Lezat, Ini 27 Makanan Khas Jawa Tengah Legendaris

Makanan Khas Jawa Tengah – Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam menu makanan khas daerah adalah provinsi Jawa Tengah. Makanan khas daerah jawa tengah sangat beragam mulai dari makanan berkuah, pedas, hingga makanan cemilannya yang lezat.

Selain beragam, makanan khas Jawa Tengah juga banyak disukai oleh orang – orang beragam daerah di Indonesia. Makanan Jawa Tengah pun sangat dikenal oleh banyak orang di Indonesia bahakan di luar negeri sekalipun.

27 Makanan Khas Jawa Tengah yang Enak

Images By: Lifestyle.okezone

Beberapa makanan dapat dikatakan makanan legendaris karena kekhasannya. Berikut beberapa makanan khas jawa tengah legendaris yang wajib anda cicipi.

1. Soto Kudus

Soto adalah makanan khas jawa tengah yang paling sangat legendaris. Soto biasa menjadi menu sarapan pagi bagi orang-orang di jawa tengah bahkan di jawa tengah. Memang beberapa daerah di Indonesia juga memiliki soto kha daerahnya sendiri. Akan tetapi soto di Jawa Tengah cukup paling memiliki khasan,salah satunya adalah Soto Kudus.

Sesuai dengan namanya Soto Kudus berasal dari daerah Kudus di Jawa Tengah. Soto Kudus memiliki keunikan karena disajikan di mangkok kecil. Keunikan lain dari Soto Kudus selain memakai daging ayam juga ada yang memakai daging kerbau. Konon katanya, penggunaan daging kerbau sebagai bentuk toleransi dengan umat hindu pada jaman dahulu.

2. Tempe Mendoan

Tempe sudah menjadi makanan sehari-hari bagi orang Indonesia. Makanan yang berasal dari kedelai yang difermentasi ini sangat digemari oleh banyak orang. Bahkan kini negara lain juga mulai mencoba memproduksi tempe seperti di Indonesia. Makanan khas daerah Jawa Tengah yang berbahan dasar tempe dalah satunya adalah Tempe Mendoan.

Tempe Mendoan merupakan makanan khas Jawa Tengah yang sudah sangat legendaris. Tempe mendoan adalah tempe yang dibalut oleh adonan tepung terigu yang telah diberi bumbu lalu digoreng. Khasnya adalah tempe mendoan di goreng tidak terlalu garing sehingga memiliki tekstur yang sedikit lembut. Selain itu biasanya tempe mendoan menggunakan tempe berukuran lebar.

3. Telur Asin

Dari sisi barat Jawa Tengah, tepatnya di daerah Brebes, terdapat makanan khas Jawa tengah yang tidak kalah legendaris, yaitu Telur Asin. Daerah brebes sudah sangat dikenal sebagai penghasil telur asin.

Sesuai dengan namanya, telur asin memiliki rasa asin yang khas. Rasa asin ini karena proses pembuatannya yang menggunakan garam yang dicampur lumpur untuk diselimuti pada setiap cangkang telur.

Telur Asin dibuat dari telur bebek, karena dapat menciptakan rasa yang khas. Jika Anda berkunjung ke Brebes, sangat wajib bagi Anda mencicipi makanan khas Jawa Tengah ini. Berhati-hatilah saat membeli telur asin, karena terdapat beberapa telur asin palsu yang terbuat dari telur ayam yang diberi pewarna.

4. Garang Asem

Garang Asem biasa ditemuan di daerah Kudus, Semarang, Pekalongan, Demak, dan Pati di Jawa Tengah. Makanan khas daerah Jawa Tengah ini berbahan dasar ayam yang dimasak dengan santan dengan cara dibungkus dengan daun pisang. Sensasi rasa asam yang menyegarkan menjadikan Garang Asem sangat lezat untuk dicicipi.

Baca Juga  Apa Itu Kimchi? Ketahui 4 Manfaat Kimchi Disini

5. Sroto

Sekilas Sroto nampak terlihat seperti soto pada umumnya akan tetapi makanan khas Jawa Tengah ini memiliki khas yaitu dengan taburan kacang tanah tumbuk dan kerupuk. Sroto biasa ditemukan di daerah ‘ngapak’ Jawa Tengah seperti di Banyumas, Purbalilingga dan cilacap. Kuliner legendaris ini banyak juga di jual di kota lain dan wajib Anda cicipi.

6. Kupat Tahu

Sajian ini merupakan makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Magelang. Kuliner legendaris ini tentu memiliki bahan dasar tahu, yang digoreng yang disajikan dengan lontong, kol, tauge, dan mie yang disiram dengan kuah asam jawa.

Rasa kuahnya yang asam membuat kupat tahu terasa segar di lidah. Bahan-bahannya pun sehat bagi tubuh karena mengandung sayuran. Jika Anda ke Magelang jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Jawa Tengah ini.

7. Mie Ongklok

makanan tradisional jawa tengah

Images By: Idntimes

Kalau Anda sedang berwisata ke daerah Dieng di Wonosobo sempatkan diri Anda untuk mencicipi makanan khas Jawa Tengah yang legndaris yaitu Mie Ongklok. Mie yang disajikan dengan kuah kental dan ditaburi daun kucai ini sangat lezat dicicipi di tengah udara dieng yang dingin.

Diberi nama Mie Ongklok karena dalam proses pembuatan mie menggunakan ongklok yaitu sejenis keranjang yang terbuat dari anyaman bambu yang digunakan untuk merebus mie ke dalam air mendidih. Sedangkan kuah kentalnya berasal dari tcamuran tepung kanji dan bumbu yang lezat.

8. Bandeng Presto

Jika Anda berkunjung ke Semarang, pasti Anda akan banyak menemukan penjual Bandeng Presto. Makanan khas Jawa Tengah ini merupakan oleh-oleh khas Semarang. Bandeng yang dimasak dengan metode presto menyebabkan daging ikan bandeng menjadi empuk sehingga mudah dipisahkan dengan tulangnya.

Dengan paduan bumbu rempah yang sangat menyerap ke dalam daging membuat bandeng presto terasa nikmat. Biasanya Bandeng Presto dimakan dengan dicocol oleh sambal. Di toko oleh-oleh Bandeng Presto dikemas dengan plastik kedap udara agar bertahan lama.

9. Tahu Gimbal

Di Semarang gimbal adala sebutan bagi udang. Tahu Gimbal adalah makanan khas Jawa Tengah khas Semarang yang terdiri dari bakwan udang dan tahu goreng yang dipotong kecil-kecil diberi tambahan kubis, lontong, dan telur, kemudian disiram bumbu kacang.

10. Timlo

Di Kota Solo, Anda dapat menemukan makanan khas Jawa Tengah legendaris yaitu Timlo. Timlo merupakan sajian jenis sup yang terdiri dari kembang tahu, telur dan daging. Namun biasanya juga ditambah lagi dengan isian ati ampela, sosis solo dan bihun.

Timlo mulai populer sebagai makanan khas Solo pada tahun 1960-an. Beberapa restauran legendaris di Solo menyajikan Timlo sebagai salah satu sajian utamanya. Anda dapat mencicipi Timlo jika berkunjung ke Solo atau bahkan memasaknya sendiri di rumah.

11. Sego Megono

Sego Megono merupakan Makanan khas Jawa Tengah yang dapat ditemukan di sekitar daerah pantura Jawa Tengah, seperti Pekalongan, Batang, dan Pemalang. Megono adalah nangka muda yang dicampur dengan parutan kelapa dan diracik dengan bumbu sehinga memiliki rasa yang khas.

Selain nasi dan megono, menimati Sego Megono dapat dengan lauk pauk seperti tempe goreng, tahu goreng, maupun dengan ayam goreng dan sambal. Sego Megono merupakan kuliner legendaris Jawa tengah. Pada zaman penjajahan Belanda Sego Megono merupakan makanan bagi para prajurit Indonesia.

12. Lumpia Semarang

Tidak lengkap apabila Anda mengunjungi Kota Semarang tanpa mencicipi makanan khas Jawa Tengah legendaris, Lumpia Semarang. Mungkin banyak tempat yang menjual lumpia. Akan tetapi Lumpia Khas Semarang dikenal lebih enak. Isian Lumpia Semarang bisanya sayuran, udang, telur dan ayam, bisa juga dimakan dengan acar yang segar.

Baca Juga  Menguntungkan, Ini 6 Resep Jajanan Unik untuk Dijual

13. Enting-Enting Gepuk

Makanan tradisional Jawa Tengah ini merupakan cemilan legendaris yang wajib Anda cicipi. Enting-Enting Gepuk berasal dari daerah Salatiga.

Makanan ini bebahan dasar kacang tanah yang ditumbuk kasar lalu dicampur dengan lelehan gula jawa lalu dipadatkan. Perpaduan rasa manis dan gurih sangat lezat untuk dinikmati.

14. Getuk

Images By: Sajiansedap.grid.id

Getuk merupakan makanan khas Jawa Tengah yang sangat legendaris bagi masyarakat Indonesia. Biasanya penjual gethuk di Indonesia berjualan sambil menyalakan musik campursari khas Jawa Tengah.

Gethuk berbahan dasar singkong yang diberi taburan kelapa parut. Rasanya yang gurih disukai oleh banyak kalangan masyarakat Indonesia.

15. Wajik

Makanan khas Jawa Tengah yang sudah terkenal di banyak tempat selain gethuk adalah wajik. Wajik terbuat dari beras ketan yang dicampur gula jawa. Warna coklat yang kental berasal dari gula jawa yang dicairkan. Sajian ini terkenal lezat karena rasa legitnya. Tidak hanya di Jawa Tengah, sekarang banyak toko oleh-oleh yang menjual Wajik.

16. Gethuk Goreng

Jika gethuk merupakan makanan tradisional Jawa Tengah secara universal, maka gethuk goreng lebih spesifik. Getuk goreng adalah sajian khas daerah Banyumas, biasanya di Sokaraja. Sama halnya dengan getuk pada umumnya, getuk goreng terbuat dari singkong, namun dengan tambahan gula aren dan dimasak dengan cara digoreng.

Selain itu perbedaan dengan gethuk biasa adalah gethuk goreng tidak menggunakan parutan kelapa. Saat dimakan sensasi manis yang legit sangat dominan. Para pemudik di Jawa Tengah biasanya menyempatkan diri untuk membeli gethuk goreng setiap melewati daerah Banyumas.

17. Jenang Kudus

Jika di Jawa Barat terdapat makanan khas Dodol Garut, maka di Jawa Tengah terdapat makanan Jawa Tengah yaitu Jenang Kudus.

Sama dengan dodol pada umumnya, Jenang Kudus terbuat dari tepung beras dan gula merah. Biasanya sajian legit ini dibungkus memanjang dengan plastik.

18. Sosis Solo

Sekilas sajian Sosis Solo mirip dengan lumpia, akan tetapi 2 makanan ini adalah makanan yang berbeda. Jika kulit lumpia terbuat dari tepung, maka kulit dari sosis solo tebuat dari telur dadar yang sangat tipis. Isian sosis solo adalah gilingan daging sapi atau daging ayam.

Terdapat dua jenis Sosis Solo yaitu Sosis Solo Kukus dan Sosis Solo Goreng. Sesuai namanaya, Sosis Solo merupakan makanan Jawa Tengah yang berasal dari Solo.

19. Serabi Notosuman

Awal mula adanya makanan khas daerah Jawa Tengah, Serabi Notosuman berawal dari sebuah jalan di Surakarta, jalan Notosuman. Pada jaman sebelum kemerdekaan, sekitar tahun 1923, sepasang suami istri membuka kedai Surabi.

Hingga kini Serabi Notosuman, resepnya diturunkan kepada anaknya. Cabangnya pun menyebar hampir ke seluruh Indonesia, seperti Yogyakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Beberapa orang yang menjual serabi lainnya pun ikut mengambil nama serabi Notosuman untuk makanan yang enaknya melegenda ini.

20. Wingko Babat

Wingko Babat adalah makanan khas Jawa tengah yang berasal dari Semarang. Wingko berbentuk bulat dan terbuat dari beras ketan dan parutan kelapa lalu di masak seperti serabi. Rasa gurih dari kelapa parut membuat sajian ini terasa lezat untuk dinikmati, apalagi sebagai teman minum teh.

21. Selat Solo

Selat solo adalah makanan khas Jawa Tengah yang memiliki pengaruh dari makanan eropa yaitu salad Walaupun mengacu pada salad, Selat Solo tidak hanya terdiri dari sayuran akan tetapi juga bistik daging. Sedangkan kuahnya terbuat dari bawang putih, cuka, kecap manis, kecap inggris, pala dan merica lalu diberi tambahan mayones, mustard dan keripik kentang.

Pada masa kolonial Belanda terjadi akulturasi pada makanan-makanan di daerah solo. Para ningrat di Solo diperkenalkan dengan makanan eropa seperti bistik, keju dan roti. Hal ini juga yang membuat Selat Solo juga disebut Bistik solo. Selain itu campuran mayones dan mustard pada Selat Solo juga merupakan pengaruh Eropa.

Baca Juga  Tempat Makan di Bogor dan 5 Makanan Legendaris

22. Trancam

Masyarakat pedesaan di Jawa Tengah sangat familiar dengan makanan khas Jawa Tengah, Trancam. Makanan sehat ini sangat digemari para petani sebagai bekal makanan saat harus pergi ke sawah.

Trancam terdiri dari berbagai macam sayuran seperti, tauge, kacang panjang, daun kemangi, dan irisan sawi putih. Semua bahan dicampur lalu diberi parutan kelapa yang telah dibumbui dengan bawang putih, cabai dan kencur. Campuran sayuran yang segar sangat enak dinikmati dengan nasi putih hangat.

23. Nasi Gandul

Nasi Gandul adalah makanan khas daerah Jawa tengah asal Pati. Nasi gandul biasa disajikan di piring beralaskan daun pisang, hal inilah mengapa disebut nasi gandul karena nasi dan kuah tidak langsung mengenai piring. Dalam bahasa jawa gandul memiliki arti menggantung.

Nasi Gandul memiliki rasa yang gurih sperti nasi uduk. Penyajiannya disiram dengan kuah berbumbu dan ditambah lauk daging sapi dan telur pindang. Rasa gurih nasi bercampur kuah rempah sangat menggugah selera apalagi dimakan sat jam makan siang.

24. Sauto

Makanan khas daerah Jawa Tengah ini diberi nama Sauto, karena merupakan campuran antara soto dengan tauco. Santapan ini bisa ditemukan di daerah pantura Jawa Tengah, terutama di daerah Tegal.
Perpaduan antara soto dan tauco dirasa aneh bagi sebagian orang, akan tetapi bagi orang-orang tegal, hal ini menciptakan rasa yang nikmat.

Sebelum dicampurkan ke soto, tauco dimasak terlebih dahulu dengan beberapa rempah. Hal inilah yang menyebabkan soto tetap enak walau dicampur dengan tauco. Bagi sebagian orang yang tidak menyukai tauco, bisanya beberapa kedai sauto menyediakan soto tanpa tauco.

25. Tongseng

Sajian khas Jawa Tengah ini banyak ditemukan di berbagai daerah. Akan tetapi beberapa orang mengatakan Tongseng berasal dari daerah Boyolali di Jawa tengah tepatnya di kecamatan Klego,

Tongseng mirip dengan gulai, perbedaanya terletak pad dagingnya. Pada Tongseng, daging masih menempel pada tulang, selain itu diberi tambahan sayuran kol dan tomat. Rasa gurih dan manis pada kuah serta kaldu dari daging sangat membuat santapan ini lezat.

26. Cabuk Rambak

Di Solo terdapat makanan khas daerah Jawa tengah yang sangat klasik dan legendaris yaitu Cambuk Rambak. Cambuk Rambak terdiri dari ketupat, sambel wijen, dan karak. Biasanya disajikan dengan daun pisang. Sajian ini sangat pas untuk sarapan pagi.

27. Intip Goreng

Makanan tradisional Jawa Tengah ini sangat sering ditemukan di toko oleh-oleh. Intip Goreng merupakan makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari kerak nasi yang biasa disebut intip Asal usul makanan ini berasal dari pada jaman dahulu, ibu-ibu yang sedang menanak nasi akan meninggalkan kerak nasi pada wajan.

Kerak nasi tersebut dimanfaatkan dengan dijadikan cemilan dengan cara dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari yang terik hingga kering. Kemudian intip digoreng dengan minyak panas hingga garing.

Intip goreng memiliki cita rasa asin dan gurih karena dicampur dengan bumbu terlebih dahulu sebelum dijemur. Selain itu terdapat juga intip goreng yang diberi lelehan gula jawa sehingga cocok bagi Anda yang menyukai rasa manis.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *