Indahnya Negriku, Ini 32 Makanan Khas Maluku Nan Lezat

Makanan Khas Maluku – Maluku merupakan salah satu wilayah yang ada di Indonesia dengan keberagaman indah di dalamnya.

Maluku ini terkenal memiliki wilayah perairan yang begitu eksotis, bahkan sebagian besar pantainya dinilai sangat indah. Selain itu, terdapat pula keberagaman tradisi yang semakin memperkaya bumi Maluku.

Tidak cukup dengan itu, disana juga terdiri dari ragam makanan khas Maluku yang begitu dilirik oleh wisatawan. Berbicara tentang makanan Maluku, karena wilayah ini dikelilingi oleh lautan luas, maka makanan khas yang ada di Maluku juga rata-rata berbahan dasar ikan dan sagu sebagai bahan makanan pokok di daerah tersebut.

32 Makanan Khas Maluku Penggugah Selera

makanan khas maluku utara
makanan-indonesia.weebly.com

Berikut ini ragam makanan khas Maluku yang wajib diketahui. Citra rasa yang lezat membuatnya harus dicoba, terutama bagi Anda yang menyukai kuliner dalam Negeri.

1. Papeda

Makanan khas Maluku yang satu ini tidak asing lagi, bahkan di lidah orang Indonesia. Makanan berbahan dasar sagu ini memiliki tekstur yang lengket seperti lem. Selain itu, rasa dari papeda ini terbilang tawar dan seringkali disajikan bersamaan dengan ikan mubara ataupun ikan tongkol yang dibumbui khas.

Tidak hanya soal rasa, jika baru pertama kali mencoba akan terasa aneh, cara menyantapnya pun termasuk unik, yakni dengan cara langsung menyerupainya dari wadah. Bagi yang tidak terbiasa mungkin akan sedikit mengotori bajunya.

Namun tidak perlu khawatir, Anda bisa mencobanya dengan menggunakan sumpit. Kandungan di dalam makanan tradisional ini cukup banyak. Salah satunya yaitu tinggi serat akan tetapi disisi lain juga rendah kalori.

2. Nasi Lapola

Bahan makanan khas Maluku memang sebagian besar adalah sagu, namun bukan berarti tidak ada beras di sana. Salah satu makanan khas Maluku dengan bahan dasar beras yang dicampur dengan kacang tolo rebus, parutan kelapa dan juga garam ini juga sangat digemari oleh masyarakat Maluku.

Makanan yang dimaksud ialah Nasi Lapola. Untuk menemani Nasi Lapola biasanya didampingi dengan lauk seperti kohu-kohu, sambal colo-colo ataupun lalapan mentah. Sambal colo-colo sendiri salah satu sambel khas Maluku yang sangat terkenal, hanya dengan bahan-bahan seperti bawang merh, cabai rawit, tomat dan kecap.

Cara memasak Nasi Lapola juga mudah. Mula-mula, masaklah beras sampai setengah mateng. Kemudian, tambahkan parutan kelapa dan bumbu yang terdiri dari bawah putih, bawang merah, cabai merah, jeruk nipis dan garam. Setelah itu kukus adonan hingga matang. Jangan lupa gunakan api yang kecil untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga  Tak Kalah Lezat, Ini 12 Makanan Khas Malaysia

3. Ikan Asar

Ikan Asar atau yang terkenal Ikan Asap sudah sangat terkenal bahkan tidak hanya di Maluku, banyak pasar-pasar tradisional yang ada di Indonesia yang menjual ikan Asar ini. Makanan Maluku ini masih menjadi favorit baik bagi masyarakat sekitar maupun para wisatawan.

Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan tuna atau ikan cakalang, hal tersebut karena ikan ini mampu bertahan dan tidak hancur ketika proses ataupun sesudah pengasapan. Cara pengasapannya pun sederhana hanya dengan cara ditusuk dengan menggunakan bambu.

Ikan ini paling enak jika ditemani dengan sambal colo-cola dan nasi. Karena melalui proses pengasapan yang terbilang cara tradisional agar makanan bisa bertahan lama, ikan ini juga mampu bertahan sampai dengan 7 hari. Oleh sebab itu, ikan ini selalu diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas Maluku.

4. Ikan Kuah Pala Banda

Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini berasal dari kepulauan Banda. Ciri khas rasa yang melekat dan lezat sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan konon katanya makanan ini menjadi kesukaan para petinggi Belanda. Rempah-rempah khasnya begitu terasa dengan bahan dasar ikan kakap atau ikan kerapu.

Masyarakat sekitar biasanya menyantap makanan ini ditemani dengan nasi, sambal bakasang dan juga ulang-ulang. Rasa asam pedas membuatnya sangat cocok disantap di waktu dingin.

5. Gohu Ikan

Lagi-lagi berbahan dasar ikan dan kali ini jenis ikan yang digunakan adalah ikan tuna. Jika mengenal salah satu makanan khas dari Jepang Sashimi, Gohu Ikan juga salah satu makanan khas Maluku Utara yang sama. Yakni sama-sama daging mentah dan hanya dilumuri dengan perasan lemon serta garam.

Untuk menambah kenikmatan Gohu Ikan, biasanya ditambah dengan irisan daun kemangi, tumisan cabe rawit dan irisan bawang merah. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengunjungi negeri Sakura untuk menikmati suasa sashmi yang lezat.

6. Woku Komo-Komo

Kedapan yang satu ini berbahan dasar tepung sagu yang direndam di dalam air. Setelah itu ditambahkan dengan bumbu dapur seperti sereh, jahe, bawang putih yang ditumis secara bersamaan. Kemudian tambahkan jeroan ikan yang dipotong seukuran dadu.

Agar lebih nikmat tambahkan daun bawang, garam dan juga santan kental. Bungkus adonan tadi dengan menggunakan daun woku dan yang terakhir panggang hingga berwarna kecoklatan di atas bara api. Kebanyakan orang menyebut kedapan ini Sagu Komo-komo. Kedapan yang satu ini sangat cocok untuk lauk makanan pokok.

7. Halua Kenari

Makanan khas ini berasal dari kawasan Maluku Utara. Sebab di daerah tersebut terdapat Pulau Makian yang terkenal dengan kenarinya. Halua Kenari merupakan makanan campuran antara kenari dan gula merah. Oleh karenanya memiliki cita rasa yang manis dan legit.

Di sisi lain kenari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan salah satu study mengatakan jika kacang kenari mampu mencegah tumbuhnya kanker payudara. Selain itu, kacang yang satu ini juga memiliki kadar protein yang tinggi dan rendah lemak.

8. Gatang Kenari

Jika penjelasan di atas menunjukan tentang cemilan yang manis legit dari kacang kenari, kali ini kenari yang dimaksud adalah sejenis kepiting. Kepiting kenari masuk dalam salah satu daftar satwa langka. Walaupun demikian masih ada restoran yang menyajikan menu ini.

Restoran yang menjual menu Gatang Kenari harus mendapatkan izin terlebih dahulu. Maka demikian harganya pun relatif mahal, namun soal rasa hewan unik ini tidak diragukan lagi.

Baca Juga  Lezat, Ini 27 Makanan Khas Jawa Tengah Legendaris

9. Acar Kuning

Mungkin masakan yang satu ini sudah sangat umum di telinga. Pada umumnya, acar sendiri terbuat dari sayur-sayuran seperti bawang merah, cabe, wortel, timun bahkan adapula campuran nanas yang direndam dengan air cuka. Jadi tidak aneh jika rasanya asam.

Namun berbeda dengan acar kuning makanan daerah Maluku ini. Kedapan yang satu ini berbahan dasar rebung ditambahkan nanas, mentimun, kecipir, cabai merah, daun salam dan juga bawang merah.

Sebagian bahan ada yang dihaluskan, kemudian ditumis secara bersamaan hingga berubah warna kekuningan. Makanan ini sangat cocok untuk lauk pauk makanan pokok.

10. Kasbi Komplet

makanan daerah maluku
Image: Fooddetik

Jika Anda mengenal singkong, di Maluku disebut sebagai Kasbi. Untuk menambah selera akan Kasbi ini, masyarakat Maluku mengolahnya hingga menjadi makanan kaya akan karbohidrat yang lezat. Kasbi Komplet ini terbuat dari rebusan singkong, ubi dan keladi.

Layaknya Papeda, Kasbi Komplet ini sangat cocok dilengkapi dengan tumis kangkung, tumis bunga pepaya, ikan bakar bumbu rica, kohu-kohu, sambal colo-colo maupun sayur jantung pisang.

11. Kue Asida

Kue dengan bahan dasar tepung terigu dan juga gula merah ini terinspirasi dari budaya Timur Tengah. Rasanya yang legit sangat cocok untuk cemilan pagi dan sore hari. Namun biasanya kue ini banyak ditemui di bulan Ramadhan sebagai santapan manis berbuka puasa.

12. Kohu-kohu

Makanan khas Maluku yang selanjutnya yaitu Kohu-kohu. Sekilas kohu-kohu ini mirip dengn urap dari Sunda. Karena bahan dasar yang digunakan sama yakni sayur-sayuran dan parutan kelapa. Namun bedanya hanya pada racikan bumbunya saja.

Bumbu yang dikomposisikan untuk kohu-kohu diantaranya yaitu suwiran ikan cakalang asap, irisan bawang merah mentah, perasan lemon cina dan parutan kelapa. Perasan lemon ini yang membuat rasanya semakin gurih dan asam segar.

Tidak hanya dengan sayuran mentah saja, bagi yang tidak menyukai sayuran mentah bisa dengan sayuran matang. Bumbu yang dicampurkan pun sama dan sangat nikmat jika sebagai teman makan kasbi rebus.

13. Sagu Lempeng

Sagu lempeng ini merupakan adonan sagu yang dibakar dan diletakan di tempat bernama forna. Terdapat dua varian rasa yang bisa dicicipi yakni rasa original atau tawar dan rasa gurih. Cemilan yang satu ini sangat cocok menemani waktu santai dengan segelas teh manis panas.

14. Kue Bagea atau Kue Sagu

Kue dengan tekstur yang renyah dan gurih ini banyak ditemui di wilayah Maluku Barat Daya. Bahan dasarnya adalah sagu yang dicampur dengan parutan kayu manis beserta kacang-kacangan termasuk kacang kenari. Sebagian besar permukaannya berwarna kreme dengan retakan-retakan kecil di atas permukaannya.

15. Kopi Sibu-sibu

Tidak hanya makanannya saja yang terkenal, minuman kopi sibu-sibu juga menjadi kesukaan masyarakat Maluku yang wajib dicoba. Sibu-sibu sendiri berarti angin sepoi-sepoi, berbeda dengan minuman kopi lainnya. Kopi ini ditambahkan bubuk cengkeh dan biji ketapang, sehingga rasanya unik dan menghangatkan.

16. Lapis Palaro

Berbicara lapis mungkin sekilas seperti kue yang manis dan legit. Namun berbeda dengan kedipan Maluku yang satu ini. Lapis Palaro sendiri merupakan makanan tradisional berbahan dasar daging sapi.

Selain itu juga untuk menguatkan citarasa ditambahkan dengan bumbu rempah.Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, iris tipis daging sapi. Kemudian haluskan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, cabai merah, jinten, pala dan juga cengkeh. Goreng daging yang telah direbus hingga berwarna kecoklatan.

Setelah itu larutkan air, gula pasir, garam dan tepung maizena. Angkat daging yang digoreng dan sajikan di atas piring. Terakhir siram saus daging maizena di atas daging sapi dan Lapis Palaro siap untuk dinikmati.

Baca Juga  32 Makanan Khas Papua yang Harus Anda Coba

17. Bubur Sagu Ubi

Bubur ini terbuat dari sagu, ubi merah dan juga sagu lempengan. Untuk memperkuat citarasa tambahkan pula gula pasir, daun pandan dan gula merah.

Masak semua bahan dan sangat cocok disajikan dengan saus khusus. Saus tersebut terbuat dari kelapa parut, santan, daun pandan, kenari dan daun pandan.

18. Sagu Gula

Lagi-lagi berbahan dasar sagu dan untuk cemilan yang satu ini sangat mudah untuk dibuat. Kue kering yang satu ini berbentuk persegi panjang dengan gula merah cair yang ada di atasnya. Untuk menemani cemilan ini bisa dengan kopi sibu-sibu yang menghangatkan.

19. Talam Sagu Bakar

Sesuai dengan namanya, talam ini terbuat dari bahan dasar sagu. Selain itu ada campuran bahan seperti kacang kenari dan kacang brenebo.

Cemilan satu ini tidak kalah manis dan lezat dibandingkan dengan cemilan khas Maluku lainnya. Cara membuatnya dengan di bakar di atas bara api dan sangat cocok dimakan pada sore hari.

20. Nasi Jaha

makanan khas Maluku

Nasi Jaha merupakan makanan khas Maluku yang terbuat dari beras biasa, beras ketan dan santan kelapa. Makanan berat dengan kandungan karbohidrat yang tinggi ini diracik dengan pas hingga memiliki rasa yang gurih. Jika dilihat dari bentuknya, Nasi Jaha ini mirip dengan lemper makanan khas dari Jawa.

21. Bubur Ne

Bubur Ne adalah bubur dengan bahan dasar sagu yang dibentuk bulatan kecil seperti mutiara. Seperti membuat bubur kacang hijau, bubur ne ini terlebih dahulu didihkan hingga empuk bersamaan dengan santan.

Setelah itu masukan gula merah, daun pandan dan kayu manis. Bubur Ne ini biasanya disajikan sebagai menu penutup oleh masyarakat asli Maluku. Rasanya yang gurih dan lezat membuat bubur Ne menjadi menu penutup yang sempurna.

22. Suami

Dari namanya saja sudah membuat orang tertarik dan penasaran dengan makanan khas Maluku yang satu ini. Umunya kata Suami sendiri merupakan sebutan bagi seorang laki-laki yang sudah beristri. Namun oleh masyarakat Ambon dijadikan sebagai nama hidangan yang lezat.

Suami ini terbuat dari Ubi yang buat dengan cara diparut, diperas dan kemudian dikukus. Ada tiga jenis Suami yang harus dicoba diantaranya dengan rasa original, memakai kelapa setengah tua dan memakai gula.

23. Sanole

Makanan khas Maluku selanjutnya adalah sanole atau sering disebut dengan karu-karu. Makanan khas Maluku ini terbuat dari tepung sagu dan campuran kepala yang dari sisi penampilan mirip seperti kue dadar gulung dengan lelehan gula merah. Sanole ini memiliki rasa yang gurih dan manis.

24. Gogos Ikan

Jika dipenjelasan atas ada Nasi Jaha yang mirip dengan lemper, Gogos Ikan juga memiliki bentuk seperti lemper dengan isian di dalamnya seperti ikan, abon ataupun cacah tempe. Namun bedanya tidak dimasak dengan cara kukus melainkan dengan cara dibakar.

25. Rujak Natsepa

Seperti layaknya pada rujuk yang lainnya. Rujak Natsepa ini berasal dari Ambon dan berada di daerah pinggir pantai Natsepa. Rujak ini memang seperti ada magnet yang cocok disantap di pinggir pantai ditemani dengan kelapa hijau.

26. Lad

Lad ini merupakan salah satu makanan khas Maluku yang terbuat dari rumput laut. Kedapan ini berasal dari olahan masyarakat Kei. Seperti yang diketahui jika rumput laut kaya akan protein dan mineral sehingga sangat bagus untuk tubuh.

Lad ini sangat cocok disantap dengan ketupat, nasi ataupun empal. Jika sudah mencoba maka dijamin akan ketagihan karena rasanya yang unik dan selalu diingat.

Baca Juga  Lezat, 23 Aneka Makanan Khas Jambi yang Legendaris

27. Embal

Embal ini memiliki berbagai rasa, bentuk ataupun cara makan yang berbeda-beda. Setiap rasa memiliki sensasi yang berbeda. Biasanya disajikan dengan Lad ataupun ikan asar, ikan kuah dan yang lain sebagainnya.

Selain itu dapat pula dipadukan dengan minuman yang menghangatkan dan manis. Embal ini juga sangat cocok disajikan sebagai oleh-oleh khas Maluku.

28. Pisang Asar

Di awal sudah dijelaskan tentang Ikan Asar dan kini ada pula Pisang Asar. Pisang yang digunakan hanyalah pisang raja. Cara pembuatannya juga sangat mudah yakni hanya dengan cara dipanggang atau dioven. Cemilan yang satu ini sangat cocok untuk menemani waktu santai Anda.

29. Roti Kering Kenari

Roti ini memiliki bentuk seperti roti tawar dengan gula pasir dan cacahan kenari di atasnya. Walaupun tanpa bahan pengawet, roti ini dapat bertahan dengan lama. Selain cocok untuk oleh-oleh, roti ini juga cocok untuk buah tangan.

30. Nasi Kelapa

nasi kelapa
Image: beautiful-indonesia.umm.ac.id

Nasi Kalapa ini merupakan makanan khas Maluku yang berupa nasi uduk khas Maluku dengan proses pembuatan yang berbeda dari nasi uduk biasa. Nasi Kalapa ini di dampingi dengan sambal yang terbuat dari serundeng pedas yang disebut sambal Kelapa.

31. Sayur Lilin

Walaupun bernama lilin, makanan khas Maluku ini tidak terbuat dari lilin melainkan berasal dari tebu telur atau menurut masyarakat sekitar disebut terubuk. Ditambah dengan Papeda dan disantap selagi masih hangat akan semakin menambah kenikmatan sayur ini.

32. Sirsir

Tumisan daun singkong dan buah pepaya yang ditambah dengan santan akan sangat cocok untuk lauk Embal ataupun Ikan Asar. Yang menambah semakin unik karena cita rasanya yang sedikit pahit, masyarakat Kei sampai membuatkan lagu dengan judul Sirsir.

Demikianlah ragam makanan khas Maluku dengan berbagai varian rasa dan sebagian besar berbahan dasar Sagu dan Ikan. Selain itu juga terdapat pula bahan kenari yang sangat bagus untuk tubuh.

Dengan ragam makanan daerah Maluku tersebut semakin menunjukan betapa beragamnya kekayaan yang dimiliki bumi pertiwi. Selain keberagaman suku, adat, budaya dan bahasa, makanan khas menjadi salah satu yang harus dilestarikan.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *