Pulsa

Kenapa Pulsa Tri Berkurang Sendiri? Cek Alasannya 

Sangat mengganggu jika kamu baru saja mengisi pulsa tapi tiba-tiba hilang sebelum mendaftarkan kuota. Hal ini kerap terjadi pada provider Tri. 

Kenapa pulsa Tri berkurang sendiri tentu membuat kamu penasaran bukan.

Pasalnya ketika pulsa hilang kamu akan mengalami kerugian dan harus mengisi pulsa lagi. 

Bagaimana jika kamu dalam keadaan terdesak dan tidak memiliki uang lagi untuk membeli pulsa. Alhasil kamu tidak bisa berkomunikasi dan mencari informasi. 

Apa saja yang menyebabkan pulsa Tri berkurang sendiri dan bagaimana cara mengatasinya bisa kamu cek dulu. 

Penyebab Pulsa Tri Kesedot

Masalah pulsa tiba-tiba hilang sebenarnya tidak hanya dialami oleh pengguna provider Tri saja.

Kamu yang menggunakan Telkomsel atau XL juga bisa mengalaminya. 

Soal alasan juga kurang lebih sama dan selama kamu mengetahuinya maka cara mengatasinya akan lebih mudah.

Berikut ini alasan kenapa pulsa Tri berkurang sendiri. 

  • Berlangganan SMS Premium 

Penyebab pertama ini sangat klise dan nyatanya banyak terjadi pada pemilik smartphone.

Sms premium adalah layanan berbayar yang akan menghabiskan banyak pulsa. 

Sms akan dikirimkan setiap hari dan langsung memotong pulsa layaknya fitur autodebet.

Isi smsnya bisa bervariasi seperti berita atau layanan yang kamu telah berlangganan sebelumnya. 

Banyak yang mengakui tidak sadar bahwa dirinya sedang berlangganan atau mendaftar pada layanan sms premium ini.

Orang baru tahu ketika kerap mendapatkan sms dan pulsa terpotong otomatis. 

Biasanya pada proses pendaftaran ini sedikit terselubung. Beberapa penyedia sms biasanya akan melakukan grab nomor. Bisa juga karena kamu yang lupa telah mendaftar pada layanan tersebut. 

  • Mengikuti Konten Berbayar 

Kenapa pulsa Tri berkurang sendiri juga bisa disebabkan oleh konten berbayar.

Mirip dengan sms, tapi kamu akan mendapatkan pemotongan pulsa dari aplikasi atau platform penyedia konten. 

Berbeda dari sms premium di mana kamu akan sadar ketika kerap mendapatkan sms.

Pada langganan konten ini pengguna kartu Tri sering tidak tahu berlangganan pada aplikasi atau layanan apa. 

Biasanya pemotongan pulsa dilakukan per bulan, jika kamu tidak memiliki pulsa maka saat pengisian pulsa akan langsung dipotong. 

Sungguh menjengkelkan pulsa kamu dipotong tapi tidak tahu konten apa yang diikuti. 

  • Paket Kuota Sebelumnya Belum Berhenti 

Alasan lain yang juga cukup mempengaruhi adalah langganan kuota secara otomatis.

Biasanya Tri menyediakan langganan paket kuota secara otomatis atau hanya sekali. 

Apabila kamu mendaftarkan layanan paket otomatis maka perpanjangan akan langsung dilakukan selama kamu memiliki pulsa yang mencukupi. 

Bagi sebagian besar orang tentu fitur ini memudahkan jadi tidak perlu mengingat-ingat kapan harus mendaftarkan paket kuota. Namun jika kamu kerap berganti paket tentu merugikan. 

Pasalnya saat mengisi pulsa baru akan langsung dipotong dan paket kuota langsung aktif. Padahal kamu sedang ingin berganti ke paket yang lainnya. 

Kamu pun akan tahu ke mana hilangnya pulsa setelah mendapatkan pemberitahuan dari Tri bahwa paket baru telah aktif kembali. 

  • Masih ada Utang Pulsa Tri yang Belum Dilunasi

Layanan hutang atau pinjam pulsa sekarang sudah bisa digunakan oleh semua pengguna Tri selama memenuhi syarat dan ketentuannya. 

Sayangnya jika kamu lupa untuk melunasi hutang ini maka akan memotong pulsa secara otomatis sampai lunas. 

Nominal pemotongan juga sudah bersama dengan bunga ketika kamu terlambat membayar

Jadi nominalnya bisa membengkak ketika kamu lupa untuk membayar sesuai tenggat waktu. 

Ketika pulsa terpotong Tri juga tidak akan memberikan informasi atau pemberitahuan bahwa pulsa digunakan untuk melunasi pinjaman pulsa. 

Kecuali kamu mendapatkan penawaran kembali untuk meminjam pulsa dari Tri.

Artinya utang pulsa lunas dan kamu bisa langsung menggunakan layanan tersebut kembali. 

Dan untuk mengakses layanan tersebut secara lengkap dapat Kamu baca di cara pinjam pulsa 3 di sini.

Cara Mengatasi Pulsa Tri yang Sering Terpotong Sendiri

Setelah mengetahui kenapa pulsa Tri berkurang sendiri kamu bisa langsung mencari solusinya.

Cara mengatasinya pun tidak selalu harus pergi ke kantor customer service Tri. 

Kamu masih bisa mencoba beberapa cara berikut ini supaya pulsa tidak terpotong terus. 

  • Melakukan UNREG SMS Premium 

Cara yang pertama adalah dengan melakukan unreg sms premium sesuai dengan nomor yang dikirimkan. 

Misalnya saja kamu mendapatkan sms dari nomor 9458741 maka kamu bisa membalas sms ke nomor 945.

Ketik teks berisi UNREG dan kirimkan sms. 

Biasanya untuk pengiriman sms UNREG tersebut akan memotong pulsa.

Kemudian akan muncul sms dari 945 bahwa kamu sudah berhenti berlangganan. 

Seharusnya kamu tidak akan mendapat kiriman sms lagi dari nomor tersebut yang akan memotong pulsa. Selanjutnya kamu harus terus berhati-hati saat berlangganan. 

  • Melakukan Unsubscribe

Saat berlangganan konten kamu harus unsubscribe supaya berhenti. Hanya saja jika tidak tahu konten apa yang diikuti maka kamu perlu mencarinya satu per satu. 

Aplikasi mana saja yang jarang digunakan dan ternyata kamu berlangganan konten dari aplikasi tersebut.

Triknya adalah dengan melihat informasi pop up yang kerap muncul di hp. 

Cek aplikasi mana yang memberikan informasi tersebut dan pastikan kamu melakukan unsubscribe di aplikasinya.

Kemudian jika tidak menggunakannya kembali kamu bisa hapus saja aplikasinya. 

Jangan lupa untuk tidak sembarangan mengisi atau mengikuti konten tanpa tahu peraturan yang berlaku. Khususnya ketika mengambil pulsa. 

  • Menghentikan Langganan dengan Kode Dial 

Cara lain yang bisa dilakukan jika kamu tidak menemukan layanan konten apa yang diikuti bisa dengan kode dial. 

Kode ini tidak hanya menghentikan langganan konten tetapi juga paket internet. Kode yang digunakan adalah *111#. 

kode dial

Tinggal masukan kodenya pada saat membuka layanan telepon. Kemudian pilih menu Berhenti Layanan dengan membalas sesuai nomor yang tertera. 

Selesaikan penghentian langganan dan kamu akan mendapat sms dari Tri bahwa langganan sudah berhenti. 

  • Menghentikan Langganan dengan Bima+

Layanan dari Tri berbentuk aplikasi juga bisa digunakan untuk membeli paket, mengecek transaksi terakhir dan menghentikan langganan paket. 

Kamu yang mungkin lupa apa jenis paket terakhir yang dibeli bisa mengeceknya dari aplikasi ini.

Pertama instal dulu aplikasi Bima+ atau langsung buka aplikasinya. 

Kemudian pada bagian dashboard kamu bisa klik menu garis tiga di pojok kiri atas. Klik lagi menu Akun Saya dan pilih Transaksi Terakhir. 

Maka akan muncul riwayat transaksi dalam dua bulan terakhir. Informasi yang tertera adalah Pembelian Paket, Isi Ulang dan Transfer Pulsa. 

Kamu yang sudah mengecek jenis paketnya bisa langsung menghentikan langganan juga dari aplikasi yang sama. 

  • Chat melalui Aplikasi Tri 

Masih di aplikasi yang sama, kamu bisa mengecek apakah paket yang dimiliki melalui chat bot Triva. Chat bot ini tersedia di aplikasi Bima+. 

Kamu bisa dilihat pada bagian bawah dashboard dengan ikon customer care dan sekali klik saja. Maka Akan langsung disambungkan ke halaman chat. 

Chat bot Triva akan langsung menanyakan keperluanmu, tinggal balas saja sesuai dengan kebutuhan yaitu mengecek paket yang terdaftar. 

Apabila sudah ketemu paket atau permasalahannya kamu bisa meminta cs untuk menghentikan langganan. 

  • Chat ke Customer Tri 

Apabila keempat cara di atas tidak berhasil juga, kamu masih bisa menghubungi ke customer service Tri melalui chat. 

Layanan ini bisa kamu akses jika kebetulan aplikasi Bima+ tidak bisa digunakan.

Nomor cs yang dihubungi adalah 08999800123. Jangan lupa hubungi melalui chat Whatsapp. 

chat cs 3

Nomor ini akan menghubungkan ke bot chat kemudian jika permasalahan tidak bisa diselesaikan akan disambungkan langsung ke customer care. 

Tinggal chat saja apa keperluan dan apa solusinya. Jika ternyata tidak berhasil biasanya kamu akan disarankan pergi ke kantor customer care Tri langsung. 

  • Mengirim Email ke Tri

Cara yang terakhir ini biasanya membutuhkan waktu karena ada ribuan email yang akan masuk ke Tri. Selain itu proses perbaikan juga harus mengantri. 

Namun tidak ada salahnya jika kamu ingin mencobanya. Tinggal kirimkan email ke 3care@three.co.id kemudian tunggu balasan. 

Biasanya balasan email akan diberikan 1X24 jam yang berisi solusi atau tindakan penanganan yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu secara mandiri. 

Apabila ternyata tidak berhasil juga maka Tri akan menyarankan pengguna nomor untuk pergi ke 3Store terdekat. 

Kamu yang mungkin masih malas atau belum memiliki waktu untuk pergi ke 3Store bisa mencoba menghubungi akun media sosial dari Tri. 

Tinggal kirimkan pesan atau membuat komen sehingga penanganan bisa dilakukan lebih cepat.

Kamu tinggal mengakses Facebook Tri yaitu 3 Indonesia. Bisa juga ke Twitter @3CareIndonesia. 

Sekarang kamu sudah tahu alasan kenapa pulsa Tri berkurang sendiri lengkap dengan solusinya. Cara-cara ini juga bisa kamu terapkan lho pada provider lainnya. 

Selama kamu tahu berapa nomor customer service yang aktif dan bisa dihubungi. Termasuk juga akun sosial medianya. 

Baru jika tidak ada tanggapan dari customer care secara online, kamu bisa mendatangi kantor customer service yang tersedia.

Namun biasanya akses perbaikan secara online sekarang bisa diakses lebih cepat dengan pelayanan terbaik. 

Ketika pulsa berkurang dan kamu butuh darurat, manfaatkan langkah pinjam pulsa 3 di ulasan kami sebelumnya.

Aldy Amrillah

Aldy adalah seorang penulis blog yang berasal dari Bogor, Indonesia. Ia merupakan lulusan jurusan Manajemen informatika dari Universitas Bina Sarana Informatika, ketertarikan dengan dunia menulis artikel dimulai ketika pertama kali bekerja untuk sebuah website lifestyle. Kini, Aldy fokus pada penulisan konten SEO yang mengutamakan pembaca bukan mengutamakan bot, karena kenyamanan membaca adalah poin paling penting yang dibutuhkan pembaca saat ini. Ia memiliki spesialisasi topik tentang dunia teknologi, seperti tips, tutorial hingga pembahasan tentang komputer. Dan saat ini ia bekerja sebagai Seo enthusiast di salah satu website yang membahas tentang dunia teknologi di daerah Jakarta

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button