32 Makanan Khas Papua yang Harus Anda Coba

Indonesia memang merupakan negara yang sangat kaya akan budaya, suku, tradisi, dan juga makanan daerahnya. Hal inilah yang membuat Indonesia banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu wisatawan asing yang berasal dari berbagai negara maupun wisatawan lokal yang berasal dari negeri kita sendiri. 

Salah satu pulau di Indonesia yang tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam tiada tara, tetapi juga mempunyai beragam makanan khas yang harus Anda coba adalah Papua.

Ya, ada banyak sekali makanan khas Papua yang wajib Anda coba ketika berlibur kesini. Tentu saja cita rasanya yang unik akan membuat Anda terkagum-kagum dengan kelezatannya. 

Penasaran apa saja makanan khas Papua yang harus dicoba? Yuk, simak penjelasan mengenai 32 makanan khas dari Provinsi Papua dan Papua Barat ini.

image : ksmtour.com

1. Kue Lontar

Kue lontar merupakan makanan khas yang bentuknya mirip seperti pie susu. Makanan ini sangat cocok untuk lidah masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan legit. Anda harus mencoba kue khas Papua yang satu ini ketika berkunjung.

2. Sate Ulat Sagu

Makanan yang satu ini tentu terlihat ekstrem bagi para wisatawan. Namun, siapa sangka jika ulat sagu yang terlihat menggelikan itu memiliki rasa yang lezat dan juga kaya akan protein. 

Ulat sagu ini sebenarnya bisa dimakan hidup-hidup, tetapi oleh sebagian masyarakat Papua dijadikan sebagai sebuah hidangan berbentuk sate dengan tambahan rempah-rempah tertentu yang membuat sate ulat sagu ini terlihat semakin nikmat.

3. Ikan Bungkus

Makanan khas Papua yang satu ini pasti sudah tidak asing terdengar. Ya, ikan bungkus adalah makanan legendaris yang wajib dicoba jika berlibur ke Papua. Selain itu, keunikan yang ada pada ikan bungkus ini adalah daun bungkusannya yang menggunakan daun talas dan juga harus menggunakan ikan air laut.

image : wikipedia

4. Papeda

Makanan khas dan sangat otentik Papua ini juga tidak boleh Anda lewatkan. Papeda merupakan tepung sagu yang dicampurkan dengan air dan kemudian diaduk hingga bertekstur lengket, seperti lem. Rasa dari papeda adalah tawar. Maka dari itulah, masyarakat Papua lebih senang menyantap dengan ikan kuah kuning agar rasanya lezat.

5. Martabak Sagu

Sebenarnya secara penampilan, martabak sagu tidak jauh berbeda dengan martabak manis pada umumnya. Akan tetapi, hal yang membedakan adalah bahan utama dari makanan ini yang berupa sagu dan juga gula merah. 

Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskan sagu dan digoreng selama beberapa menit. Kemudian bisa diberi gula merah sesuai selera.

6. Udang Selingkuh

Wah, nama makanan yang sangat unik, ya. Karena memiliki nama yang sangat unik, udang selingkuh ini selalu berhasil menarik minat dan rasa penasaran pada wisatawan yang datang ke Papua. 

Dinamakan udang selingkuh karena udang ini memiliki capit layaknya kepiting. Hal itulah yang membuatnya dinamakan sebagai udang selingkuh. Penyajian makanan ini pun bisa digoreng ataupun direbus dengan tambahan bumbu tertentu.

image : pens.ac.id

7. Sagu Lempeng

Masih berbahan dasar sagu, makanan yang satu ini sangat terkenal dan wajib untuk Anda coba. Sagu lempeng ini paling nikmat disantap dalam keadaan hangat bersama teh panas, susu, ataupun kopi. Cara pembuatannya sama seperti membuat roti tawar. 

Hanya bahan dasarnya saja yang berbeda. Anda akan kesulitan menemukan sagu lempeng ini di warung ataupun toko roti karena masyarakat Papua lebih sering membuatnya untuk dikonsumsi secara pribadi.

8. Kue Bagea

Kue bagea ini mempunyai cita rasa yang sangat khas, namun sangatlah lezat. Kue bagea terbuat dari campuran tepung sagu dengan kenari. Setiap orang yang sudah mencicipi kue ini pasti akan merasa ketagihan dan selalu ingin memakannya. Bentuknya yang seperti batang pohon akan lebih mudah dimakan apabila dipotong-potong terlebih dahulu.

aunu senebre
image : intanjayakab.go.id

9. Aunu Senebre

Baca Juga  Lezat, 23 Aneka Makanan Khas Jambi yang Legendaris

Aunu senebre merupakan makanan khas yang terbuat dari ikan teri dan nasi yang diberi tambahan sedikit bumbu sebagai penambah rasa. Makanan khas ini dapat dengan mudah Anda temukan di warung-warung yang berada di pinggiran pantai.

10. Colo-Colo

Sama seperti daerah lain yang memiliki sambal khasnya sendiri, Papua pun juga memiliki sambal khas dengan rasa yang lezat. Sambal tersebut bernama colo-colo yang terbuat dari campuran bawang merah, cabe rawit, tomat hijau, gula pasir, jeruk nipis, dan tambahan air secukupnya. Sambal ini cocok dihidangkan bersama ikan bakar yang lezat.

11. Petatas

Patatas atau yang biasa kita sebut dengan ubi jalar menjadi makanan pengganti beras bagi masyarakat Papua. Hal ini karena harga beras disana yang jauh lebih mahal. Oleh karena itulah, patatas ini dijadikan sebagai makanan pokok mereka.

12. Ikan Bakar Calo

Kondisi geografis Papua yang dekat dengan laut membuat mayoritas makanan mereka adalah ikan dan hewan laut lainnya. Jika Anda berkunjung ke Papua, jangan lupa untuk mencicipi ikan bakar calo yang berbahan dasar ikan dabu-dabu. 

Rasanya yang lezat dan juga kondisi ikan yang masih segar membuat makanan ini sangat nikmat disantap dengan nasi hangat.

keripik keladi
image : gabrielclinton.blogspot.com

13. Keripik Keladi

Keripik ini terbuat dari ubi keladi yang banyak tumbuh di tanah Papua. Keripik ini mempunyai rasa yang gurih, manis, dan juga pedas. Keripik keladi adalah oleh-oleh yang wajib Anda beli jika berlibur ke Papua.

14. Roti Abon Gulung

Oleh-oleh khas Papua lainnya yang juga menjadi makanan khasnya adalah roti abon gulung. Ukurannya yang lumayan besar dan jumlah abon yang sangat banyak didalamnya membuat siapa saja akan tergiur untuk mencicipinya. 

Roti abon gulung ini banyak dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Akan tetapi, roti ini tidak tahan lama dan harus segera dimakan karena dibuat tanpa bahan pengawet.

15. Sarang Semut

Ya, sarang semut ini sudah terkenal hampir di seluruh ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Sarang semut disebut-sebut dapat mengobat berbagai macam penyakit. Selain itu, sarang semut juga dapat dijadikan sebagai makanan, seperti kue. Rasanya dijamin lezat dan khasiatnya tidak akan berkurang.

es buah matoa
image : recipeamak.blogspot.com

16. Es Buah Matoa

Minuman menyegarkan ini berisi agar-agar, kolang-kaling, cincau hitam, biji pala, biji selasih, dan juga buah matoa yang ditambahkan es supaya makin nikmat. Perpaduan rasa manis, asam, dan segar akan menyatu dalam mulut Anda ketika menikmati minuman yang satu ini.

17. Bubur Sagu

Bubur sagu menjadi makanan khas papua selanjutnya yang wajib Anda coba. Karena harga beras yang sangat mahal, masyarakat Papua mencoba untuk membuat kreasi makanan yang berbahan dasar sagu, yakni bubur sagu ini. Rasanya yang lezat akan membuat Anda ketagihan dan ingin memakannya lagi.

18. Ayam Rica Papua

Makanan ayam rica Papua banyak ditemukan ketika memasuki bulan Ramadhan. Hal ini karena hidangan yang satu ini merupakan menu andalan bagi masyarakat setempat untuk berbuka puasa. Rasanya yang khas karena menggunakan rempah-rempah berbeda membuat ayam rica ini terlihat sangat menggiurkan.

19. Bandeng Kuah Kuning

Baca Juga  Macam Macam Sambal Di Seluruh Nusantara, Mana Favoritmu?

Makanan berbahan dasar ikan bandeng ini mempunyai cita rasa yang sangat gurih karena kaya akan rempah-rempah. Bumbu khas yang digunakan oleh masyarakat Papua membuat bandeng kuah ini memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan ikan kuah kuning lainnya.

sambal dabu dabu
image : cookpad.com

20. Sambal Dabu-Dabu

Sambal dabu-dabu menjadi jenis sambal lain yang sangat khas Papua. Sambal ini tidak perlu dihancurkan dengan menggunakan ulekan. Akan tetapi, diiris dengan ketebalan sedang dan menggunakan cabe hijau. Bahan campuran lain yang ada pada sambal dabu-dabu inilah yang membuat rasanya semakin nampol dan bikin nagih.

21. Papeda Telur

Cemilan yang satu ini tidak hanya bisa Anda cicipi di Papua saja. Hal ini karena saat ini sudah ada banyak pedagang yang menjual papeda telur. Baik itu menggunakan telur puyuh ataupun telur ayam. Rasanya yang khas papeda dengan tambahan saos membuat makanan ini terlihat sangat lezat untuk dicicipi.

22. Kapurung

Makanan khas Papua yang satu ini berbahan dasar ikan peda atau ikan kembung. Kapurung dapat disantap dengan menggunakan papeda sebagai pengganti nasi. Rasanya yang lezat membuat siapapun tidak akan melewatkan makanan yang satu ini.

23. Papeda Kuah Soru

Sebenarnya papeda ini sama seperti papeda pada umumnya. Hanya saja penambahan kuah soru yang menambah cita rasa papeda semakin terasa lezat. Cara untuk membuat kuah soru ini sangatlah gampang. Anda hanya perlu mencampurkan cabe merah dengan ukuran besar, bawang putih, dan juga tomat segar.

ikan bakar manokwari
image : tempeopotahu.blogspot.com

24. Ikan Bakar Manokwari

Sebagai wilayah yang dekat dengan laut, melewatkan kelezatan ikan bakar Manokwari tentu akan menjadi suatu hal yang Anda sesalkan. Rasanya yang khas dan ditambahkan dengan campuran sambal dalam jumlah cukup banyak membuat ikan bakar ini semakin terasa lezat, gurih, dan juga pedas. 

Rasa makanan ini akan semakin nikmat jika disantap dengan nasi hangat dan segelas teh. Anda tertarik untuk mencobanya?

25. Telur Balado Pedas

Telur balado pedas merupakan makanan khas Papua Barat yang wajib Anda coba. Meskipun kelihatannya mirip seperti telur balado pada umumnya, tetapi rasa pedas yang sangat kuat pada telur balado pedas yang satu ini menjadi pembeda dengan telur balado lainnya. 

Maka dari itu, pastikan Anda sudah mencicipi makanan khas yang satu ini ketika berkunjung ke Papua Barat, ya.

26. Es Klamud Asam Manis

Masih termasuk makanan khas Papua Barat, es klamud asam manis ini menghadirkan cita rasa yang berbeda dari es kelapa muda biasanya. Perpaduan rasa manis dan asam dari kelapa yang segar membuat siapa saja tidak akan menolak apabila disuguhkan makanan ini. 

Cara membuatnya pun juga sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan air kelapa muda dan dagingnya dengan perasan jeruk nipis. Jangan lupa untuk menambahkan gula pasir secukupnya supaya es klamud terasa lebih manis.

keladi tumbuk
image : cookpad.com

27. Keladi Tumbuk

Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar talas dan biasanya disajikan dengan ikan bakar. Cara membuat keladi tumbuk cukup rumit, namun sepadan dengan hasilnya yang lezat dan mengenyangkan. Pertama-tama Anda perlu merebus talas dann kemudian ditumbuk sampai halus. 

Setelah itu campur dengan garam, gula, dan kelapa parut. Makanan ini biasa disajikan pada acara syukuran, pesta adat, pernikahan, dan lain sebagainya. Selain itu, keladi tumbuk juga sangat cocok disantap oleh orang yang yang sedang menjalankan program diet karena rendah gula, tetapi kaya akan karbohidrat.

28. Ikan Cakalang Asar

Baca Juga  Rekomendasi, 22 Makanan Khas Sulawesi Lezat dan Nikmat

Secara tampilan, ikan cakalang asar ini mirip dengan ikan cakalang asap. Hanya saja proses pembuatannya yang berbeda. Ikan cakalang asar dibuat dengan teknik pengasaran dengan cara menaruh ikan dalam posisi diagonal di sisi bara yang memunculkan asap. 

Cara tersebut terus dilakukan hingga ikan kering dan matang ke dalam dagingnya. Anda harus mencoba mencicipi ikan dengan rasa yang sangat khas ini.

29. Manisan Pala Fak Fak

Manisan ini menjadi cemilan khas dari daerah Fak Fak yang berbahan dasar buah pala. Manisan pala dibuat dengan cara tradisional melalui penjemuran dengan sinar matahari hingga kering ataupun direndam dengan larutan gula. 

Manisan pala ini sering dijadikan sebagai buah tangan oleh para wisatawan yang berkunjung. Jadi, pastikan Anda membeli manisan pala ini untuk keluarga di rumah, ya.

aunuve habre
image : merahputih.com

30. Aunuve Habre

Meskipun namanya cukup sulit untuk diucapkan, tetapi aunuve habre ini memiliki cita rasa yang lezat. Makanan ini berasa dari ikan tuna ataupun ikan cakalangan yang dipotong dan kemudian dibungkus dengan daun talas yang telah direbus sebelumnya. 

Cara memasaknya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengukus ikan ini di wajan yang berisi air garam. Bumbu tambahan yang digunakan juga sangat sederhana, yakni hanya asam jawa dan juga garam.

31. Cacing Laut

Masyarakat Papua memang pandai dalam mengolah potensi sumber daya yang ada di sekitarnya. Bahkan cacing laut pun dapat diolah menjadi sebuah hidangan yang lezat. Bagi sebagian orang tentu akan merasa jijik membayangkannya. Akan tetapi, Anda akan berkata lain setelah mencicipi rasa makanan yang satu ini. 

Cacing laut biasa disajikan dalam bentuk digoreng, diberi bumbu balado, ataupun dijadikan seperti sate. Perlu Anda ketahui, cacing laut memiliki kandungan nutrisi yang beragam sehingga baik jika dikonsumsi.

32. Minuman Sunset Papua

Sunset papua adalah salah satu minuman khas yang wajib Anda coba. Minuman ini merupakan perpaduan antara jus jeruk yang berada di bagian bawah dan juga jus wortel di atasnya. 

Perpaduan dua jus itulah yang membuat warna minuman ini layaknya sunset atau matahari terbenam. Rasanya yang menyegarkan membuat minuman ini sangat cocok dihidangkan untuk melepas dahaga. Anda bisa menambahkan gula cair ataupun sirup untuk menambahkan rasa manis pada minuman tersebut.

makanan khas papua barat
image : travelingyuk.com

Itulah tadi 32 makanan khas Papua yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke Pulau tersebut. Sebenarnya masih ada banyak lagi makanan khas yang hanya dapat ditemukan pada saat-saat tertentu dan tidak dijual di warung.

Akan tetapi, makanan khas yang telah disebutkan di atas sudah mewakili betapa kayanya Pulau Papua akan makanan khas dengan cita rasa uniknya.

Selain itu, Papua juga memiliki berbagai ragam budaya dan tradisi yang bisa Anda ulik guna menambah pengetahuan.

Oleh karena itu, pastikan ketika Anda datang ke Papua, tidak hanya wisata kulinernya saja yang Anda coba, tetapi juga berbagai tempat wisata lain yang syarat akan sejarah dan budaya masyarakat Papua. 

Tidak hanya itu, jangan lewatkan untuk datang ke tempat-tempat dengan pemandangan yang tiada duanya, seperti Raja Ampat. Di tempat-tempat tersebut, Anda akan merasa bagaimana surga dunia yang sebenarnya.

Kondisi alam yang masih asri dan pemandangan laut berwarna biru membuat siapapun akan merasa terpukau ketika melihatnya.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *