Berlibur di Pulau Pahawang dan Pantai Pahawang Lampung

Pulau Pahawang – Berlibur adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menghilangkan rasa kepenatan yang sedang melanda. Apalagi ada banyak tempat di Indonesia yang bisa dibilang cukup menarik untuk dikunjungi.

Untuk beberapa pilihan tempat wisata yang bisa dibilang cukup banyak dikunjungi oleh beberapa wisatawan adalah wisata yang berisi pantai-pantainya yang indah.

Memilih Berwisata di Pantai di Pantai Pahawang Lampung

pantai pahawang

Images By Lampungpost.id

Untuk beberapa traveller yang cukup menggilai wisata bahari di Indonesia ini pasti ingin menjelajahi seluruh wisata yang menyajikan sejumlah pantai-pantai yang indah di dalamnya. Laut yang membiru dan terbentang cukup luas dan juga mempesona. Bahkan semua wujud keindahan tersebut juga bisa terwakili dengan satu pulau saja dan salah satunya adalah Pulau Pahawang.

Pahawang ini sendiri merujuk pada gugusan pulau yang menghiasi laut di selatan Lampung, tepatnya di Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran. Area pulau ini terbagi menjadi dua yaitu Pahawang Besar dan juga Pahawang Kecil. Untuk lebih memahami lokasi dari Pulau Pahawang ini sendiri, maka simaklah peta dan rutenya di bawah ini.

Peta dan Lokasi Rute Pulau Pahawang

Semua rute ke Pahawang Lampung akan selalu melalui Pelabuhan Ketapang. Dari Pelabuhan Bakauheni dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan berkendara untuk bisa sampai di pelabuhan tersebut. Kemudian, Anda bisa menyeberang menggunakan speed boat selama kurang lebih 20 sampai dengan 30 menit untuk sampai di Pulau ini.

Sebenarnya, untuk letak keindahan tidak terletak secara langsung di Pulau ini sendiri melainkan pada beberapa tempat maupun spot yang berada di sekitar pulau ini sendiri. Pada umumnya, para traveller ini hanya akan menggunakan pulau ini sebagai sebuah tempat untuk beristirahat makan siang maupun sekedar meletakkan barang pada sejumlah homestay yang ada di sekitarnya.

Baca Juga  Bingung Mau Liburan Dimana? Pantai Jogan Jawabannya

Pulau yang besar atau pulau utamanya ini sendiri adalah pulau yang memiliki luas kurang lebih 1.000 ha dan juga dihuni sekitar 900 kepala keluarga. Adapun untuk luas dari pulau yang kecil ini hanya sekitar 13 ha dengan beberapa villa dan juga cottage yang sifatnya private resort milik warga negara asing.

Dulu, wisata ini adalah wisata bahari yang ada di Indonesia jarang terdengar. Akan tetapi, seiring banyaknya promosi paket wisata Pulau ini yang berada di Lampung oleh sejumlah biro perjalanan wisata, pulau ini dan sekitarnya menjadi populer di kalangan wisatawan baik domestic maupun wisatawan mancanegara.

Aktivitas di Pulau Pahawang

wisata pulau pahawang

Apabila Anda tertarik untuk berlibur di pulau ini, maka sebenarnya pulau ini bisa dikunjungi sepanjang tahun. Hanya saja untuk waktu yang paling ideal untuk berkunjung ke tempat ini biasanya sekitar bulan Mei sampai dengan bulan Agustus.

Berdasarkan dengan potensinya, snorkelling di Pantai Pahawang ini sendiri adalah sebuah aktivitas paling utama yang bahkan dicari oleh banyak orang. Meskipun dikatakan bahwa pulau ini akan terbagi menjadi dua, hanya saja untuk wisata Pahawang ini ada 4 pulau utama yang biasanya sering dijadikan sebagai tujuan wisata.

Selain Pahawang Besar dan Pahawang Kecil, ada juga pulau Kelagian Besar dan juga Kelagian Kecil. Beberapa spot snorkelling juga sudah banyk tersebar di sekitar 4 pulau tersebut, yang paling populer adalah Wisata Taman Nemo sebagai sebuah tempat untuk menikmati habitat-habitat alam dari ikan nemo.

Island hopping menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan untuk melebarkan penjelajahan yang akan Anda lakukan. Selain untuk menikmati sejumlah spot snorkelling yang berbeda-beda, tentu setiap pulaunya menawarkan panorama alamnya tersendiri. Pahawang juga memungkinkan aktivitas lain selain memanjakan mata dengan keindahan bawah laut.

Pantai Pahawang dengan beberapa pantai lain yang ada di sekitarnya bahkan cenderung asri dan juga banyak dijelajahi. Hal ini juga akan membantu memungkinkan Anda semua untuk menikmati indahnya sunrise dan juga sunset, Anda juga bisa melihat flora dan fauna yang khas dari hutan mangrove.

Fasilitas yang ada di Pahawang

Untuk beberapa fasilitas pada umumnya bisa ditemukan di Pahawang Besar. Anda wajib memahami bahwa di pulau ini juga belum mendapatkan pasokan listrik, sehingga tidak ada listrik di tempat ini.

Bahkan beberapa penduduk setempat umumnya sering menggunakan genset pribadi.  Anda tidak perlu khawatir bahwa ada cukup banyak fasilitas dan juga akomodasi sekaligus penginapan yang ada di pulau ini. Bahkan disediakan juga beberapa villa serta puluhan homestay yang tersebar dalam 3 dusun baik Pagetahan, Jelarangan dan juga Cukuh Nyai.

Perkiraan Biaya Wisata ke Pahawang Lampung

Untuk perjalanan mandiri, maka usahakan untuk berlibur bersama kurang lebih 4 orang agar biayanya bisa menjadi jauh lebih murah. Dari Bakauheni ke Ketapang dibutuhkan biaya kurang lebih Rp. 50.000,- untuk naik bus dari Bakauheni ke Terminbal Rajabasa. Kemudian naik angkot ke Tanjung Karang dan juga naik angkutan pick up ke Dermaga Ketapang.

Baca Juga  13 Tempat Rekreasi di Jakarta, Salah Satunya Isinya Emas

Anda juga bisa nantinya menyewa mobil, dan untuk biaya yang akan diperkirakan harus Anda keluarkan sekitar Rp. 200.000,- sampai dengan Rp. 200.000,-. Kemudian, untuk sewa biaya perahu ke Pulau Pahawang ini sendiri diperkirakan sekitar Rp. 400.000,- sampai dengan Rp. 500.000,- yang juga bisa menampung sebanyak 25 orang.

Untuk pilihan lain yang bisa Anda lakukan adalah menyewa perahu harian yang bisa Anda gunakan untuk pergi ke Island Hopping. Sementara itu, untuk tariff homestay biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 200.000,- sampai dengan Rp. 500.000,- dan homestay ini juga mampu menampung sampai dengan 4 orang.

Wisata di Pulau Pahawang Lampung

pulau pahawang lampung

Images By Wikipedia

Selain Pantai Pahawang yang bisa Anda kunjungi di tempat ini, sebenarnya masih ada beberapa tempat lain yang bisa Anda kunjungi di Pulau Pahawang Lampung ini. Nah, untuk beberapa tempat yang nantinya bisa Anda kunjungi diantaranya sebagai berikut ini:

• Pulau Pahawang Besar

Pulau Pahawang Besar adalah pulau utama yang banyak dikunjungi banyak orang. Ada banyak fasilitas yang disediakan di pulau ini, baik penginapan, rumah sakit, dan masih banyak lagi yang lainnya. Pulau ini terbilang cukup luas dan sangat cocok untuk Anda nikmati bersama teman, keluarga maupun orang-orang tersayang yang Anda miliki.

• Pulau Pahawang Kecil atau Pasir Timbul

Sesuai dengan namanya, pulau ini hanya berisi pasir putih yang akan timbul maupun hanya akan terlihat ketika air laut sedang dalam kondisi surut. Apabila sedang pasang, maka pulau ini bahkan tidak akan terlihat sama sekali. Maka dari itu, apabila Anda ingin pergi ke pulau ini disarankan untuk pergi pada siang hari.

• Pulau Kelagian Kecil

Pulau Kelagian Kecil ini letaknya satu rut eke Pulau Pahawang. Jadi, nantinya akan banyak operator tour yang menjadikan tempat ini sekaligus menjadi salah satu destinasi yang harus Anda kunjungi.

Meskipun luasnya hanya 1 hektar, namun siapa pun wisatawan yang datang ke pulau ini akan dimanjakan dengan banyaknya wisata yang ada di tempat ini.

Baca Juga  Ramai Tapi Asik, Ini 10 Tempat Nongkrong Di Medan

Demikianlah sejumlah informasi yang bisa Anda peroleh apabila Anda ingin berlibur ke Pulau Lampung. Apalagi jika Anda pergi ke Pulau Lampung, maka Anda sangat direkomendasikan untuk pergi ke Pulau Pahawang Lampung. Sebelum pergi ke tempat ini, usahakan bagi Anda semua untuk mempersiapkan liburan dengan sangat matang.

Bagi Anda yang pada akhirnya memilih menggunakan jasa travel wisata, usahakan untuk menentukan jasa travel wisata yang tepat. Di mana jasa travel wisata yang tepat ini tentunya akan membantu Anda semua untuk mendapatkan kemudahan selama berjalan-jalan maupun berwisata di Pulau Pahawang Lampung ini sendiri.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *