4 Cara Membuat Google Form Serta Cara Menggunakannya

Cara Membuat Google Form – Dalam sebuah penelitian, terutama penelitian kuantitatif membutuhkan data dari lapangan. Untuk mengumpulkan data tersebut, peneliti membutuhkan formulir untuk mempermudah mengumpulkan data penelitian. Bagi pelajar, mahasiswa maupun dosen bahkan hingga karyawan sangat membutuhkan formulir untuk pekerjaan mereka.

Sebelum datangnya era digital, pembuatan formulir dilakukan secara manual. Caranya dengan membuat drafnya di komputer lalu di cetak pada kertas. Kemudian kertas formulir akan dibagikan kepada koresponden data penelitian.

Cara ini tentu lebih rumit karena peneliti harus berkeliling mencari koresponden yang ada. Selain itu jangkauan formulir manual lebih sedikit karena terbatas pada jarak dan tenaga.

Pada saat era digital sekarang ini, cara membuat formulir manual tentu sudah tidak diperlukan. Saat ini sudah terdapat formulir digital yang telah dihadirkan oleh platform ternama Google. Formulir digital ini biasa disebut Google Form.

Google Form Adalah Layanan Untuk Membuat Formulir Online

google form adalah
Sebelum mengetahui cara membuat Google form, ada baiknya Anda mengetahui apa itu Google Form. Google merupakan salah satu perusahaan platform yang telah banyak mengeluarkan banyak produk yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan orang-orang dalam dunia digital. Salah satunya adalah Google Form, yakni merupakan sebuah layanan untuk pembuatan formulir online yang dipersembahkan oleh Google.

Baca Juga  3 Cara Menghapus Halaman di Facebook Secara Permanen

Penggunaan Google Form sudah reintegrasi dengan produk Google lainnya, seperti Google Drive, Gmail, dan Google Docs. Hal ini memudahkan Anda dalam mengakses Google Form dari perangkat manapun yang Anda miliki, serta memudahkan pengumpulan data dari Google Form.

Kegunaan dan Kelebihan Google Form

kelebihan google form
Anda dapat menggunakan Google Form dalam berbagai kebutuhan, seperti kebutuhan sehari-hari, survey, penelitian, maupun formulir pendaftaran. Contoh penerapan Google Form antara lain sebagai berikut.

1. Formulir untuk pendataan warga

Google Form dapat digunakan untuk mengumpulkan data warga. Anda dapat mengisi kolom pertanyaan, seperti Nama, Alamat, No.KTP, dan No.Telp. Dengan begitu jumlah warga yang banyak dapat diakumulasikan dengan Google Form.

2. Formulir untuk data skripsi

Penggunaan formulir untuk data skripsi sangat membantu bagi para mahasiswa yang sedang melakukan penelitian. Dengan menggunakan Google Form, mahasiswa dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Isilah pertanyaan pada Google Form sesuai dengan data yang dibutuhkan skripsi Anda.

3. Formulir RSVP

Google Form juga dapat digunakan sebagai Formulir RSVP. Formulir ini dapat Anda gunakan untuk undangan pernikahan maupun undangan seminar. Dengan cara ini, bagi pemilik acara akan dapat memastikan jumlah tamu yang datang. Sehingga dapat mempersiapkan acara dengan baik.

4. Survey Kualitas Karyawan

Bagi sebuah perusahaan, Google Form dapat digunakan untuk mengetahui kualitas karyawan dari perusahaan tersebut. Anda dapat mengetahui jumlah absensi karyawan selama bekerja, serta performa bekerja dari karyawan tersebut.

Baca Juga  2 Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui Orang Lain

5. Formulir lamaran kerja

Bagi Anda yang bekerja sebagai HRD, Google Form sangat membantu dalam mengumpulkan data pelamar kerja di perusahaan Anda. Dengan Google Form, Anda tidak harus menumpuk banyak berkas CV milik para pelamar kerja.

Kelebihan penggunaan Google Form adalah Anda tidak memerlukan banyak kertas sehingga merupakan cara yang ramah lingkungan. Kelebihan lain Google Form adalah Anda tidak perlu takut kehilangan formulir karena terselip atau hilang, karena semua data akan tersimpan di server Google, dengan begitu layanan ini menjadi lebih nyaman, aman, praktis, dan gratis.

Bagaiamana Cara Membuat Google Form?

cara membuat google formulir
Images By: Google Form.

Lalu bagaimana cara membuat Google Form? Cara buat Google Form sangat mudah, bahkan waktu yang Anda butuhkan untuk membuat Google Form tidak lebih dari 5 menit. Berikut merupakan langkah-langkah dalam membuat Google Form:

1. Buat Akun Google

Sebelum Anda membuat Google Form, Anda terlebih dahulu harus memiliki akun Google. Langkah pertama untuk membuat akun Google adalah dengan membuka http://accounts.google.com/signup. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi data diri mulai dari nama depan, nama belakang, nama lengkap, ‘username’ dan ‘password’.

Ada yang harus diperhatikan saat membuat ‘password’. Pastikan dalam membuat ‘password’ untuk membuat kombinasi ‘password’ yang unik. Anda dapat menggunakan kombinasi huruf dan angka, serta penggunaan huruf besar dan huruf kecil. Dengan ‘password’ yang sulit ditebak, maka akun yang digunakan tidak akan ditembus oleh orang lain.

Setelah semua data terisi, maka selanjutnya klik ‘Next’, dan isi kolom yang belum terisi dengan data yang benar. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin. Selain itu Anda juga akan diminta untuk memberikan nomor ponsel dan akun recovery yang bersifat optimal.

Terakhir klik ‘next’ step, maka akan muncul kotak dialog yang berisi syarat dan ketentuan, kemudian klik ‘agree’. Maka akun google akan selesai dibuat.

2. Buka situs Google Form

Cara membuat google form, buka situs Google Form pada docs.google.com, maka akan muncul template pilihan form yang bisa Anda pilih langsung sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin membuat Google Form di Google Drive, Anda dapat mengklik New yang terletak di sudut kiri atas. Lalu pilih dan klik more, lalu pilih Google Form.

Selain itu jika Anda ingin membuat Google Form di Google Sheet sebagai spreadseheet dalam data penelitian Anda, Anda dapat mengklik ‘insert’ atau sisipkan lalu pilih form atau formulir. Maka Anda dapat membuat Google Form di Google Sheet Anda.

3. Membuat Sebuah Form

cara buat google form

Images By: Google Form.

Cara membuat google form selanjutnya, selain mengklik template formulir yang telah disediakan, Anda juga dapat membuat formulir Anda sendiri dengan mengklik ‘add blank’. Beri nama template pada kolom yang tertulis ‘Untitled Form’, gantilah dengan nama baru seperti yang Saya beri nama Google Form Tedas.id. Anda juga dapat mengubah opsi-opsi lain yang terdapat pada form.

Anda dapat memilih pilihan jawaban yang akan diajukan, terdapat tiga pilihan yaitu ‘Multiple Choice’, Check boxes, atau ‘Dropdown’. Pada pilihan ‘Multiple Choice’ , Anda dapat membuat beberapa pilihan untuk dipilih, tipe ‘check boxes’ mirip dengan ‘Multiple Choice’, hanya saja kolom pilihan berbentuk kotak, sedangkan ‘Dropdown’ dipilih berdasarkan angka.

Ubahlah kolom pertanyaan dengan pertanyaan yang Anda miliki, ubah juga opsi pilihan yang telah Anda pilih. Untuk menambahkan pertanyaan, Anda dapat mengklik icon ‘Add Question’ di sisi kanan kolom pertanyaan.

Terdapat juga fitur lain untuk mengisi pertanyaan pada form. Anda dapat menggunakan fitur ‘Import Question’ untuk menaruh pertanyaan dari formulir yang pernah dibuat ke formulir yang sedang digunakan.

Fitur ‘Add Tiitle and Description’ berguna untuk memberi sub judul pada pertanyaan di formulir. Berikutnya adalah fitur ‘Add Image’ yang berfungsi menyisipkan gambar pada formulir. Sedangkan fitur ‘Add Section’ berguna untuk membagi sesi formulir.

4. Mengirimkan Google Form

Setelah cara membuat google form selesai semua pertanyaan dan pilihan jawaban, formulir siap disebarkan. Klik ‘send’ atau kirim di ujung kanan atas. Setelah Anda mengklik ‘Send’ akan muncul kotak dialog.

Kotak dialog pada menu ‘Send’ akan menampilkan tiga pilihan. Pilihan pertama adalah mengirim dengan Google Mail langsung ke alamat e-mail yang dituju. Tuliskan email yang Anda tuju, lalu beri centang pada checkbox ‘Include formine-mail’ lalu klik ‘Send’ pada pojok kanan bawah kotak dialog. Anda juga dapat menuliskan ‘Subjek’ serta pesan.

Pilihan berikutnya adalah kirim formulir dengan cara link. Cara ini dinilai paling efektif, karena Anda dapat menyebarkan formulir di media mana pun, seperti via Whatsapp atau Twitter. Jangan lupa untuk memberi checklis pada checkbox ‘Shorten URL’ agar link lebih pendek dan mudah dibagikan. Klik ‘Copy’ pada ujung kiri bawah dialog box, maka Anda siap untuk membagikan link Google Form Anda di media lain.

Anda juga dapat membagikan Google Form Anda dengan embed HTML. Dengan Embed HTML, Anda dapat menaruh Google Form pada website maupun blog yang Anda miliki.

Melihat Responses Google Form

google form adalah

Setelah Google Form terisi, maka Anda dapat melihat respons dari koresponden di bagian Responses di sebelah Questions. Maka akan muncul grafik data berdasarkan hasil jawaban dari formulir yang sudah disebar.

Dalam melihat ‘Responses’, Anda dapat melihat ‘Ringkasan’ atau ‘Individual’. Dalam ‘Ringkasan’ akan terlihat diagram dari data yang berhasil dikumpulkan dari Google Form yang tersebar. Sedangkan Individual memperlihatkan data Google Form perseorangan.

Untuk memudahkan mengolah data yang telah diterima dari Google Form, Anda dapat mengubahnya menjadi bentuk tabel. Caranya dengan mengklik ikon berwarna hijau di pojok kanan atas. Lalu pilih buat ‘Spreadsheet baru’ lalu klik buat. Maka data akan berubah menjadi sebuah data dalam bentuk tabel.

Baca Juga  Cara Registrasi Kartu Indosat dan Cara Aktifasinya

Ada kalanya kita ingin mencetak hasil Google Form jika dibutuhkan sebagai lampiran sebuah laporan. Lalu bagaimana cara mencetak Google Form yang telah terisi? Pertama masuk dulu ke bagian ‘Responses’ lalu klik tiga titik di pojok kanan atas.

Lalu akan muncul beberapa pilihan. Lalu klik ‘Download responses’ dan akan muncul kotak dialog ‘Preview’. Atur halaman pada pengaturan di
samping kiri.

Setelah ukuran sudah pas, klik ‘Save’. Langkah terakhir adalah Anda diminta untuk menentukan tempat dimana Anda akan menyimpan dokumen Google Form Anda. Lalu terakhir adalah klik ‘Save’ dan dokumen Google Form Anda siap dicetak sebagai bentuk ‘Hardfile’.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

One thought on “4 Cara Membuat Google Form Serta Cara Menggunakannya

  • Avatar
    01-05-2020 at 2:15 pm
    Permalink

    Terima kasih… artikelnya sangat membantu bagi saya yang masih awam.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *