Tutorial

Berapa Lama Verifikasi Akulaku? Cek Dulu Infonya 

Berapa lama verifikasi Akulaku saat kamu hendak mengajukan pinjaman? Jawabannya adalah berbeda-beda setiap orang tergantung dengan kelengkapan syarat. 

Kamu bisa saja mendapatkan verifikasi cepat sehingga dana bisa cair dalam satu hari. Namun ada juga yang menunggu sampai lebih dari itu. 

Supaya nggak bingung lagi, kamu bisa simak dulu penjelasan lama waktu verifikasi yang umum sampai bagaimana supaya dana cepat cair. 

Lama Waktu Verifikasi Pengajuan Pinjaman Akulaku 

Akulaku memang tidak menyebutkan lama waktu verifikasi pengajuan yang akurat, namun sebagian besar pengguna mengalami waktu 1X24 jam hingga 3X24 jam. 

Jadi jika kamu saat ini mengajukan pinjaman maka esok hari di jam yang sama bisa mengecek apakah pengajuan belum disetujui. 

Apabila belum artinya kamu bisa menunggu sampai dua hari lagi yang menandakan waktu sudah 3X24 jam. 

Pada saat verifikasi selesai maka dana biasanya belum langsung masuk. Kamu perlu menunggu lagi proses konfirmasi data-data tertentu. 

Ketika semuanya sudah benar, biasanya akan mendapatkan telepon dari pihak Akulaku yang menjelaskan bahwa dana sudah dikirim ke nomor rekeningmu. 

Durasi ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan layanan pinjaman lainnya. Rata-rata kamu bahkan harus menunggu sampai lima hari hingga seminggu lamanya. 

Apabila proses verifikasi ternyata lebih dari 3X24 jam dan tidak ada keterangan apapun artinya ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Cek dulu apa saja penyebabnya. 

Penyebab Verifikasi Pinjaman Akulaku Lama 

Penyebab Verifikasi Pinjaman Akulaku Lama 

Kamu bisa menunggu lebih lama proses verifikasi baik itu sampai 3X24 hingga lebih karena kesalahan data hingga kuota pengajuan yang banyak. 

Admin Akulaku perlu waktu untuk memproses semua pengajuan demi keamanan dan juga kelayakan pengguna untuk bisa meminjam. 

Berikut ini alasan lengkap yang bisa kamu cek:

  • Banyaknya Pengguna yang Mengajukan Pinjaman 

Bukan cuma kamu saja yang menggunakan Akulaku dan ingin mengajukan pinjaman. Sebagian besar masyarakat Indonesia pun melakukannya. 

Jadi kamu harus menunggu giliran pengecekan data yang juga membutuhkan waktu. Jika jumlahnya cukup banyak dalam waktu tertentu maka kamu pun harus sabar menunggu. 

  • Salah Data Email 

Email berfungsi untuk verifikasi data yang kamu miliki. Oleh karena itu penting untuk memasukkan data email yang benar. 

Jangan sampai kamu rugi sendiri karena hanya salah ketik nama email. Jika perlu cek kembali apakah data yang dimasukkan sudah benar. 

  • Salah Data Nomor Akun 

Kamu mendaftar akun Akulaku menggunakan nomor hp, jika dalam formulir pengajuan nomor tersebut salah atau berbeda maka butuh lama untuk verifikasi. 

Bahkan sebagian besar pengajuan akan ditolak langsung oleh sistem karena dianggap orang yang berbeda. Jadi nomor dan kepemilikan nomor harus sesuai yang didaftarkan pada akun Akulaku. 

  • Sistem Akulaku Bermasalah 

Kesalahan tidak hanya berasal dari kamu tetapi juga bisa saja dikarenakan sistem Akulaku yang mengalami masalah. 

Namun biasanya jika sistem bermasalah, Akulaku akan menyediakan notifikasi berupa perbaikan sistem. Jadi akan disarankan jika kamu tidak mengaksesnya pada jam-jam tersebut. 

Syarat dan Ketentuan yang Harus Dipenuhi 

Sebenarnya tidak sulit mempersiapkan syarat untuk mengajukan pinjaman di Akulaku yaitu berupa kartu identitas dan sinyal internet yang lancar. 

Kamu bisa memenuhi syarat lengkapnya sebagai berikut:

  • Kartu Identitas 

Akulaku hanya menerima kartu identitas berupa KTP karena semua layanannya hanya bisa diakses oleh warga negara Indonesia saja. 

Lebih baik jika kamu yang hanya memiliki paspor, SIM sebaiknya segera mencetak KTP sebelum mulai mendaftar Akulaku. 

  • Minimal Usia 

Kamu juga harus berusia minimal 23 tahun jika ingin mengajukan dan sudah bekerja. Usia ini dinilai usia produktif sehingga kamu bisa mengakses layanan Akulaku. 

Jika kamu saat ini masih berusia 22 tahun lebih baik untuk menunggu satu tahun lagi dan pastikan tanggal ulang tahun sudah lewat ya. 

  • Berada di Wilayah Layanan 

Syarat lainnya adalah kamu berdomisili di wilayah layanan Akulaku dan dibuktikan pada alamat yang tertera pada KTP. 

Ya, tidak semua area di Indonesia masuk ke cakupan wilayah layanan pinjaman dari Akulaku. Ada beberapa wilayah cakupannya yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. 

 

  • Slip Gaji 

Khusus kamu yang ingin mengajukan pinjaman bernilai belasan juta lebih maka harus melampirkan slip gaji 3 bulan terakhir. 

Slip gaji ini berfungsi untuk bukti bahwa kamu berpenghasilan dan nominalnya mampu digunakan untuk mencicil pinjaman. 

  • NPWP atau Daftar Rekening Koran 

Dokumen lain yang tidak boleh kamu lewatkan juga adalah NPWP (Nomor Pokok Wajib pajak) dan juga daftar rekening koran. 

Pastikan juga NPWP kamu aktif sehingga tidak bermasalah dengan pajak saat mendapatkan pinjaman uang. 

Daftar rekening koran juga berfungsi untuk memastikan bahwa keuangan kamu dalam kondisi yang baik minimal 3 bulan terakhir. 

Jenis Pinjaman yang Ada di Akulaku 

Jenis Pinjaman yang Ada di Akulaku 

Sampai saat ini ada dua jenis pinjaman yang bisa kamu akses, melansir Akulaku.com jenisnya adalah Dana Cicil dan KTA AsetKU. 

Berikut ini penjelasan dari masing-masing pinjamannya:

  • Dana Cicil 

Jenis pinjaman yanglimit kreditnya Akulaku adalah 15 juta rupiah dan kamu bisa mendapatkan tenor hingga 15 bulan. Disebut dengan dana cicil karena kamu bisa membayar tagihan sampai tenor yang sudah dipilih. 

Ada tambahan syarat penting untuk mengakses pinjaman Dana Cicil yaitu KTP dan juga informasi dasar. 

Pastikan juga bahwa kualitas kredit kamu selama ini baik seperti tidak memiliki pinjaman yang menunggak. 

Biasanya kamu yang masih memiliki pinjaman aktif juga tidak bisa mengakses Dana Cicil meskipun syarat dan ketentuan tadi telah dilengkapi. 

Lebih baik untuk melunasi pinjaman di platform lainnya sebelum mengajukan Dana Cicil. Baru kamu akan mendapat verifikasi lebih cepat pula. 

Apabila memilih Dana Cicil kamu harus bersiap dengan bunga yaitu 3,08% ditambah biaya admin mulai dari Rp20.000. 

  • KTA AsetKU

Tidak ingin meminjam dalam jumlah yang lebih besar? Kamu bisa memilih KTA AsetKU yang nominalnya hanya sampai Rp3.000.000. 

Bahkan kamu bisa meminjam Rp500.000, cukup besar untuk menutup kebutuhan bulanan. Tenor yang disediakan sangat variatif mulai dari 15 hari sampai 30 hari lamanya. 

Kamu juga akan mendapatkan bunga yaitu sebesar 0,2%, 3% dan terakhir 4,34%. Semakin besar nominal pinjaman maka kecil pula bunga yang didapatkan. 

Tidak ada biaya admin yang akan dikenakan jika kamu meminjam di KTA AsetKU ini. Namun tetap saja kamu harus pastikan bahwa memiliki kemampuan membayar tagihan. 

 

Syarat dari KTA AsetKU tidak membutuhkan NPWP maupun slip gaji. Selama tersedia KTP, masuk ke minimal usia peminjam dan berada di wilayah layanan maka kamu bisa mengajukannya. 

Sudah tidak bingung lagi bukan berapa lama verifikasi Akulaku saat kamu mengajukan pinjaman? Kamu bisa memilih dulu jenis layanan Akulaku apa yang hendak digunakan. 

Pastikan selalu syarat dan ketentuan sudah dipenuhi dan hindari faktor yang bisa membuatnya lama. 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button