cara menghapus akun facebook
Tutorial

Cara Menghapus Akun Facebook Tanpa Ribet

Cara Menghapus Akun Facebook – Sebagian dari Anda mungkin ingin mengetahui cara menghapus akun Facebook karena alasan tertentu. Hal tersebut misalnya disebabkan karena sudah tidak ingin menggunakannya lagi akibat banyaknya dampak negatif seperti kasus bullying, hingga penipuan yang marak terjadi di Facebook.

Jejaring media sosial Facebook sangat populer karena bisa diakses oleh semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Akan tetapi, kebebasan akses tersebut banyak dimanfaatkan beberapa oknum untuk melakukan tindak kejahatan dan kriminal.

Langkah-langkah Penghapusan Akun FB

Perlu diketahui bahwa menutup akun Facebook sangat berbeda dengan menghapus akun Facebook. Menutup bisa diartikan hanya menonaktifkan atau memblokirnya agar akun tersebut tidak lagi muncul. Sedangkan menghapus akun yaitu membersihkan seluruh data terkait akun tersebut.

Namun harus diingat, jika Anda berniat untuk menghapus akun Facebook, maka seluruh unggahan seperti postingan status, foto, video, dan bermacam hal lainnya akan otomatis hilang.

Berikut adalah langkah bagaimana cara menghapus akun Facebook secara permanen yang dapat Anda ikuti.

1. Lakukan Back up Data

Bagaimana jika sebelum menghapus akun ingin menyimpan kembali memori yang tersimpan? Fitur back up yang disediakan oleh Facebook mampu menyimpan data berupa status yang pernah dibagikan, foto, video, bahkan halaman yang disukai, dan aktivitas lain yang pernah dikunjungi di akun Facebook.

Langkah pertama adalah login Facebook Anda, kemudian klik tombol dropdown pada pojok kanan atas laman Facebook, pilih Pengaturan.

Kemudian, klik opsi “Unduh salinan data Facebook Anda”. Lalu di halaman ini selanjutnya pilih “Mulai Arsip Saya”. Setelah proses ini Facebook akan mengumpulkan data dalam beberapa waktu.

Setelah semua langkah diatas terlewati, Facebook akan memunculkan link download data dengan mengirimkan email.

Sebelum melakukan download, Facebook akan meminta Anda untuk memasukkan kata sandi akun Anda, untuk selanjutnya dapat menekan opsi “Simpan” di bagian kanan bawah halaman.

2. Memutuskan Akun Yang Terhubung

Umumnya, sebagian orang menambahkan akun tambahan dalam akun Facebooknya. Hal ini dapat menghambat proses penghapusan akun, karena masih ada akun yang terhubung. Apalagi jika akun lain tersebut masih aktif, akun Facebook yang ingin Anda hapus mungkin masih tetap bisa digunakan.

Akun lain yang biasa dihubungkan dengan Facebook seperti Instagram, Twitter,  dan Pinterest harus diputus agar terhapus dari akun Facebook yang akan dihapus permanen. Memutuskan akun terhubung tersebut harus melalui beberapa langkah yang harus dilakukan.

Langkah awalnya adalah login Facebook, kemudian klik tombol dropdown pada pojok kanan atas halaman Facebook, dan pilih opsi Pengaturan.

Kemudian, akan muncul beberapa opsi menu, pilih Aplikasi. Lalu, klik tombol X (silang) pada setiap daftar aplikasi lain yang terhubung di akun Facebook Anda. Terakhir, hapus secara menyeluruh.

menghapus akun facebook

3. Menghapus Akun Secara Permanen

Jika telah melakukan back up dan memutuskan semua akun yang terhubung, Anda sudah dapat memulai proses penghapusan akun Facebook. Lakukan login Facebook, kemudian langsung kunjungi halaman Pusat Bantuan Facebook, lalu pilih “Hapus Akun Saya” untuk melakukan penghapusan akun.

Setelah proses di atas, akan muncul sebuah pop up berisi perintah untuk menuliskan kata sandi akun yang perlu diisi. Setelah mengisinya, klik tombol “Oke”.

Kemudian, akan kembali muncul pop up yang berisi informasi bahwa akun akan dihapus permanen setelah 30 hari.

Selain itu, satu cara lain ini bisa dicoba. Klik tombol dropdown di pojok kanan atas halaman Facebook. Pilih Pengaturan, klik “Informasi Facebook Anda” di kolom kiri.

Pilih opsi Penonaktifan dan Penghapusan, lalu Hapus Akun. Selanjutnya, klik “Penghapusan Akun”, masukkan kata sandi, klik Lanjutkan, dan pilih Hapus Akun.

cara hapus akun facebook

Hal Yang Terjadi Jika Akun Facebook Terhapus Secara Permanen

Setelah Anda menghapus permanen akun Facebook Anda, maka risikonya adalah akun tidak bisa kembali dan tidak bisa digunakan lagi. Data postingan seperti profil, status, foto, dan video yang pernah dibagikan tidak bisa dipulihkan kembali, kecuali Anda melakukan back up sebelumnya.

Selain itu, Anda tidak bisa menggunakan layanan Facebook Messenger. Informasi pesan dari Inbox yang pernah terkirim pada kontak teman Facebook mungkin masih bisa tersimpan di kontak masuk teman, namun akan otomatis hilang pada akun Anda seiring proses penghapusan akun.

Kemudian akun Facebook lain tidak akan bisa menemukan nama akun Anda kembali. Jadi akun lain tidak lagi bisa menambahkan Anda sebagai teman karena nama akun Anda sudah hilang. Seluruh interaksi dengan semua yang berkaitan dengan aktivitas bermain Facebook akan diputuskan secara keseluruhan.

Yang terakhir adalah Anda tidak dapat menggunakan login Facebook apabila ingin menggunakan aplikasi lain. Kecuali pendaftaran aplikasi dengan bantuan login Facebook tersebut menggunakan akun Facebook Anda yang lain, bukan akun Facebook yang telah dihapus permanen.

Lalu bagaimana jika Anda berubah pikiran tetapi sudah terlanjur melakukan proses penghapusan akun? Untungnya masih ada cara yang dapat dilakukan guna membatalkan proses penghapusan akun secara permanen. Hal ini karena ada batasan waktu sebelum penghapusan permanen diproses pihak FB.

bagaimana cara tutup akun facebook

Cara Membatalkan Penghapusan Akun FB

Ternyata cara menutup akun Facebook dengan penghapusan akun masih memungkinkan adanya celah untuk mengembalikannya.

Peraturan Facebook memberi waktu 30 hari untuk benar-benar menghapus permanen. Jika ternyata  belum melebihi 30 hari, Anda masih dapat membatalkan penghapusan akun.

Proses penghapusan seluruh data dari akun benar-benar akan dihapus permanen dan tidak dapat diakses lagi hingga 90 hari sejak dimulai penghapusan.

Cara untuk melakukan pembatalan penghapusan akun yaitu, pertama lakukan login Facebook selama kurun waktu 30 hari setelah Anda melakukan penghapusan akun. Lalu akan muncul halaman dan pilih opsi “Batalkan Penghapusan”.

Jadi apabila masih ada pertimbangan, bisa saja Anda membatalkan proses penghapusan akun selama batas waktu yang diberikan Facebook masih tersedia. Jika akunnya terlanjur dihapus, maka Anda harus memulai lagi dari awal jika ingin beraktivitas di Facebook kembali.

tutup akun facebook

Cara Menonaktifkan Akun Facebook

Cara tutup akun Facebook bisa dilakukan dengan cara menghapus, memblokir, dan menonaktifkan akun. Kegiatan menonaktifkan akun berbeda dengan kegiatan menghapus akun.

Jika menonaktifkan akun, maka Anda tidak akan kehilangan semua data yang tersimpan karena masih bisa mengaktifkan akun kembali. Cara ini bisa dilakukan bila Anda masih merasa sayang untuk menghapus permanen akun tersebut.

Hal itu karena akun masih bisa digunakan sewaktu-waktu jika butuh. Yang penting Anda ingat dengan email dan kata sandi saat ingin mengaktifkannya kembali.

Hal yang terjadi ketika menonaktifkan akun Facebook adalah akun sementara tidak aktif. Namun sewaktu-waktu Anda bisa mengaktifkannya dengan login kembali.

Kontak dan teman Anda juga masih bisa melihat informasi yang pernah Anda kirim. Tetapi mereka tidak akan menemukan akun Anda di menu pencarian atau linimasa.

Caranya yaitu buka Facebook dan klik tombol drop down pada pojok kanan atas halaman Facebook, dan pilih Pengaturan. Setelah itu akan muncul halaman baru, dan pilih opsi “Non aktifkan akun Anda” pada menu kolom sebelah kiri halaman.

Setelah semua proses tersebut terlewati, akan muncul pop up berisi pilihan alasan mengapa Anda ingin menonaktifkan akun. Pilih salah satu saja dan klik sesuai pilihan. Kemudian akan ada tombol Konfirmasi, dan klik tombol tersebut. Jika berhasil, maka proses penonaktifan akun sudah sukses dilakukan.

Cara Memblokir Akun Facebook

Apabila menghapus akun atau menonaktifkan akun Facebook Anda anggap terlalu berat meskipun merasa terganggu saat menggunakan Facebook, tidak ada salahnya Anda hanya memblokir akun yang dianggap merugikan. Cara memblokir akun Facebook terdiri dari dua cara, sebagai berikut:

Cara yang pertama yaitu buka Facebook dan klik tombol drop down pada pojok kanan atas halaman, pilih Pengaturan.

Kemudian pilih opsi Pemblokiran, lalu ketikkan nama akun pengguna yang ingin diblokir. Selain memblokir akun lain, pada bagian itu Anda juga dapat memblokir undangan acara dari aplikasi.

Cara kedua sedikit lebih mudah. Pertama, buka profil akun Facebook yang ingin diblokir, kemudian klik menu di pojok kanan halaman profil dan pilih “Laporkan atau Blokir”.

Setelah itu akan muncul pop up berisi alasan mengapa Anda ingin memblokir akun tersebut. Pilih satu alasan saja, lalu klik tombol Blokir dan klik tombol Konfirmasi.

Sesudah memblokir sebuah akun Facebook, maka otomatis akun tersebut tidak dapat berinteraksi dengan akun Anda. Akun tersebut tidak lagi bisa melihat berbagai macam aktivitas Anda di jejaring sosial Facebook, tidak bisa menandai sebuah postingan, mengundang acara, dan mengirimkan pesan.

Proses pemblokiran akan memutuskan pertemanan, jadi akun tersebut tidak akan bisa menambahkan Anda sebagai kontak temannya lagi. Cara ini sudah cukup bukan untuk meminimalisir dampak negatif bagi Anda? Apalagi jika Anda masih ragu untuk sungguh-sungguh menghapus akun Facebook Anda.

Beberapa langkah cara menghapus akun Facebook di atas dapat Anda coba apabila benar-benar diperlukan untuk menghapus akun secara permanen. Namun jangan sampai menyesal ya. Lebih baik Anda pertimbangkan lagi jika benar-benar ingin menghapus secara permanen.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Leave a reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *