Pengertian Website dan Pemanfaatannya

Artikel terakhir diperbaharui 01-12-2020 oleh Aldy Amrillah

Kemajuan internet semakin lama semakin berkembang di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Dengan semakin berkembangnya dunia internet seperti saat ini, semakin banyak juga orang yang mengenal istilah website.

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah paham apa itu pengertian website. Terlebih jika Anda sudah sangat sering berselancar di dunia maya.

Laman yang Anda buka di internet, seperti Instagram, Blogspot, Gmail, Google, Facebook, Blog, Kompas, Youtube, Tokopedia, Shopee, hingga Dewaweb, merupakan segelintir contoh website yang ada di internet.

Artinya ketika Anda membuka layanan tersebut di perangkat PC atau smartphone, Anda sedang membuka website. Seperti itulah gambaran perihal pengertian website.

Sebagaimana dikemukakan oleh WebHostingRating, setidaknya per Januari tahun 2020 sudah ada sekitar 1,74 miliar website di internet.

Jumlah yang sangat luar biasa, mengingat jumlah web juga sangat bervariasi dengan masing-masing manfaatnya.

Oleh karenanya jika ingin membuat website, pastikan Anda memiliki website yang apik dan stand out agar tidak kalah dengan website lainnya.

pengertian website

Apa Itu Website?

Meski Anda sudah sering bersinggungan dengan website, bahkan nyaris setiap hari menjadi penggunanya dan memanfaatkan fungsinya, bisa jadi sebagian dari Anda masih ada yang belum memahami sepenuhnya apa itu pengertian website secara harfiah.

Kali ini kami akan menjelaskan apa itu website, apa saja jenis-jenisnya, bagaimana cara memanfaatkannya, sehingga Anda bisa memanfaatkannya secara positif.

Website atau situs web adalah sekumpulan informasi dalam bentuk halaman yang saling tergabung di sebuah domain atau URL di internet.

Sebagai contoh, dalam sebuah website dengan domain ‘apasih.com’ terdapat berbagai macam halaman web lain di dalamnya.

Halaman tersebut misalnya berupa halaman menu, halaman blog, halaman promo, halaman gallery, hingga halaman kontak.

Halaman-halaman tersebut bisa diakses langsung dari halaman utama atau beranda sebuah website saat perangkat terhubung dengan internet. Ketika halaman-halaman ini diklik, maka akan mengarah ke halaman baru yang berupa informasi berbeda dari halaman beranda saat pertama kali Anda membuka halaman website.

Itulah pengertian website secara harfiah. Lantas, oleh siapa sistem ini ditemukan?

web adalah

Sejarah Terbentuknya Website

Adalah Tim Berners-Lee yang pertama kali membuat konsep website pada tahun 1989, saat dirinya bekerja di CERN, Laboratorium Fisika Partikel Eropa di Jenewa, Swiss.

Berners lah yang pertama kali mengusulkan proyek hypertext global yang kini dikenal sebagai World Wide Web atau website. Tujuan awal pembuatannya adalah untuk menggabungkan pengetahuan dalam web dokumen hypertext.

Hal ini dilakukan agar para peneliti di tempat ia bekerja lebih mudah untuk bertukar atau melakukan perubahan informasi.

Sehingga ketika terjadi perubahan informasi seluruh peneliti bisa langsung tahu serentak, tanpa memakan waktu lama dan tanpa dilakukan secara manual.

Program “WorldWideWeb” ini mulai dibuat pada bulan Oktober 1990. Dua bulan setelahnya, yaitu pada Desember, barulah program ini tersedia dalam CERN.

Jika penasaran seperti apa tampilan website saat itu, Anda bisa mengakses web info.cern.ch/. Setelahnya, baru kemudian pada tahun 1991, CERN mengumumkan website resmi dibuat online.

Sepanjang tahun 1991 hingga tahun 1993, Berners terus bekerja mempercantik tampilan web dan meminta feedback pada pengguna internet.

Pada spesifikasi awal, dibuatlah URL, kemudian HTTP, dan kini HTML yang disempurnakan secara berkala dan dibahas di forum yang lebih besar.

Kemudian pada tanggal 30 April 1993, CERN mengumumkan bahwa website dapat digunakan secara gratis oleh publik. Hingga kini, kita terus bisa merasakan manfaat dari keberadaan website.

apa itu website

Unsur-unsur Wajib Pada Website

Setelah memahami pengertian website dan bagaimana sejarah dibuatnya, penting untuk Anda memahami apa saja unsur-unsur yang ada pada website. Terdapat tiga unsur yang paling vital ada pada website.

Tanpa adanya ketiga unsur ini, maka website tidak akan pernah bisa ditemukan atau diakses oleh para pengguna internet. Ketiga unsur website adalah sebagai berikut:

1. Domain

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa website atau situs web adalah kumpulan informasi pada satu domain. Maka jika tidak ada domain, tidak mungkin ada website.

Ibarat sebuah produk dan merk, website adalah produk dan domain adalah merknya. Oleh karenanya, pembuatan website harus dipikirkan sejak membuat domain.

Sebab nama domain yang menarik biasanya akan membuat orang tertarik untuk masuk ke sebuah website.

Pemilihan nama domain yang unik dan menarik juga membuat orang yang pernah mengunjungi website Anda akan lebih mudah mengingat nama website. Sehingga website Anda akan dikunjungi lagi dan lagi oleh banyak orang.

2. Hosting

Peran hosting pada sebuah website adalah untuk menyimpan semua database yang diperlukan untuk membentuk sebuah website, seperti gambar, video, teks, dan lain sebagainya.

Kini sudah banyak sekali penyedia jasa hosting yang berkembang di Indonesia. Anda bisa memilih hosting terbaik dengan kecepatan akses yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam membangun website.

3. Konten

Tanpa konten, website seperti tidak memiliki tujuan. Konten atau isi pada website bisa berupa gambar, video, atau teks yang tujuannya sebagai informasi bagi pengunjung website.

Jika dikategorikan berdasarkan kontennya, ada beberapa macam website yang tersedia di internet, seperti media sosial, portal berita, portal video, website jual beli, dan sebagainya.

apa itu web

Jenis-jenis Website

Pada awal kemunculannya, website hanya menampilkan informasi berupa teks dan umumnya hanya dimiliki perusahaan. Hingga perkembangannya kini, sudah ada berbagai macam jenis website yang dapat ditemukan dengan mudah.

Berikut ini adalah beberapa jenis website yang bisa ditemukan di internet. Berdasarkan kepemilikannya, jenis website adalah sebagai berikut:

1. Website personal

Adalah jenis website yang dikelola oleh perorangan. Biasanya website yang dikelola oleh perorangan dibuat gratis dengan memanfaatkan layanan blogging, seperti WordPress, Blogger, Wix, dan masih banyak lagi macamnya.

Namun ada juga website pribadi yang digunakan untuk menempatkan portfolio, seperti galeri fotografi milik Arbain Rambey.

2. Website bisnis

Jenis website yang satu ini dibuat dengan tujuan memberikan informasi terkait sebuah profil perusahaan atau merk tertentu.

Tujuan pembuatan website jenis ini adalah guna memberian informasi pada para pengguna tentang identitas perusahaan mereka dan bisnis seperti apa yang dijalankan. Anda bisa membuat website dengan jenis ini jika akan membangun sebuah usaha.

Jika Anda berniat untuk membangun website bisnis, pastikan Anda membuat halaman khusus semacam blog yang diisi dengan artikel yang SEO-friendly. SEO-friendly adalah hal lain dari website yang sangat bermanfaat untuk membangun website yang Anda miliki.

Sistem ini bisa membantu meningkatkan popularitas website Anda, mengingat ada miliaran website yang tersebar di internet.

pengertian website adalah

3. Website komunitas

Jika Anda melihat ekstensi domain berupa “.org”, inilah yang dinamakan jenis website komunitas. Anda bisa mendapatkan ekstensi domain “.org” secara gratis maupun premium atau berbayar.

Jenis website komunitas bertujuan untuk saling berbagi informasi antar anggota komunitas, sebagai informasi program untuk orang di luar komunitas, hingga sebagai forum atau sarana diskusi publik.

4. Website e-commerce

Jenis website ini mengacu pada seluruh situs yang dibuat dengan tujuan menjual barang atau layanan secara online. Selain menjual barang, Anda juga bisa menampilkan informasi tentang brand Anda pada website ini.

Situs e-commerce semakin pesat perkembangannya saat ini, seiring dengan kemudahan belanja online yang hadir sejak perkembangan dan penggunaan internet meroket tajam.

pengertian web

Manfaat Penggunaan Website

Setelah membahas pengertian website hingga ke jenis-jenisnya, ada baiknya kita mengetahui apa saja manfaat menggunakan website yang bisa Anda dapatkan.

Secara umum, manfaat website adalah penyedia informasi yang tentunya sangat bermanfaat untuk kepentingan personal, perusahaan, organisasi, maupun komunitas Anda.

Manfaat lainnya dari website adalah sebagai berikut:

1. Membangun personal branding

Salah satu jenis website adalah website personal. Untuk website jenis ini, manfaatnya adalah bisa digunakan untuk personal branding yang kuat dan terpercaya.

Anda bisa membagikan hasil karya milik Anda pada website tersebut, baik itu berupa tulisan, foto-foto, desain, musik, hingga video buatan Anda.

Di website ini, Anda bisa turut membangun personal branding yang profesional.

2. Media informasi tanpa batas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, website adalah informasi yang terkumpul dalam satu domain.

Artinya, Anda bisa memanfaatkan website untuk menyediakan informasi pada para pengunjung website Anda dan membantu mereka menemukan jawaban atas pertanyaan mereka.

Informasi yang tersedia di website Anda bisa dikunjungi tanpa batas, 24 jam penuh.

pengertian web adalah

3. Sebagai wadah komunitas

Sesuai dengan jenis website, Anda juga bisa memanfaatkan website sebagai wadah komunitas. Misalnya Anda adalah pegiat sosial, Anda bisa membuat website yang berisi tentang kegiatan sosial Anda sebagai informasi untuk orang-orang yang mendalami dunia yang sama.

Orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan Anda bisa terkumpul dalam website Anda.

4. Memperluas jangkauan promosi dalam urusan bisnis

Manfaat yang satu ini bisa dirasakan baik oleh perusahaan, komunitas, maupun personal. Ya, website sangat mungkin digunakan sebagai sarana promosi dengan jangkauan yang lebih luas lagi.

Apalagi jika Anda menggunakan website gratis sebagai media promosinya, sudah pasti Anda bisa menghemat banyak modal untuk melakukan promosi dalam urusan bisnis. Menguntungkan, bukan?

manfaat website

5. Menghasilkan uang

Siapa bilang internet tidak bisa menghasilkan uang? Sudah banyak orang-orang yang dapat menghasilkan uang dari internet. Dengan cara apa? Tentunya dengan cara membangun website.

Melalui website, Anda bisa menjadi blogger, influencer, dan semacamnya untuk bisa mendapatkan banyak endorsement atau tawaran kerjasama dari berbagai perusahaan atau produk yang sesuai.

Di dalam website, Anda juga bisa memanfaatkan Google Adsense, sehingga Anda akan mendapatkan iklan dari Google. Iklan itulah yang akan menghasilkan pundi-pundi rupiah dari website Anda.

Masih ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari website. Oleh karenanya, penting sekali bagi Anda membangun website yang profesional dengan desain yang eye catching.

Kini membuat website semakin mudah. Anda tidak perlu lagi menjadi programmer atau developer website untuk bisa membangun website sederhana.

Bagaimana bisa? Anda hanya perlu mengakses laman pembuatan website gratis, seperti WordPress, Wix, dan sejenisnya. Anda juga bisa membeli web hosting untuk membuat website Anda terlihat lebih profesional lagi.

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *