Cara Upload File Ke Google Drive, Mudah Kok!

Cara upload file ke Google Drive – Pernah gak sih, saat kita akan memulai presentasi atau hal lain, tiba-tiba file yang akan kita gunakan malah tertinggal? Entah itu tertinggal di laptop ataupun tertinggal di komputer kita. Atau yang mungkin pernah terjadi adalah kita kehilangan semua data dan file-file penting yang tersimpan di laptop atau komputer.

Sedih pasti, saat kenangan kita hilang begitu saja karena kecerobohan atau kurang tahunya kita atas jenis penyimpanan yang aman. Nah, artikel kali ini akan menjelaskan tentang Google Drive yang mampu menyimpan data dan file kita secara online pada penyimpanan Cloud atau awan. Sehingga data yang kita simpan akan terjamin keamanannya dan bisa kita gunakan kapanpun dan dimanapun.

Apa itu Google Drive?

Kalian pasti sudah tahu kan bahwa Google Drive merupakan suatu layanan penyimpanan data secara online, yang dimiliki oleh perusahaan Google dan sudah diluncurkan tanggal 24 April 2012. Usianya saat ini sudah lebih dari 8 tahun ya.

google drive adalah

Kita pun pasti sudah tahu bahwa melalui Google Drive Anda akan bisa menyimpan foto, video, rekaman suara, desain gambar, cerita dan lain sebagainya secara gratis melalui akun Google. Dengan kapasitas penyimpanan yang disediakan sebesar 15 GB.

Dengan layanan Google Drive ini, kalian juga bisa melihat atau mengubah file yang sudah disimpan di manapun berada. Menariknya Google Drive ini bisa diakses dari berbagai ponsel cerdas seperti tablet atau smartphone dan komputer kalian. Pokoknya dimana Anda pergi, file yang disimpan di Google Drive ini akan setia mengikuti.

Anda juga bisa berbagi file dan folder karena di dalam Google Drive terdapat tautan undangan untuk bergabung. Sehingga Anda bisa mengundang orang lain untuk melihat, mengubah, mengunduh dan berkolaborasi dengan semua file tanpa melampirkannya di email.

Baca Juga  Lupa Password Gmail ? Begini 2 Cara Mengatasinya

manfaat google drive

Manfaat dan Fungsi Google Drive

Google Drive ini memiliki beberapa keunggulan dan manfaat yang bisa digunakan untuk para penggunanya, fungsi Google Drive tersebut diantaranya adalah

  • Sebagai penyimpan file. Fungsi utama Google Drive ini adalah sebagai media penyimpanan data, baik berupa dokumen, gambar atau lainnya dengan sistem online tanpa memerlukan storage atau media penyimpanan offline seperti hard disk dan flash disk
  • Berbagi file dengan mudah. Dengan menggunakan Google Drive ini, kita dimudahkan sekali untuk bisa berbagi file secara langsung lewat link atau bisa melalui email tanpa perlu melakukan konfigurasi yang rumit
  • Dengan Google Drive ini kita dimudahkan untuk bisa melakukan perubahan data atau file tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Dengan didukung fitur edit data teks yang terhubung dengan Google Spreadsheet, Google Drive ini berfungsi mirip dengan Microsoft Word ataupun Excel berbasis online tanpa melakukan instalasi software
  • Berfungsi sebagai backup data.

fungsi google drive

Dengan fungsi seperti yang sudah penulis tulis, Google Drive juga memiliki beberapa manfaat yang sangat menguntungkan penggunanya, diantaranya adalah

  • Data tersimpan dengan aman. Menyimpan data di Google Drive terbilang paling aman dibandingkan saat kita menyimpan data di komputer atau telepon pintar, karena komputer dan smartphone rawan sekali terjadinya kerusakan atau bahkan pencurian.
  • Data dapat digunakan sampai kapanpun dan dimanapun. Dengan menyimpan data di Google Drive, kita bisa membuka file simpanan saat kapanpun dibutuhkan, dengan catatan perangkat kita terkoneksi dengan jaringan internet.

Cara Upload file ke Google Drive Melalui HP dan Komputer

1. Upload ke Google Drive via Komputer

  • Buka situs Google Drive

Silahkan Anda membuka dengan mengunjungi link berikut ini: [https://drive.google.com/drive/my-drive] setelah itu, akan muncul tampilan berikut

cara upload file ke google drive

  • Pilih dan klik tulisan “Baru”
Baca Juga  Cara Membuat Tabel di Excel Praktis Bagi Pemula

Setelah halaman Google Drive terbuka, selanjutnya pilih dan klik tulisan “Baru”, kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini

cara upload ke google drive

Perhatikan beberapa pilihan yang muncul pada gambar di atas

  • Folder, Silahkan memilih ini jika yang akan Anda lakukan adalah membuat folder baru di Google Drive
  • Upload file, klik ini jika Anda akan melakukan upload file ke Google Drive
  • Upload folder, pilihan ini silahkan di klik jika Anda ingin mengupload folder ke dalam Google Drive

Jadi jika yang Anda inginkan adalah meng-upload file, maka pilihkan dan klik tulisan “Upload file”

  • Upload File

Setelah tulisan “Upload file” sudah di klik, kemudian akan muncul tampilan seperti berikut

Perhatikan file yang akan anda pilih, kemudian pilih file tersebut dan klik “Open” dan file tersebut akan langsung terunggah ke Google Drive Anda.

Upload ke Google Drive via Komputer

2. Upload File ke Google Drive dengan  HP Atau Smartphone

  • Buka aplikasi pada HP atau smartphone Anda

Jika Anda ingin meng-upload file dari perangkat HP atau Android, silahkan buka aplikasi Google Drive yang ada di HP Anda. Jika HP Anda belum memiliki aplikasinya, silahkan download terlebih dahulu di Google Play Store dengan mengetik “Drive” pada pencarian Play Store.

cara upload video ke google drive

Akan muncul tampilan seperti ini, lalu klik Drive yang ada di ponsel Anda. Kemudian akan muncul seperti gambar dibawah ini

cara upload foto ke google drive

Setelah itu, silakan klik tanda + di pojok kanan paling bawah untuk memulai meng-upload filenya.

  • Upload file

Untuk mulai meng-upload, setelah tombol + di bawah sebelah kanan diklik, selanjutnya akan muncul pilihan seperti di bawah ini.

cara upload di google drive

Kemudian pilih tulisan “Upload” dan akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut

upload file ke google drive

Selanjutnya, silahkan pilih file bisa gambar, video, rekaman suara dan lainnya. Setelah terpilih kemudian akan langsung terunggah di Google Drive Anda.

Cara Berbagi File Google Drive dengan Orang Lain

Bagaimana sih agar file yang sudah kita simpan di Google Drive bisa diakses oleh orang lain? Uraian langkah-langkah berikut semoga bisa membantu kalian yang bingung atau belum tau cara membagikan file Google Drive ke orang lain.

  1. Buka Aplikasi Google Drive dan kemudian akan muncul seperti dibawah ini. Pilih file yang akan anda bagikan
Baca Juga  Panduan Cara Menghapus Akun Gmail Secara Mudah

upload ke google drive

Ada dua cara yang bisa kalian lakukan untuk berbagi file melalui Google Drive, seperti pada gambar orang dengan tanda + bertuliskan (bagikan) dan di bawahnya gambar rantai yang bertuliskan (dapatkan link)

Jika Anda memilih membagikan file dengan cara klik bagikan, maka akan muncul tampilan seperti berikut

upload video ke google drive

Setelah muncul seperti gambar, silahkan ketikkan alamat email teman Anda yang ingin anda kirimi file yang ada di Google Drive Anda, kemudian klik kirim.

Berbeda jika anda memilih membagikan file dengan cara klik tombol rantai (bagikan) tampilan layar komputer akan seperti berikut

upload foto ke google drive

Selanjutnya Anda tinggal Copy Link yang tersedia atau klik tombol bergambar orang dan ketikkan alamat email teman Anda.

Aplikasi Google Drive ini tersedia dalam bentuk desktop ataupun smartphone. Di beberapa jenis ponsel, aplikasi Google Drive atau GDrive ini menjadi salah satu aplikasi bawaan yang otomatis terinstal di sistem smartphone tersebut.

Dengan Google Drive, kita bisa menyimpan file-file penting dalam bentuk gambar, video, dokumen, audio atau rekaman dengan kapasitas 15 GB secara Gratis. Namun jika Anda memerlukan penyimpanan yang lebih besar, maka Anda harus meng-upgrade account dan proses ini akan dikenakan biaya atau berbayar.

Kita pun bisa memanfaatkan sistem penyimpanan jenis Google Drive ini karena bisa kita gunakan di manapun berada, dengan catatan ponsel atau perangkat kita terkoneksi dengan internet.

Demikianlah penjelasan tentang Google Drive dan cara upload file ke Google Drive. Semoga bermanfaat ya !

Marita Ningtyas

Marita Ningtyas

A Writerpreneur, tinggal di kota Lunpia. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *