Tak Kalah Lezat, Ini 12 Makanan Khas Malaysia

Makanan Khas Malaysia – Malaysia merupakan negara tetangga Indonesia yang juga masuk ke dalam wilayah Asia Tenggara. Penduduk Malaysia sendiri juga terdiri dari 3 etnis utama baik Melayu, India dan juga China. Keanekaragaman kelompok etnis yang menjadi penduduk tetap membuat Malaysia sendiri memiliki gaya kuliner yang bervariasi.

Bahkan hampir seluruh makanan khas Malaysia sendiri juga merupakan hasil ari perpaduan antara etnis Melayu, China, India, dan beberapa etnis lainnya.

Bukan hanya itu saja, gaya kuliner khas Malaysia sendiri juga dipengaruhi oleh sejumlah etnis lain baik itu Thailand dan juga Arab. Meskipun tidak membawa dampak secara menyeluruh terhadap masakan-masakan khasnya.

Rekomendasi 12 Makanan Khas Malaysia

makanan khas dari malaysia
Image: blog.reddoorz.com

Dari sederet daftar makanan-makanan khas dari Malaysia, ada beberapa makanan khas negara ini yang juga populer di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Nantinya, jika Anda berencana untuk berwisata ke Malaysia, maka Anda bisa mencoba sejumlah rekomendasi makanannya yang diantaranya adalah:

1. Ayam Percik

Ayam percik sendiri adalah makanan khas Malaysia dengan bahan dasar ayam yang diolah dengan sejumlah rempah-rempah. Di Malaysia sendiri, juga terkenal 2 jenis ayam percik yang akan dibedakan berdasarkan tempatnya. Baik itu ayam percik Kelantan dan juga Trengganu.

Untuk ayam percik Kelantan akan menggunakan saus serta bumbu dari campuran santan dan juga beberapa rempah-rempah. Berbeda dengan ayam percik Trengganu yang dibuat dengan tambahan bumbu cabai sehingga mampu menghasil kan rasa yang lebih pedas dan juga menggugah selera.

2. Ayam Pongteh

Ayam pongteh sendiri adalah kuliner yang bisa Anda temukan ketika berada di Malaysia dan juga Singapura. Olahan ayam ini sendiri berbeda dengan ayam percik yang notabene menjadi makanan khas Malaysia sendiri.

Ayam pada sajian ini akan dihidangkan dengan potongan kentang serta jamur shitake yang membuat bahannya jauh lebih komplit dan juga lebih mengenyangkan.

Baca Juga  32 Makanan Khas Papua yang Harus Anda Coba

3. Apam

Apam merupakan kue tradisional yang banyak dijumpai bukan hanya di Indonesia saja melainkan juga di Malaysia. Kue apam ini sendiri terdiri dari adonan tepung gandum. Apam berkuah ini biasanya menjadi salah satu kue tradisi yang tersedia di Pantai Timur Semenanjung Malaysia. Apam ini sendiri dimakan dengan merendam kue dalam buah yang khas.

Sementara apam balik memiliki bentuk yang khas layaknya martabak lipat dengan kulitnya yang tebal. Apam balik sendiri juga sudah lama dijadikan sebagai menu makan pagi dan sore yang cocok untuk bersantai. Ada juga apam manis yang terbuat dari tepung beras yang juga dicampur lagi dengan garam dan juga gula.

4. Bak Kut Teh

Bak kut teh sendiri merupakan makanan sejenis sup yang menghidangkan tulang iga babi yang diberi beberapa tambahan rempah-rempah untuk kuahnya. Bak kut teh ini sendiri juga memiliki cukup banyak versi dan sajian yang berbeda-beda. Mulai dari yang kuahnya bening, kuahnya asam, maupun kuah yang gelap.

Menurut legendanya, makanan ini dulunya menjadi makanan para kuli kasar. Bahan yang diolah untuk membuat makanan ini dulunya diambil dari sisa penjualan daging. Sehingga nantinya harganya cukup terjangkau oleh beberapa kuli pelabuhan. Bak kut teh Malaysia sendiri bahkan sudah dimodifikasi dengan mengganti bahan dasarnya sehingga halal untuk dikonsumsi bagi para Muslim.

5. Burger Bakar

makanan dari malaysia
Image: steemit.com

Burger adalah makanan yang berasal dari sejumlah negara Eropa. Makanan ini terkesan praktis untuk dibuat serta terkesan modern.

Bahkan burger ini juga tersebar cukup pesat hingga mencapai sejumlah kawasan di luar Eropa seperti di Asia Tenggara yaitu Malaysia. Panganan yang rentan dimodifikasi ini sendiri kemudian akan diberi sejumlah sentuhan oleh sejumlah penduduk Malaysia sehingga menjadi makanan khas yang akan jarang ditemui di tempat lainnya.

Penduduk Malaysia sendiri akan mencoba peruntungan dengan membuat burger bakar untuk dikenalkan pada wisatawan asing. Burger bakar ini sama dengan burger biasa, akan tetapi ada perbedaan dagingnya yang akan dibakar maupun dipanggang. Daging yang dibakar inilah menjadi daya tarik tersendiri karena mengeluarkan sejumlah aroma yang istimewa.

6. Cekodok

Cekodok sendiri adalah makanan khas Malaysia sejenis kue-kuean yang akan digoreng. Bisa dibilang bahwa cekodok ini sendiri adalah gorengan khas Malaysia. Perbedaanya sendiri bahwa cekodok dengan gorengan yang biasanya ditemukan di Indonesia dari penggunaan bahan-bahannya.

Jika gorengan biasanya minim gizi, tentu berbeda dengan cekodok yang menggunakan berbagai bahan kaya gizi baik itu pisang, ikan, udang, labu dan masih banyak lagi lainnya. Beberapa jenis cekodok ini sendiri memiliki rasa serta tekstur yang berbeda. Akan tetapi, cara membuat cekodok pada umumnya adalah sama.

7. Char Kway Teow

Tidak jarang bahwa makanan khas Malaysia memang mirip dengan beberapa kuliner yang ada di Indonesia. Bukan hanya apa saja, makanan sejenis kwetiau yang bernama char kway teow ini sendiri adalah kwetiaw goreng asal Malaysia yang juga dimiliki oleh Singapura.

Meskipun makanan ini memiliki rasa yang enak, namun saran untuk tidak sering dikonsumsi karena memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Baca Juga  Lezat, 23 Aneka Makanan Khas Jambi yang Legendaris

8. Chee Cheong Fun

Di Malaysia memang menyimpan keanekaragaman etnis serta ras yang juga membuat Malaysia sendiri menyimpan begitu banyak variasi makanan khasnya. Sebagai contohnya adalah chee cheong fun yang juga merupakan kuliner peranakan Tionghoa yang berasal dari Kanton, China Selatan termasuk Hongkong.

Chee cheong fun sendiri biasanya akan disantap sebagai camilan atau disajikan bersama makanan lain seperti dimsum. Chee cheong fun juga sering disebut dengan mie usus babi. Meskipun menggunakan babi, namun makanan ini tidak akan menggunakan usus babi. Sebab, bahan pembuatan mie ini sendiri ada pada mie beras yang dibuat menyerupai usus babi.

9. Cucur Udang

cucur udang malaysia
Image: masakinfo.blogspot.com

Cucur udang sendiri merupakan camilan gurih orang Melayu yang lazimnya terbuat dari campuran tepung terigu yang dicampurkan dengan udang segar, irisan daun kucai dan beberapa bumbu lainnya. Cucur udang ini sendiri memiliki berbagai bentuk tergantung selera dari pembuatnya sendiri.

Cucur udang sendiri cukup banyak dijual di beberapa kota yang ada di Malaysia. Bahkan pada setiap tempat, memiliki keunikan dari makanan cucur udang ini sendiri. Baik dimakan dengan saus kacang yang pedas, memiliki tekstur yang empuk, dan lain sebagainya.

10. Kek Lapis Sarawak

Masyarakat di Indonesia saat ini tidak asing dengan kue lapis, karena di Indonesia sendiri juga bisa dengan mudah untuk menemukan kue lapis. Nah, selain di Indonesia, di Malaysia sendiri juga tersedia kue lapis yang berasal dari Sarawak, Malaysia.

Kek lapis Sarawak maupun kek lapis modern Sarawak adalah kue tradisional Malaysia yang sering disajikan sebagai sajian dalam sebuah perayaan keagamaan baik Idul Fitri, Natal, dan juga Deepavali.

11. Keropok Lekor

Keropok lekor sendiri adalah makanan khas Malaysia yang dimakan sebagai camilan. Kerupuk satu ini juga terkenal di kawasan sekitar Pantai Timur Malaysia yang salah satunya ada di daerah Terengganu yang sudah sejak lama dikenal sebagai produksi keropok lekornya yang banyak. Keropok lekor juga biasa disebut dengan sosis ikan, ikan goreng maupun ikan tongkat.

Camilan yang berasal dari Malaysia ini memiliki tampilan yang menyerupai otak-otak. Bahan yang digunakan untuk membuat keropok lekor sendiri adalah campuran tepung sagu dan juga ikan yang kemudian akan diberi bumbu garam dan juga gula.

Baca Juga  Menguntungkan, Ini 6 Resep Jajanan Unik untuk Dijual

12. KoloMee

Mie ayam merupakan makanan yang cukup sering dijumpai di Indonesia. Makanan ini memiliki rasa yang terbilang cukup lezat. Apalagi jika dihidangkan dengan es jeruk yang menyegarkan. Bukan hanya di Indonesia saja, Malaysia juga memiliki makanan yang mirip dengan mie ayam dan disebut dengan kolomee.

Kolomee sendiri adalah makanan khas Malaysia yang berasal dari daerah Kuching, Sarawak. Sajian Mie ini sendiri bahkan sudah muncul sejak kerajaan China di masa lalu. Pada saat itu, mieakan dihidangkan dengan daging babi. Saat ada banyak imigran asal China yang sudah tinggal lama di Malaysia.

Selain beberapa pilihan makanan khas Malaysia yang ada di atas, ada cukup banyak pilihan makanan lainnya yang bisa Anda temukan di Malaysia. Anda juga bisa menemukan cukup banyak makanan yang juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh khususnya makanan-makanan khas Malaysia untuk teman, keluarga, saudara dan beberapa orang tersayang lainnya.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *