Cara Unlock Modem Bolt dan Jenis-Jenisnya

Cara Unlock Modem Bolt – Mungkin Sahabat Tedas.id sudah tidak asing lagi dengan modem Bolt yang sering digunakan banyak orang. Namun seringkali orang tersebut masih awam akan cara unlock modem bolt itu sendiri.

Namun hal tersebut sudah cukup mudah saat ini, Huawei sebagai vendor dari Bolt ini sendiri telah menyatakan bahwa modem yang mereka produksi menjadi lebih baik lagi.

Koneksi broadband yang ditawarkan memiliki kecepatan hingga 10 kali lipat dari kecepatan pada provider biasa.

Namun sangat disayangkan sinyal dari modem ini masih belum mencangkup semua kota yang ada di Indonesia.

Sebab dari itu para pengguna menjadi tidak maksimal, namun anda tidak perlu khawatir lagi jika anda memiliki modem bolt pada area yang sulit menerima sinyal.

Sebab saat ini anda dapat memakai jenis modem bolt ZTE MF90 dan juga Bolt Huawei E5372s.

Jenis modem bolt tersebut dapat digunakan dengan kartu SIM atau juga provider lain, namun anda perlu melakukan unlock terlebih dahulu.

Agar modem bolt bisa anda gunakan dengan menggunakan berbagai kartu operator lainnya, anda harus melakukan unlock.

Biasanya modem Bolt ini hanya dapat mendeteksi jaringan bolt saja dan tidak dapat menerima kartu provider yang lainnya.

Nah banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara unlock modem Bolt itu sendiri agar bisa menggunakan jaringan internet lainnya seperti menggunakan provider GSM.

Sebenarnya ada beberapa jenis modem Bolt yang bisa di unlock sendiri dengan mudah sebab Bolt juga sudah menyediakan beberapa software resmi yang dapat dipakai untuk unlock modem bolt tersebut.

Namun ada juga beberapa modem Bolt yang tidak tersedia update softwarenya sendiri sehingga kita harus pintar-pintar dalam mencari dan juga mengetahui bagaimana langkah dan cara unlock modem Bolt tanpa menggunakan software resmi yang sudah disediakan oleh Bolt.

jenis jenis modem bolt
Image: sepulsa.com

Jenis-Jenis Modem Bolt yang Tersedia

Jika anda tertarik untuk membeli modem Bolt, anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu terkait jenis-jenis modem Bolt dan juga spesifikasi modem Bolt tersebut.

Sebelum kita membahas cara unlock modem Bolt, berikut adalah jenis-jenis modem Bolt dan juga spesifikasinya.

Modem Bolt Orion

Jenis modem Bolt yang pertama adalah modem Bolt Orion. Dimana modem Bolt Orion ini telah mempunyai spesifikasi yang mumpuni seperti mendukung jaringan 4G LTE dengan kecepatan akses internet mencapai 100 Mbps dan juga kapasitas baterai yang sudah besar yaitu 2000 mAH.

Dengan memiliki kapasitas baterai yang besar ini modem Bolt Orion bisa kita andalkan untuk bepergian. Di pasaran sendiri harga dari modem Bolt Orion ini dijual dengan harga Rp. 299.000.

Modem Bolt Slim

Selanjutnya adalah modem Bolt Slim, dimana modem Bolt Slim ini mempunyai kecepatan mencapai 72 Mbps dan juga kapasitas baterai yang lumayan besar yaitu 1500 mAH.

Modem Bolt ini juga sudah mendukung unlock semua kartu GSM.

Jadi cara unlock modem Bolt Slim ini bisa dilakukan dengan mudah. Untuk daya sambung dari modem Bolt ini bisa disambungkan sampai 10 perangkat.

Modem Bolt Hydra ZTE MF910

Berikutnya ada jenis modem Bolt Hydra ZTE MF910 dimana modem Bolt ini mendukung jaringan 4G LTE dengan spesifikasi mampu menampung akses kecepatan internet sampai 100 Mbps.

Kapasitas baterai dari modem ini adalah 2000mAH, modem ini memiliki keunggulan yaitu dapat terhubung dengan jaringan Wi-FI Extender dan juga bisa terhubung 10 perangkat.

Bolt Slim 2

Selanjutnya ada jenis modem Bolt Slim 2, dimana modem ini memiliki kecepatan mencapai 100 Mbps dengan memiliki kapasitas baterai 1500 mAH.

Jika kita bandingkan dengan modem Bolt lainnya, modem Bolt Slim 2 ini memiliki akses kecepatan internet yang paling tinggi dibandingkan modem Bolt lainnya.

Modem Bolt Max 2

Berikutnya ada modem Bolt Max 2. Dimana modem Bolt Max 2 ini memiliki berbagai macam fitur unggulan di dalamnya seperti fitur 4G LTE, dengan kecepatan yang mencapai 110 Mbps.

Untuk kapasitas baterai dari modem Bolt ini adalah 3000 mAh. Modem Bolt ini bisa dibilang menjadi modem dengan kapasitas baterai tertinggi dibandingkan lainnya.

cara unlock modem

Jenis Modem Bolt Yang Bisa Di Unlock

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara unlock modem Bolt yang bisa dilakukan dengan mudah. Namun tentu saja tidak semua modem Bolt bisa dilakukan unlock seperti ini.

Dari banyaknya jenis modem Bolt yang tersedia di pasaran saat ini, hanya ada 16 modem Bolt yang sudah dapat kita unlock.

Dari 16 modem Bolt yang sudah bisa kita unlock, setidaknya ada 4 tipe modem yang proses unlocknya dapat dilakukan dengan menggunakan software resmi yang sebelumnya sudah disediakan oleh Bolt.

Dimana empat jenis modem itu diantaranya adalah Arion, Alva, Helios G2 dan juga Aquila Max.

Namun keempat modem tersebut hanya mendukung provider jaringan internet Smartfren saja dan tidak dapat digunakan untuk memasang kartu GSM.

Cara Unlock Modem Bolt 4G Huawei E5372s
Image: pindahlubang.com

Cara Unlock Modem Bolt 4G Huawei E5372s

Di awal tutorial kali ini saya akan membagikan informasi terkait bagaimana cara unlock modem bolt 4G Huawei E5372s.

Hal ini karena modem bolt jenis ini menjadi modem bolt yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Oleh sebab itu banyak orang yang ingin mengetahui bagaimana cara unlock modem bolt jenis ini.

Pada saat melakukan unlock pada modem bolt ini anda harus mempersiapkan beberapa perangkat seperti mengunduh firmware Huawei jenis ini, Huawei flasher, ports.

Setelah mempersiapkan beberapa perangkat ini anda perlu menyimpan nya dalam satu file untuk mempermudah pekerjaan anda. Setelah itu anda dapat melanjutkan langkah langkah untuk unlock modem bolt.

Berikut ini langkah langkah yang perlu anda lakukan terkait cara unlock modem bolt.

  • Untuk cara unlock modem bolt Huawei E5372s, Hal yang pertama anda lakukan adalah menghubungkan modem bolt anda dengan PC atau laptop anda.
  • Setelah itu anda bisa mendownload atau install AutoRun Modem Bolt 4G.
  • Setelah selesai install, buka aplikasi dan masuk ke dalam mode upload Firmware dengan cukup menekan dan juga menahan tombol menu serta power secara bersamaan.
  • Selanjutnya jika sudah muncul tulisan Force Download pilih dan klik Menu.
  • Lalu anda bisa membuka opsi device manager dan klik Ports dan akan terlihat COM.
  • Setelah itu extract Ports.ini yang telah di download.
  • Selanjutnya ubah Ports.ini untuk di ganti sesuai dengan angka yang telah kamu miliki.
  • Setelah itu anda bisa extract file yang telah ada.
  • Lanjutkan dengan menjalankan aplikasi Huawei flasher dan dilihat Select firmware.
  • Kemudian anda dapat memilih lagi file yang telah ada.
  • Setelah memilih file anda bisa pilih Modem dan klik Resurrect Modem.
  • Setelah selesai tunggu hingga bar berwarna hijau dan sudah sampai akhir, setelah itu tutup dan jalankan lagi firmware dan tunggu hingga selesai.

Jika tahapan cara unlock modem bolt telah selesai dan berhasil, kamu dapat melakukan langkah untuk mematikan modem bolt.

Setelah melakukan restart pada modem kamu bisa langsung masukkan kartu SIM atau provider selain bolt. Jika kartu telah terpasang, kartu yang telah anda pasang telah terbaca.

Kamu dapat segera menggunakan modem secara lancar saat menjelajahi internet sama seperti saat anda menggunakan modem yang lain.

Cara Unlock Modem Bolt ZTE MF90
Image: ponselmu.com

Cara Unlock Modem Bolt ZTE MF90

Berikutnya akan saya sajikan informasi terkait bagaimana sih cara unlock modem Bolt ZTE MF90 yang juga menjadi salah satu jenis modem Bolt yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia saat ini.

Sebelum menerapkan cara unlock modem bolt jenis ini, kamu harus install terlebih dahulu DC unlocker Client 2017 untuk melakukan langkah selanjutnya.

Mungkin langkah langkah dalam unlock modem jenis ini akan sama dengan yang sebelumnya.

Namun anda perlu memperhatikan setiap langkah dengan baik dan benar, pastikan juga peralatan yang telah disiapkan sebelumnya secara lengkap agar tidak terjadi kesalahan.

Berikut ini langkah langkah untuk melakukan unlock pada modem bolt.

  • Cara unlock modem Bolt jenis ini, Pertama anda harus menyambung atau mencalonkan modem bolt dengan perangkat komputer atau pada PC anda.
  • Setelah dapat terdeteksi anda bisa langsung melakukan klik pada kanan file dari DC Unlocker client.
  • Lalu anda bisa klik pada tulisan Run as Administrator yang ada.
  • Setelah itu anda bisa pilih pada menu ZTE Modem pada Select Manufacturer.
  • Selanjutnya anda bisa klik pada opsi auto detect yang ada di dalam Select Model.
  • Lalu anda klik pada tanda kaca pembesar yang ada di bagian bawah tersebut.
  • Kemudian anda bisa pindahkan ke samping kanan lalu anda bisa klik server untuk memasukkan password dan juga username yang telah kamu siapkan sebelum nya.
  • Setelah mengisi password dan username anda bisa langsung klik opsi check untuk login, jika muncul tulisan error code 12 anda bisa mengabaikan hal tersebut.
  • Jika telah selesai anda bisa klik unlocking dan kemudian klik lagi unlock.
  • Sekarang anda bisa untuk melakukan reset pada modem bolt anda, reset hingga dalam waktu yaitu 5 detik saja.
  • Setelah selesai semuanya anda bisa mencabut modem dari perangkat yang telah anda pasangkan tadi.
  • Setelah mencabut dari perangkat, anda bisa mengganti provider kartu SIM dari modem bolt anda, anda dapat menggantinya dengan provider yang telah anda siapkan sebelumnya.

Nah itulah tadi bagaimana cara unlock modem Bolt yang bisa kalian lakukan dengan mudah dan cepat.

Cukup dengan menggunakan bantuan komputer atau laptop yang kita miliki saja kita sudah bisa menerapkan bagaimana langkah-langkah dan cara unlock modem Bolt dengan mudah.

Semoga informasi yang sudah saya berikan diatas bermanfaat untuk anda yang kebingungan terkait bagaimana sih cara unlock modem Bolt dengan mudah.

Jika Sahabat Tedas.id masih gagal dalam menerapkan cara unlock modem Bolt yang sudah saya jelaskan diatas, kemungkinan ada beberapa langkah-langkah yang mungkin terlewatkan.

Untuk itu perhatikan setiap langkah cara unlock modem Bolt yang sudah saya jelaskan.

 

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo. Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *