Macam Macam Sambal Di Seluruh Nusantara, Mana Favoritmu?

Macam Macam Sambal – Macam-macam sambal di Nusantara Indonesia memang sangat variatif. Sambal sendiri merupakan makanan pelengkap yang wajib dihidangkan oleh orang Indonesia, apapun jenis makanannya. Apabila masakan dihidangkan tanpa sambal, rasanya pun kurang lengkap.

Setiap daerah di Indonesia berlomba-lomba menciptakan sambal khas masing-masing. Nah, untuk Anda yang mencari referensi sambal untuk pelengkap menu makanan, berikut pembahasan yang dapat dijadikan referensi.

Macam Macam Sambal Di Seluruh Nusantara

macam macam sambal indonesia

1. Sambal Cabe Ijo

Sambal hijau merupakan sambal yang menjadi pelengkap di masakan padang. Untuk Anda para pecinta masakan padang tentu sering menjumpai sambal yang berasal dari Minang ini.

Sambal hijau ini memiliki rasa yang sedap. Namun, rasa pedasnya tidak berada di level yang tinggi. Faktor penyebabnya adalah bahan yang digunakan untuk membuat sambal diolah dengan cara ditumis. Sementara, warna hijau pada sambal tercipta karena cabai hijau dan tomat hijau.

2. Sambal Pencit

Sensasi Pencit atau mangga muda yang menyatu dengan sambal ini menghasilkan kesegaran luar biasa. Sambal yang merupakan khas dari Madura ini memiliki rasa yang pedas dan asam.

Cara membuatnya nya adalah dengan mengulek cabai, tomat, terasi dan gula merah. Lalu, menambahkan mangga yang sudah diserut.

3. Sambal Matah

Diolah dengan cara yang berbeda dari sambal pada umumnya, tidak menjadikan sambal matah ini sepi peminat. Makanan pelengkap yang berasal dari Bali ini diolah tanpa menghaluskan bahan-bahannya.

Cara membuat sambal matah adalah dengan memotong kecil-kecil bawang merah, bawang putih, tomat, cabai, dan serai. Kemudian, bahan tersebut dicampur dengan minyak panas. Minyak yang paling.

Jika Anda ingin menikmati sambal matah ini, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Pulau Dewata karena sambal ini mudah dibuat sendiri di rumah. Selain itu, banyak menu makanan mulai dari tradisional hingga modern yang dipadukan dengan sambal matah dan tersebar di berbagai daerah.

4. Sambal Roa

Manado memiliki ciri khas makanan pedas yang mampu menggugah selera. Salah satu menu terbaiknya adalah sambal roa. Hal yang membuat sambal ini terasa lebih nikmat dari lainnya adalah campuran ikan roa di dalamnya. Ikan khas Manado ini menjadikan sambal roa memiliki rasa yang sangat gurih.

Pada umumnya, ikan roa dijual dengan cara diasap terlebih dahulu. Untuk membuat sambal roa, yang perlu dilakukan adalah dengan menghaluskan ikan roa bersama dengan rempah-rempah, cabai, dan tomat. Semakin banyaknya peminat sambal roa, kini membuat sambal ini banyak dijual dalam kemasan.

5. Sambal Andaliman

sambal khas indonesia

Satu lagi sambal khas pulau Sumatera yang akan membuat sensasi terbakar di lidah Anda saat menikmatinya. Sambal andaliman ini merupakan andalan suku Batak dan memiliki aroma jeruk nipis yang sangat khas. Di Asia Timur dan Selatan juga terdapat sambal yang menyerupai sambal andaliman dan diberi nama Szechuan Pepper.

Untuk membuat sambal andaliman, cara cukup mudah. Yaitu dengan menghaluskan cabai rawit hijau, bawang merah, kemiri, serai, bawang putih, jeruk nipis dan garam. Untuk memperoleh rasa pedas yang luar biasa, bahan untuk membuat sambal tak perlu direbus ataupun ditumis.

Baca Juga  Nikmat, Ini 10 Makanan Khas Sumatera Barat yang Lezat

6. Sambal Kandas

Sambal kandas adalah sambal yang menjadi ciri khas suku Dayak, di Pulau Kalimantan. Untuk membuat sambal ini memerlukan serai yang cukup banyak. Pada akhirnya akan menghasilkan aroma yang sangat harum. Sambal ini sangat enak meskipun dinikmati hanya dengan nasi hangat.

Cara untuk membuat sambal kandas adalah dengan menghaluskan cabai rawit, terasi bakar, bawang merah, serai yang dipotong tipis-tipis, garam, dan penyedap rasa. Lalu, mencampurkan bahan yang sudah dihaluskan dengan ikan yang sudah digoreng ataupun dibakar dan diaduk hingga merata.

7. Sambal Tempoyak

Satu lagi buah yang dapat dijadikan sambal, yaitu durian. Tetapi durian yang digunakan bukanlah seperti yang biasa Anda makan. Durian yang dipakai adalah durian yang sudah difermentasi atau dikenal dengan sebutan tempoyak oleh penduduk di Sumatera Selatan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal tempoyak terdiri dari cabai rawit, cabai merah, kunyit, ikan teri, gula, garam, dan tentunya tempoyak. Untuk Anda yang tinggal di Pulau Jawa, akan sangat jarang dapat menemukan sambal tempoyak. Tetapi, sambal ini sangat terkenal di Jambi, Sumatera Selatan.

8. Sambal Tomat

aneka sambal

Dari aneka sambal yang ada, tentunya anda tidak asing dengan sambal yang satu ini. Sambal tomat sangat cocok bagi yang tidak menyukai rasa pedas dan bau terasi yang menyengat, tetapi masih ingin menikmati sambal.

Dengan tomat sebagai bahan utama, menjadikan sambal ini memiliki rasa yang segar dan asam manis. Selain itu, sambal tomat sangat cocok disajikan dengan nasi hangat dan lauk pauk pelengkap, misalnya tahu dan tempe.

9. Sambal Tumpang

Memiliki bahan yang unik, membuat banyak orang penasaran dengan sambal tumpang. Sambal khas Solo dan Kediri ini dibuat dari tempe busuk. Tampilannya lebih mirip tempe yang berkuah santan.

Anda dapat mencoba membuat sendiri sambal tumpang ini di rumah. Bahan yang dibutuhkan relatif mudah, yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah, santan, daun jeruk, gula, garam, dan pastinya tempe busuk yang menjadi ciri khasnya.

10. Sambal Pecel

Banyak sekali macam-macam sambal yang dapat ditemui di Jawa Timur, termasuk sambal pecel ini. Berasal dari kacang tanah, cabai merah, bawang putih, asam jawa, daun jeruk dan garam, makanan ini biasanya disajikan dengan sayur-sayuran yang dikukus, serta tempe dan tahu yang digoreng.

Baca Juga  23 Makanan Khas Surabaya Yang Menggoda Selera

11. Sambal Colo-Colo

Pulau Sulawesi juga memiliki sambal khas untuk pelengkap hidangan makanan. Sambal khas Pulau Sulawesi tersebut diberi nama sambal colo-colo yang sangat terasa nikmat jika disajikan bersama dengan ikan bakar.

Apabila ingin membuatnya sendiri di rumah, dipastikan Anda tidak akan kesulitan menemukan bahan-bahannya. Untuk membuat sambal colo-colo yang dibutuhkan adalah cabai merah, cabai hijau, bawang merah, tomat hijau, gula, dan garam.

12. Sambal Dadak

Meskipun teksturnya berair seperti sambal tomat, namun ternyata sambal dadak memiliki rasa pedas dan segar yang luar biasa.

Makanan khas orang sunda ini dibuat dengan bahan cabai rawit merah, cabai merah besar, bawang merah, terasi bakar, jeruk nipis, tomat, gula, dan garam yang diulek tapi tidak terlalu halus.

Menghidangkan sambal dadak yang memiliki kepedasan super ini dengan nasi hangat, ayam goreng, dan lalapan dijamin akan membuat nafsu makan anda meningkat.

13. Sambal Bajak

Satu lagi jenis sambal yang cocok untuk yang tidak terlalu menyukai pedas, yaitu sambal bajak. Sambal dengan warna merah pekat yang berbahan dasar cabai merah keriting dan cabai merah besar ini aman untuk perut Anda karena rasanya yang tidak begitu pedas dan dihidangkan setelah ditumis terlebih dahulu.

Konon, sambal khas Jawa Timur dan Jawa Tengah ini disajikan oleh para istri petani yang baru pulang dari membajak sawah. Namun, saat ini anda dapat menemui sambal bajak dengan mudah di warung makan.

Jadi, sambal mana yang paling Anda suka? Apakah sudah terbayang bagaimana sensasi menikmati macam-macam sambal tersebut? Jika Anda penggemar sambal, pastikan mencoba jenis sambal sebanyak mungkin karena masing-masing punya citarasa yang berbeda.

Setiamah Setya

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *