cara mengecek samsung asli
Tutorial

Teliti, Ini Cara Mengecek Samsung Asli Atau Tidak

Artikel terakhir diperbaharui 24-05-2021 oleh Aldy Amrillah

Samsung menjadi merk ponsel populer dengan fitur canggih dan modern yang diusung. Namun, saat ini banyak sekali tiruan atau KW produk Samsung yang terlihat identik dengan versi aslinya. Oleh karena itu, cara mengecek Samsung asli atau tidak wajib Anda pahami agar tidak salah pilih.

Cara Mengecek Samsung Asli Atau Tidak 

Berikut dibawah ini adalah beberapa hal penting dan Anda perlu teliti karena perlu dilakukan sebelum mengecek keaslian HP samsung, diantaranya:

  • Cek Fisik Smartphone

Cara mengecek samsung asli yang pertama ini dapat dilakukan dari melihat tampilan luar ponsel. Anda bisa mengecek fisik ponsel tersebut dari material, body, dan ketebalan casing handphone tersebut. Perlu ketelitian yang mumpuni untuk melakukan cara ini, apalagi jika produknya adalah KW super.

Dari segi material, Samsung asli menggunakan material yang licin dan ringan. Hal ini akan terasa jika ponsel tersebut digenggam. Berbeda dengan Samsung KW yang menggunakan material semi plastik. Material Samsung asli akan lebih kasar dan mengeluarkan suara yang dalam jika diketuk.

Jika dilihat dari body ponsel, produk asli memiliki body yang tebal dan kuat. Ketika melakukan cek fisik ini, hal-hal lain juga bisa Anda lihat secara langsung. Hal tersebut bisa dilihat mulai dari tampilan dan struktur keseluruhan ponsel. 

  • Cek Menggunakan Nomor IMEI

cara mengecek samsung asli yang berikutnya adalah menggunakan kode IMEI. IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan kode unik perangkat elektronik ponsel yang terdaftar secara internasional. Dengan begitu, akan langsung terlihat keaslian atau kepalsuan produk tersebut.

Untuk cara mengecek IMEI Samsung ini cukup mudah. Anda tinggal menemukan kode IMEI pada box ponsel yang akan dibeli. Silahkan cek dengan mengetikkan kode *#06# pada layar panggilan. Jika kode yang terpampang pada layar dan pada nomor box sama, maka produk tersebut asli.

Ada juga cara lain untuk melihat IMEI ponsel, yaitu melalui situs http://www.imei.info. Anda tinggal memasukkan nomor IMEI tertentu. Dari situ akan diketahui mengenai model atau tipe ponsel, serial number, hingga spesifikasi handphone tersebut. Jika data informasi sesuai, maka itu produk asli.

cara cek samsung asli

  • Lihat Kualitas Layar

Cara mudah lainnya yaitu dengan melihat kualitas layar ponsel. Samsung resmi selalu menggunakan teknologi Super AMOLED pada layarnya sehingga menghasilkan layar dengan tajam dan jernih. Sedangkan yang palsu masih menggunakan IPS LCD atau TFT. 

Layar IPS LCD tersebut memiliki kualitas yang buruk karena gerakan dan hasil layarnya tidak mulus. Resolusinya juga rendah. Samsung asli memiliki bezel yang tidak terlalu tebal. Biasanya Samsung palsu mempunyai bezel yang sangat tebal sehingga membuat ponsel lebih cepat panas.  

  • Cek Menggunakan LCD Test

Untuk melakukan cara mengecek samsung asli selanjutnya yaitu mengecek menggunakan LCD Test agar lebih meyakinkan. Caranya mudah. Ketikkan pada layar panggilan kode *#0*#. Layar ponsel akan otomatis menampilkan informasi mengenai LCD yang dimiliki oleh ponsel tersebut. 

Informasi yang diberikan meliputi layar sentuh, kamera, getaran, suara, dan spesifikasi layar lainnya. Selain kode pertama tadi, Anda juga bisa mengecek spesifikasi layar ponsel dengan mengetik *#*#4636#*#* pada layar panggilan. 

Layar merupakan bagian penting yang harus diperhitungkan kualitasnya. Hal ini dikarenakan fungsi dan kemampuannya untuk menampilkan gambar dengan jelas dan jernih. Jika gambar atau tulisan yang ditampilkan kurang bagus, maka Anda akan tidak nyaman saat menggunakan ponsel tersebut.

  • Cek Kualitas Kamera

Tips selanjutnya adalah lihat kualitas kameranya. Kamera Samsung selalu memberikan hasil jepretan yang beresolusi tinggi, jernih, dan tajam. Hal ini akan berbeda dengan kamera Samsung KW. Hasil jepretannya akan lebih jelek atau tidak memuaskan. 

Anda juga bisa mencoba melakukan zoom pada kamera. Jika kamera bisa di-zoom beberapa kali dengan detail yang bagus, maka ponsel tersebut asli. Namun jika kamera hanya dapat di-zoom hanya satu atau dua kali saja, maka keaslian ponsel tersebut perlu dipertanyakan.

Kamera juga menjadi hal penting yang patut diperhatikan. Apalagi peminat Samsung pasti banyak yang menyukai hal-hal fotografi. 

Jika kualitas jepretan kamera yang dimiliki buruk, maka akan membuat Anda menyesal nantinya, apalagi jika sudah membeli produk tersebut dengan harga standar.

  • Melihat Processor Yang Digunakan

Satu hal penting lagi yang perlu diperhatikan adalah penggunaan processor. Smartphone Samsung umumnya sudah menggunakan dukungan processor yang mumpuni. Anda bisa melihat tipe processor pada ponsel tersebut apakah sudah sesuai dengan yang dipasang pada tipe hp tersebut.

Jika malah menggunakan processor dibawah standarnya, maka bisa dikatakan ponsel tersebut sudah dipalsukan atau sengaja diturunkan kualitasnya. Dalam hal ini, Anda harus pandai mempelajari spesifikasi perangkat yang digunakan atau ingin dibeli. 

  • Melihat Spesifikasi Melalui CPU-Z Atau AIDA 64

cara mengecek samsung asli berikutnya ini akan menggunakan dukungan aplikasi. Aplikasi yang paling umum untuk melihat keterangan atau informasi dari suatu perangkat adalah CPU-Z atau AIDA 64. Anda bisa mengunduh dan memasangnya dulu pada ponsel.

Setelah itu, masukkan nomor pada box hp dan pada layar ponsel. Apabila nomer seri dan modelnya sudah berbeda, maka produk tersebut sudah pasti produk palsu.

Berbagai informasi spesifikasi juga akan ditampilkan oleh aplikasi ini saat Anda jalankan. Anda bisa menyelesaikannya sendiri dengan pengetahuan yang dimiliki terkait produk. 

Selain dapat melihat spesifikasi handphone, software CPU-Z dan AIDA 64 ini dapat digunakan untuk mengecek spesifikasi perangkat laptop. Banyak sekali orang yang menggunakannya untuk mengetahui secara detail tentang perangkat-perangkat mereka.

  • Sambungkan Ke Aplikasi Samsung KIES

Cara cek hp Samsung asli selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pendukung resmi dari Samsung, yaitu Samsung Kies. Aplikasi ini bermanfaat untuk melihat spesifikasi semua produk Samsung mulai dari hp, laptop, tablet, dan sebagainya. 

Dengan demikian originalitas produk dapat diketahui. Caranya silahkan download terlebih dahulu aplikasi ini pada playstore atau Appstore. Jika sudah menginstalnya, buka aplikasi tersebut. Sembari itu, sambungkan hp Samsung Anda ke laptop.

Tunggu beberapa saat sampai layar laptop menampilkan informasi tentang hp Anda. Jika tidak kunjung muncul, maka kemungkinan besar hp Samsung Anda tidak terdaftar dan termasuk produk palsu. Jika masih ragu, gunakan kabel data atau laptop lain untuk memastikan kembali.

Aplikasi Samsung Kies ini dibuat khusus pengguna produk elektronik dari Samsung. Mulai dari handphone, laptop, tablet, mesin cuci, dan berbagai jenis produk Samsung lainnya. Fungsinya tidak lain untuk melihat secara rinci tentang spesifikasi dan keaslian produk Samsung di tangan konsumen.

  • Cek Menggunakan Kode Rahasia

cara mengecek samsung asli yang terakhir yang bisa Anda lakukan untuk melihat keaslian produk smartphone dari Samsung adalah menggunakan kode rahasia. Kode ini berguna untuk menyesuaikan tipe ponsel Samsung tersebut.

Caranya, ketikkan pada layar panggilan kode *#1234#. Setelah itu, secara otomatis layar ponsel akan memperlihatkan informasi yang cukup banyak. Silahkan cocokkan informasi tersebut dengan tipe dan seri pada box hp Anda. 

Jika dari nama dan nomor seri sudah berbeda, dapat disimpulkan bahwa hp Anda adalah Samsung KW atau palsu. Untuk mencocokkan kode ponsel tersebut Anda bisa melihat terlebih dahulu pada website atau situs resmi Samsung sehingga bisa membandingkannya. 

Tips Agar Mendapatkan Produk Original

Setelah mengetahui berbagai cara untuk mengecek produk Samsung tersebut asli atau palsu, kini akan dijelaskan tips untuk cek keaslian Samsung agar mendapatkan produk yang original. Ulasan kali ini berlaku bagi Anda yang memang berniat untuk membeli hp Samsung.

Tips ini berlaku bagi Anda yang akan membeli ponsel Samsung baru maupun bekas. Selain itu, juga wajib diperhatikan untuk pembelian langsung dan tidak langsung. 

Berikut adalah tips-tipsnya untuk Anda. Perhatikan setiap poinnya dengan baik agar tidak menyesal nantinya. 

  • Beli Di Counter Terpercaya

Agar mendapatkan produk asli dan bisa melihat langsung fisik handphone, maka disarankan untuk membeli hp di konter atau gerai resmi yang terpercaya. Anda bisa pergi ke konter resmi Samsung di sekitar wilayah tempat tinggal.

Selain menjamin keaslian produk, Anda juga bisa berkonsultasi langsung. Misalnya saja ada komponen atau fisik hp yang bermasalah dan Anda ingin menggantinya, maka berkunjung ke konter resmi akan menguntungkan. Selain harga yang lebih murah, daftar produknya pun tentu berkualitas.

  • Beli Online Di Gerai Samsung Resmi

Jika ingin membeli dengan harga yang sedikit lebih murah, pasti sebagian banyak orang akan memanfaatkan aplikasi belanja online. Pasalnya, harga yang diberikan jauh lebih murah, bahkan ada penurunan hingga ratusan ribu dari harga asli produk.

Oleh karena itu, banyak sekali orang menyerbu pasar online tanpa melihat kualitas produk yang dijual. Memang sekilas nampak sangat sama dengan aslinya. 

Namun, jika dilihat lebih detail bisa jadi ada sesuatu yang berbeda, baik dari tampilan luar maupun komponen-komponen di dalam handphone. Karenanya, jika membeli online, beli di gerai resminya Samsung.

cek samsung asli

  • Lihat Kembali Produk Bekas Yang Dibeli

Tips yang terakhir ini berlaku bagi Anda yang berniat membeli ponsel Samsung bekas atau second. Jika membutuhkan hp secara mendadak namun budget masih kurang untuk membeli yang baru, pasti Anda berpikiran untuk membeli hp bekas untuk sementara.

Sebelum menetapkan untuk membelinya, ada beberapa hal yang wajib dipertimbangkan. Hal tersebut mulai dari harga yang ditawarkan, fisik handphone, dan berbagai kondisi handphone yang bisa dilihat. Lihat dulu kondisi full handphone apakah masih layak atau tidak untuk dibeli.

Apalagi jika harga jualnya tidak sesuai dengan kualitasnya. Anda juga wajib memahami spesifikasi original dari produk tersebut, sehingga bisa membandingkannya sebelum mengambil barang tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan tertipu dan menyesal di kemudian hari. 

Beberapa cara mengecek Samsung asli atau tidak di atas bisa Sahabat Tedas.id terapkan, dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan mencek garansi Samsung, Karena pada umumnya HP asli selalu terdapat garansi resmi dari Samsung Official. Dengan mempelajari tips-tips ini berikut spesifikasi aslinya, Anda tidak akan tertipu saat akan membelinya. 

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *