can't connect to this network
Tutorial

Cara Mengatasi Can’t Connect To This Network Pada Wifi

Pernah mengalami wifi tidak bisa konek dengan laptop saat berada di tempat umum?

Bukan cuma kamu saja yang pernah mengalaminya. Apalagi muncul pop up can’t connect to this network yang pastinya bikin kesel. 

Alasan mengapa wifi tidak bisa konek ke laptop bisa berbagai macam. Mulai dari masalah pada jaringan, router wifi dan mungkin pada perangkat laptop milikmu. Kamu yang menggunakan Windows 7, 8 atau 10 kapan saja bisa mengalaminya. 

Hal ini paling sering terjadi ketika kamu berada di wifi umum.

Misalnya di cafe, mall, hotel atau rumah makan. Tapi kamu nggak perlu khawatir dan bingung untuk mengatasinya, karena ada banyak cara supaya kamu bisa tetap tersambung dengan wifi. 

8 Macam Cara Mengatasi Masalah Can’t Connect To This Network

Cara paling mudah mengatasi masalah sambungan wifi adalah tahu apa penyebabnya. Karena dengan begitu kamu bisa langsung melakukan perbaikan dengan tepat. Tapi bagaimana jika kamu tidak tahu sama sekali? 

Mau tidak mau berbagai macam cara ini harus kamu coba. Sudah siap untuk mengatasinya? Kamu bisa ikuti beberapa cara berikut. 

1.  Merestart Laptop atau Komputer

Jika kamu menggunakan wifi rumah, sebaiknya langsung saja untuk merestart komputer sama juga dengan laptop. Kamu nggak perlu buru-buru ke tempat service laptop hanya karena masalah ini. 

Merestart akan menjadi solusi terbaik karena masalahnya ada pada service sistem yang tidak berjalan. Caranya pun sangat mudah tinggal menekan tombol restart pada komputer atau masuk ke menu start kemudian power pada laptop. 

2. Adanya Pembatasan Pengguna Wifi

Pada kasus tertentu, munculnya can’t connect to this network bisa disebabkan oleh penyedia wifi yang membatasi koneksinya. Tujuannya supaya tidak terlalu banyak perangkat yang terhubung sehingga jaringan menjadi lemot. 

Kamu bisa menanyakan kepada penyedia wifi apakah mereka melakukan pembatasan. Biasanya mereka akan mengatur wifi tidak digunakan untuk publik. Kebanyakan wifi yang dibatasi adalah kantor atau wifi rumah pribadi. 

3. Merestart Router

Selain laptop, bagi kamu yang menggunakan jaringan wifi pribadi di rumah bisa mencoba merestart router. Kinerja router wifi mungkin saja melambat karena tidak pernah di refresh secara rutin. 

Sebaiknya kamu mematikan router selama 12 menit kemudian menyalakannya kembali. Biasanya koneksi wifi akan langsung lancar dan akan tersambung ke laptop. Akan lebih baik lagi jika kamu melakukannya dengan rutin satu minggu sekali. 

Langkah ini juga ditujukan untuk perawatan router agar bisa bekerja optimal dan lebih awet. Apalagi jika router sering mengalami panas maka harus lebih sering lagi direstart. 

4. Mengaktifkan Network Troubleshooter

Kesalahan atau adanya masalah pada jaringan juga bisa kamu cek secara langsung di laptop. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui secara detail apa permasalahannya sehingga komputer bisa mengambil langkah perbaikan. 

Berikut ini langkah mudah untuk mengaktifkan network troubleshooter. 

  • Masuk ke menu setting laptop kemudian pilih Update & Security. 
  • Pilih menu Troubleshoot dan pilih lagi menu Additional Troubleshooters. 

  • Kemudian pilih Internet Connection dan klik Run the troubleshooter. 

Kamu hanya tinggal menunggu proses pendeteksi masalah dari laptop. Setelah itu jika muncul permasalahannya tinggal klik network adapter kemudian pilih tombol run the troubleshooter. 

5. Aktifkan Forget Wifi 

Apabila cara di atas masih belum bisa menghilangkan can’t connect to this network, kamu bisa mencoba forget wifi. Cara ini dilakukan biasanya untuk menghapus password lama yang sudah tersimpan. 

Pada Windows 10, ketika kamu sekali tersambung ke internet wifi dan menggunakan password maka password tersebut otomatis akan tersimpan. Ketika wifi yang pernah tersambung mengganti password maka kamu juga harus menggantinya. 

Cara mengganti bukan sekedar memasukkan password baru saja, kamu harus mengaktifkan forget wifi terlebih dahulu. Langkah lengkap yang bisa diikuti adalah sebagai berikut:

  • Masuk menu settings pada laptop kemudian pilih menu Network & Internet. 

  • Kemudian pilih menu Wifi di sebelah kiri dan lanjutkan dengan menu Manage Known network pada sebelah kanan. 

  • Kamu akan otomatis melihat nama-nama jaringan wifi yang pernah terhubung sebelumnya. Tinggal cari saja mana wifi yang ingin kamu ubah passwordnya dan klik Forget. 

Otomatis kamu sudah menghilangkan password yang tersimpan pada sistem dan bisa menyambungkan wifi kembali menggunakan password yang baru. Maka secara otomatis kamu bisa terhubung ke wifi tersebut kapan saja. 

6. Mengupdate Driver Network

Can’t connect to this network juga bisa muncul karena masalah error pada driver di laptop yang rusak atau sudah usang.

Bisa juga driver tidak terinstal dengan benar, oleh karena itu kamu perlu memperbaikinya terlebih dahulu. 

Biasanya driver yang rusak akan memperlihatkan notifikasi tanda pentung kuning di bagian taskbar sebelah kanan bawah. Apabila kamu sering mengabaikan ikon ini mungkin saja driver wifi minta diupdate. 

Nah cara updatenya pun sangat mudah sebagai berikut. 

  • Masuk menu Start kemudian pilih Device Manager. 
  • Setelah itu pilih Network Adapter dan klik kanan di bagian driver yang butuh diupdate yaitu Wireless Network Adapter. 

  • Klik kanan pada menu tersebut dan pilih Update Driver. 

Biasanya jika kamu menggunakan Windows 10 makan proses update akan berjalan dengan sendirinya. Tapi jika tidak kamu tinggal mencari software drivernya di komputer. Tinggal tunggu sampai proses instalasi selesai dan cek apakah wifi sudah tersambung. 

7. Mengecek Status Jaringan yang Tersambung

Bisa juga masalahnya bukan pada perangkat namun jaringan itu sendiri. Kamu jangan langsung menyalahkan laptop yang udah tahunan menemani ya. Jaringan wifi mungkin saja mengalami masalah tapi kamu tidak tahu. 

Nah untuk memastikan bahwa jaringan yang bermasalah kamu bisa mengeceknya. Coba sambungan wifi pada smartphone kamu. Bisa juga menanyakan kepada teman yang juga sedang menggunakan wifi. 

Jika ternyata wifi tidak tersambung bahkan lebih dari dua perangkat artinya jaringannya bermasalah. Mungkin juga kuota pengguna wifi sudah terlalu penuh. Kamu hanya perlu menunggu saja jika ini masalahnya. 

8. Mereset Wifi Adapter

Langkah terakhir jika ternyata jaringan tidak bermasalah setelah kamu cek, yaitu dengan merestart wifi adapter pada laptop. Cara ini juga bisa dilakukan untuk komputer yang menggunakan jaringan internet dengan kabel LAN. 

Caranya sangat mudah yaitu sebagai berikut.

  • Masuk pada Control Panel kemudian pilih menu Network dan Sharing Center. 
  • Pilih menu Change adapter settings. 
  • Kamu tinggal pilih aja wifi adapter mana yang digunakan kemudian klik kanan dan Disable. 
  • Tunggu beberapa saat kemudian klik kanan lagi pada wifi adapter dan pilih menu Enable. 

Masalah can’t connect to this network akan langsung teratasi jika menggunakan langkah ini. Kamu nggak perlu bingung lagi deh dengan masalah wifi yang nggak konek. 

Bagaimana sangat mudah bukan cara untuk mengatasinya? Kamu perlu untuk mencobanya satu per satu. Jika ternyata masih gagal bisa untuk mengecek ke costumer service sesuai dengan merk laptop. 

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *