Lezat, 23 Aneka Makanan Khas Jambi yang Legendaris

Makanan Khas Jambi – Jambi merupakan salah satu provinsi di Sumatera yang terkenal dengan keberadaan Sungai Batanghari. Sungai terbesar yang membelah sebagian kota Jambi ini menjadi salah satu potensi wisata di Jambi. Selain itu, Jambi juga memiliki potensi wisata lain khususnya kuliner.

Ada banyak makanan khas Jambi yang patut dicoba bagi para pelancong atau Anda yang mampir ke daerah jambi. Kuliner khas dari Jambi dengan kuah dan rasa pedas hingga kue-kue tradisonal yang menggugah selera. Kuliner khas Jambi masih cukup mudah untuk didapatkan seperti di rumah makan.

23 Makanan Khas Jambi yang Menggoyang Lidah

makanan khas dari jambi

Images By: Travelingyuk.com

Jika Anda sedang jalan-jalan atau lewat di daerah Jambi, Anda bisa mencicipi kuliner unik seperti mie celor, tempoyak, dodol kentang kerinci, dan masih banyak lagi dan berikut di bawah ini adalah kuliner khas Jambi yang legendaris:

1. Mie Celor

Kuliner yang paling terkenal dari daerah Jambi adalah Mie Celor. Olahan mie yang disajikan dengan kuah hangat ini wajib dicicipi saat Anda berada di Jambi. Kuah santan yang gurih disiram ke mie yang terbuat dari adonan tepung terigu. Rasa gurih santan ini sangat cocok dinikmati saat hujan atau pun saat panas.

Makanan khas Jambi yang menjadi ikon kuliner ini merupakan makanan yang mengenyangkan. Penyajian mie celor biasanya ditambahi topping seperti irisan daging ayam atau daging sapi. Ada juga yang menyajikannya bersama irisan telur atau bahan lainnya sesuai selera.

2. Nasi Gemuk

Jika belum familiar dengan nama makanan ini, Nasi Gemuk khas Jambi memiliki penampakan yang hampir sama seperti nasi uduk. Makanan khas Jambi ini sedikit berbeda dengan nasi uduk karena tidak menggunakan emping melinjo melainkan kerupuk untuk penyajiannya.

Rasa dari makanan ini pun tidak jauh berbeda dengan nasi uduk yang gurih. Cara pembuatan nasi gemuk juga dengan cara dimasak seperti proses pembuatan nasi uduk. Masyarakat Jambi umumnya menghidangkan nasi gemuk untuk sarapan di pagi hari.

3. Daging Masak Hitam

Olahan daging sapi ini memiliki bentuk atau rupa yang hampir sama seperti semur daging dengan kuah hitam pekat. Makanan khas Jambi yang satu ini menggunakan cukup banyak rempah. Bahan-bahan untuk Daging Masak Hitam antara lain ketumbar, lada putih bubuk, jintan, kayu manis, adas manis, dan pala.

Bahan lain untuk Daging Masak Hitam harus digoreng terlebih dulu seperti bawang merah, kemiri, bawang putih, lengkuas, dan jahe. Semua bumbu tersebut dioleskan pada daging diamkan 20 menit. Setelah itu, daging dimasak bersama santan dan kecap manis hingga matang dan kuahnya mengental.

Baca Juga  Tempat Makan di Bogor dan 5 Makanan Legendaris

4. Kue Gandus

Kue Gandus merupakan salah satu jenis kue yang populer di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. Gandus yang menjadi salah satu makanan khas Jambi ini memiliki tekstur yang begitu kenyal dan halus. Bahan dasar untuk membuat kue gandus antara lain adalah tepung beras, tepung sagu, garam, dan santan.

Kue gandus memiliki bumbu yang khas dari campuran bawang putih, bawang merah, dan cabai. Setelah kue masak, selanjutnya dapat disajikan langsung atau diberi tambahan topping. Bahan pelengkap untuk penyajian kue gandus bisa berupa bawang goreng, daun seledri, irisan cabai, ebi sangrai, daging giling, atau abon ikan.

5. Tempoyak

Makanan khas Jambi yang unik selanjutnya adalah tempoyak. Makanan ini biasa disajikan sebagai lauk bersama nasi putih. Keunikan makanan ini adalah pada bahan bakunya yaitu durian. Buah yang biasa diolah menjadi es atau campuran pancake ini ternyata menjadi bahan utama untuk Tempoyak.

Buah durian diolah melalui proses fermentasi yang kemudian dicampur dengan ikan. Biasanya masyarakat Jambi menggunakan ikan segar yang ditangkap dari Sungai Batanghari. Namun, Tempoyak juga bisa dihidangkan langsung tanpa bahan tambahan lainnya.

6. Rambutan Goreng

Buah rambutan sangat mudah didapatkan termasuk di daerah Jambi. Buah dengan daging berwarna putih dan rasa manis ini ternyata diolah menjadi gorengan oleh masyarakat Jambi. Rambutan goreng merupakan salah satu makanan khas Jambi yang bahan utamanya adalah daging buah rambutan.

Buah rambutan yang berair setelah dikupas akan dibiarkan beberapa saat hingga lebih kering. Daging buah tersebut kemudian diolesi bumbu khas dan digoreng. Proses pembuatan rambutan goreng tidak jauh berbeda dengan nanas goreng yang khas dari Jambi.

7. Kue Srikaya

Walaupun disebut Kue Srikaya, makanan khas Jambi ini sama sekali tidak menggunakan buah srikaya untuk membuatnya. Bahan untuk Kue Srikaya khas Jambi adalah tape, santan, dan daun pandan.

Penggunaan pandan ini yang memberi aroma harum dan warna hijau yang menggugah selera. Rasanya segar dan gurih dari campuran santan. Kue Srikaya ini menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat Anda mampir ke Kota Jambi. Kue dengan warna hijau lumut ini juga bisa dijadikan buah tangan atau oleh-oleh apabila Anda berlibur ke Jambi.

Baca Juga  Cara Membuat Risoles Mayonaise dan Resepnya, Lezat Bergizi

8. Kue Muso

makanan dari jambi

Images By: Coocpad.com

Jambi memiliki olahan kue basah yang menjadi makanan khasnya. Masyarakat Jambi sendiri banyak yang menyukai kue manis yang mirip pie ini. Kue muso disajikan dengan bentuk mungil seperti mangkuk yang pinggirannya diberi tambahan cokelat padat.

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas Jambi ini antara lain tepung terigu, tepung ketan, cokelat bubuk, air pandan yang dicampur suji, minyak sayur, garam halus, minyak sayur, telur, vanili, gula pasir, dan air suam-suam. Kue Muso ini cocok untuk takjil pada bulan puasa atau Ramadhan.

9. Dodol Nanas

Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan yang namanya dodol. Di Jambi, dodol yang menjadi makanan khas adalah dodol nanas. Makanan khas Jambi ini merupakan camilan manis yang bisa dinikmati kapan saja. Olahan dari buah nanas dari Jambi tergolong banyak.

Provinsi Jambi sendiri terkenal dengan komoditi unggulan berupa buah nanas. Ada banyak perkebunan sehingga Jambi menjadi salah satu sentra perkebunan nanas. Produksi nanas yang sangat banyak membuat masyarakat Jambi berinovasi mengolah nanas menjadi dodol.

10. Gulai Tepek Ikan

Penyajian makanan ini hampir sama seperti gulai ikan pada umumnya. Namun Gulai Tepek Ikan khas Jambi ini memiliki rasa yang unik dan khas. Selain itu, makanan khas Jambi yang satu ini juga hanya disajikan pada acara-acara sakral seperti upacara adat kenduri, pernikahan, dan acara tradisional lainnya.

Gulai Tepek Ikan di Jambi biasanya menggunakan bahan utama dari ikan gabus. Jenis ikan yang mudah ditemukan di daerah Jambi ini mengandung gizi tinggi dan kaya akan protein. Kuah kuning dengan aroma rempah yang hangat membuat orang ingin menyantap Gulai Tepek Ikan.

11. Sup Tulang

Sup tulang khas Jambi ini hampir sama seperti kuliner sup iga di banyak tempat. Namun makanan khas Jambi ini tentu saja memiliki rasa yang gurih dan unik dibandingkan sup lainnya. Kuah dengan aroma kaldu sapi akan menggoda siapa saja terlebih lagi saat musim hujan.

Tulang yang dimasukan ke dalam sup juga seperti iga, jadi penikmat sup masih bisa menikmati daging-daging yang menempel di tulang. Jika mampir ke Jambi, jangan lupa untuk mencicipi kuliner sup tulang khas Jambi yang gurih dan lezat ini.

12. Gulai Terjun

Makanan khas Jambi yang satu ini memang memiliki nama yang unik, gulai terjun. Kuliner yang biasa menjadi lauk masyarakat Jambi ini merupakan gulai dengan bahan utamanya daging kambing, daging sapi, atau daging kerbau. Bahan bumbu dan proses pembuatannya hampir sama seperti gulai biasa.

Kuah gulai yang encer dan gurih membuat makanan ini cocok disantap bersama nasi putih. Penyajian yang khas dari Jambi adalah gulai terjun disajikan bersama umbut kelapa. Pada zaman dulu, gulai terjun disajikan pada acara kenduri. Kini makanan ini bisa ditemui di acara sunatan, perkawinan, dan acara adat lainnya.

13. Dodol Kentang Kerinci

Selain dodol nanas, masyarakat Jambi juga memiliki dodol khas lainnya yang disebut dodol kentang kerinci. Dari namanya sudah bisa diketahui kalau kuliner ini merupakan olahan makanan berbahan kentang. Dodol unik ini berasal dari masyarakat yang tinggal di daerah Gunung Kerinci, Jambi.

Makanan khas Jambi yang satu ini tentu jarang ditemui di tempat-tempat lain. Dodol dari kentang ini diolah dengan berbagai varian rasa. Dodol kentang kerinci tersedia dalam rasa original, rasa durian, rasa stroberi, rasa gula merah, hingga rasa nanas.

14. Pempek Jambi

Pempek khas Jambi merupakan salah satu kuliner yang diolah dari daging ikan. Tepung dan bumbu rempah-rempah dicampurkan ke adonan daging dan kemudian dibentuk lonjong. Selain pempek ikan, Jambi
juga memiliki pempek unik lain yang dibuat dari ubi jalar.

15. Kue Kubang Boyo

Makanan yang unik dan khas dari Jambi selanjutnya adalah kue kubang boyo. Nama kue ini sesuai dengan penampilannya yang mirip buaya sedang muncul di permukaan air. Kue kubang boyo juga memiliki nama atau sebutan lain seperti kue kubang buaya, kue buaya berenang, kue anak buaya, dan lainnya.

Makanan khas Jambi dengan cita rasa manis ini terbuat dari tepung ketan dan campuran pasta pandan. Adonan kue diberi isian gula merah dan kelapa parut. Adonan kue yang sudah matang dipindah ke wadah kue kecil dan kemudian disiram dengan fla atau santan. Kue kubang boyo siap disajikan untuk camilan.

16. Otak-otak

Jambi juga memiliki makanan khas yang disebut dengan otak-otak. Kuliner yang satu ini berbahan dasar ikan yang diberi bumbu rempah-rempah.

Otak-otak khas Jambi ini memiliki cita rasa pedas dan hampir sama seperti pempek. Kuliner yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Jambi favorit.

Baca Juga  Lezat, Ini Resep Gudeg Jogja Sederhana dan Cara Membuatnya

17. Kue Padamaran

Kue tradisional dari Jambi ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa. Warna hijau khas Kue Padamaran berasal dari penggunaan air suji. Makanan khas Jambi yang biasa dijadikan camilan atau makanan ringan ini memiliki cita rasa yang gurih dari santan di dalamnya.

Tekstur dari kue ini sendiri sangat lembut seperti bubur sumsum. Kue Padamaran juga menggunakan kinca gula merah. Gula yang sudah dicairkan digunakan untuk bagian dasar Kue Padamaran. Selain untuk dasar, kinca gula merah juga digunakan untuk menyiram bagian atas kue.

18. Kerutup Ikan

Makanan khas Jambi yang patut dicoba selanjutnya adalah kerutup ikan. Kerutup merupakan kuliner yang populer di daerah Sumatera yang mirip dengan sate. Kerutup ikan khas Jambi biasanya menggunakan ikan air tawar seperti ikan gurame, ikan mas, atau ikan nila.

Ikan yang sudah dibersihkan diberi bumbu halus khas dan kemudian digoreng bersama dengan daun kunyit. Kerutup ikan biasa disantap dengan lalapan sayur dan sambal terasi. Makanan ini mudah ditemukan termasuk di rumah makan atau restoran-restoran di Jambi dengan ikan segar dan baru digoreng.

19. Bolu Kojo

Kue bolu khas Jambi ini sangat populer di daerah Bengkulu, Riau, Palembang, dan Jambi itu sendiri. Bolu kojo merupakan kue bolu yang dicetak dengan loyang besar berbentuk seperti bunga kamboja. Masyaraka Jambi menyebut bolu kojo atau bolu kemojo.

Penyajian makanan khas Jambi yang satu ini biasanya untuk berbuka puasa. Selain itu, bolu kojo juga menjadi makanan yang sering disajikan di acara-acara adat. Biasanya masyarakat menikmati bolu kojo dengan teh manis hangat saat bersantai bersama keluarga atau tetangga.

20. Kue Putri Kandis

Kue tradisional yang legendaris ini memiliki rasa dan tekstur seperti kue bolu. Namun kue khas Jambi ini dibuat dengan bentuk berlapis-lapis dengan proses pembuatan yang cukup panjang. Kuliner khas Jambi ini cocok untuk camilan manis di perjalanan atau saat bersantai di rumah.

Kue putri kandis terbuat dari tepung terigu, gula, dan margarin. kue basah dengan tampilan cantik ini dibuat dengan warna berlapis-lapis seperti kuning, hijau, dan cokelat. Penyajian kue ini juga sering ditemui pada saat ada upacara atau acara adat Jambi.

21. Cumi Cah Kangkung

Makanan khas Jambi yang cocok jadi lauk bersama nasi putih adalah cumi cah kangkung. Cumi segar diolah dengan sayur kangkung dan bumbu-bumbu seperti kecap, margarin, minyak ikan, bawang, dan garam.

Cara membuatnya adalah dengan memasak bumbu dan cumi terlebih dahulu hingga matang. Selanjutnya beri sedikit air dan masukan kangkung untuk dimasak sebentar. Cumi cah kangkung dapat segera disajikan selagi hangat. Makanan yang satu ini juga menjadi salah satu menu yang banyak disajikan di rumah-rumah makan di Jambi.

22. Lempok Durian

Lempok durian merupakan dodol durian khas Jambi yang memiliki rasa legit dan tekstur yang cukup kenyal. Daging durian yang segar diolah dengan ditambah gula pasir dan garam. Proses memasak dodol durian ini cukup lama kurang lebih 3 hingga 4 jam dengan terus diaduk-aduk.

Adonan dodol yang sudah matang dapat diangkat dan didinginkan. Selanjutnya dodol dipotong dan dikemas. Lempok durian khas Jambi ini biasanya dijual di toko kue atau toko oleh-oleh.

23. Kue Burgo

Makanan unik dari tanah Jambi selanjutnya adalah kue burgo. Kuliner khas yang satu ini terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu. Adonan dari tepung tersebut digunakan untuk membungkus isian. Kue burgo dimasak dengan menggunakan daun pisang.

Penyajian kue burgo ini menggunakan kuah yang terbuat dari campuran santan kelapa, kaldu ikan, udang, kaldu udang, daging ikan tenggiri, lengkuas, gula pasir, dan penyedap rasa. Bumbu halus untuk kuahnya sendiri dibuat dari campuran bawang merah, ketumbar, ebi, jinten, dan garam.

Itulah beberapa makanan khas Jambi yang harus dicoba saat sedang berkunjung ke jambi. Selain makanan, Jambi juga dikenal dengan aneka minuman khas seperti jus pinang yang unik dan juga kopi khas daerah Kerinci, Jambi.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *