Nikmat, Ini 10 Makanan Khas Sumatera Barat yang Lezat

Makanan Khas Sumatera Barat – Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki makanan tradisional yang berbeda. Tidak terkecuali dengan Sumatera Barat yang juga menjadi surga kuliner nusantara. Ada banyak makanan Khas Sumatera Barat yang populer dan legendaris.

Sumatera Barat lebih dikenal dengan olahan makanan bersantan. Di Sumatera Barat sendiri terdapat dua bagian daerah yang memiliki kuliner khas dengan rasa yang berbeda. Terbagi menjadi daerah pegunungan atau yang lebih dikenal Darek dan Sumatera Barat bagian pesisir atau pinggiran pantai.

Makanan Khas Sumatera Barat yang Lezat

Image: Idntimes.com

Makanan di daerah pesisir umumnya tidak terlalu pedas, jika dibandingkan dengan makanan dari daerah Darek. Namun secara umum makanan asli Sumatera Barat populer karena rasanya yang cukup kuat, dan terasa nikmat seperti makanan-makanan berikut.

1. Gulai Tambunsu

Makanan khas Sumatera Barat dikenal dengan rasanya yang cukup kuat dan pedas. Kebanyakan makanan tradisional di sana merupakan olahan daging. Namun ada yang berbeda dan unik seperti olahan makanan dari usus khas Sumatera Barat yang disebut Gulai Tambunsu.

Proses memasak makanan ini pada umumnya adalah dengan usus yang diolah dengan cara digoreng atau ditumis. Makanan khas dari daerah Sumatera Barat dengan nama gulai tambunsu ini memang menyajikan olahan usus dengan cara memasak yang berbeda dari biasanya.

Gulai tambunsu merupakan makanan berupa usus sapi yang bagian dalamnya diisi. Biasanya makanan yang unik ini diisi dengan telur hingga benar-benar penuh di dalam usus sapi. Adonan telur ini sudah diberi tambahan santan terlebih dulu. Setelah itu, ikat bagian ujungnya agar isinya tidak keluar.

Usus berisi penuh adonan telur tersebut kemudian akan dimasukan ke dalam air mendidih untuk direbus. Adanya telur akan membuat usus mengembang.Setelah masak, usus tersebut menjadi lebih besar dan mirip dengan sosis yang banyak di pasaran.

Kuliner unik ini bisa dibilang ini adalah sosis khas Sumatera Barat. Usus yang sudah masak dan mengembang akan dipotong yang dimasukan kembali ke kuah gulai dengan santan yang sangat kental.

2. Dendeng Batokok

Makanan khas Sumatera Barat yang terkenal lainnya adalah dendeng batokok. Olahan dendeng yang ditotok atau dipukul dengan palu. Dendeng dibuat dari daging sapi yang diris sangat tipis dan panjang. Kemudian dendeng dilumuri bumbu dan diketok palu hingga bumbunya meresap.

Dendeng yang sudah siap selanjutnya akan diasap diatas arang. Arang untuk proses ini menggunakan batok atau tempurung kelapa.Penyajian dendeng batokok umumnya ditaburi dengan lado mudo, garam, bawang merah, dan perasan jeruk nipis.

Di daerah Mintua, dendeng batokok juga disajikan dengan cabe muda sehingga rasanya lebih pedas. Penambahan cabe muda ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang.

Baca Juga  Indahnya Negriku, Ini 32 Makanan Khas Maluku Nan Lezat

3. Kalio Daging

Makanan khas Sumatera Barat tepatnya dari daerah Padang memang terkenal dengan olahan daging, seperti rendang atau pun kalio. Rendang biasanya disajikan dengan bumbu yang lebih kering. Sedangkan kalio disajikan dengan kuah yang lebih banyak seperti karamel.

Daging yang digunakan adalah daging sapi dengan ditambah limpa, hati, atau jengkol. Memasak kalio bisa lebih cepat dibandingkan dengan rendang. Rasa dari kalio daging khas Sumatera Barat juga tidak begitu pedas dengan daging yang lebih empuk dibanding rendang.

Kalio memiliki tekstur yang sedikit berbeda dari rendang. Kalio teksturnya lebih basah dan empuk. Namun untuk soal rempah, kalio ini memiliki aroma yang sama kuatnya seperti aroma rempah pada rendang khas Sumatera Barat. Makanan ini bisa dijumpai di warung-warung makan atau restoran.

4. Palai Rinuak

Makanan tradisional yang satu ini dibuat dari bawang merah, cabai giling, kunyit, dan parutan kelapa. Palai kemudian diisi dengan ikan atau bahan lain. Khusus untuk palai rinuak isinya adalah rinuak atau ikan air tawar yang memiliki ukuran kecil dan sering ditemukan hidup di pinggiran danau.

Makanan khas Sumatera Barat ini menggunakan bahan-bahan biasa seperti palai biasanya. Sedangkan jenis ikan yang digunakan adalah yang menjadi pembeda dari beberapa palai khas Sumatera. Sajian palai rinuak yang masih hangat cocok untuk lauk nasi.

5. Sate Padang

Sate merupakan sebutan makanan dari daging yang umumnya disajikan dengan tusukan dan mengolahnya dengan cara dibakar. Pada umumnya daging sate yang sudah matang akan diberi saus berwarna cokelat atau saus kacang, lengkap dengan tomat, bawang merah, dan cabai.

Namun sedikit berbeda dengan sate yang menjadi makanan khas Sumatera Barat khususnya Sate Padang ini. Sate padang dikenal dengan penyajiannya bersama kuah yang berwarna kuning. Sate ini berasal dari Sumatera Barat di daerah Bukit Tinggi.

Ada juga sate padang yang memiliki kuah berwarna merah. Sate ini biasanya ditemukan di daerah Padang Panjang, Sumatera Barat. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas ini saat Anda sedang berada di Sumatera Barat. Sate Padang sangat mudah ditemukan di warung makan hingga di pinggir jalan.

6. Kacimuih

Cita rasa yang pedas sangat identik untuk makanan khas Sumatera Barat. Namun ternyata kuliner atau makanan lainnya yang manis juga bisa ditemukan daerah ini. Makanan yang akan sangat cocok untuk cemilan di sore hari saat berkumpul bersama keluarga dan salah satunya adalah kacimuih.

Kuliner ini berbahan dasar singkong yang kemudian diparut dan dicampurkan dengan parutan kelapa muda. Rasa manisnya berasal dari campuran gula merah yang ditambahkan dalam adonan. Kuliner khas ini cukup mudah ditemukan di Sumatera Barat, terlebih lagi bahan singkong yang mudah didapat.

Kuliner yang identik sebagai makanan desa ini memiliki rasa manis yang pastinya menggoda lidah. Pembuatannya dilakukan dengan bahan singkong berkualitas dicampur gula dan kelapa. Anda bisa menggunakan gula merah atau gula pasir untuk tambahan rasa manis adonan.

Kacimuih memiliki bentuk yang bisa dikatakan sederhana. Adonan singkong atau ketela pohon ditumpuk dengan kelapa parut. Gula merah disiramkan di bagian atasnya. Rasa kacimuih sangat nikmat dengan perpaduan rasa gurih dan rasa manisnya.

7. Rendang Paru

makanan khas daerah sumatera barat
Image: Coockpad

Rendang khas Sumatera Barat identik dengan olahan daging sapi. Namun ada yang berbeda dengan kuliner yang satu ini, rendang paru. Di Sumatera Barat ada makanan yang disebut rendang tetapi menggunakan paru sapi sebagai olahan utamanya.

Rendang paru yang menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat ini tentu saja berbeda dengan rendang daging sapi pada umumnya. Memiliki rasa rempah yang kuat karena menggunakan rempah-rempah khusus dan santan yang lebih banyak dibanding rendang pada umumnya.

Campuran rempah untuk bumbu rendang antara lain bawang putih, cabai merah, jahe, lengkuas, dan dedaunan khusus yang telah diiris. Semua bumbu rempah kemudian dihaluskan dan nantinya dimasak bersama dengan paru sapi yang sudah bersih.

Takaran untuk santan rendang paru ini lebih besar, sekitar 1,5 kali lebih banyak dari rendang biasa. Proses memasang dan lamanya waktu untuk memasang rendang paru tidak jauh berbeda dengan rendang biasa. Namun hasilnya rendang paru memiliki tekstur yang lebih keras.

Baca Juga  Gak Cuma Cungkring, Ini 25 Makanan Khas Sunda Lainnya

8. Lompong Sagu

Lompong sagu ini bisa dicicipi saat Anda jalan-jalan ke Sumatera Barat. Kuliner yang satu ini merupakan salah satu jenis kue manis berbahan tepung sagu. Campuran untuk kue ini adalah kelapa parut, gula merah, dan santan. Bahan yang tidak boleh terlewat adalah pisang, bisa pisang raja atau kepok.

Makanan khas Sumatera Barat ini berasal dari wilayah Minang yang terkenal dengan dominan rasa manis dan khas aroma pemanggangan. Memiliki bentuk yang sangat unik dan akan terlihat setelah selesai pemanggangan.

Proses pembuatan kue ini dimulai dengan mencampurkan semua bahan dan ditambah air secukupnya. Adonan yang sudah tercampur rata kemudian dimasukkan atau dibungkus daun pisang. Takaran adonannya adalah 2 sendok makan untuk setiap bungkus.

Gunakan tusuk lidi untuk mengunci bagian ujungnya sehingga tidak lepas saat dipanggang. Jangan lupa bolak-balik agar adonan matang merata. Setelah matang, potong menjadi beberapa bagian untuk disajikan bersama dengan parutan kelapa.

9. Gajeboh

Salah satu makanan khas Sumatera Barat yang wajib dicoba adalah gajeboh. Kuliner ini juga disebut sandung lamur oleh masyarakat setempat. Bahan dasar untuk makanan yang satu ini adalah daging sapi tetapi hanya bagian punuknya. Bagian inilah yang memiliki banyak lemak sehingga rasanya sangat khas.

Cita rasa gurih dapat dinikmati dari kuliner yang satu ini. Tampilannya juga sangat menggoda dengan kuah merah seperti kuah gulai tetapi tanpa santan. Kuah ini disebut sebagai kuah asam pareh. Kuahnya memerah karena tidak beri tambahan santan seperti gulai pada umumnya.

Kuah merah ini juga memiliki cita rasa pedas yang menggugah selera. Kuah merah yang tercampur dengan minyak daging sapi ini membuat banyak orang menyukainya. Apalagi untuk menyantap makanan lezat tidak begitu menguras kantong.

10. Galamai

Kuliner yang satu ini sangat mudah dijumpai di Kota Padang, Sumatera Barat. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai makanan manis sejenis jenang. Makanan khas Sumatera Barat ini memang mirip jenang atau dodol. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak jauh berbeda dengan jenang pada umumnya.

Selain Galamai, beberapa masyarakat juga menyebut makanan ini sebagai kalamai. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat galamai antara lain adalah tepung beras ketan, gula aren, kacang tanah, dan santan. Bahan-bahan tersebut tentu sangat mudah ditemukan di berbagai daerah.

Proses memasak galamai hampir mirip seperti pembuatan dodol di daerah Jawa. Bahan-bahan yang sudah disiapkan dimasukan ke kuali besar untuk dimasak antara 3 hingga 4 jam. Proses pembuatan makanan ini juga harus terus diaduk agar adonan tidak lengket.

Selain menjaga adonan dengan diaduk terus menerus, api untuk memasak juga harus tetap diperhatikan. Galamai yang sudah masak didinginkan untuk selanjutnya dipotong ke bentuk yang lebih kecil sesuai selera. Jenang khas Sumatera Barat ini biasa disajikan dengan taburan kacang.

Kacang tanah yang sudah disiapkan perlu disangrai terlebih dahulu. Setelah itu kacang tanah ditaburkan di atas gamalai yang sudah siap saji. Rasa manis dari gamalai dengan aroma kacang sangrai membuat kuliner ini banyak disukai masyarakat, termasuk para pendatang.

Itulah beberapa makanan khas Sumatera Barat yang lezat dan wajib Anda coba saat berada di Sumatera Barat. Makanan tradisional di atas bisa ditemukan di kota, di daerah, bahkan di pinggir jalan.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *