Twibbon : Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Twibbon Adalah – Penasaran dengan bagaimana cara membuat postingan di twitter atau instagram begitu menarik? Bahkan banyak yang mengkaryakan akun instagram agar terkenal dan memperoleh penghasilan.

Tidak sedikit membuat postingan pun menjadi viral karena menarik. Ternyata kamu juga bisa loh membuat sendiri. Twibbon adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan postingan dengan bingkai menarik.

Pengertian twibbon sendiri bukan hanya sebatas itu saja ditambah lagi ada banyak manfaat yang diberikan. Apa saja manfaat dan bagaimana cara membuatnya? Simak di sini.

Apa Itu Twibbon dan Manfaatnya?

Apa Itu Twibbon

Apabila dilihat dari pengertiannya, twibbon adalah bingkai foto dan tersedia dalam berbagai macam ukuran dan jenis. Bingkai foto yang dimaksud disini bukan dalam bentuk hardcopy melainkan vektor jadi bentuknya adalah softcopy.

Tujuan dibuatnya twibbon adalah untuk memperindah foto dan biasanya digunakan untuk pembuatan promosi. Promosi yang dibuat bisa berbagai macam baik itu sebuah produk atau social campaign.

Promosi adalah tujuan utamanya dan manfaatnya ada begitu banyak. Twibbon bisa dimanfaatkan untuk pembuatan banner promosi di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram.

Unsur keindahan dalam bentuk bingkai foto ini bukan hanya estetika saja tetapi untuk menarik perhatian. Semakin indah maka akan lebih menarik banyak orang untuk membaca. Cara membuat twibbon pun sangat bervariasi.

Aplikasi untuk Membuat Twibbon

cara buat twibbon

Menyimak twibbon adalah sebuah bingkai foto vektor, maka pembuatannya pasti menggunakan software editing. Memang benar, dulunya twibbon dibuat dengan software seperti Photoshop atau Coreldraw.

Perlu keahlian dan kreativitas untuk menciptakan twibbon yang menarik sebelum ditambahkan foto. Namun semakin berkembangnya zaman dan banyak yang membutuhkan bingkai foto menarik ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga  Cara Membuat bit.ly Link Menggunakan Whatsapp Dengan Mudah

Pembuatan twibbon melalui aplikasi ini berbeda dengan Photoshop atau Coreldraw. Bingkai foto telah tersedia dan kamu bisa langsung menggunakannya dengan menambahkan foto. Jika kurang sesuai bisa melakukan sedikit editing. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan secara gratis dan mudah.

1. PicsArt

Aplikasi pertama adalah PicsArt dan untuk menggunakannya kamu bisa mengunduh aplikasi terlebih dahulu melalui Google Play. PicsArt adalah aplikasi edit foto yang cukup ringan digunakan di hp dan sangat lengkap.

Ada begitu banyak fitur yang diunggulkan seperti membuat kolase, memberikan label dan teks sampai pembuatan twibbon. Aplikasi ini membutuhkan penyimpanan sebesar 30MB jadi pastikan memori internal hp kamu cukup.

2. Canva

Aplikasi selanjutnya adalah Canva, khusus aplikasi ini kamu bisa mengunduhnya di smartphone atau memanfaatkan web. Jika menggunakan web maka perlu dilakukan secara online. Untuk menggunakannya juga perlu log in menggunakan email.

Baik itu Canva dan PicsArt memiliki banyak sekali twibbon menarik untuk dipilih. Kamu bahkan bisa merancang desain sendiri untuk berlatih. Yang pasti, aplikasi ini gratis untuk digunakan.

3. Twibbon.com

Sesuai dengan namanya, aplikasi berbasis web ini hanya digunakan untuk membuat twibbon. Kamu juga perlu online untuk mengaksesnya. Hasil yang diberikan juga tidak kalah menariknya dari aplikasi Canva.

Perlu diingat untuk menggunakan twibbon.com pengguna harus menggunakan akun Facebook atau Twitter. Setelah login kamu harus mengisi data campaign terlebih dahulu. Isi nama, nama promosi dan deskripsinya.

Setelah selesai mengisi data barulah kamu bisa memulai membuat twibbon dengan menambahkan file foto dan memilih frame.

Langkah-Langkah Cara Membuat Twibbon dengan Canva

Langkah-Langkah Cara Membuat Twibbon dengan Canva

Di antara ketiga aplikasi twibbon, Canva adalah yang paling banyak digunakan. Canva.com adalah web gratis yang bisa digunakan siapapun untuk kepentingan apapun. Hasilnya pun sangat menarik.

Canva juga memiliki banyak sekali template seperti sosial media, web, poster, presentasi bahkan logo. Untuk membuat twibbon kamu bisa memilih template seperti Instagram, Facebook post, poster, dll.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika menggunakan Canva. Berikut ini langkah-langkahnya menggunakan website Canva.

1. Masuk ke web Canva

cara membuat twibbon
Image: Canva

Pertama-tama kamu bisa masuk ke www.canva.com. Setelah masuk maka akan langsung diarahkan untuk sign in atau login terlebih dahulu. Apabila sebelumnya kamu pernah menggunakan canva, maka pilih menu login, jika belum pilih sign in.

Masukkan nama email serta passwordnya kemudian klik masuk. Jika tak ingin menggunakan email bisa juga masuk menggunakan Facebook atau Google. Apabila menggunakan email, maka diperlukan konfirmasi.

Masuk ke dalam email dan klik tautan yang dikirimkan dari canva di inbox untuk mengaktifkan akun Canva. Jika tahapan ini selesai maka baru kamu baru bisa mulai bekerja.

2. Memilih Template

Memilih Template canva

Tahapan selanjutnya adalah dengan memilih template. Seperti yang sudah dijelaskan ada begitu banyak tempat yang tersedia pada halaman depan. Sebagai percobaan, pilihlah template Instagram Post.

Maka kamu akan diarahkan langsung diarahkan ke lembar kerja baru dengan template Instagram yang masih kosong. Ukuran Instagram post ini otomatis berukuran 1080 X 1080 px jadi hasilnya nanti tidak pecah.

Kamu juga bisa membuat beberapa twibbon sekaligus dengan klik ‘’add new’’ di bagian bawah lembar. Cara ini bisa dipilih supaya bisa menyelesaikan beberapa desain sekaligus sebagai pembanding.

Baca Juga  Tahan Emosi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

3. Memilih Frame

pilih frame canva

Setelah memilih template, kini perlu memilih desain twibbon. Jika ingin mencari desain secara keseluruhan tinggal ketik frame pada kolom search di sebelah kiri atas. Maka akan muncul banyak pilihan frame twibbon.

Pilihlah desain yang sekiranya menarik, soal foto, teks dan juga warna nantinya bisa diganti satu per satu. Sebenarnya memilih desain ini adalah langkah pertama cara membuat twibbon. Sisanya bisa dilanjutkan dengan kreativitas jadi kamu tak perlu membangun desain dari awal.

4. Mengunggah Foto

unggah foto canva

Jika ingin mengganti foto atau menambahkan foto maka perlu upload terlebih dahulu ke dalam canva. Kamu bisa mengambil foto yang sudah tersedia di library canva dengan klik menu foto di bagian samping kiri.

Ada beberapa pilihan menu foto seperti makanan, komputer, buku, keluarga dan lainnya. Tapi jika foto tersebut kurang sesuai dengan maka pilih menu uploads dan klik ‘’uploads dan image or video’’.

Kamu bisa mengunggah foto dari komputer, facebook, google drive, instagram dan dropbox. Pilih foto yang hendak digunakan dan klik unggah. Maka foto akan masuk ke dalam canva untuk dipilih.

5. Memberikan Teks

memberikan text di canva

Twibbon tentu kurang menarik jika hanya berisi vektor dan foto, apalagi untuk kebutuhan promosi. Perlu tambahan teks yang beragam untuk memperlihatkan tujuan campaign. Pada menu di bagian kanan pilih menu Teks.

Maka akan muncul beberapa pilihan yaitu heading, subheading dan body text. Kamu bisa memasukan teks satu per satu sesuai dengan kebutuhan. Apabila jenis teks dari desain bawaan kurang menarik kamu juga bisa menggantinya.

6. Mengunduh Hasil

Mengunduh Hasil

Sudah selesai mendesain? Kini kamu bisa mengunduh hasilnya secara langsung. Canva menyediakan beberapa pilihan jenis file yaitu PDF, JPG, PDF standard, PDF print, GIF, dan juga MP4 Video.

Untuk mengunduh pilih menu download di pojok kanan atas. Pilih jenis file yang akan diunduh kemudian klik download. Dalam beberapa detik twibbon yang kamu buat akan langsung tersimpan di komputer.

Enaknya menggunakan canva adalah tidak pada watermark seperti aplikasi yang ada di smartphone lainnya, padahal hasilnya bisa sangat memuaskan. Ada begitu banyak desain template yang bisa dipilih sekaligus jenis teks.

Kamu bisa mengubah warna sesuai keinginan dan filenya juga berukuran besar jadi hasilnya dipastikan tidak pecah. Ditambah lagi gratis tanpa ada batasan waktu penggunaan.

Tips Membuat Twibbon yang Menarik

Tips Membuat Twibbon yang Menarik

Karena tujuannya adalah untuk promosi, maka twibbon yang dibuat harus semenarik mungkin. Ada begitu banyak campaign lainnya yang tentu bersaing desainya. Dengan adanya aplikasi berbasis web atau smartphone justru mempermudah pekerjaan.

Kamu bisa menciptakan desain menarik kapan saja dan dimana saja asalkan terhubung dengan internet. Tak perlu banyak modal untuk membuatnya karena semua template juga sudah disediakan.

Jika ingin tahu cara buat twibbon yang menarik bahkan bisa sampai viral, ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Menyesuaikan warna

Pemilihan warna itu sangat penting karena bisa dibilang menciptakan identitas. Jika kamu membuat twibbon untuk sebuah lembaga maka disesuaikan juga dengan warna dari logo. Disarankan untuk menggunakan warna yang kontras dengan logo supaya terlihat jelas.

Pastikan juga untuk pemilihan warna ini jangan terlalu banyak. Kamu bisa menggunakan kombinasi 2 atau 3 warna saja.

2. Memilih foto terbaik

Jika ingin menambahkan foto maka pilihlah foto terbaik yang sudah diedit terlebih dahulu. Foto yang biasa saja tentu tidak akan menarik perhatian walaupun sudah menggunakan desain twibbon yang memukau.

Baca Juga  Cara Menyimpan Video Dari Instagram Ke Galeri Tanpa Aplikasi

3. Hindari desain yang kaku atau kuno

Jangan membuat desain yang kuno atau kaku. Desain twibbon selalu berkembang dan tinggalkan kesan kuno yang sudah tidak disukai lagi. Tapi tenang saja, canva selalu memperbaharui desain mereka jadi kamu bisa memilih dengan tenang.

4. Cari referensi sebanyak mungkin

Untuk bisa menghindari desain yang kuno maka diperlukan referensi lebih banyak. Carilah referensi di akun instagram atau sosial media influencer yang sering membuat posting baru.

Membuat twibbon tetap membutuhkan kreativitas walaupun sudah dimudahkan dengan banyaknya desain untuk digunakan. Sahabat Tedas.id hanya perlu memilih dan menempatkan pilihan desain pada kampanye yang dibuat.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.