Tutorial

Mudah, Ini Cara Jualan dan Jadi Merchant di AkuLaku

Bisa memperluas target pemasaran, banyak pemilik usaha yang mencari tahu cara jualan di Akulaku. Apakah kamu sudah bergabung menjadi seller di aplikasi yang satu ini? 

Jika belum, sekarang saatnya untuk memulai karena Akulaku menjadi platform yang bukan hanya menyediakan layanan pinjaman dana tetapi juga e-commerce. 

Cara daftarnya mudah, kamu bisa penuhi semua syarat dan mulai mendaftar sekarang. Yuk ikuti langkah lengkapnya. 

Apa Itu AkuLaku Seller Centre?

Apa Itu AkuLaku Seller Centre?
IMage: ec-vendor.akulaku.co

AkuLaku seller center merupakan salah satu layanan dari Akulaku untuk penggunanya supaya bisa dengan mudah mengembangkan bisnis online. 

Jika kebanyakan layanan kredit atau pinjaman dana tunai hanya melayani pinjaman saja, maka Akulaku menyediakan layanan tambahan berupa seller centre ini. 

Jadi konsumen yang merupakan peminjam bisa langsung membelanjakan uang pinjamannya melalui Akulaku. 

Di sisi lain para pengusaha bisa menawarkan produknya langsung melalui Akulaku dan berkesempatan untuk mendapatkan konsumen baru. 

Selama kamu berhasil menjadi seller di Akulaku nantinya ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh seperti:

  • Memperoleh Dana Iklan 

Akulaku memberikan support kepada seller atau merchant dengan memberikan dana iklan secara gratis tanpa syarat apapun. 

Selama kamu sudah mendaftar dan produk berhasil masuk ke etalase, iklan ini akan running secara otomatis. Berkat ini pula kamu bisa mendapatkan peluang produk semakin dikenal. 

Padahal jika melihat e-commerce lainnya kamu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk memasang iklan bukan. 

  • Subsidi Promo 

Kamu bisa mendapatkan subsidi promo yaitu promosi menguntungkan tanpa kamu harus memotong biaya produk. Hal inilah yang membuat produk kamu semakin dilirik. 

Mengingat sebagian besar konsumen sangat suka dengan istilah promo yang terdapat pada produk. Kamu tidak perlu bingung lagi memikirkan promo yang harus dibuat. 

Akulaku akan memberikan promo ini juga secara cuma-cuma untuk setiap seller yang aktif. 

  • Bebas Biaya Komisi di 3 Bulan Pertama 

Takut komisi akan memangkas keuntungan? Akulaku membebaskan biaya komisi selama 3 bulan pertama setelah mendaftar menjadi seller. 

Jadi kamu bisa meraup keuntungan yang lebih besar karena tidak ada komisi yang harus dibayarkan ke Akulaku. 

Kamu bisa mengajukan untuk bisa mengakses layanan ini setelah mendaftar terlebih dahulu ya. 

  • Menjangkau Pasar Lebih Luas 

Hadirnya Akulaku membuat kamu mendapatkan lahan untuk berjualan sehingga pasar yang dijangkau lebih luas. 

Jika sebelumnya kamu menggunakan satu e-commerce untuk berbelanja, kini bisa menambah satu yang artinya jumlah konsumen juga akan bertambah. 

Cara Daftar Merchant AkuLaku 

Melansir Akulaku.com, cara daftar sebagai merchant hanya membutuhkan tiga langkah saja. Mulai dari masuk ke website seller Akulaku, memasukkan data sampai verifikasi. 

Selama mengikuti langkahnya dengan benar, hanya dalam waktu singkat kamu akan tergabung menjadi seller. Ikuti langkah lengkapnya berikut ini:

  • Masuk ke Website Resmi Akulaku Merchant 

Kamu bisa mengakses terlebih dahulu di ec-vendor.akulaku.com di komputer agar lebih mudah. Ini adalah platform resmi dari Akulaku khusus untuk seller. 

Pada halaman website resmi ini kamu bisa klik Daftar Sekarang saat belum memiliki akun. Nantinya jika akun berhasil dibuat, kamu tinggal masukkan email dan password. 

  • Mengisi Data Bisnis 

login akulagi merchant
IMage: ec-vendor.akulaku.co

Saat berada di halaman berikutnya, kamu bisa memilih jenis toko yang akan dibuat. Mulai dari merchant yang merupakan perusahaan lokal. 

Ada juga merchant lokal perorangan. Jika memilih perusahaan lokal, maka kamu harus memenuhi syarat seperti izin usaha dan syarat lokal lainnya. 

Sedangkan untuk usaha lokal perorangan kamu hanya butuh KTP dan usia minimal 18 tahun untuk memulai. Klik salah satu yang sesuai dengan kriteria kamu. 

Kamu akan disuguhkan dengan formulir pendaftaran. Beberapa data yang perlu diisi seperti kewarganegaraan, nama lengkap, nomor hp, email dan juga password akun. 

Pastikan lagi bahwa semua data sudah benar dan klik untuk mencentang menu sudah membaca dan menyetujui perjanjian merchant. 

Kamu bisa klik pada menu tersebut untuk melihat peraturan yang lebih detail lagi. Jika sudah selesai baru klik Daftar. 

  • Verifikasi dan Atur Toko 

Langkah terakhir adalah melakukan verifikasi menggunakan kode yang dikirimkan ke email atau nomor hp melalui sms. 

Ketika verifikasi berhasil maka kamu sudah menjadi vendor Akulaku. Namun tidak berhenti di sini saja, kamu harus mengatur toko terlebih dahulu. 

Kembali ke halaman utama di merchant Akulaku tadi, kemudian login menggunakan email dan password yang sudah didaftarkan. 

Sekarang kamu berada di halaman dashboard toko dan bisa mengatur berbagai kebutuhannya. Mulai dari nama toko, kategori toko dan produk, jenis toko, kontak dan masih banyak lagi. 

Data Penting untuk Dilengkapi pada Toko 

Ada beberapa data penting dan wajib kamu isi pada dashboard toko untuk menunjukkan keaslian dan resmi tidaknya tokok kamu. 

Berikut ini beberapa data pentingnya:

 

  • Penerimaan dan Pengiriman Produk 

Kamu bisa klik menu Informasi Merchant kemudian klik Penerimaan/ Pengiriman Produk. Klik Atur dan pastikan untuk menyalakan GPS. 

Atur alamat pengiriman sesuai dengan GPS yang tersedia, baik itu gudang atau rumah. Kemudian masukkan juga alamat pengembalian secara lengkap apabila barang retur. 

  • Identitas 

Masih pada halaman yang sama, kamu bisa klik menu Informasi Identitas. Pada bagian ini isilah informasi berupa foto KTP sambil selfie. 

Isi juga NIK sesuai dengan KTP yang tadi telah difoto. Isi tanggal lahir dan nama sesuai KTP. Jangan khawatir nomor KTP akan tersebar karena Akulaku akan memberikan jaminan keamanan. 

  • NPWP/ SIUP 

Apabila kamu memilih toko perseorangan maka harus mengisi data NPWP. Isilah nomor, wilayah sampai dengan alamat detail sesuai yang terdaftar di NPWP. 

Berbeda jika kamu memilih mendaftar sebagai merchant  perusahaan lokal. Selain NPWP maka akan diminta untuk mengisi data SIUP. 

Kamu tinggal ketik saja informasi nama perusahaan, nomor SIUP dan juga foto SIUP. 

 

  • Informasi Toko Platform Lain 

Bukan rahasia lagi jika pemilik usaha membuat toko di lebih dari satu platform. Kamu bisa mengisi jawaban Ya atau Tidak apabila memang memiliki toko di platform lainnya. 

Baik itu kamu yang membuka toko di Lazada, Tokopedia, atau platform e-commerce yang lainnya. Kamu tidak diharuskan menyebutkan nama platform. 

Syarat yang Harus Dipenuhi Seller Akulaku 

Ingin menjadi seller dengan cepat? Kamu hanya butuh melakukan langkah di atas dan mengikuti beberapa syarat berikut ini:

  1. KTP dan upload foto KTP sambil selfie saat pendaftaran. 
  2. Membuat nama Toko yang menarik. 
  3. Data nomor hp yang aktif dan juga email. 
  4. Informasi nomor rekening yang aktif untuk disambungkan ke akun seller. 
  5. Mengisi deskripsi pada dashboard seller dengan lengkap. 

Tidak banyak ketentuan yang memberatkan seller di Akulaku. Kamu bisa membaca ketentuan lengkapnya saat hendak klik Daftar setelah mengisi formulir pendaftaran. 

Jika data sudah lengkap, maka cara jualan di Akulaku akan semakin mudah. Sisanya kamu hanya perlu upload foto dan deskripsi produk. Selamat mencoba. 

 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button