Tutorial

Pengiriman Akulaku Paling Lama Berapa Hari? Cek Estimasinya 

Bertanya-tanya soal estimasi pengiriman Akulaku paling lama berapa hari? Akulaku yang sudah bekerja sama dengan berbagai ekspedisi memiliki estimasi pengiriman berbeda-beda. 

Sebagai pembeli cerdas, kamu harus tahu soal estimasi waktu pengiriman ini agar tidak menyalahkan pihak toko jika ternyata pengiriman lama. 

Mengenali estimasi waktu ini juga membantu kamu untuk menanyakan ke pihak ekspedisi atau toko jika ternyata barang yang dikirim terlalu lama. 

Estimasi Proses Pengiriman Akulaku Sesuai Layanan 

Estimasi Proses Pengiriman Akulaku Sesuai Layanan 

Lama waktu pengiriman bisa mulai dari satu hari sampai dengan satu bulan. Semuanya tergantung dengan jenis layanan, ekspedisi, dan jauh dekat lokasi kamu. 

Misalnya saja kamu tinggal di Lombok dan membeli produk di Akulaku yang tokonya berada di kota Semarang. Pengiriman bisa saja lebih dari satu minggu.

Berikut ini estimasi lama waktu pengirimannya melansir aplikasi Akulaku berdasarkan layanan yang kamu gunakan:

  • Pengiriman Luar Negeri 

Ada tiga jenis ekspedisi yang tersedia pada layanan ini yaitu Sen Hong, Acommerce dan Ark Express. Kamu bisa membeli barang dari China, Taiwan hingga Hongkong. 

Estimasi waktunya adalah 2 minggu sampai dengan 1 bulan tergantung dengan lokasi toko dan rumah kamu. Waktu akan menjadi lebih lama jika terdapat kendala bea cukai. 

Apabila kamu mendapati paket tidak kunjung diterima sampai satu bulan lebih maka bisa cek resi dari ekspedisi yang sudah dipilih. 

Tarif yang dibutuhkan pun akan lebih tinggi mengingat pengirimannya berasa dari negara lain. 

[the_ad id=”9152″]

  • Pengiriman Dalam Negeri 

Jauh lebih cepat tentunya, kamu bisa memilih ekspedisi seperti Pos Indonesia, J&T, JNE, Rajakirim, Ninja Xpress dan juga Logistik Akulaku. 

Estimasi paling cepat adalah satu sampai dua hari untuk jarak dekat seperti satu kota. jika berada di kota lain atau luar pulau waktu pengiriman bisa 3 sampai 5 harian. 

Selama tidak ada kendala di perjalanan pengiriman bisa lebih cepat atau sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. 

  • Pengiriman Reguler 

Saat checkout biasanya metode pengiriman otomatis masuk ke reguler. Pengiriman ini menggunakan layanan J&T Express, Pos Indonesia, Ninja Express dan JNE Express. 

Waktu pengirimannya mulai dari 3 hari sampai dengan satu minggu paling lama. Kamu akan mendapatkan layanan waktu reguler ini untuk semua jenis barang. 

Lama waktu pengiriman ini akan sama baik itu kamu yang berada di satu kota atau luar kota hingga luar pulau. Jika berada di luar pulau kamu bisa mengambil estimasi waktu terlama. 

Cara Cek Status Pengiriman Akulaku 

Tidak perlu datang ke kantor, kamu bisa cek status pengiriman melalui aplikasi Akulaku. Bisa juga menggunakan situs yang disediakan ekspedisi untuk lacak pengiriman. 

Sama seperti platform e-commerce lainnya Akulaku sudah menyediakan informasi pengiriman barang. Baik dari tanggal hingga jam lokasi barang akan tertera. 

Berikut ini langkah untuk mengecek melalui aplikasi Akulaku:

aplikasi akulaku desember
Image: play.google.com
  1. Buka akun Akulaku yang ingin kamu cek. 
  2. Masuk ke menu Pesananku. 
  3. Tekan Lacak pada produk yang sudah kamu beli. 
  4. Informasi lokasi barang akan muncul mulai dari kapan penjual menyerahkan ke kurir, perjalanan hingga lokasi barang terkini. 

Selain aplikasi kamu juga bisa cek status pengiriman dari website tracking atau ekspedisi yang sudah disediakan. 

Contohnya saja cekresi.com, jne.co.id, jet.co.id, dan masih banyak lagi. Pilih website sesuai dengan ekspedisi yang sudah kamu pilih. 

Berikut ini cara untuk mengecek secara lengkap. 

[the_ad id=”25901″]

  1. Masuk ke salah satu website, misalnya saja jet.co.id jika kamu menggunakan J&T Express. 
  2. Saat berada di halaman utama kamu bisa memasukkan nomor resi yang didapatkan di aplikasi Akulaku setelah penjual input. 
  3. Klik Search. 
  4. Tidak lama akan muncul informasi mengenai lokasi terkini dari paketmu. 

Bagaimana Jika Status Pengiriman Akulaku Tidak Berubah? 

Bagaimana Jika Status Pengiriman Akulaku Tidak Berubah

Status pengiriman di aplikasi Akulaku mungkin saja tidak berubah setelah kamu sehari atau dua hari mengecek. Ada beberapa penyebab yang harus kamu pahami seperti:

  • Tertahan di Bea Cukai 

Cukup banyak paket dari luar negeri yang tertahan di bea cukai dengan alasan harus memiliki izin impor atau surat-surat yang tidak lengkap. 

Akibatnya bukan hanya paket yang lebih lama namun pihak ekspedisi juga harus membayar pajak lebih. 

  • Alamat yang Kurang Jelas 

Masih sering ditemui penulisan alamat yang kurang jelas sehingga mengganggu kinerja kurir untuk mengirimkan paket. 

Biasanya paket yang sedang dalam pengantaran ke rumah akan dikembalikan ke pool ekspedisi. Kamu pun harus mengambil sendiri paket tersebut. 

Oleh karena itu lebih baik jika kamu menuliskan alamat dengan jelas dan lengkap. 

  • Kurir Terlambat Input Data 

Data yang muncul di Akulaku dibuat oleh pihak ekspedisi. Jadi jika kurir yang mengirimkan tidak mengisi sesuai waktu maka statusnya tidak akan berubah. 

Oleh karena itu kamu bisa menunggu satu sampai dua hari untuk mengecek kembali apakah status sudah selesai dikirimkan. 

Bahkan ketika barang sudah sampai status pengiriman bisa saja belum berubah. 

[the_ad id=”26309″]

Bagaimana Mengatasi Waktu Pengiriman Terlambat Lama? 

Jangan khawatir jika barang yang dikirim melebihi estimasi waktu tadi. Kamu masih bisa menghubungi pihak Akulaku untuk melakukan cross check. 

Ada beberapa kontak Akulaku yang bisa kamu hubungi langsung untuk mengetahui adalah sebagai berikut:

  1. Email: cs.id@akulaku.com.
  2. Hotline: 021-2411-2009.
  3. Telepon: 1500 920
  4. Whatsapp: 081-8111-3508-161

Kamu bisa menghubungi nomor dan email sesuai jam operasional yaitu pukul 8 pagi hingga 9 malam. 

Saat menghubungi kamu tinggal sampaikan saja bahwa paket yang dikirimkan tidak kunjung tiba. Kamu bisa menginformasikan nomor resi yang dimiliki. 

Apakah Perlu Menghubungi Pihak Ekspedisi Jika Paket Terlambat? 

Akulaku sudah bekerja sama dengan ekspedisi jadi kamu tidak perlu menghubungi pihak ekspedisi secara langsung. 

Menghubungi customer service Akulaku adalah langkah yang paling tepat sehingga petugas akan mengecek sendiri melalui ekspedisi. 

Jika kamu ingin mengecek di ekspedisi langsung tinggal masuk ke alamat website resmi dari ekspedisi tersebut. Masukkan nomor resi untuk melacak paket. 

Mengetahui pengiriman Akulaku paling lama berapa hari sangatlah penting agar kamu bisa memprediksi lama barang akan diterima. 

Apalagi ketika kamu membeli produk yang akan segera digunakan, misalnya pakaian atau alat elektronik untuk kebutuhan sehari-hari. 

Sebagai tips, kamu bisa tahu lama tidaknya barang akan sampai tergantung kapan waktu penjual mengirimkan barang. 

Ketika penjual menunda pengiriman 1 hari saja maka pengiriman pun akan menjadi lebih lama. Kamu bisa menanyakan ke pihak toko mengapa barang tak kunjung dikirim. 

FAQ

FAQ akulaku

Akulaku menggunakan jasa pengiriman apa? 

Akulaku bekerja sama dengan ekspedisi  J&T Express, Pos Indonesia, Ninja Express, JNE Express, pos Indonesia, J&T, JNE, Rajakirim, Ninja Xpress, Sen Hong, Acommerce dan Ark Express.

[the_ad id=”18094″]

Bagaimana cara mengecek pengiriman Akulaku? 

Kamu bisa cek di akun aplikasi Akulaku dengan masuk ke menu Pemesanan kemudian Lacak di produk yang dibeli. 

Bisa juga mengecek dari situs ekspedisi yang resmi seperti jne.co.id, jet.co.id. 

 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button