutnya adalah lakukan penghapusan background atau bagian lain yang ingin dihapus, dengan menggunakan aplikasi editing foto yang telah terinstal sebelumnya.

Bagi Anda yang bingung bisa menggunakan aplikasi Background Eraser yang tersedia di Play Store.

Sebelum memulai penghapusan latar belakang dari foto, lakukan import terlebih dahulu dengan cara memilih tombol Eraser.

Setelah berhasil mengimport, maka alangkah lebih baik agar tidak memakan banyak waktu, crop bagian yang memangkinkan untuk tidak terlihat.

Mulailah menghapus secara teliti untuk hasil yang lebih baik. Anda dapat menghapusnya secara manual atau dengan otomatis.

Jika memilih melakukannya secara otomatis, maka pilihlah fitur Magic yang tersedia pada aplikasi tersebut. Dengan begitu, latar belakang dari foto yang tidak diinginkan dapat terhapus secara rapi.

Setelah selesai pilih ikon atau option save untuk menyimpan hasil dari editing foto tersebut.

Pastikan foto yang telah diedit tersebut berbentuk PNG, bukan JPEG atau yang lainnya dengan ukuran yang sesuai dengan ketentuan.

membuat stickers whatsapp

3. Unggah Sticker ke WhatsApp

Cara buat stickers WhatsApp selanjutnya adalah mengunggah 3 foto tersebut. Namun sebelumnya pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Personal Sticker for WhatsApp yang tersedia di Play Store.

Setelah berhasil terinstal, kemudian buka kembali aplikasi WhatsApps Anda. Setelah terbuka maka pilih nomer kontak yang akan Anda akan kirim sticker tersebut.

Klik ikon emoji yang terletak di sebelah kiri atas keyboard atau papan ketik. Langkah selanjutnya pilih ikon “Stickers” yang akan menampilkan sticker yang terupload secara otomatis oleh WhatsApp.

Untuk menambahkan sticker yang telah Anda buat sebelumnya, klik tanda “+” yang terletak di pojok kanan atas. Scroll ke bawah lalu pilih “Get more sticker” untuk menambahkan sticker Anda tersebut.

Dengan ini aplikasi Personal Sticker for WhatsApps akan terbuka secara otomatis. Setelah menemukan sticker foto yang Anda maksud tersebut, klik ikon Add yang tersedia.

Dengan demikian, sticker-sticker tersebut dapat dikemas dalam satu paket sticker yang akan Anda gunakan. Paket sticker tersebut juga otomatis akan tersimpan di aplikasi Personal Sticker for WhatsApp.

4. Sticker Selesai

Setelah semua langkah di atas, maka cara buat stickers WhatasApp telah selesai dan Anda dapat menggunakannya untuk dikirim dan menemani keseruan chatting bersama teman, saudara atau siapapun yang Anda tuju.

stickers whatsapp

Keunggulan Sticker WhatsApp Dibandingkan Line

Cara membuat stickers WhatsApp di atas sangat mudah dan cepat. Tidak heran jika para pengguna berbondong-bondong untuk menciptakannya.

Selain unik dan tidak biasa, juga ada keseruan tersendiri. Dibandingkan dengan sticker yang ada di Line, sticker WhatsApp memiliki banyak keunggulan.

Menariknya sticker yang Anda buat dapat dijual di Google Playstore. Untuk lebih lengkapnya berikut ini keunggulan sticker WhatsApp dibandingkan Line yang perlu Anda ketahui.

1. Gratis

Ada banyak template sticker yang telah tersedia secara gratis dan Anda hanya tinggal mengunduhnya sebelum menggunakan.

Jika membuatnya sendiri, Anda hanya tinggal menguploadnya dari aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya. Hal ini berbeda dengan sticker pada aplikasi Line.

Walapun ada yang tersedia secara gratis, namun hanya beberapa dan selebihnya Anda perlu melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum digunakan.

Dilihat dari sisi keberagaman sendiri, sticker pada Line yang tersedia lebih banyak dan variatif dibandingkan WhatsApp.

2. Dapat Dengan Mudah Membuat Sticker Sendiri

Seperti yang dijelaskan pada bagian cara membuat stickers WhatsApp di atas, Anda dapat menggunakan sticker tersebut disamping sticker yang telah tersedia di template sebelumnya.

Dengan menggunakan aplikasi tambahan, maka Anda dapat mengunduh sticker buatan sendiri sehingga lebih menarik.

Lain halnya dengan Line yang tidak dapat melakukan pembuatan sticker sendiri. Itu artinya hanya terpaku pada apa yang tersedia di template Line.

cara buat stickers wa

3. Mudah Melakukan Penyalinan Sticker WhatsApps

Selain cara buat sticker WhatsApp yang mudah dan gratis, Anda juga dapat menyalinnya dengan mudah. Itu berarti Anda dapat dengan mudah menyalin sticker yang dikirim oleh orang lain.

Caranya hanya dengan memberikan tanda bintang pada sticker yang telah Anda salin. Dengan begitu, sticker sudah tersedia secara otomatis di daftar dan dapat Anda manfaatkan secara berulang.

Kelebihan penyalinan sticker ini hanya ada di WhatsApp dan hal ini tentu berbeda dengan Line yang harus membayar dengan sejumlah uang tertentu untuk dapat menikmatinya.

4. Dapat Dijual di Google Play Store

Bagi para pengguna Android, sticker yang dibuat dapat dijual di Google Play Store. Namun dengan catatan dalam bentuk paket aplikasi.

Walaupun demikian, Anda tetap harus memperhatikan beberapa ketentuan teknis pada gambar yang akan dipublikasi tersebut. Beberapa ketentuannya seperti berikut ini:

  • Harus telah diedit dengan background transparan dan berbentuk PNG
  • Ukuran untuk setiap gambar yakni 512 x 512 pixels
  • Ukuran sticker sendiri harus kurang dari 100 KB
  • Format file dari gambar sticker sendiri WebP dan saat ini sudah dapat menggunakan sticker yang berupa animasi dengan format animated WebP.
  • Setiap sticker yang diunggah harus memiliki icon, hingga dapat ditampilkan di dalam WhatsApp. Dengan ketentuan icon sendiri 96 x 96 pixels dan kurang dari 50 KB
  • Ketentuan selanjutnya adalah pengaturan margin. Dimana margin yang lebih direkomendsikan berjarak 16 pixels dari pinggir gambar ke gambar.

Itulah beberapa kelebihan dari sticker WhatsApp dibandingkan dengan sticker pada Line.

Setelah paham mengenai cara buat stickers WhatsApp, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya sendiri, agar chatting lebih berwarna dan menyenangkan.

Namun sayangnya kebanyakan orang mengabaikan tentang besarnya ukuran sticker. Hal ini tidak hanya membuat penyimpanan menjadi penuh tetapi juga berpengaruh pada kualitas sticker dan pengunaan kuota internet itu sendiri.

cara membuat stickers wa

Tips Memperkecil Ukuran Sticker

Selain tahu cara membuat stickers WhatsApp, Anda juga harus tahu cara memperkecil ukuran dari file sticker tersebut.

Hal ini mengingat semakin besar ukurannya, maka semakin banyak ruang penyimpanan dan juga kuota data yang digunakan. Maka dari itu, perlu untuk melakukan optimasi pada ukuran gambar terlebih dahulu.

Cara untuk mengurangi ukuran sticker cukup mudah. Dengan menggunakan software yang mampu mengoptimasi sticker dengan format PNG seperti Adobe Photoshop.

Setelah optimasi selesai dilakukan, maka alangkah lebih baiknya jika mengkonversikan ke dalam bentuk WebP.

Selain cara yang pertama tersebut, Anda juga dapat melakukannya dengan optimasi langsung pada saat proses ekspor atau konversi ke dalam format WebP pada saat pertama kali membuat sticker.

Namun sedikit catatan yakni dengan mengurangi prosentase kompresi tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut.

Itulah serangkaian cara buat sticker WhatsApp pada smartphone Android beserta keunggulannya dibandingkan dengan Line.

Pada intinya, caranya cukup mudah hanya dengan menggunakan tambahan aplikasi pendukung, Anda sudah dapat membuat sticker kreasi sendiri.

Ada banyak kelebihan chatting menggunakan sticker diantaranya akan lebih seru,  karena dapat bertukar sticker dengan lawan chattingnya.

Chatting menjadi tidak biasa dan satu sticker dapat mewakili percakapan hingga tidak perlu repot untuk menuliskan kalimat.

Dika Permana
Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *