23 Makanan Khas Surabaya Yang Menggoda Selera

Makanan Khas Surabaya – Surabaya adalah ibuKota Jawa Timur. Bukan hanya terkenal sebagai Kota metropolitan saja, namun Surabaya juga terkenal sebagai Kota kuliner. Banyak sekali jenis makanan yang bisa kita temukan di Kota Surabaya, dengan berbagai macam rasa mulai dari peda, asin, manis semua makanan ini bisa kita temukan di Surabaya.

Ada banyak sekali makanan Surabaya yang memiliki rasa lezat dan juga memiliki ciri khas tersendiri yang bisa kita temukan dengan mudah di berbagai sudut Kota Surabaya. Nah mungkin Anda sekarang sedang berada di Surabaya dan bingung ingin mencari makanan enak Surabaya karena saking banyaknya tempat makan di Surabaya.

Untuk itu daripada Anda bingung berikut di bawah ini sudah saya berikan beberapa contoh makanan enak Surabaya yang wajib Anda coba karena sangat menggoda selera, tapi konsumsinya setelah buka puasa yah sahabat Tedas.id.

Makanan Khas Surabaya Yang Wajib Anda Coba

kuliner surabaya
1. Soto Gubeng

Soto Gubeng adalah salah satu makanan enak di Surabaya. Memang Surabaya terkenal dengan varian makanan yang berkuah, oleh sebab itu soto gubeng ini menjadi mudah dinikmati oleh siapa saja yang mencoba kuliner yang satu ini.

Hal menarik dari soto gubeng adalah soto ini sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Gubeng sendiri merupakan nama kecamatan di Surabaya, kecamatan ini memiliki stasiun terbesar di Kota Surabaya. Soto gubeng terkenal karena rasa kaldu soto yang nikmat dan cocok untuk semua lidah orang Indonesia.

2. Mie Pecun

Bagi Anda yang suka dengan makanan yang pedas-pedas saya rasa jajanan khas Surabaya yang satu ini wajib Anda coba. Mie Pecun adalah singkatan dari Mie Pedas Beracun. Kedai mie yang berada di sekitaran kampus UK Petra ini menjual berbagai macam olahan mie.

Yang unik dari kedai ini adalah pada nama-nama menu makanan yang ada. Ada yang diberi nama mie Pecun Senggol telor, Mie Pecun Bugil, Mie Pecun Maniac dan masih banyak lagi. Nama-nama ini memang terkesan vulgar, namun maksud dan tujuan dari pemiliknya memberi nama seperti ini adalah untuk menarik perhatian pengunjung.

Baca Juga  Gak Cuma Cungkring, Ini 25 Makanan Khas Sunda Lainnya

3. Zangrandi Ice Cream

Setelah Anda menikmati makanan yang pedas-pedas seperti Mie Pecun di atas, Anda juga bisa menikmati es krim paling terkenal di Kota Surabaya. Zangrandi Ice Cream menyediakan berbagai macam menu es krim seperti macadonia, banana split, dan juga tuty fruty.

Harga es krim yang dijual disini pun beragam mulai dari harga 22 ribu sampai paling mahal 70 ribu. Dengan harga segitu cukup wajar karena Zangrandi Ice Cream memiliki cita rasa yang khas dan sudah menjadi es krim legend di Surabaya.

4. Nasi Goreng Jancuk

Jika Anda mencari kuliner malam Surabaya yang wajib dicoba, maka nasi goreng jancuk jawabannya. Nasi goreng ini berbeda dengan nasi goreng lainnya di Surabaya. Selain dari porsi nasi goreng yang
besar, nasi goreng ini juga memiliki rasa pedas yang siap menggoyang lidah Anda.

Sama seperti lainnya, kenapa nasi goreng ini diberi nama Nasi Goreng Jancuk? ya supaya banyak orang yang penasaran dan berkunjung ke kedai Nasi goreng ini. Untuk harga dari 1 porsi nasi goreng disini terbilang cukup mahal yakni antara 150 ribu sampai 200 ribu. Hal ini tentu saja karena porsi dari nasi goreng yang sangat jumbo.

5. Tahu Tek Khas Surabaya

Berbicara tentang makanan khas Surabaya memang tidak akan pernah ada habisnya. Salah satu makanan khas Surabaya yang sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru Indonesia adalah tahu tek khas Surabaya. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang cukup legendaris di Surabaya.

Tahu tek sendiri adalah makanan yang dibuat dari campuran lontong, tahu, kecambah dan juga disiram dengan bumbu petis sehingga bisa membuat makanan ini memiliki cita rasa yang juara pastinya. Apalagi jika kita menyantap tahu tek khas Surabaya ini dengan kerupuk dan juga taburan bawang goreng diatasnya, tentu saja bisa menambah kenikmatan makanan khas Surabaya yang satu ini.

6. Sate Klopo

kuliner malam surabaya
Image: Paketwisata.id

Sate Klopo adalah salah satu makanan khas Surabaya yang wajib Anda coba jika sedang berkunjung ke Surabaya. makanan ini sangat populer di Kota Surabaya karena keunikan dari makanan ini sendiri.

Sate klopo berbeda dengan sate biasanya, yang membedakan antara sate klopo dengan sate yang lainnya adalah terletak pada bahan dasar pembuatan sate ini.

Bahan dasar dari makan ini adalah daging sapi dan lemak yang disajikan dengan cara dibungkus dengan olahan buah kelapa lalu dibakar. Lapisan ini menjadi unik jika dibandingkan dengan sate – sate pada umumnya.

Bumbu olahan sate ini yang nantinya akan menghasilkan aroma yang khas serta menambah cita rasa enak pada daging sapi yang telah dibakar. Biasanya dalam penyajian Sate Klopo ini dinikmati dengan lontong atau juga bisa dengan nasi sebagai pelengkap.

Pastinya Anda sudah membayangkan kan gimana kelezatan dari Sate Klopo ini? Nah untuk itu bagi Anda yang sedang di Surabaya jangan sampai kelewatan untuk mampir ke tempat makan di Surabaya yang satu ini.

7. Sego Sambal

Bagi Anda yang suka dengan yang pedas-pedas atau sambal, maka Anda harus mencoba makanan yang satu ini. Sego Sambal adalah makanan khas Surabaya yang sangat populer di Surabaya dan patut Anda jadikan destinasi kuliner saat sedang berada di Surabaya.

Sego Sambal adalah makanan yang terbuat dari nasi, cabai ,dan juga berbagai lauk pauk. Nasi sambel ini di sajikan di atas piring , kemudian di atasnya diberi lauk seperti telur dadar , tempe, kedelai goreng , tahu, daging ,atau ayam. Kemudian semuanya akan diolesi oleh sambal di atasnya.

Baca Juga  32 Makanan Khas Papua yang Harus Anda Coba

8. Lontong Balap

Makanan khas Surabaya berikutnya adalah Lontong balap. Memang makanan ini memiliki nama yang unik, meskipun begitu makanan ini banyak disukai oleh masyarakat Surabaya dan sekitarnya loh. Lontong Balap ini sudah ada sejak 1913.

Dinamakan Lontong Balap karena dulu penjual lontong ini menjual dengan cara dipukul. Nah karena isi dari pikulan ini terdiri dari banyak bahan makanan, sehingga membuat pukulan terasa berat. Jadi untuk mengatasi masalah ini maka penjual berjalan cepat seperti balapan. Oleh karena itu, makanan khas Surabaya ini disebut Lontong Balap.

Lontong balap ini terdiri dari lontong sayur, tahu , tauge , tempe goreng, lentho dan juga sambal kacang yang disiram diatasnya. Makanan ini bisa Anda temukan saat malam hari di Kota Surabaya, untuk itu Anda bisa mencoba Lontong Balap sebagai kuliner malam Surabaya yang wajib Anda coba.

9. Rujak Cingur

Saya rasa Anda semua tahu atau setidaknya pernah mendengar makanan yang satu ini, Yap Rujak Cingur adalah salah satu makanan khas Surabaya yang kepopulerannya bukan hanya di Surabaya saja melainkan sudah terkenal hingga di seluruh Indonesia.

Makanan tradisional ini mudah sekali Anda temukan di sekitar daerah Jawa Timur termasuk di Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata Cingur adalah “mulut” hal ini tentu saja merujuk ke bahan irisan dari rujak ini yang moncong sama seperti mulut sapi yang direbus kemudian dicampurkan ke dalam hidangan .

Rujak cingur ini terdiri dari beberapa irisan jenis buah misalnya saja kebanyakan diisi timun, kerahi atau sejenis timun namun berasal dari daerah Jawa Timur, mangga muda, bengkoang, kedondong , nanas, kemudian akan ditambah dengan lontong, tempe, tahu ,bendoyo cingur dan juga sayuran seperti kangkung, taoge dan juga kacang panjang.

Semua bahan di atas akan di campur menjadi satu kemudian akan ditambahi tambahan saus atau bumbu lainnya yang dibuat dari olahan petis udang ,air, gula, kacang tanah yang digoreng.

10. Tahu Campur

Salah satu makanan khas Surabaya yang menjadi favorit masyarakat Surabaya adalah Tahu Campur. Makanan ini dibuat dengan kombinasi lezat dari petis dan juga bumbu halus sehingga bisa tercipta rasa kuah yang lezat dan unik.

Makanan ini Terbuat dari bahan-bahan seperti, daging sapi, tauge, tahu goreng, air, selada, dan juga mie kuning. Semua bahan-bahan ini kemudian dipotong-potong lalu disiram kuah yang terbuat dari aneka bumbu-bumbu yang telah dicampur dengan petis.

Baca Juga  Tak Kalah Lezat, Ini 12 Makanan Khas Malaysia

11. Rawon setan

Makanan khas Surabaya selanjutnya adalah Rawon Setan. Jika Anda sedang berada di Surabaya maka Anda wajib untuk mencoba makanan yang satu ini. Meskipun memiliki nama yang menyeramkan, namun Rawon setan ini memiliki rasa yang sangat lezat dan menggugah selera makan kita.

Alasan kenapa makanan ini diberi nama rawon setan adalah karena dalam makanan ini terdiri dari potongan daging yang berukuran besar, selain itu penjual dari Rawon Setan ini berjualan dari sore sampai larut lama, seperti yang sudah kita ketahui jika malam adalah waktu dimana setan banyak berkeliaran. Oleh karena itu makanan ini diberi nama Rawon Setan.

Rawon setan ini berbeda dengan rawon-rawon lainnya yang dijual di beberapa daerah. Hal ini karena Rawon Setan dibuat dengan potongan daging-daging yang berukuran besar, selain itu yang membedakannya dengan rawon pada umumnya adalah pada kuah dari Rawon Setan ini memiliki warna hitam.

12. Sate lisidu

Kuliner Surabaya berikutnya adalah Sate Lisidu. Sate Lisidu adalah sate yang terbuat dari daging ayam kampung berbentuk pipih. Dengan bentuk yang pipih tentu saja semua bumbu akan bisa lebih mudah meresap di dalamnya. Makanan ini bisa ditemui dengan mudah di berbagai sudut Kota Surabaya.

Sate Lisidu paling enak dinikmati saat masih dalam keadaan hangat, dimakan dengan tambahan nasi atau lontong hangat sambil minum es teh, sudah pasti kenikmatan yang tidak mungkin Anda lakukan jika menikmati kuliner Surabaya yang satu ini.

13. Belut Spesial

Bukan hanya olahan kuah saja yang ada di Surabaya, Namun juga ada hidangan unik, yang terbuat dari hasil olahan belut. Belut sendiri adalah olahan makanan yang memiliki banyak kandungan zat gizi seperti zat besi, vitamin B, vitamin A, Protein dan juga Fosfor.

Meskipun memiliki rasa yang lezat tapi kebanyakan orang yang belum pernah mencoba olahan yang satu ini pasti akan geli jika mendengar makanan yang terbuat belut. Namun apabila sudah mencoba makanan ini, pastinya Anda akan ketagihan dengan rasa belut yang seperti menari-nari di lidah.

14. Rawon kalkulator

tempat makan di surabaya
Image: Travelingyuk.com

Makanan khas Surabaya berikutnya adalah Rawon Kalkulator. Yang unik dari makanan ini adalah terletak pada namanya, nama yang unik ini tentu saja menarik perhatian para pengunjung yang ingin menikmati olahan rawon yang satu ini.

Banyak juga masyarakat Surabaya yang tertarik dan ketagihan dengan makanan ini. Untuk itu bagi Anda yang sedang berada di Surabaya, Anda wajib mencoba nya.

Alasan kenapa makanan ini diberi nama Rawon Kalkulator adalah hal ini karena kecepatan dari pelayanan rawon di kedai ini. Saat Anda akan membayar makanan yang sudah Anda makan ini maka penjual akan dengan cepat menghitung total berapa yang harus Anda bayar hanya dalam hitungan detik saja, Karena kecepatan inilah kenapa rawon ini diberi nama Rawon Kalkulator.

15. Nasi Krawu Khas Surabaya

Nasi Krawu adalah salah satu kuliner Surabaya yang unik. Berbeda dengan nasi pada umumnya yang tidak memiliki rasa, nah Nasi krawu ini mempunyai rasa yang gurih dan juga sedikit rasa pedas.

Nasi Krawu paling enak di Surabaya adalah adalah nasi krawu kikil dan juga nasi krawu daging. Jika Anda akan berkunjung ke Surabaya, sebaiknya Anda coba salah satu dari Nasi krawu tersebut.

16. Roti Tisu

Rugi rasanya jika Anda berkunjung ke Surabaya namun belum pernah mencoba yang namanya Roti Tisu. Roti Tisu adalah olahan roti crispy yang memiliki rasa enak serta sudah terkenal di berbagai kedai yang ada di Surabaya. Roti tisu sangat cocok Anda nikmati bersama teman, keluarga atau kekasih.

Dengan tekstur yang mirip seperti martabak kemudian dilebarkan pada penggoreng, selanjutnya diberi susu kental manis tentu saja menghadirkan kesan roti yang enak dan lezat. Roti tisu menjadi pilihan camilan yang pas bagi Anda yang ingin bersantai menikmati keindahan Kota Surabaya.

17. Surabi Gatel

Berbeda dengan surabi pada umumnya, Surabi Gatel ini bukan hanya dibuat dengan santan saja namun juga memiliki banyak pilihan topping yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Toping ini beragam mulai dari rasa strawberry, melon, durian, orange dan masih banyak lagi pilihan toping lainnya.

Surabi Gatel ini berada di sekitaran Jalan Klampis Semolo Timur No 47. Untuk harga dari Surabi Gatel ini mulai dari 10.000 sampai 25.000.

18. Bakso Omen Surabaya

Bakso Omen Surabaya merupakan kuliner malam Surabaya yang cocok bagi Anda pecinta kuliner bakso. Kedai bakso ini sudah buka mulai pukul 19.30 hingga tengah malam. Bakso Omen ini sudah terkenal di kalangan masyarakat Surabaya.

Di Kedai Bakso omen ini memiliki banyak sekali varian rasa yang bisa Anda pilih mulai dari bakso keju, bakso telur, bakso hat dan lainnya. Bakso ini menjadi terkenal karena kelembutan dari tekstur bakso dan juga rasa daging yang begitu terasa.

Untuk harga dari bakso omen ini beragam, ada yang satunya hanya Rp. 1000 ada juga yang hingga Rp. 10.000 per butir bakso tergantung varian rasanya.

19. Bubur Madura

Meskipun memiliki nama bubur Madura, namun Anda juga bisa kok menemukan makanan ini di daerah Kota Surabaya. Bubur Madura ini bisa Anda jadikan sebagai hidangan penutup mulut yang lezat. Bubur Madura bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitaran daerah Pabean, Surabaya.

Untuk harga 1 porsi dari Bubur Ayam ini cukup murah yakni Rp. 10.000. Meskipun murah namun Bubur Ayam ini terdiri dari ketan hitam, ketan putih, klantink, mutiara dan juga biji salak. Setelah itu bubur ini akan disiram dengan santan serta gula merah untuk menghasilkan rasa yang sangat enak.

Dengan harga yang sangat bersahabat ini tentu saja cocok untuk menjadi pilihan destinasi kuliner khas Surabaya jika Anda sedang berada di Kota Pahlawan.

Baca Juga  Lezat, Ini 27 Makanan Khas Jawa Tengah Legendaris

20. Nasi Empal Pengampon

Nasi empal pengampon adalah makanan khas Surabaya yang dijual dengan harga yang murah meriah. Meskipun dijual dengan harga yang murah meriah tersebut namun Nasi empal ini sudah dilengkapi dengan empal suwir, tumis kacang, nasi putih, tempe kering, sambal dan juga lalapan.

Meskipun terlihat sederhana namun rasa dari Nasi empal pengampon ini bisa menggugah selera. Bagi Anda yang ingin atau sedang berada di Kota Surabaya, Anda wajib menikmati makanan yang satu ini.

21. Almond Crispy

Image: Puteramentari.com

Selain memiliki makanan berat, Surabaya juga memiliki Jajanan Khas Surabaya yakni Almond Crispy. Makanan ini dibuat dari bahan tepung, susu bubuk, telur dan juga gula serta keju. Kemudian pada bagian atas makanan ini akan ditambahi almond sehingga bisa menghasilkan rasa yang gurih, manis dan juga enak.

Makanan ini memiliki tekstur yang sangat tipis sehingga sangat crispy. Dalam satu gigitan saja Anda sudah bisa merasakan kenikmatannya. Almond Crispy ini memiliki tiga varian rasa yakni green tea, coklat, dan juga original. Jangan lupa untuk membeli Almond Crispy di sekitaran Jalan Jemursari Surabaya.

22. Snowcake Surabaya

Selain Almond Crispy, satu lagi jajanan Khas Surabaya adalah Snowcake. Snowcake adalah camilan khas Surabaya yang sering dihidangkan saat sedang berkumpul bersama keluarga. Snowcake ini merupakan produk buatan dari artis Indonesia yakni Zaskia Sungkar.

Sebenarnya Snowcake ini adalah makanan tradisional Surabaya, namun berhasil dikemas ulang dan dibuat menjadi lebih kekinian serta Hits oleh Zaskia Sungkar.

Untuk itu jangan lupa membeli Snowcake jika sedang di Surabaya, untuk dijadikan camilan atau bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh.

23. Bebek Palupi Surabaya

Surabaya memang terkenal dengan olahan makanan Bebek. Salah satu kedai bebek yang terkenal di Surabaya adalah Bebek Palupi Surabaya. Bebek palupi Surabaya dibuat dengan bumbu khusus dan rahasia sehingga bisa menghasilkan rasa bebek yang semakin enak.

Anda bisa menikmati bebek palupi ini di sekitaran jalan raya rungkut asri Surabaya. bebek palupi ini mempunyai rasa yang empuk dan juga gurih. Daging bebek hasil olahan tidak terasa berbau serta alot.

Bebek palupi Surabaya sangat cocok dinikmati saat masih hangat, disantap dengan nasi hangat plus sambal. Saya yakin Anda tidak akan cukup makan hanya 1 porsi saja. Untuk harga dari bebek goreng disini mulai dari 16 ribu hingga 18 ribu saja.

Nah itulah beberapa makanan khas Surabaya yang wajib Anda coba ketika sedang atau ingin berkunjung ke Surabaya. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan sudah saya jelaskan diatas sehingga Anda tidak lagi kebingungan ketika ingin mencari kuliner Surabaya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi makanan khas Surabaya yang belum saya tuliskan di atas. Mulai dari makanan tradisional hingga kekinian, ulasan saya diatas hanya sebagai acuan atau rekomendasi bagi Anda yang ingin berkunjung ke Surabaya.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *