Apa Itu Kimchi? Ketahui 4 Manfaat Kimchi Disini

Apa Itu Kimchi – Negeri Gingseng atau Korea memang menjadi salah satu negara di Asia yang sangat populer. Mulai dari budaya, kuliner, hingga para dramanya. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan drama Korea yang berhasil menyedot minat masyarakat Indonesia, terutama di kalangan remaja.

Namun, tidak hanya dramanya saja yang berhasil memikat. Makanan tradisional khasnya, yakni Kimchi juga kini tengah menjamur di berbagai restoran Korea yang ada di Indonesia.

Walaupun sudah banyak orang mendengar nama ini, tetapi ternyata tidak yang banyak mengetahui sejarah makanan ini. Bagi Anda penggemar Korea, simak penjelasan mengenai Kimchi yang memiliki rasa yang sangat khas ini.

Apa Itu Kimchi?

jenis kimchi
Kimchi adalah makanan khas dari Korea yang merupakan hasil fermentasi asinan sayur dan memiliki cita rasa yang pedas. Bumbu pedas yang digunakan dalam pembuatan kimchi ini berasal dari bawang putih, udang krill, jahe, kecap ikan, dan juga bubuk cabai merah.

Umumnya kimchi menggunakan sayur sawi putuh serta lobak. Namun, seiring perkembangannya dimodifikasi dengan tambahan berbagai sayuran lainnya, seperti wortel. Di negara asalnya, Kimchi sering dihidangkan pada waktu makan. Tidak hanya dimakan begitu saja, tetapi kimchi juga bisa dibuat sebagai hidangan lain, seperti nasi goreng kimchi dan sup kimchi.

Asal-Usul Kimchi

asal usul kimchi
Asinan sayuran ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada mulanya, orang Korea pada zaman dulu selalu menggunakan gara untuk mengawetkan makanan agar dapat bertahan hingga musim dingin tiba.

Dikarenakan stok sayur sangat terbatas ketika musim dingin, maka mereka mencoba untuk mengawetkan sayuran tersebut dengan menggunakan garam.

Baca Juga  Tempat Makan di Bogor dan 5 Makanan Legendaris

Inilah yang dinamakan dengan kimchi. Lalu muncul inovasi untuk menambahkan bumbu-bumbu seperti yang telah disebutkan sebelumnya untuk meningkatkan cita rasa dari kimchi.

Di Korea, terdapat tradisi bernama Kimjang. Tradisi ini mengajak seluruh orang Korea untuk membuat kimchi dalam jumlah yang banyak sebagai bahan persediaan makanan.

Biasanya kimchi dibuat pada musim gugur, yakni di awal Bulan November hingga Bulan Desember. Tradisi Kimjang juga menjadi bentuk syukur pada kehidupan di awal tahun baru, lalu apa itu kimchi memiliki variasi?

Varian Kimchi

varian kimchiTernyata kimchi tidak hanya satu jenis saja, melainkan ada berbagai jenis dengan resep yang berbeda-beda. Tentunya rasa yang dihasilkan juga akan berbeda. Di bawah ini adalah beberapa varian kimchi yang bisa Anda coba.

– Baechu Kimchi

Varian kimchi ini sangat populer di Korea dan sering muncul dalam adegan di drama Korea. Baechu kimchi terbuat dari sawi putih yang diberi bumbu berupa campuran bubuk cabai, minyak ikan, dan bawang putih. Kimchi ini sering dijadikan bahan pelengkap dalam hidangan Korea lainnya.

Baca Juga  Cara Membuat Stik Keju, Camilan Ekonomis dan Mudah Dibuat

Kkakdugi Kimchi

Kimchi dengan bahan utama lobak ini memiliki cita rasa yang lebih pedas karena penggunaan bubuk cabai yang lebih banyak. Lobak dipilih karena petani lobak di Korea sangat banyak dan juga lebih awet. Bentuk lobak pada kkakdugi kimchi ini adalah kotak-kotak kecil.

– Gat Kimchi

Selain menggunakan sawi putih, kimchi juga dapat dibuat dari sawi hijau. Namanya adalah gat kimchi. Jenis kimchi ini memiliki rasa yang lebih asam dan tidak berair. Biasanya dimakan sebagai pendamping nasi.

– Buchu Kimchi

Buchu kimchi berbahan dasar daun bawang yang memiliki tekstur garing ketika dimakan. Rasa dari buchu kimchi ini pedas dengan sedikit rasa manis.

4 Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

manfaat kimchi
Kimchi tidak hanya sekadar sebagai makanan utama di musim dingin saja. Akan tetapi, kimchi memiliki beragam manfaat yang tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Apabila Anda penggemar kimchi, simak manfaat kimchi di bawah ini.

1. Memiliki Nutrisi Tinggi

Makanan fermentasi ini memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, dan Vitamin C yang tinggi. Selain itu, kimchi juga berserat tinggi karena berasal dari sayur-sayuran. Zat besi serta asam amino pada kimchi juga cukup tinggi. Jadi, Anda akan mendapatkan nutrisi yang seimbang jika mengonsumsi kimchi.

2. Mengatur Kadar Kolesterol

Kandungan selenium dan allicin pada kimchi akan membantu untuk mengatur kadar kolesterol dalam darah yang juga mampu membantu untuk mengurangi risiko terserang stroke dan juga serangan jantung.

Baca Juga  Jangan Malu, Ini 9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

3. Bersifat Antioksidan

Kimchi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga akan memberikan perlindungan pada tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Antioksidan ini juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.

4. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi pada kimchi akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, adanya bakteri lactobacillus juga sangat membantu Anda dalam menurunkan berat badan secara perlahan karena kadar gula darah akan menurun.

Itulah sejarah dan mengenal apa itu kimchi dan juga beberapa manfaat kimchi yang akan Anda dapatkan jika rutin mengonsumsinya. Kini kimchi dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai restoran Korea atau Anda dapat membuatnya sendiri.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *