Tahan Emosi, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Laptop Lemot – Ketika kita sedang asyik mengerjakan tugas atau mengerjakan pekerjaan kantor, namun tiba-tiba laptop menjadi lemot tentu saja akan sangat menyebalkan. Apalagi jika pekerjaan masih menumpang, dan akhirnya selesai lebih lama atau molor karena kinerja laptop yang semakin lemot.

Lemot merupakan masalah yang sering kali muncul menghampiri laptop yang diakibatkan oleh berbagai macam penyebab.

Lalu bagaimana sih cara mengatasi laptop lemot? tenang saja pada artikel ini saya akan membahas tuntas terkait penyebab laptop lemot dan bagaimana cara mengatasi laptop lemot.

Penyebab Laptop Lemot

Penyebab Laptop Lemot

Walaupun sekarang sudah jamannya smartphone android, namun laptop masih menjadi pilihan oleh orang-orang untuk mengerjakan sesuatu entah itu tugas atau pekerjaan kantor. Namun namanya juga perangkat elektronik tentu saja tidak bisa terlepas dari yang namanya masalah.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna laptop adalah masalah kinerja laptop yang lelet atau lemot karena semakin sering digunakan.

Sebenarnya wajar saja jika laptop berubah menjadi lemot ketika sering digunakan, namanya juga perangkat elektronik pastinya akan mengalami penurunan kinerja.

Baca Juga  Cara Membuat bit.ly Link Menggunakan Whatsapp Dengan Mudah

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kenapa laptop lemot ketika sedang digunakan atau bahkan ketika sedang tidak digunakan untuk aktivitas yang berat sekalipun.

Nah sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengatasi laptop lemot, sebaiknya anda harus memahami dulu penyebab kenapa laptop lemot yang sudah saya jelaskan di bawah ini.

1. Banyak Startup Programs

Startup Program adalah software atau aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika kita menyalakan laptop. Artinya software ini akan langsung otomatis berjalan saat laptop selesai di booting.

Terkadang kita tidak sadar jika laptop kita memiliki banyak startup programs yang berjalan saat dihidupkan. Akibatnya karena kita tidak sadar tersebut membuat laptop menjadi semakin lemot meskipun baru dinyalakan sekalipun.

Biasanya startup programs bisa muncul karena saat kita menginstall suatu aplikasi atau software tersebut kita mencentang pilihan “Jalankan aplikasi ketika komputer dinyalakan”.

Nah untuk itu sebaiknya anda selalu berhati-hati ketika menginstall aplikasi atau software agar tidak langsung berjalan ketika laptop dinyalakan. Karena semakin banyak software yang berjalan di latar belakang maka akan semakin lambat dan menjadi penyebab laptop lemot walaupun saat pertama kali booting.

2. Usia Harddisk Terlalu Tua

Harddisk adalah media penyimpanan yang sering digunakan pada komputer atau laptop. Tentu saja semakin tua usia dari harddisk sebagai media penyimpanan tersebut juga akan mempengaruhi kinerja dari laptop yang kita miliki tersebut.

Saat ini saja sudah mulai banyak laptop yang menggunakan media penyimpanan SSD, dimana penyimpanan SSD tersebut memiliki kinerja yang lebih cepat dibandingkan harddisk.

Selain usia harddisk yang terlalu tua, penyebab laptop lemot juga bisa terjadi karena kapasitas harddisk yang sudah hampir penuh.

Bahkan banyak pakar yang mengatakan jika harddisk yang digunakan untuk menyimpan data hingga kapasitas 95% bisa menjadi penyebab kenapa laptop lemot hingga 50% loh.

Baca Juga  10 Aplikasi Perekam Layar Untuk HP dan PC Terbaik

3. Banyak Aplikasi Berjalan, Kapasitas Ram Kecil

Ram adalah tempat penyimpanan sementara data sebelum diproses. Nah saat kita menjalankan banyak aplikasi tentu saja akan membuat penyimpanan ram menjadi penuh.

Jika kita memiliki kapasitas ram yang kecil dan menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan tentu saja bisa membebani kinerja dari ram. Akibatnya maka laptop akan menjadi lemot.

Sebaiknya bagi anda yang memiliki laptop dengan kapasitas ram kecil, jangan menjalankan software secara bersamaan. Terutama jika menjalankan software berat seperti Photoshop dan juga Adobe Premiere dalam waktu bersamaan.

4. Laptop Terkena Virus

Penyebab laptop lemot yang terakhir adalah karena laptop terkena virus. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa virus bisa saja memperlambat bahkan juga bisa merusak laptop.

Dari banyaknya kejadian virus yang ada pada laptop dan komputer ini akan membuat laptop bekerja 2x bahkan 3x lebih berat dari normalnya. Artinya terkadang walau kita tidak menggunakan laptop untuk membuka aplikasi yang berat-berat sekalipun, kinerja laptop menjadi lemot.

Agar laptop tidak terkena virus, sebaiknya anda selalu berhati-hati ketika ingin mendownload file dari internet. Karena terkadang banyak modus orang-orang jahat yang mengirimkan virus dari email atau media komunikasi lainnya di internet dan ada baiknya gunakan antivirus terbaik untuk perlindungan laptop.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Cara mengatasi laptop lemot memang harus kita teliti satu per satu penyebabnya. Banyak cara agar laptop tidak lemot yang bisa kita lakukan.

Meskipun kalian bukan teknisi komputer, tapi anda bisa kok mengatasi laptop yang lemot sendiri karena laptop lemot bikin Kita emosii. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa cara mengatasi laptop lemot.

1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu

Cara agar laptop tidak lemot yang pertama adalah dengan meng uninstall atau menghapus aplikasi yang tidak perlu.

Sebaiknya anda masuk ke control panel dan cek pada bagian tab aplikasi, kira-kira ada berapa aplikasi yang sudah terinstall di laptop anda. Jika dirasa ada beberapa software atau aplikasi yang ternyata sudah tidak terlalu digunakan, sebaiknya kalian hapus atau uninstall aplikasi tersebut.

Masalahnya terkadang kita tidak sadar sudah menginstall aplikasi-aplikasi yang ternyata sudah satu paket ketika kita menginstall aplikasi tertentu. Oleh sebab itu ketika anda sedang menginstall aplikasi, sebaiknya anda perhatikan beberapa opsi atau pilihan yang tersedia agar tidak ada aplikasi lainnya yang ikut terinstall.

2. Upgrade Kapasitas Ram

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan melakukan upgrade kapasitas ram. Seperti yang sudah saya katakan diatas jika ram adalah tempat menyimpan data aplikasi sebelum diproses atau dijalankan.

Jadi jika kapasitas ram laptop anda kecil, anda bisa melakukan opsi upgrade atau meningkatkan kapasitas ram. Biasanya laptop jaman sekarang memiliki dual slot ram, nah anda bisa menambah kapasitas ram dengan cara mengganti ram dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Idealnya untuk kapasitas ram laptop jaman sekarang adalah 4Gb, ukuran ram 4gb saja dirasa sudah paling minim. Jika anda memiliki uang lebih, anda bisa mengganti atau mengupgrade kapasitas ram hingga 8gb agar kinerja laptop semakin cepat.

Baca Juga  2 Menit Beres, Ini 4 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

3. Scan Laptop Dengan Antivirus

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas jika salah satu penyebab laptop lemot adalah karena terinfeksi virus. Untuk itu cara mengatasi laptop lemot karena virus adalah dengan melakukan scan laptop dengan antivirus.

Pastikan jika laptop atau komputer yang kalian miliki sudah dilengkapi dengan minimal 1 antivirus dan sudah diatur untuk berjalan secara otomatis.

Adanya antivirus yang sudah berjalan dengan otomatis ketika ada file baru yang datang atau disimpan di laptop.

Namun sebaiknya juga untuk cukup menginstall 1 atau 2 antivirus saja, jangan terlalu banyak karena juga bisa membebani laptop ketika terinstall banyak antivirus dan berjalan secara bersamaan. Apalagi kebanyakan antivirus ini merupakan software startup programs, yang artinya akan berjalan secara otomatis sejak laptop pertama kali dinyalakan.

4. Install Aplikasi Pembersih Laptop

cara agar laptop tidak lemot

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih laptop. Kalian juga dapat memakai beberapa aplikasi yang bisa mengoptimalkan kinerja laptop seperti CCleaner dan sebagainya.

Aplikasi tersebut bekerja dengan cara membersihkan berbagai sampah sistem seperti cache dan data yang tidak berguna untuk dihapus.

Selain bisa membersihkan data tidak penting dari laptop. Aplikasi-aplikasi semacam itu juga cukup bisa diandalkan untuk mengatasi laptop lemot.

Cukup digunakan sehari sekali saja agar laptop anda terbebas dari berbagai macam sampah sistem yang bisa membebani dan memenuhi harddisk. Seperti salah satu penyebab laptop lemot yang sudah saya jelaskan diatas, hardisk yang penuh bisa membuat laptop menjadi lemot. Nah dengan bantuan aplikasi pembersih laptop, kapasitas harddisk akan sedikit lega.

5. Menggunakan Software Versi Lama

Berikutnya, cara mengatasi laptop lemot adalah dengan menggunakan software atau aplikasi versi lama.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika software atau aplikasi terbaru tentu saja akan mengalami update dari sebelumnya.

Adanya update tersebut tentu saja juga akan mempengaruhi beban atau sistem minimum untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Sebaiknya jika anda memiliki laptop lama, gunakan juga software atau sistem operasi yang lama juga. Dengan menggunakan aplikasi yang lama tentu saja laptop tidak akan dibebani ketika menjalankan aplikasi tersebut. Dampaknya maka laptop tidak akan lemot ketika digunakan untuk membuka atau menjalankan aplikasi lama tersebut.

6. Install Ulang Sistem Operasi

Cara mengatasi laptop lemot yang terakhir adalah dengan melakukan install ulang pada sistem operasi yang digunakan oleh laptop tersebut. Install ulang menjadi solusi akhir untuk membuat laptop menjadi lebih segar, tidak lemot dan fresh seperti baru.

Namun cara ini hanya menjadi opsi atau pilihan terakhir ya jika dirasa anda sudah melakukan segala cara mengatasi laptop lemot, namun ternyata cara-cara yang sudah anda lakukan tersebut tidak berdampak apa-apa.

Install ulang sistem operasi sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, namun bagi anda yang baru pertama kali ingin melakukan install ulang sistem operasi sebaiknya agar ditemani dengan orang yang sudah ahli sebelumnya.

Hal ini karena dalam tahap install sistem operasi akan terdapat pilihan dimana anda harus memilih ingin menginstall sistem operasi pada disk atau drive yang mana. Jika salah pilih tentu saja semua data anda akan hilang.

Install ulang sistem operasi juga akan membuat sistem operasi menjadi lebih baru, sama seperti pertama kali laptop dibeli. Cara mengatasi laptop yang terakhir ini biasanya dilakukan juga ketika terjadi error pada sistem operasi yang digunakan pada laptop.

Nah itulah beberapa penyebab laptop lemot dan bagaimana cara mengatasi laptop lemot yang bisa anda lakukan. Dengan menerapkan beberapa cara yang sudah saya jelaskan diatas, harapannya tentu saja laptop yang lemot bisa anda atasi sendiri dengan mudah.

Yang terpenting adalah jangan terlalu banyak menginstall aplikasi dalam laptop karena bisa mempengaruhi kinerja dari laptop, apalagi jika software yang diinstall pada laptop tergolong software berat-berat seperti editing video atau editing foto yang membutuhkan space lumayan besar pada harddisk.

Jangan lupa juga untuk selalu berhati-hati dalam mendownload file dari internet atau meminjam flashdisk milik teman, karena berpotensi terjadinya penularan virus. Semoga bermanfaat ya Sahabat Tedas.id.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *