Gak Cuma Cungkring, Ini 25 Makanan Khas Sunda Lainnya

Makanan Khas Sunda – Sunda merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia. Suku Sunda ini berada di pulau Jawa bagian barat. Setiap suku di Indonesia tentu saja memiliki keunikan dan juga ciri khas tersendiri, begitu juga dengan suku Sunda yang memiliki makanan khas tersendiri.

Kebanyakan dari kita tentu saja berfikiran jika makanan Sunda ini memiliki ciri khas yakni cita rasa yang manis, padahal makanan dari suku Sunda ini tidak hanya memiliki cita rasa yang manis saja, ada yang asin, segar dan juga pedas.

Makanan khas Sunda ini juga memiliki banyak penggemar di penjuru Indonesia. Lalu apa saja sih makanan khas Sunda ini? Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan ulasan mengenai makanan khas Sunda lengkap untuk Sahabat Tedas, diantaranya:

Daftar Makanan Khas Sunda Asli Lengkap

masakan sunda
Image: artshangkala.wordpress.com

1. Katimus

Makanan khas Sunda yang pertama adalah katimus. Katimus sendiri memiliki rasa yang manis dengan bahan dasar makanan yang terbuat dari singkong dan juga parutan kelapa. Bukan hanya terbuat dari singkong dan juga parutan kelapa saja, namun Katimus ini juga dicampur dengan gula merah untuk menghasilkan cita rasa yang manis.

Katimus memiliki bentuk lonjong yang biasanya dibungkus dengan daun pisang. Untuk pembuatan dari katimus ini biasanya adalah dikukus. Anda bisa dengan mudah menemukan katimus pada acara hajatan, tahlilan dan acara adat Sunda.

2. Awug

Awug adalah makanan tradisional Sunda yang sudah ada sejak dulu kala. Awug ini tergolong kedalam camilan, karena dulu makanan awug ini dimakan oleh masyarakat Sunda sebagai camilan teman minum teh hangat. Hingga saat ini kita bisa menemukan awug ini di daerah-daerah Sunda.

Awug terbuat dari tepung beras, daun pandan, gula merah dan juga kelapa. Tampilan dari awug ini hampir sama dengan putu. Yang membedakan antara awug dan putu adalah, jika putu dikukus dalam potongan bambu dan memiliki bentuk yang kecil, sedangkan awug ini dikukus berbentuk lancip seperti gunungan yang terbuat dari anyaman bambu.

Sedangkan gunungan lancip yang digunakan untuk membuat awug ini hampir sama seperti tumpeng ini disebut aseupan. Dalam pembuatan awug, aseupan yang telah berisi adonan kemudian disimpan pada dandang kemudian dikukus sampai adonan benar-benar matang merata. Jika sudah matang biasanya awug akan ditambahi dengan parutan kelapa di atasnya.

Waktu yang tepat untuk menikmati awug adalah saat awug baru saja matang karena teksturnya masih lembut dan hangat. Berbeda jika sudah dingin, maka awug akan mengeras dan tentu saja akan sedikit tidak enak karena sudah dingin. Biasanya awug ini disajikan diatas lembaran daun pisang.

3. Kadedemes

Kadedemes adalah bukti jika orang jaman dulu ini sangat kreatif, terutama dalam memanfaatkan alam. Kadedemes terbuat dari sesuatu yang mungkin bagi sebagian orang menganggap tidak penting. Nah kadedemes ini terbuat dari kulit singkong.

Jika biasanya orang lain akan membuang kulit singkong, nah orang Sunda jaman dulu memanfaatkan kulit singkong untuk dibuat menjadi makanan yang lezat. Kulit singkong yang sudah tidak dipakai akan diambil bagian dalamnya yang berwarna putih untuk dibuat menjadi makanan khas Sunda yaitu kadedemes.

Jadi daging pada kulit singkong ini diambil kemudian dicuci hingga bersih, setelah itu direbus kemudian tiriskan. Jika sudah kering hasil dari rebusan tersebut dicampur pada bumbu tumis. Jika sudah kadedemes sudah siap disantap bersama nasi dan juga ikan asin.

Baca Juga  Lezat, Ini 27 Makanan Khas Jawa Tengah Legendaris

4. Angeun Lompong

Makanan khas Sunda berikutnya adalah angeun lompong. Namun saat ini makanan ini sudah susah kita temui dan bahkan menjadi makanan yang langka. Hal ini karena terlalu banyak makanan Sunda dan juga kurangnya pengenalan dari generasi sebelumnya ke generasi sekarang menimbulkan defisit eksistensi angeun lompong.

Angeun lompong ini merupakan sayur yang sangat cocok dinikmati bagi anda yang vegetarian. Lompong sendiri dalam bahasa Sunda berarti talas. Nah oleh karena itu bahan utama dari pembuatan angeun lompong ini adalah batang talas.

Selain memiliki rasa yang lezat, makanan ini juga kaya akan gizi sehingga sangat cocok kita santap bersama nasi dan juga lauk. Namun seperti yang sudah saya sampaikan diatas jika makanan Sunda yang satu ini sudah mulai susah kita jumpai entah itu di warung tradisional atau restoran besar.

5. Cungkring

Makanan ini memang memiliki nama yang sangat unik karena dalam bahasa jawa sendiri cungkring berarti kurus. Makanan ini sendiri terbuat dari kulit sapi atau kikil sapi yang dijadikan sate. Mungkin di daerah lainya cungkring ini disebut sebagai sate kere.

Cungkring adalah makanan tradisional Sunda yang sudah ada sejak dulu. Makanan ini sangat cocok jika dihidangkan bersama lontong dengan bumbu sambel kacang. Atau jika anda ingin lebih kenyang memakan cungkring ini, anda bisa menyantapnya bersama nasi ketan putih dengan parutan kelapa dan juga oncom goreng tepung.

Waktu yang tepat untuk menikmati cungkring ini adalah saat masih keadaan hangat, dengan tekstur yang kenyal dan juga cita rasa yang lezat tersebut membuat cungkring bisa membuat siapa saja yang menikmati nya akan ketagihan.

6. Bapatong

Bapatong sendiri merupakan singkatan dari bakso kupat gentong. Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini di daerah sekitar kota bogor. Nah bagi anda yang sedang berada di bogor, jangan lupa untuk mampir membeli bapatong ini.

Ketupat yang disajikan pada bapatong ini biasanya dihidangkan bersama bakso dan juga daging. Dengan tekstur dari bakso yang sangat lembut dipadukan dengan cita rasa daging yang sangat lezat pastinya akan membuat anda ketagihan menyantap bapatong ini.

7. Misro

makanan khas dari sunda
Image: dimanaja.com

Misro adalah makanan khas Sunda yang berisi gula jawa yang dibalut dengan parutan kelapa di luarnya. Misro sendiri merupakan singkatan dari Amis Dijero yang berarti manis di dalam. Cara membuat misro ini adalah dengan menggorengnya.

Misro sangat cocok dinikmati saat bersantai sambil menikmati teh hangat saat sore hari. Dengan bentuk bulat kecil, anda bisa menemukan misro dengan mudah di daerah-daerah Sunda.

8. Combro

Combro termasuk kedalam camilan atau makanan ringan, combro sendiri memiliki bentuk bulat yang sederhana. Makanan ini merupakan oncom yang dibalut dengan sesuatu, sehingga sangat cocok untuk sekedar mengganjal perut anda.

Combro ini terbuat dari parutan singkong atau ubi sebagai pembalut isian oncom didalamnya. Combro selain diisi dengan oncom juga bisa diisi dengan cabai rawit sebagai penggugah selera makan. Combro bisa ditemukan dengan mudah di sekitaran daerah Sunda, bahkan juga sudah mulai tersebar di luaran Sunda.

9. Lepet

Makanan yang biasa ada saat lebaran ini juga termasuk ke dalam makanan khas Sunda loh. Lepet sendiri terbuat dari beras ketan yang dicampuri kacang. Perpaduan antara beras ketan dan juga kacang ini dikukus dengan janur yang hampir kering. Lepet bisa langsung dimakan sebagai pengisi perut saat lapar.

Makanan ini memang sekilas hampir sama seperti lontong, yang membedakan antara lontong dan lepet adalah dari bahan bakunya. Jika lontong terbuat dari beras sementara untuk lepet terbuat dari beras ketan. Selain itu tekstur dari lepet lebih padat jika dibandingkan dengan lontong.

Rasa dari lepet juga lebih gurih karena campuran antara santan dan juga kacang di dalamnya. Kebanyakan orang Sunda menyantap lepet ini dengan tahu sumedang.

Baca Juga  32 Makanan Khas Papua yang Harus Anda Coba

10. Colenak

Colenak menjadi makanan kebanggaan dari orang Sunda. Makanan ini terbuat dari perpaduan antara tape singkong yang sudah dibakar dengan kinca. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan juga aroma yang sangat wangi saat sedang dipanggang. Umumnya masyarakat Sunda menikmati Colenak ini dengan kinca atau saus gula yang terbuat dari kelapa parut dan juga gula aren.

Colenak ini paling sering digunakan sebagai cemilan saat cuaca sedang dingin atau lebih tepatnya sih saat sore hari. Anda bisa menikmati colenak ini bersama teh hangat supaya tidak seret saat mengkonsumsi colenak ini.

Selain memiliki rasa yang enak, colenak juga kaya akan gizi loh. Dalam colenak sendiri mengandung protein, kalsium, karbohidrat, vitamin B1 dan juga fosfor. Selain mengandung banyak gizi Colenak ini juga termasuk ke dalam makanan yang rendah kalori dan lemak.

11. Cireng

Cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Aci sendiri adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu. Dalam membuat cireng ini biasa nya tepung sagu dibentuk menjadi bulat kemudian langsung digoreng.

Seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini cireng mulai dimodifikasi mengikuti jaman. Cireng sekarang sudah mulai diberi isian seperti ayam, sosis, kornet, bakso, abon dan masih banyak lagi yang tentunya bisa meningkatkan cita rasa dari cireng itu sendiri.

Selain cireng adalagi cimol yang merupakan singkatan dari aci digemol. Aci yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu ini juga dibuat berbentuk bulat seperti bola-bola kemudian digoreng dengan api kecil sampai matang.

Untuk menikmati cimol ini biasanya dinikmati dengan tambahan bumbu basah maupun bumbu kering. Untuk bumbu kering yang bisa dipakai adalah keju yang pastinya bisa semakin menggugah rasa ingin menyantap makanan ini.

12. Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan salah satu makanan yang terkenal dan menjadi favorit di Indonesia. Nah apakah anda tahu jika Nasi timbel ini termasuk kedalam makanan tradisional Sunda? Nasi timbel ini merupakan makanan khas Sunda yang memiliki cita rasa unik, kuat dan juga sangat identik dengan makanan khas orang Sunda.

Sejarah dari nasi timbel ini dulunya adalah hidangan untuk para petani saat sedang beristirahat. Namun saat ini nasi timbel sendiri dihidangkan untuk semua orang di berbagai kalangan. Biasanya nasi timbel dihidangkan dengan daun pisang. Dalam nasi timbel ini terdapat berbagai lauk seperti ikan asin, pepes ikan, ayam goreng, japuh, tawes dan juga empal.

13. Nasi Liwet

Olahan nasi lainnya yang berasal dari Sunda adalah Nasi Liwet. Sebenarnya untuk nasi liwet sendiri memiliki 2 versi yakni nasi liwet versi Sunda dan juga nasi liwet versi solo. Yang membedakan antara nasi liwet khas Sunda dengan nasi liwet khas solo adalah apabila nasi liwet solo menggunakan santan dan juga labu siam, sedangkan untuk nasi liwet Sunda tidak menggunakan santan.

Meskipun tidak menggunakan santan, namun nasi liwet khas Sunda ini juga memiliki cita rasa yang gurih loh. Rasa gurih yang ada pada nasi liwet Sunda ini karena adanya bumbu rempah khas Indonesia seperti bawang merah, cabai rawit, bawang putih dan daun kemangi. Nasi liwet ini sangat cocok disantap untuk sarapan pagi sebelum memulai aktivitas.

14. Karedok

Image: Fimela.com

Meskipun bisa ditemukan dengan mudah di Jakarta, dan terdapat banyak penjual Karedok di Jakarta namun sebenarnya Karedok ini berasal dari Sunda loh bukan dari Betawi. Karedok sendiri hampir sama seperti gado-gado. Karedok disajikan dengan berbagai sayuran dan juga sambel kacang tanah.

Sayur yang ada pada karedok ini sangat banyak, misalnya saja tauge, kacang-kacangan, timun, kubis, dan masih banyak sayuran lainnya yang biasanya ditambahkan dalam karedok ini.

Perbedaan dari karedok dan gado-gado adalah jika gado-gado memakai sayuran yang telah direbus, sedangkan karedok ini memakai sayuran yang masih mentah atau belum direbus. Orang Sunda sendiri sering menyebut karedok sebagai lotek atah atau lotek mentah.

15. Lotek

Bicara soal lotek, lotek juga termasuk ke dalam makanan khas Sunda loh. Sama seperti karedok dan gado-gado, namun jika dilihat dari tampilan lotek ini lebih mirip dengan nasi pecel. Kita juga bisa menemukan lotek dengan mudah di Sunda, untuk itu bagi anda yang sedang berada di Sunda, jangan lupa untuk mencoba menikmati lotek ini.

Sayuran yang digunakan lotek ini juga hampir sama seperti gado-gado dan juga pecel. Sayuran yang digunakan oleh lotek ini adalah Kangkung, Tauge, Kembang kol. Semua sayuran tersebut sudah dipotong dan dicincang terlebih dahulu kemudian siram dengan sambal kacang. Lotek sangat cocok disantap saat pagi hari sarapan sebelum memulai aktivitas.

Baca Juga  Lezat, 23 Aneka Makanan Khas Jambi yang Legendaris

16. Sayur Asem

Siapa sih yang nggak suka sama sayur asem ini? Sayur asem ini memiliki beragam varian di Indonesia, termasuk juga sayur asem khas Sunda. Alasan kenapa sayur ini dinamakan sayur asem adalah karena dalam pembuatan sayur ini ditambah dengan asam jawa yang berguna untuk menambahkan cita rasa asam pada kuah sayur.

Dalam sayur asam terdapat beberapa sayuran lainnya diantaranya adalah jagung, belimbing sayur, labu siam, melinjo serta kacang tanah. Sayur ini sangat nikmat dinikmati saat siang hari, apalagi dipadukan dengan nasi yang masih hangat.

17. Tumis Genjer Oncom

Genjer termasuk ke dalam makanan yang menyehatkan dan juga memiliki rasa yang sangat enak. Di daerah Sunda sendiri genjer dibuat sebagai olahan tumis bersama oncom loh. Kita bisa dengan mudah menemukan tumis genjer oncom jika sedang berada di daerah Sunda.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah Oncom. Oncom yang memiliki cita rasa yang nikmat ditambah perpaduan manis pedas dari genjer tentunya sangat menggugah selera makan kita. Tumis genjer oncom ini termasuk kedalam makanan khas Sunda yang kaya akan kandungan serat loh. Jadi disamping memiliki rasa yang enak juga menyehatkan pastinya.

18. Bakakak Hayam

Bagi anda yang sedang berada di tanah Sunda, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi makanan khas Sunda yang satu ini. Bakakak Hayam adalah makanan yang dimasak dengan bahan utama ayam yang diberi bumbu khusus untuk kemudian dipanggang.

Yang unik dari makanan ini adalah ayam yang dipanggang bukan hanya berbentung potongan saja, namun ayam yang dipanggang sebagai Bakakak hayam ini adalah ayam utuh 1 ekor. Jadi untuk bisa menikmati hidangan yang satu ini mungkin anda membutuhkan bantuan beberapa teman untuk membantu menghabiskan hidangan Bakakak Hayam ini.

Waktu yang tepat untuk menikmati makanan ini adalah saat malam hari, mungkin saat sedang makan malam bersama keluarga, Bakakak hayam dinikmati dengan sambal hijau dan juga sambal merah. Selain itu Bakakak Hayam juga sangat cocok dinikmati dengan sayur lalapan.

19. Empal Gepuk Daging Sapi

Hampir semua warung makan dan juga restoran khas Sunda pasti memiliki menu masakan Empal Gepuk Daging Sapi. Makanan ini termasuk makanan yang paling terkenal di tanah Sunda, bagaimana tidak, kenikmatan dari makanan ini membuat semua orang yang memakannya pasti akan ketagihan untuk memakan lagi.

Empagl gepuk daging sapi ini dibuat dari irisan tipis daging sapi yang sudah digepuk atau dipukul hingga gepeng kemudian dimasak dengan tambahan lumuran bumbu yang bercita rasa manis. Setelah daging selesai dibumbui maka selanjutnya daging akan diungkep supaya bumbu tersebut bisa meresap hingga ke serat daging.

Karena proses ungkep ini maka terciptalah tekstur daging yang empuk. Setelah itu empal akan digoreng sampai kering atau juga bisa langsung dimakan tanpa harus digoreng terlebih dahulu. Empal gepuk daging sapi ini sangat cocok dimakan bersama nasi yang masih hangat dengna tambahan sambal terasi dan juga lalapan.

20. Soto Mie

Image: kulinerkota.com

Makanan khas Sunda yang satu ini sudah terkenal hingga luar negeri loh, yap siapa sih yang ngga tahu soto mie? Makanan berkuah yang menggunakan bahan dasar dari mie , tepung dan juga telur ini memang memiliki cita rasa yang sangat khas dan nikmat.

Biasanya soto mie ini disajikan dengan daging ayam atau daging sapi, selain itu terkadang juga ditambahkan urat, babat dan juga kikil. Selain menggunakan mie, bahan pembuatan dari soto mie ini adalah telur ayam, kentang rebus, tomat, kacang dan juga tauge.

Soto mie ini memiliki kuah kaldu yang dibuat dari kaldu sapi maupun kaldu ayam. Soto mie ini paling nikmat jika dihidangkan bersama sambal, jeruk nipis, kecap dan tentunya dengan nasi hangat.

21. Mie Kocok

Olahan mie lainnya yang berasal dari Sunda adalah Mie Kocok. Mie kocok ini menggunakan bahan dasar mie kuning dan juga kuah kaldu yang terbuat dari kaldu sapi. Kita bisa dengan mudah menemukan makanan ini di daerah Bandung.

Pada umumnya Mie kocok ini disajikan bersama tauge yang telah direbus, irisan kikil, bakso, jeruk nipis dan juga seledri. Bukan hanya bahan itu saja, namun terkadang Mie Kocok ini juga dihidangkan dengan babat sapi untuk meningkatkan cita rasanya.

22. Sate Maranggi

Sate Maranggi ini juga termasuk kedalam makanan khas Sunda loh. Sate yang terbuat dari daging kambing atau sapi ini banyak dijual di daerah Cianjur dan sekitarnya. Yang membedakan sate Maranggi dengan sate lainnya adalah terdapat pada proses pembuatan sate tersebut. Jadi proses pembuatan dari sate maranggi ini sebelum dibakar adalah direndam terlebih dahulu ke dalam bumbu-bumbu.

Sate maranggi ini juga tidak memerlukan saus tambahan, sebab daging sebelum dibakar sudah direndam terlebih dahulu dengan bumbu. Walaupun tidak menggunakan saus, namun cita rasa dari sate maranggi ini begitu lezat dan menggugah selera makan kita, apalagi jika dimakan dengan irisan tomat dan bawang merah.

Baca Juga  Apa Itu Kimchi? Ketahui 4 Manfaat Kimchi Disini

23. Empal Gentong

Berbeda dengan empal gepuk sebelumnya, empal gentong ini dibuat dengan bahan baku daging sapi yang dimasak dengan gentong. Empal gentong ini juga termasuk kedalam makanan tradisional Sunda loh. Kita bisa dengan mudah menemukan Empal Gentong di sekitaran daerah cirebon.

Kebanyakan empal gentong ini disajikan bersama nasi atau juga bisa lontong. Cita rasa nikmat yang dihadirkan dari empal gentong ini sangat spesial pastinya. Apalagi dengan adanya saripati bumbu empal yang sangat melekat pada gentong yang digunakan untuk memasak.

24. Laksa Bogor

laksa khas bogor
Image: kulinerkota.com

Laksa termasuk makanan yang cukup terkenal di daerah Asia. Nah di tanah Sunda sendiri memiliki varian laksa mereka sendiri loh. Yang membedakan laksa bogor dengan laksa yang lainnya adalah pada Laksa bogor ini ditambahkan mie dan juga oncom.

Selain itu Laksa bogor juga memiliki kuah kuning yang tercipta dari bumbu rempah pilihan sehingga menambah cita rasa kelezatan dari Laksa Bogor ini.

Laksa Bogor ini juga dibuat dengan kunyit sehingga laksa bogor memiliki kuah yang berwarna kuning. Selain itu laksa bogor juga menggunakan bahan lainnya seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, lada, ketumbar. Supaya laksa bogor tambah gurih, biasanya ditambahkan kaldu ayam dan juga santan.

Laksa bogor ini cocok disajikan dengan suwiran ayam dan juga telur rebus serta daun kemangi. Laksa bogor sangat pas jika dinikmati untuk sarapan pagi sebelum beraktifitas.

25. Doclang

Doclang termasuk kedalam makanan tradisional Sunda yang saat ini sudah mulai langka untuk ditemukan. Hal ini karena kurangnya pengenalan dari Doclang terhadap generasi saat ini. Jika dulu doclang bisa ditemukan dengan mudah melalui penjual keliling di sekitaran rumah, sekarang hampir sulit menemukan penjual dari Doclang ini.

Doclang adalah kuliner yang terbuat dari lontong dengan ukuran besar dengan bungkus daun pata serta irisan kentang rebus, telur rebus, tahu goreng serta kerupuk. Nah dalam pembuatan Doclang ini setelah semua bahan sudah menyatu di dalam wadah maka selanjutnya bahan-bahan tersebut akan disiram dengan bumbu kacang yang pedas.

26. Batagor

Kurang lengkap rasanya jika membicarakan makanan khas Sunda tanpa menyinggung batagor. Batagor sendiri adalah singkatan dari bakso tahu goreng. Makanan ini bisa kita temukan dengan mudah di seluruh Indonesia, Apalagi di pulau jawa, kita bisa menemukan penjual batagor ini menjual di sekitar rumah kita.

Batagor ini dibuat dari ikan tengiri, telur, kulit pangsit dan juga tepung sagu. Sedangkan bahan baku pembuatan bumbu dari batagor ini biasnaya adalah gula pasir, garam, merica dan bawang putih.

Semua bahan ini nantinya dibungkus dengan kulit pangsit untuk digoreng. Batagor sangat cocok jika disajikan dengan sambal kacang dan juga perasan jeruk nipis.

Nah itulah beberapa makanan khas Sunda asli mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Dengan melihat beberapa daftar makanan yang sudah saya tuliskan diatas tentu saja bisa membuka pengetahuan bahwa makanan khas Sunda tidak hanya identik dengan yang manis-manis saja, namun juga ada makanan khas Sunda yang memiliki cita rasa asin, pedes, asem dan masih banyak lagi, semoga bermanfaat Sahabat Tedas.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *