Cara Mengecek FUP Indihome
Tutorial

Sudah Tahu Cara Mengecek FUP Indihome Kamu? Intip Di Sini

Indihome adalah salah satu penyedia jaringan internet yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih Indihome untuk jaringan wifi di rumah. 

Banyak ditawarkan paket internet unlimited sebagai daya tarik utama kepada calon konsumen.

Namun di balik paket unlimited tersebut Indihome memberlakukan sistem batas pemakaian yang wajar dikenal dengan FUP. 

Bagi kamu yang ingin berlangganan Indihome atau mungkin sudah, harus tahu apa itu FUP dan bagaimana cara mengecek FUP Indihome.

Karena setelah mengetahuinya kamu akan tahu bagaimana cara pemakaian yang lebih efisien. 

Apa Itu FUP Indihome? 

Kata-kata Unlimited yang ditawarkan oleh Indihome bukanlah hal bohong, karena kamu memang bisa memakai internet sebanyak dan selama mungkin. Hanya saja terdapat sistem yang disebut Fair Usage Policy atau FUP. 

FUP sendiri adalah batas kebijakan dalam penggunaan normal layanan internet yang kamu pilih.

Tujuan dari adanya FUP adalah agar konsumen tidak menggunakan internet secara berlebihan. Sehingga terdapat batas pemakaian tertentu sesuai paket yang kamu pilih. 

Nah, dampak yang paling terasa adalah ketika kamu menggunakan internet dan tiba-tiba terasa lemot atau berjalan dengan lambat.

Menurunnya kecepatan dari akses internet ini disebabkan kamu sudah melewati batas pemakaian wajar dari internet. 

Kamu tetap bisa mengakses internet karena paketnya adalah unlimited, hanya saja kecepatannya akan menurun.

Kamu bisa tahu berapa besaran internet yang sudah digunakan dengan cek kuota Indihome secara langsung. 

Kini kamu nggak perlu marah-marah lagi jika tiba-tiba internet lemot, karena mungkin pemakaiannya sudah berlebih. 

Mengenal Batasan FUP Indihome dari Setiap Paket 

Masing-masing paket memiliki FUP yang berbeda dan kamu calon konsumen dari Indihome harus tahu batasannya.

Karena mengetahui FUP ini akan menjadi pertimbangan besar ketika ingin memilih paket sehingga tak salah. 

Kamu bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan, bukan hanya soal kecepatannya saja. Jika kamu ingin menggunakannya untuk usaha atau bisnis, memilih paket dengan FUP besar bisa menjadi pilihan terbaik. 

Berikut ini beberapa batasan FUP dari masing-masing paket Indihome yang terbaru. 

  • Indihome paket 10Mbps

Indihome menawarkan paket yang paling banyak dipilih dengan biaya langganan sekitar 200 ribu untuk internet saja. Tapi biasanya kamu harus ikut berlangganan tv kabel sehingga juga akan meningkatkan biaya langganan. 

Untuk paket Indihome 10Mpbs ini kamu akan mendapatkan batas pemakaian wajar sampai 300 GB. Apabila penggunaannya sudah lebih dari batas tersebut maka kecepatan dari internet akan menurun menjadi 75%. 

Apabila dalam satu bulan kamu sudah mencapai batas sampai 400 GB maka kecepatannya akan menurun lagi menjadi 40% yang artinya menjadi 4Mbps. 

  • Indihome paket 20Mbps

Di atas paket 10 Mbps terdapat paket 20 Mbps dengan batas FUP nya adalah 500 GB. Selama kamu belum mencapai 500 GB maka kecepatannya akan 100 persen. Sedangkan jika sudah melebihi 500 GB maka kecepatan menjadi 75%. 

Ketika kamu sudah mencapai 800 GB namun belum selesai satu bulan, kecepatan akan menjadi 40% saja. Kamu pasti akan merasakan internet semakin lemot jika sudah mencapai angka tersebut.

  • Indihome paket 30Mbps

Pada pilihan selanjutnya, kamu bisa memilih paket 30 Mbps yang memiliki FUP sampai 700 GB. Kuota yang diberikan cukup besar jika kamu ingin menggunakannya untuk bisnis. Selain itu batas FUP nya sangat tinggi. 

Ketika penggunaan sudah melebihi 700 GB maka kecepatan akan menurun menjadi 22.5 Mbps. Selain itu kecepatan akan menurun lagi jika kamu sudah menggunakan lebih dari 1.200 GB. Kecepatan yang diberikan hanya 40% saja. 

  • Indihome paket 40Mbps

Jika kamu memilih paket ini, wajib tahu bagaimana cara mengecek FUP Indihome karena paket ini memiliki biaya langganan 380 ribu belum termasuk biaya tv kabel. Ketika jumlah pengguna wifi ini banyak kamu harus tahu sampai di mana penggunaannya setiap minggu. 

Sehingga ketika kamu merasa bahwa kecepatan mulai menurun di minggu pertama atau kedua artinya diperlukan pergantian paket. Batas FUP yang dimiliki pada paket ini adalah sebesar 900 GB dan jika sudah melebihi akan menurun menjadi 30 Mbps. 

Kecepatan akan menurun kembali ketika kamu sudah mencapai batas FUP lagi di 1.600 GB. Kecepatan akan berubah menjadi 16 Mbps. 

  • Indihome paket 100Mbps

Paket paling tinggi yang ditawarkan oleh Indihome adalah 100 Mbps dengan batas FUP nya adalah 2.000 GB dan hanya berlaku sekali saja. Kecepatan yang turun langsung 50% dan tidak akan ada pengurangan kedua sampai akhir bulan pemakaian. 

Kamu yang memilih paket ini harus membayar biaya langganan per bulannya sebesar 790 ribu rupiah. 

Berbagai Cara Mengecek Fup Indihome Terbaru 

Kini kamu sudah mengetahui berapa batasan FUP dari paket yang kamu gunakan, selanjutnya adalah bagaimana cara cek fup Indihome. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengecek batas FUP mulai dari aplikasi sampai dengan sms. 

Berikut ini tiga cara yang bisa kamu pilih. 

Cara Mengecek Fup Indihome dengan Aplikasi

Indihome meluncurkan aplikasi yang bisa digunakan oleh para pelanggannya. Aplikasi ini biasanya disarankan untuk diunduh setelah proses pemasangan wifi selesai. Kamu bisa login secara otomatis ketika tersambung dengan wifi di rumah yang sudah dipasang. 

Supaya bisa mengaksesnya, kamu perlu login terlebih dahulu. Setelah itu untuk mengecek FUP Indihome bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi setelah selesai login dan masuk ke akun. 
  • Setelah itu kamu bisa pilih menu ikon titik tiga yang ada di menu internet. 

  • Pilih Lihat Penggunaan untuk mengeceknya. 

  • Maka kamu akan melihat informasi penggunaan kuota yang berjalan setelah pembayaran terakhir dilakukan. 

Kamu tinggal membandingkan saja penggunaannya sesuai batas FUP yang telah diterangkan. Jika ternyata sudah melewati batasnya dan internet terasa lambat artinya telah melewati batas FUP. 

Cara Mengecek Fup Indihome dengan Sms

Ada lagi cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan layanan sms. Cara ini sangat menguntungkan ketika kamu tidak bisa mengakses internet dan hanya memiliki sisa pulsa. 

Jadi pastikan kamu memiliki sisa pulsa untuk bisa mengirimkan sms. Berikut ini langkah yang perlu dilakukan. 

  1. Masuk ke fitur sms pada ponsel kamu. 
  2. Setelah itu ketik pesan ISP (spasi) IH (spasi) Kode Area + Nomor Telepon Indihome yang kamu gunakan. 
  3. Kirim sms tersebut ke nomor 98108. 

Kamu hanya perlu menunggu hingga muncul balasan sms dari Indihome mengenai berapa jumlah paket internet yang sudah digunakan. Biaya sms yang akan dikeluarkan adalah 350 rupiah. 

Cara Mengecek Fup Indihome dengan Website 

Ada juga cara lain yang bisa kamu akses ketika mendapatkan jaringan internet adalah dengan mengakses website Indihome. Berikut ini langkah singkatnya. 

  1. Kunjungi langsung di situs indihome.co.id
  2. Kemudian kamu bisa langsung login. 
  3. Pilih menu rincian di paket Indihome maka kamu akan mendapatkan informasi penggunaan. 

Jika kamu tak ingin menginstal aplikasi atau malas mengirim sms, website menjadi alternatif cara mengecek FUP Indihome paling mudah. 

Tak ada yang sulit bukan, kamu bisa mengecek FUP Indihome dengan mengetahui terlebih dahulu batasan sesuai dengan paket yang kamu gunakan. 

Yuliarti Swan
Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *