Indah, Ini 11 Pantai di Jogja Terbaik Untuk Para Wisatawan

Pantai di Jogja – Ketika mendengar kata Jogja, yang terlintas di benak kebanyakan orang adalah Malioboro dan makanan khasnya yaitu Gudeg.

Sebagai salah satu daerah yang istimewa, Jogja menyuguhkan berbagai tempat wisata, baik wisata kulier hingga wisata alam yang memanjakan mata. salah satu pantai di Jogja yang cukup terkenal di kalangan wisatawan adalah Pantai Parangtritis.

Selain karena keindahan alamnya, pantai ini juga dikenal dengan berbagai cerita mistisnya. Yang paling dikenal oleh masyarakat adalah tentang keberadaan dan istana Nyi Roro Kidul. Selain itu, di pantai ini Anda juga dapat menikmati suasan naik delman di pinggir pantai. Anda juga dapat menikmati kuliner yang dijajakan oleh para pedagang di sekitar pantai.

Jogja memang kota yang istimewa, keindahan alamnya pun tidak kalah istimewa. Tidak hanya kulinernya yang juara, keindahan alam Jogja juga membuat para turis atau wisatawan yang datang berkunjung jadi malas untuk pulang. Ingin tahu pantai yang terbaik yang ada di Jogja? Berikut adalah deretan pantai di Jogja yang wajib Anda kunjungi.

11 Deretan Pantai di Yogyakarta Terbaik

pantai di jogja terbaik
1. Pantai Indrayani

Salah satu pantai di Jogja yang wajib Anda kunjungi adalah pantai Indrayani. Pantai yang berada di Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul ini memiliki bibir pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih yang bersih. Selain itu, pantai ini juga memiliki spot foto yang instagramable dan terletak di tenga-tengah pasir.

Adanya spot foto ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Terlebih sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersua foto. Di bagian batas pantai juga terdapat sebuah bukit yang bisa Anda jadikan background untuk bersua foto. Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 66 km dari pusat Kota Jogja.

2. Pantai Drini

Jika Anda ingin menikmat hamparan pasir dan deburan ombak sambil menikmati santapan ikan segar, Pantai Drini adalah tempat yang tepat. Pantai Drini merupakan pantainya para nelayan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati sensasi berburu ikan di lautan.

Seperti kebanyakan pantai yang terletak di Gunung Kidul, pantai Drini memiliki hamparan pasir putih yang indah dan bersih. Selain itu, pantai ini juga juga memiliki bukit yang menambah keindahan pemandangan yang ada di tempat ini. Anda dapat menjadikan Pantai Drini sebagai destinasi wisata alam selanjutnya yang wajib dikunjungi saat ke berkunjung ke Jogja.

Baca Juga  Bingung Mau Liburan Dimana? Pantai Jogan Jawabannya

3. Pantai Pok Tunggal

Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul ini adalah sebuah pantai yang sangat indah. Pantai ini diapit oleh dua pantai lainnya, yaitu pantai Siung dan pantai Indrayanti. Pok Tunggal merupakan pantai yang benar-benar indah dan eksotis. Meski akses menuju ke sini terbilang cukup sulit, namun pemandangan alam yang akan Anda dapatkan dapat membayar semua lelah Anda.

Pantai di Jogja satu ini menawarkan keindahan alam yang tiada duanya. Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga dapat berkemah di tempat ini. Anda dapat menyewa tenda yang disediakan warga sekitar pantai. Pengalaman yang sangat menyenangkan bukan bisa menikmati deburan ombak saat malah hari sambil menikmati jagung bakar dan alunan musik bersama sahabat.

4. Pantai Jogan

Pantai di Jogja selanjutnya adalah Pantai Jogan yang terletak di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Pantai ini seringkali dilewatkan oleh para wisatawan. Padahal pantai ini hanya berjarak beberapa ratus meter saja dari Pantai Siung. Jika berkunjung ke pantai ini, Anda akan merasakan sensasi berada di pantai pribadi.

Pantai ini memiliki air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut. Tentunya ini adalah pemandangan alam yang sangat luar biasa. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kegiatan yang yang menguji adrenalin. Anda dapat menikmati guyuran air terjun dari bawah tebing dengan mencoba rappelling atau canyoning.

Menarik bukan bisa menikmati keindahan alam sekaligus menguji adrenalin. Untuk bisa mencapai pantai ini, Anda dapat menempuh perjalanan selama 2 jam dari pusat Kota Jogja.

5. Pantai Krakal

Patut diakui jika kabupaten Gunung Kidul memang sarangnya pantai-pantai indah yang ada di Jogja. Salah satunya adalah Pantai Krakal. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan laut biru yang menyejukkan mata dengan hamparan pasir putih yang bersih.

Pantai ini juga cocok bagi Anda yang memiliki hobi surfing. Suara hempasan ombak yang jernih yang menangkan. Namun bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan surfing di tempat ini, disarankan membawa peralatan sendiri. Di tempat ini belum disediakan alat surfing karena memang belum terlalu populer di kalangan masyarakat setempat.

6. Pantai Wedi Ombo

pantai di yogyakarta
Images By: Pantainesia.

Masih di Gunung Kidul, pantai ini terletak di daerah Jepitu. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang menyuguhkan keindahan gugusan karang yang sangat menawan. Jika berkunjung ke tempat ini,

Anda dapat menikmati keindahan panorama matahari tenggelam sambil berendam di air. Tentunya akan menjadi momen yang sangat romantis jika menikmati keindahan ala mini bersama dengan pasangan.

Karena letaknya yang sulit dijangkau, pantai ini masih sepi pengunjung. Sangat cocok bagi Anda yang merasakan private beach. Tetap perhatikan kesalamatan selama berada di pantai ini, karena ombak besar kemungkinan tetap datang meski terlihat aman.

7. Pantai Timang

Bagi Anda penyuka wahana ekstrim, pantai Timang adalah tempat yang cocok. Pantai ini memiliki sebuah pulau yang menyerupai bongkahan batu besar dengan sisi tebing yang cukup curam. Untuk bisa sampai ke pulau Timang, Anda harus menaiki kendaraan gondola yang hanya terbuat dari kayu.

Anda harus melayang seperti menaiki kereta layang untuk bisa ke pulau ini. Bedanya, Anda hanya menaiki sebuah gondola yang hanya terbuat dari kayu. Bisa dibayangkan betapa menegangkannya perjalan Anda.

8. Pantai Wohkudu

Pantai di Jogja satu ini merupakan salah satu pantai terpencil di Jogja. Terletak di Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, pantai ini memiliki hamparan rumput kecil yang cocok dijadikan sebagai tempat berkemah. Meski kecil, pantai ini menyimpan kekayaan alam yang luar biasa indah

Anda akan disuguhkan dengan pemandangan awan biru dengan hamparan pasir putih yang bersih. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menyendiri dan rehat dari hiruk pikuk suasan perkotaan.

9. Pantai Kukup

Jika Anda ingin melihat keindahan Tanah Lot versi Jawa, Pantai Kukup adalah jawabannya. Keindahan Tanah Lot tidak hanya bisa Anda nikmati di Bali saja. Anda akan disuguhkan dengan garis pantai yang dikelilingi oleh bebatuan karang yang menawan. Jika di Tanah Lot terdapat Pura di atas karangnya, maka di Pantai Kukup terdapat gardu panjang di atas karangnya yang sering dijadikan sebagai tempat bersitirahat.

Baca Juga  Ramai Tapi Asik, Ini 10 Tempat Nongkrong Di Medan

10. Pantai Nglambor

Satu lagi pantai di Jogja yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kota Pelajar, yaitu Pantai Nglambor. Pantai ini sangat terkenal dengan kegiatan snorkeling. Tidak heran karena pantai ini memiliki air yang sangat jernih dan luas sehingga para pengunjung dapat menikmati keindahan rumput laut, karang laut, berbagai jenis ikan dan pemandangan alam bawah laut yang mengagumkan.

Anda bisa menyewa perlengkapan snorkeling di tempat ini. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan foto underwater bersama dengan ikan-ikan hias di dasar pantai ini. Tidak heran jika pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun wisatawan mancanegara.

11. Pantai Glagah

Pantai ini menawarkan wisata yang tak bisa dan tentunya berbeda dari wisata pantai kebanyakan. Di tempat ini Anda dapat melihat dan menikmati keindahan laguna. Anda dapat menemukan laguna di sebelah barat Dermaga Wisata. Pantai Glagah dibagi menjadi dua sisi. Sisi yang satu berupa gundukan pasir yang berbatasan langsung dengan laut.

Sedangkan sisi satunya berupa lahan yang ditumbuhi tanaman pantai dan rumput. Pada laguna yang berupa cekungan yang mirip seperti danau ini, Anda bisa mencoba berbagai wisata air. Seperti berenang, naik kano hingga mengelilingi laguna dengan menggunakan perahu,

Selain itu, di pantai ini Anda juga dapat menemukan banyak pemecah karang. Pantai ini sangat cocok sebagai spot foto yang instagramable karan mirip dengan pantai-pantai yang ada di Korea.
Bagaimana, sudah membuat daftar pantai di Jogja yang akan dikunjungi untuk liburan kali ini?

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *