Tempat Makan di Bogor dan 5 Makanan Legendaris

Tempat Makan Di Bogor – Kota Bogor Memang dikenal sebagai Kota hujan yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa menyegarkan mata Kita, selain itu ternyata Kota ini juga memiliki banyak sekali tempat makan di Bogor yang menjajakan makanan khas Bogor yang melegenda.

Bahkan banyak para wisatawan maupun turis lokal yang berasal dari luar Kota rela untuk berangkat jauh-jauh bersama keluarga, sahabat maupun kekasih hanya untuk memanjakan lidahnya untuk mencicipi makanan enak di Bogor.

Nah, Jika Anda penasaran makanan khas Bogor apa saja yang melegenda dan dimanakah Anda harus menemukan tempat makan di Bogor? Dengan harga terjangkau namun rasa bintang lima, Maka simak terus artikel ini sampai selesai.

Review 5 Makanan Khas Bogor yang Melegenda Hingga Sekarang

makanan enak di bogor

1. Toge Goreng

Daftar makanan khas Bogor yang melegenda pertama adalah toge goreng atau tauge goreng, makanan di Bogor ini memang sudah terkenal sejak lama, bahkan kenikmatannya sudah terdengar senusantara.

Dan sekedar berbagi informasi bahwa toge goreng yang berasal dari Bogor ternyata tak luput dari sejarah kuliner dari Negeri Tionghoa dan menurut pengamat sejarah Tionghoa di Bogor yang beranama Mardi Liem.

Menduga awal lahirnya menu toge goreng ini lahir karena adanya kombinasi antara negeri Tionghoa dan negeri Eropa melalui makanan spaghetti dengan pasta tomatnya yang terasa asam.

Namun, sayangnya lidah orang Tionghoa rasa asam seperti rasa spaghetti dirasa kurang pas dilidah sehingga menggantinya dengan pengunaan tahu sebagai pengganti daging, dan toge dan tauco yang awalnya merupakan fermentasi dari kacang kedelai,

Awalnya bahan dasar kuahnya akhirnya adalah gula aren yang dicairkan dan menurut sejarah aslinya menu campuran yang berasal dari toge dll, ini bernama tauge mi dan bukan toge goreng.

2. Doclang

Daftar makanan khas Bogor yang melegenda hingga saat ini yang selanjutnya adalah doclang, pastinya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan makanan ini?
Doclang terbuat dari lontong tanpa isi yang dipotong-potong secara tipis kemudian disajikan dengan siraman bumbu kacang kental yang terbuat dari berbagai macam bumbu khas dan kacang.

Kemudian doclang akan dikombinasikan dengan toping seperti telur rebus, kentang, tahu, kerupuk dan juga sambal dan biasanya makanan enak di Bogor ini dijual oleh pedagang secara berkeliling dari satu kampung ke kampung lainnya.

3. Laksa Bogor

Daftar makanan khas Bogor yang melegenda hingga saat ini yang selanjutnya adalah laksa Bogor. Laksa adalah makanan khas yang berasal dari mie yang disajikan dengan menuang bumbu diatasnya dan perlu Anda ketahui bahwa laksa memiliki banyak jenis.

Menurut sejarah laksa diambil dari bahasa sanskerta yang mempunyai arti banyak dan menunjukkan bahwa mie laksa dibuat dengan berbagai bumbu khas.

Namun, perbedaan laksa Bogor dengan jenis laksa daerah lainnya adalah laksa Bogor disajikan dengan menambahkan kuah oncom yang di dalamnya terdapat isian ketupat, toge, bihun, tahu kuning, telur rebus dan ditambah dengan daun kemangi yang dapat membuat makanan ini memiliki aroma yang khas.

Baca Juga  5 Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

4. Sotomie Bogor

Daftar makanan khas Bogor yang melegenda hingga saat ini yang selanjutnya adalah sotomie Bogor. Sotomie atau soto dengan mie dan didalamnya ada mie berwarna kuning

Dan didalamnya ditambahkan dengan daging sapi, tetelan seperti kikil, lobak, seledri, kol, daun bawang, risol yang telah dipotong-potong ditambahkan dengan sambal hijau setelah itu disiram dengan kuah kaldu panas dan tak lupa juga ditambahkan perasan jeruk limo yang dapat menggugah selera makan.

Anda juga dapat menambahkan nasi putih sebagai campurannya dan agar terasa lebih kriuk Anda bisa menambahkan emping ataupun kerupuk saat dimakan.

5. Asinan Bogor

Daftar makanan khas Bogor yang melegenda hingga saat ini yang selanjutnya adalah asinan Bogor, apalagi jika Anda menyantapnya ketika sedang mengantuk atau saat sedang cuaca panas pastinya asinan ini dapat membuat Anda merasa segar saat memakannya.

Biasanya asinan Bogor terbuat dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran segar yang telah dipotong seperti: nanas, pepaya, belimbing, bengkuang, mentimun, ubi, kacang goreng, toge, yang ditambahkan dengan kuah khas yang terasa pedas.

Cita rasanya yang dapat dirasakan adalah perpaduan antara memakan buah, sayuran dan kuah segar yang terasa agak sedikit pedas dan untuk menambah kenikmatannya maka bisa juga dicampur dengan kerupuk mie kuning.

Tempat Makan Di Bogor yang Wajib Dikunjungi dan Perkiraan Harganya

makanan khas bogor
1. Tempat Makan Toge Goreng

Di Kota Hujan sudah tidak terhitung jumlahnya tempat makan di Bogor yang menjual menu legendaris seperti toge goreng dan salah satu rekomendasi ada di Toge Goreng Mang Gebro Putra yang berlokasi di JL. Pengadilan, Pasar Anyar,

Untuk harganya berkisar Rp 15.000 per porsinya, namun perlu diingat bahwa harga bisa saja berubah-ubah sewaktu-waktu.

2. Tempat Makan Doclang

Jangan khawatir jika Anda ingin mencicipi doclang tanpa perlu ribet mencari tukang doclang keliliang, karena Anda bisa membelinya di sekitaran Jembatan merah dekat Stasiun Bogor.

Dan ada juga tempat makanan di Bogor lainnya yang menjual doclang khas Bogor yaitu ada di warung Bp Odik, yang berlokasi didekat Tanjakan Pasir Kuda tepatnya sebelum pintu masuk komplek Kebun Raya Residence.

Untuk harga satu porsi doclang biasanya dipatok dengan harga Rp 15.000, namun perlu diingat bahwa harga bisa saja berubah-ubah sewaktu-waktu.

3. Tempat Makan Laksa

Banyak tempat makan di Bogor yang menjual Laksa dan salah satunya rekomendasinya adalah di Laksa Gang Aut yang beralamat Jl. Surya Kencana Gang Aut, Gudang, Bogor Tengah, Gudang, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Untuk harga satu porsi laksa Bogor biasanya dipatok dengan harga Rp 13.000, namun perlu diingat bahwa harga bisa saja berubah-ubah sewaktu-waktu.
4. Tempat Makan Sotomie

Banyak tempat makan di Bogor yang menjual soto mie dan salah satunya ada di warung Mang Ohim yang berlokasi di Jl. Taman Cimanggu Raya No.22, Kedung Waringin, Tanah Sereal.

Untuk harga satu porsi sotomie Bogor biasanya dipatok dengan harga Rp 17.000, namun perlu diingat bahwa harga bisa saja berubah-ubah sewaktu-waktu.

5. Tempat Makan Asinan Bogor

Sebenarnya ada banyak tempat makan di Bogor yang menjual asinan Bogor, mulai dari pintu keluar stasiun Bogor, dan tempat makan asinan Bogor bisa Anda temukan di sepanjang jembatan merah dekat stasiun Bogor.

Untuk harga satu porsi asinan Bogor biasanya dipatok dengan harga Rp 20.000, namun perlu diingat bahwa harga bisa saja berubah-ubah sewaktu-waktu.

Nah, itulah tadi review singkat mengenai tempat makan di Bogor dan makanan khas di Bogor yang melegenda hingga saat ini yang bisa Anda coba karena terkenal dengan kelezatannya.

Akan tetapi masih banyak makanan enak di Bogor diluar sana yang belum dimasukan di artikel ini. Lalu apakah Anda sudah mencicipi kelima makanan tersebut? Jika belum ayo segera cicipi karena rasanya bisa buat ketagihan.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *