13 Tempat Rekreasi di Jakarta, Salah Satunya Isinya Emas

Tempat Rekreasi di Jakarta – Jakarta selalu memiliki image sebagai kota yang paling padat di Indonesia dengan sederet gedung pencakar langitnya disertai jalanannya yang macet dan berpolusi tinggi.

Sebagai kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara, tidak heran jika Jakarta kerap dipandang demikian. Dengan jumlah penduduk yang ratusan juta jiwa, tentu saja wajar jika Jakarta disebut sebagai kota yang sangat padat.

Apalagi, Jakarta selama ini bukan hanya sebagai pusat pemerintahan, melainkan juga pusat bisnis dan kebudayaan. Orang-orang dari luar daerah di Indonesia bahkan mancanegara bertandang ke Jakarta hingga menetap dan mencari nafkah di kota macet ini. Jadi, sudah menjadi hal yang sangat wajar jika Jakarta seruwet dan sepadat yang digambarkan masyarakat luas.

Dibalik kepadatan dan keruwetan Jakarta, sebetulnya kota para pencari nafkah ini memiliki daya pikat tersendiri dan mampu menjadi magnet bagi banyak orang selain industrinya. Ya, beberapa tempat rekreasi di Jakarta mampu menjadi daya tarik bagi siapa saja yang berkunjung ke kota padat ini. Bahkan, menjadi daya tarik bagi warga Jakarta sendiri.

13 Daftar Tempat Rekreasi di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

tempat wisata di jakartaImages By: Google

Mungkin beberapa orang sudah banyak tahu di mana saja tempat rekreasi di Jakarta yang menyenangkan untuk dikunjungi. Namun demkian, sebagiannya lagi mungkin belum tahu bahwa Jakarta memiliki tempat rekreasi yang sangat menyenangkan, selain mall dan pusat perbelanjaan. Di mana sajakah itu? Mari kita simak bersama beberapa daftarnya berikut ini.

1. Monumen Nasional (Monas)

Siapa yang tidak mengenal bangunan ikonik yang satu ini? Sejak lama Monas sudah sering sekali dijadikan tempat rekreasi di Jakarta bagi mereka yang bertandang ke Jakarta, baik untuk liburan atau urusan bisnis. Monas yang memiliki ketinggian 433 kaki atau kurang lebih setara dengan 132 meter ini, juga menjadi salah satu simbol kemerdekaan Indonesia berikut segala perjuangannya.

Monas yang menjadi tugu kota Jakarta ini memang didirikan pada masa Presiden Soekarno, secara khusus untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia demi kemerdekaan tanah air dari penjajah. Oleh karenanya, hingga kini Monas masih menjadi tujuan utama sarana rekreasi edukasi sekolah-sekolah dari berbagai daerah di Indonesia.

Para wisatawan bisa masuk ke dalam Monas yang dibuka untuk umum setiap hari sejak pukul 8 pagi hingga 3 sore. Di dalam bangunan tinggi ini terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia di bagian dasarnya, pada kedalaman 3 meter.

Museum ini cukup besar, yaitu sekitat 80 x 80 meter dan dapat menampung sekitar 500 pengunjung. Uniknya lagi, di Monas para pengunjung bisa melihat kota Jakarta sejauh mata memandang dari ketinggian 115 meter. Ada lift yang sekali angkut bisa menampung maksimal 11 orang ke pelataran puncak Monas yang maksimal dapat menampung hingga 50 orang.

Lalu, apakah benar puncak Monas isinya emas? Ya ternyata memang benar isinya emas dan emas ini menurut sumber wikipedia berasal dari Teuku Markam yang menyumbang 28 kg emas untuk ditempatkan di puncak Monumen Nasional.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Selain Monas, tempat rekreasi di Jakarta yang sangat sering dikunjungi adalah TMII yang hingga kini masih menjadi primadona di Jakarta. Bagi warga dari luar Jakarta, jangan sampai tidak mampir ke TMII saat berkunjung ke Jakarta. TMII merupakan tempat rekreasi di Jakarta yang cukup lengkap menyediakan wahana untuk anak-anak hingga orang tua.

Baca Juga  Tempat Makan di Bogor dan 5 Makanan Legendaris

TMII juga cocok untuk dijadikan sarana rekreasi edukatif bagi anak-anak. Sebab, banyak wahana di sini mendukung untuk edukasi, seperti berbagai museum, anjungan daerah, miniatur nusantara, dan berbagai sarana edukasi lainnya. Para wisatawan juga bisa mengelilingi monas dari ketinggian dengan kereta gantung, kereta kelinci, atau gondola.

3. Taman Impian Jaya Ancol (Ancol Dreamland)

Ancol Dreamland merupakan salah satu tempat rekreasi di Jakarta yang tidak boleh terlewatkan untuk dikunjungi. Tempat ini selalu ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan dari Jakarta maupun luar
Jakarta, bahkan hingga wisatawan mancanegara. Apalagi, letak Ancol Dreamland ini cukup strategis, sehingga mudah dijangkau dari berbagai daerah.

Tempat rekreasi di Jakarta yang satu ini sangat asik dikunjungi bersama keluarga. Sebab, tempat ini menyajikan sejumlah wahana yang bisa dinikmati oleh berbagia kalangan, mulai dari kanak-kanak, anak muda, hingga orang tua. Ada wahana Gelanggang Samudera, Sea World, Pantai, Resort, Dunia Fantasi yang di dalamnya memiliki berbagai wahana tersendiri, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Dunia Fantasi (Dufan)

tempat wisata di jakarta terkenal
Images By: Google

Tempat rekreasi di Jakarta selanjutnya yang tak kalah asik adalah Dunia Fantasi atau Dufan. Meski sudah banyak sekali tempat rekreasi serupa dufan, tapi eksistensi Dufan seolah tak pernah redup.

Tempat bermain seluas 9 hektar di kawasan Ancol Dreamland ini, hingga kini masih menjadi tempat melepas penat andalan bagi warga Jakarta maupun pendatang.

Terdapat beberapa wahana menarik yang siap memanjakan sekaligus memicu adrenalin para pengunjungnya, di antaranya alap-alap, ontang-anting, bianglala, roller coaster, Niagara, kicir-kicir, gajah bledug, burung tempur, halilintar, dan masih banyak lainnya.Wahana-wahana ini terbagi dalam beberapa spot background negara-negara besar di dunia, seperti nuansa Eropa, Amerika, hingga Indonesia itu sendiri.

5. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu di Jakarta bagaimana oase di tengah gurun gersang. Tempat rekreasi di Jakarta yang satu ini memang menjadi andalan bagi mereka yang penat akan pekerjaan dan hiruk pikuk padatnya jalan Jakarta. Sebab, pemandangan gugusan kepulauandi utara Teluk Jakarta ini sangat indah dan cukup menenangkan. Cocok untuk kaum urban pekerja keras yang tidak memiliki waktu panjang untuk berlibur.

Sesuai dengan namanya, cakupan Kepulauan Seribu ini sangat besar, yaitu terdiri dari Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Matahari, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau pari, dan puluhan pulau lainnya.

Di sini, para wisatawan bisa menikmati pasir putih mempesona, pemandangan sunset dan sunrise yang memukau, hingga menikmati keindahan wisata bahari. Sebagian di antaranya menawarkan suasana tenang dan eksotis hingga bisa membuat wisatawan tak sadar bahwa ia sedang berada di kota dengan polusi tinggi, Jakarta.

Baca Juga  Menguntungkan, Ini 6 Resep Jajanan Unik untuk Dijual

6. Ocean Ecopark

Ocean Ecopark merupakan salah satu tempat rekreasi di Jakarta yang juga sering digunakan untuk konser para artis lokal maupun luar negeri. Di sini, juga merupakan tempat rekreasi edukatif bagi anak-anak untuk mengajarkannya konsep back to nature dan memperkenalkannya pada alam yang harus dijaga untuk kehidupan nyaman di masa mendatang.

Konsep tempat rekreasi di Jakarta yang satu ini adalah bermain sabil belajar botani langsung di alam terbuka. Sehingga, aktivitas yang bisa dilakukan tidak jauh-jauh dari kegiatan alam, seperti bercocok tanam, bersepeda, hingga jalan-jalan sehat.

Selain itu, di sini juga terdapat beberapa wahana lainnya yang sangat seru untuk wisatawan yang berkunjung bersama kerabat, yaitu rumah lebah, kano, paintball (khusus untuk usia 14 tahun ke atas), dan outvouund.

7. Planetarium

Berdiri sejak 1996, Planetarium selalu dijadikan andalan masyarakat dari berbagai daerah untuk belajar tentang benda-benda langit dan pergerakannya. Objek wisata edukasi yang terletak di Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat ini memiliki ruangan khusus untuk wisatawan menjelajahi ruang angkasa tanpa harus terbang ke luar angkasa langsung.

Di sini, wisatawan akan diajak menjelajahi luar angkasa, lengkap dengan sebaran bintang, planet, komet, asteroid, dan sebagainya, mirip seperti apa yang ada di buku-buku pelajaran sekolah.
Sehingga, tak jarang tempat rekreasi di Jakarta yang satu ini dijadikan sebagai tujuan sarana edukasi bagi banyak sekolah-sekolah di seluruh daerah di Indonesia.

Meski sempat diberitakan banyak sejumlah peralatan rusak dan minim perawatan karena beberapa kendala, kini ada kabar baik dari Planetarium. Pada 2020, pihak pemerintah daerah akan merevitaliasi Planetarium bersamaan dengan revitalisasi Taman Ismail Marzuki tahap kedua. Tentunya wisatawan sangat menantikan selesainya revitalisasi Planetarium dan segera berkunjung kembali.

8. Atlantis Water Adventure

tempat rekreasi di jakarta terbaikImages By: Google

Atlantis Water Adventure merupakan salah satu tempat rekreasi di Jakarta yang menjadi kegemaran keluarga, khususnya anak-anak. Terletak di kawasan Ancol, wahana ini memang sangat cocok untuk liburan keluarga, karena ada banyak sekali permainan air yang disediakan untuk seluruh pengunjung.

Para wisatawan bisa menikmati fasilitas berupa Crazy Highest Longest Slide, 13 jenis permainan, dan 8 kolam utama. Seluruh kolam di Atlantis Water Adventure ini sangat megah dan seru untuk dicoba.

Bahkan, ada salah satu kolam yang dilengkapi dengan arus, sehingga saat berada di sana para wisatawan akan merasakan sensasi berbeda, tidak seperti berenang di waterpark. Suasana gelombang atau ombak pantai juga bisa dirasakan dengan mengunjungi kolam ombak. Ombak buatan di kolam ini dapat dirasakan setiap satu menit sekali selama 15 menit.

Bagi wisatawan yang tidak pandai berenang, datanglah ke kolam apung. Kolam ini memiliki kadargaram yang cukup tinggi, sehingga berendam di kola mini tidak akan menyebabkan wisatawan tenggelam, meski tanpa menggunakan pelampung. Nah, usai bermain-main di air, para wisatasan bisa bersantai sambil menikmati bekal yang dibawa atau jika tidak bawa bekal dari rumah, Atlantis juga menyediakan area food court dengan kuliner yang cukup lengkap.

9. Kawasan Kota Tua Jakarta

Kawasan Kota Tua adalah tempat rekreasi di Jakarta yang tidak boleh dilewatkan oleh para pendatang yang bukan warga lokal Jakarta. Sebab, warga Jakarta sendiri kerap menjadikan kawasan Kota Tua sebagai tempat rekreasi di Jakarta favorit. Tidak percaya? Datang saja saat weekend dan cuaca sedang cerah, Kawasan Kota Tua pasti sudah dipenuhi banyak wisatawan yang juga warga lokal.

Selain karena lokasinya yang berada di pusat Jakarta, di kawasan Kota Tua wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan. Di sini ada sejumlah landmark historis, seperti Museum Fatahillah yang dulunya merupakan balai kota Batavia, Museum Seni Rupa, Museum Wayang, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan masih banyak lagi bangunan sejarah lainnya. Selain itu, di sepanjang jalannya juga banyak seniman jalanan yang menjajakan karya indahnya dan begitu menarik perhatian pengunjung, baik lokal maupun mancanegara.

Biasanya menjelang sore, para fotografer dan foto model yang masuk ke gedung tua untuk melakukan pemotretan, karena memang bangunan di kawasan Kota Tua sangat unik dan masih merupakan bangunan-bangunan lama masa penjajahan. Jika ingin beristirahat atau kongkow sejenak sambil menikmati kopi, ada beberapa kafe kopi yang bisa disinggahi, salah satunya yang paling manarik perhatian adalah Café Batavia.

10. Museum Bank Indonesia (BI)

tempat rekreasi jakarta

Images By: Google

Museum BI tepatnya berlokasi di Jalan Pintu Besar, Jakarta Barat. Bangunannya cukup mudah dicari, karena memiliki arsitektur khas Eropa lama. Museum ini sangat nyaman, karena interior di dalamnya begitu indah dan sudah dilengkapi dengan AC di berbagai ruangannya, sehingga wisatawan akan merasa nyaman berada di museum ini.

Baca Juga  Mau Transfer Uang? Ini Daftar kode Bank di Indonesia

Di dalam Museum BI, terdapat berbagai informasi mengenai sejarah sistem keuangan di Indonesia, mulai dari masa Hindia Belanda hingga kini. Singkatnya, museum ini memperlihatkan pada wisatawan bagaimana gambaran peranan Bank Indonesia di tanah air. Sangat menarik sekali, karena di dalamnya juga terdapat uang emas dan bagaimana sistem barter yang berlaku di masa lampau.

Saking menariknya apa yang ada di dalam museum ini, bukan hanya warga lokal saja yang berkunjung ke tempat ini, melainkan juga wisatawan mancanegara yang terarik untuk mengetahui sejarah Indonesia. Oleh karenanya, museum BI sering dikatakantempat rekreasi di Jakarta yang edukatif.

11. Wisata Alam Angke Kapuk

Wisata Alam Angke Kapuk merupakan salah satu tempat rekreasi di Jakarta yang bernuansa alam. Siap-siap merasakan pengalaman berbeda di tempat ini. Pasalnya, saat berada di sini, kita tidak seperti berada di langit dan alam Jakarta yang terkenal macet dan ruwet. Selain suasananya yang masih asri dan rimbun, langitnya juga begitu biru dengan awan putih mempesona.

Di sini adalah tempat tanaman bakau hidup subur dan menghijau. Para pengunjung yang datang ke tempat rekreasi yang satu ini biasanya melakukan aktivitas, seperti bersepeda, berjalan-jalan menikmati keasrian tempat ini, dan menikmati hijaunya tanaman bakau. Wisatawan juga bisa melakukan kegiatan lainnya, seperti menaiki perahu dan turut menanam mangrove. Seru sekali!

12. Setu Babakan

Mungkin sebagian besar orang sudah tidak bisa merasakan lagi budaya asli Jakarta, selain daripada Ondel-ondel yang kerap ngamen di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Memang sejak banyaknya pendatang ke Jakarta, budaya Betawi asli Jakarta terlihat redup. Namun demikian, jika melintas ke kawasan Jagakarsa, kita akan menemukan sebuah kawasan bernama Setu Babakan.

Di Setu Babakan inilah berjejer rumah adat Betawi yang begitu kental. Area ini bahkan telah resmi menjadi pusat pelestarian budaya asli Jakarta.

Pasalnya, selain masih melestarikan rumah tradisional Betawi, masyarakat di sini juga masih menjaga dengan baik budaya lainnya berupa, kesenian, musik, tarian, silat, hingga pakaian khas Betawi. Yang paling identik dengan Setu Babakan adalah danaunya. Di sini, wisatawan bisa berekreasi sambil menikmati budaya dan kuliner asli Jakarta.

13. M Bloc Space

Satu tempat rekreasi di Jakarta yang paling baru, ia adalah M Bloc Space yang terletak di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. M Bloc Space dibangun di tanah seluas 7000 m2 di bekas komplek Peruri atau bekas gudang percetakan uang dan materai, sekaligus juga mes karyawan.

Tempat ini bisa dijadikan sebagai salah satu tempat rekreasi di Jakarta yang bisa dikunjungi berbagai kalangan, terutama anak muda dan orang tua. Pasalnya, tempat ini sengaja dirancang sebagai area publik untuk melakukan banyak aktivitas produktif. Aktivitasnya, mulai dari live music, workshop, pameran produksi karya lokal, hingga diskusi komunitas

Itulah tadi beberapa daftar tempat rekreasi di Jakarta yang patut untuk dikunjungi, terutama bagi para wisatawan luar Jakarta dan kaum pekerja urban. Makanya, yuk jelajah Jakarta, selamat berlibur.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *