Museum Angkut Malang: Harga, Jam Buka dan Fasilitasnya

Museum Angkut Malang – Museum Angkut adalah Museum transportasi dan juga tempat wisata modern yang berada di kota Malang. Museum ini berada pada kawasan 3,8 hektar di sekitar lereng Gunung Panderman.

Dalam Museum ini terdapat lebih dari 300 koleksi jenis Angkut mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Museum Angkut Malang memiliki beberapa zona yang sudah disetting dan didekorasi dengan berbagai model bangunan dari berbagai benua mulai dari Asia, Amerika sampai Eropa.

Museum Angkut Malang pertama dibuka pada tanggal 9 Maret 2014 dan langsung menjadi salah satu tempat wisata yang hits dan populer di Kota Malang. Bukan hanya wisatawan dari kota Malang saja yang datang ke Museum Angkut, namun juga dikunjungi oleh orang-orang dari penjuru Indonesia.

Museum Angkut ini dimiliki oleh Jawa Timur Park Group. Museum ini mengkombinasikan antara entertainment dan juga edukasi menjadi satu. Jadi yang datang kesini bukan hanya anak-anak atau orang tua saja yang ingin belajar sejarah, tapi juga ada banyak remaja yang datang ke Museum Angkut untuk berfoto karena tempat wisata ini termasuk tempat wisata yang Instagramable.

Museum Angkut Malang memiliki konsep yang unik dan juga menarik sehingga cocok untuk Anda kunjungi saat sedang berwisata ke Kota Malang. Dengan hadirnya Museum Angkut ini juga berhasil mengubah stereotype dari Kota Malang yang hanya berisi wisata alam saja, tapi juga ada tempat wisata indoor yang cocok didatangi bersama teman atau keluarga.

Menurut beberapa kabar yang beredar, Museum Angkut ini dibangun untuk tAnda apresiasi terhadap perkembangan dunia transportasi dunia.

Oleh sebab itu saat Anda berkunjung ke Museum Angkut ini akan terdapat banyak koleksi jenis kendaraan Nusantara hingga dunia. Koleksi kendaraan yang ada pada Museum Angkut ini bukan hanya alat transportasi yang menggunakan mesin saja, ada juga dokar, becak, hingga sepeda ontel disini.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Museum Angkut Malang ini, Anda bisa pergi ke pusat Kota Batu dulu. Jika dari Surabaya, jarak untuk pergi ke Malang ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam, sebab jarak dari Kota Surabaya ke Kota Malang sendiri hampir 100 kilometer. Namun karena sekarang sudah ada Tol jadi bisa lebih cepat untuk menuju ke Museum Angkut dari Surabaya ke Malang.

Harga Tiket Masuk Museum Angkut Malang

HARGA TIKET MASUK MUSEUM ANGKUT MALANG 
HariHarga Tiket
Senin - KamisRp. 70.000
Jumat - MingguRp. 100.000

Museum Angkut Malang ini termasuk kedalam tempat wisata yang dikembangkan oleh Jawa Timur Group. Selain mengelola Museum Angkut, mereka juga mengelola tempat wisata lain yakni JatimPark.

Nah bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata Museum Angkut ini tentu saja bertanya-tanya berapa sih harga tiket masuk Museum Angkut malang?

Untuk harga tiket Museum Angkut Malang ini berbeda-beda tergantung hari apa Anda datang ke Museum ini.

Tiket masuk ini sudah termasuk tiket ke dalam wahana D’Topeng dan juga Runway 27 yang terdapat pada Museum Angkut Malang. Jadi bagi Anda yang ingin masuk ke kedua wahana tersebut Anda tidak usah membeli tiket lagi untuk bisa masuk.
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan tentang kebijakan yang ada pada Museum Angkut Malang :

* Tinggi badan 85 cm keatas akan dikenakan tiket penuh, jadi bagi Anda yang memiliki anak kecil namun memiliki tinggi diatas 85 cm diwajibkan membeli tiket masuk.

* Bagi Anda yang ingin membawa kamera Digital seperti Polaroid, Handycam dan DSLR Anda harus membayar tiket tambahan untuk kamera seharga Rp. 30.000. Namun tenang saja, kalau hanya sekedar untuk Ponsel tidak ada tiket tambahan kok.

Baca Juga  Lagi Hits, Ini 11 Tempat Wisata di Berastagi yang Keren

Selain tiket Museum Angkut, Anda juga bisa membeli paket tiket terusan yang berguna untuk masuk ke semua tempat wisata yang dikelola oleh Jawa Timur Group. Tiket ini diberi nama Tiket Sakti oleh Jawa Timur Group.

Tiket Sakti ini berlaku untuk beberapa hari di semua tempat wisata yang ada di Jawa Timur Group, dengan tiket ini Anda bisa masuk ke beberapa tempat wisata seperti Jatim park 1, Eco Green Park, Jatim park 2, Museum Angkut, Museum Tubuh, Batu Night Spectacular dan juga Museum Satwa Batu Secret Zoo. Beberapa tiket tersebut adalah :

* Tiket Paket Sakti (Berlaku 2 hari) : Rp. 375.000

* Tiket Paket Super Sakti (Berlaku 3 hari) : Rp. 450.000

Jam Operasional Museum Angkut Malang

Image: Datawisata.com

Untuk jam buka Museum Angkut ini sebenarnya buka setiap hari mulai dari jam 12.000 hingga jam 20.00. Namun Anda bisa kok datang dulu dan mengantri di loket yang sudah buka dari jam 11.00. Sedangkan untuk loket sudah tidak menerima penukaran tiket pada jam 19.30.

Bagi Anda yang datang bersama keluarga disarankan untuk datang dari siang hari agar bisa puas mengenal sejarah dari kendaraan transportasi berbagai negara.

Namun karena negeri kita Indonesia tengah dilAnda pandemi Covid-19, membuat Museum Angkut Malang ini ditutup untuk sementara hingga waktu yang belum ditentukan, tergantung kondisi terbaru dari pandemi Covid-19 di Indonesia.

10 Zona Fasilitas Di Museum Angkut Malang

museum angkut
Image: sanjayatour.com

Selanjutnya kita akan membahas tentang fasilitas apa saja yang ada pada Museum Angkut Malang ini. Mengingat hampir semua tempat wisata yang dikelola oleh Jawa Timur Group ini memiliki jalur yang jelas, jadi kita tidak akan takut tersesat jika berkunjung ke Museum Angkut Malang ini karena sudah disesuaikan dengan jalur untuk menikmati wahana dari yang pertama hingga yang terakhir.

Nah berikut adalah beberapa fasilitas wahana yang ada pada Museum Angkut. Beberapa fasilitas tersebut adalah.

1. Zona Hall Utama

Bagi Anda yang pertama kali masuk ke Museum Angkut ini pasti akan langsung dihadapkan pada beberapa koleksi motor dan mobil klasik yang ada di seluruh dunia. Untuk Anda yang merupakan penggemar motor dan juga mobil klasik sudah pasti tempat ini adalah tempat yang cocok bagi Anda, dijamin Anda akan betah berada di Zona Hall Utama ini.

Anda bisa melihat beberapa koleksi mobil klasik jaman dulu yang lebih menonjolkan artistik dibandingkan mobil sekarang. Terbukti dengan mobil sekarang yang bentuknya hanya itu-itu saja, berbeda dengan mobil jaman dulu yang memiliki bentuk beragam.

Sedangkan pada lantai dua dari Zona Hall Utama ini Anda bisa melihat replikasi dari Air-Force atau pesawat kepresidenan milik Indonesia. Dalam pesawat ini terdapat berbagai fasilitas seperti bar, ruang meeting hingga kamar tidur presiden.

2. Zona Batavia Dan Pecinan

Pada zona ini Anda akan merasakan kembali ke masa lalu sebelum kemerdekaan dengan suasana yang sangat kental dengan tradisional. Banyak bentuk rumah yang masih tradisional dengan gaya oriental yang selalu konsisten.

Selain itu juga ada Pelabuhan Sunda Kelapa yang didesain sangat mirip mungkin sehingga Anda bisa merasakan berada di Pelabuhan ini pada zaman dahulu. Anda juga bisa melihat berbagai miniatur kapal yang sedang berlabuh pada pelabuhan Sunda Kelapa ini.

Selain ada kapal, pada zona ini juga terdapat banyak toko pada pelabuhan yang menggunakan bahasa BelAnda dalam penamaan toko tersebut. Pada zona ini Anda akan bisa mengetahui perkembangan dari Sunda Kelapa dan juga Batavia dari masa lalu hingga sekarang.

Baca Juga  Indah, Ini 11 Pantai di Jogja Terbaik Untuk Para Wisatawan

3. Zona Edukasi

Zona Edukasi ini sebenarnya masih berada dalam satu ruangan bersama hall utama. Pada zona ini Anda akan melihat perkembangan berbagai jenis transportasi dari masa ke masa. Mulai dari sepeda ontel hingga mobil listrik yang sudah ada pada sekarang. Zona ini sangat cocok Anda kunjungi bersama keluarga tercinta.

Ini juga bukti dari Museum Angkut yang mengusung konsep Edukasi juga. Dalam zona edukasi ini tema anak-anak sangat kental dengan banyaknya warna dan juga pencahayaan interior zona edukasi yang sangat menarik.

Selain itu pada Zona ini juga terdapat informasi yang disampaikan dengan cara yang informatif dan juga menyenangkan sehingga anak-anak akan betah berada di Zona Edukasi ini.

4. Zona Eropa

Museum Angkut ini menyediakan berbagai jenis kendaraan transportasi dari berbagai belahan dunia. Nah pada Zona Eropa inilah tempatnya berbagai macam kendaraan dari benua Eropa. Disini Anda bisa menikmati keunikan Eropa mulai dari arsitektur bangunan hingga jenis kendaraan yang ada seperti Volkswagen, Vespa sampai Rolls Royce bisa Anda nikmati di Zona Eropa ini.

Disini Anda bisa menikmati berbagai macam kendaraan dari 4 negara besar di Eropa yaitu Perancis, Jerman, Inggris dan juga Itaila. Dalam zona ini Anda bisa melihat dengan detail berbagai macam koleksi mobil antik buatan dari Inggris.

Anda bisa melihat mobil antik yang pernah dipakai oleh Ratu Elizabeth kedua disini. Selain itu juga ada mobil Land Rover yang pernah dipakai oleh Ratu Elizabeth kedua di Australia. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa berfoto di depan miniatur Istana Buckingham pada Museum Angkut ini.

5. Zona Gangster & Broadway Street

tiket masuk museum angkut
Image: sanjayatour.com

Pada zona ini Anda akan diajak untuk jalan-jalan ke luar negeri. Pada Zona Gangster & Broadway Street ini menggambarkan suasana daerah New York dan juga California yang sempat terkenal dengan nama gangster and broadway. Anda bisa melihat perkembangan dunia entertainment Amerika Serikat di Zona Gangster & Broadway Street ini.

Pada Zona ini Anda juga akan merasakan bagaimana suasana Kota Chicago di tahun 1920 dimana saat itu terdapat seorang gangster terkenal yang bernama Al Capone. Anda bisa menelusuri jejak-jejak dari Al Capone di zona ini.

6. Zona Hollywood

Untuk Anda yang ingin menikmati suasana Hollywood Anda bisa kok menikmatinya di Museum Angkut ini. Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Amerika dengan mengeluarkan banyak biaya, cukup datang saja ke Museum Angkut.

Pada Zona Hollywood ini Anda bisa berfoto bebas seperti sedang berada di Hollywood. Selain itu juga terdapat berbagai macam kendaraan yang sering muncul pada film box office Hollywood. Anda bisa melihat mobil milik Batman dan juga mobil milik Scooby Doo.

Yang lebih keren dari Zona ini adalah terdapat Hulk yang bisa Anda ajak untuk berfoto bersama. Selain itu pada zona ini juga terdapat berbagai macam miniatur superhero yang bisa Anda lihat.

7. Zona Flight Simulator

Bukan hanya ada koleksi mobil dan motor klasik saja, namun pada Museum Angkut Malang ini juga terdapat alat transportasi lainnya seperti pesawat. Nah bagi Anda yang penasaran tentang bagaimana sih cara menerbangkan pesawat, maka Anda cocok untuk datang pada zona ini.

Di Zona ini Anda bisa belajar menerbangkan pesawat dengan ditemani oleh kokpit pesawat. Meskipun hanya simulator saja namun Anda pastinya akan mendapatkan pengalaman yang tidak mungkin Anda lupakan sebab disini Anda akan merasa seperti menjadi pilot nyata.

8. Zona Las Vegas

Image: malangstrudel.com

Las Vegas adalah salah satu kota yang paling terkenal di Amerika Serikat. Nah bagi Anda yang ingin menikmati kota Las Vegas ini, Anda tidak usah jauh-jauh datang ke Amerika Serikat dan mengeluarkan banyak biaya. Cukup datang ke Museum Angkut Malang saja Anda bisa menikmati suasana kota Las Vegas.

Memasuki zona ini Anda akan disambut oleh gerbang Selamat Datang Las Vegas yang sangat megah. Kemudian di dalamnya Anda akan merasakan sensasi mengagumkan dari kota Las Vegas yang penuh modernisasi dan juga glamour.

Anda bisa berfoto ala-ala seperti berada di Kota Las Vegas dan mengunggahnya di sosial media. Tentu saja teman Anda akan mengira Anda sedang berada di luar negeri, padahal kenyataanya Anda sedang berada di Museum Angkut Malang.

Baca Juga  Bingung Mau Liburan Dimana? Pantai Jogan Jawabannya

9. Zona Pasar Apung Nusantara

Selain memiliki koleksi berbagai jenis transportasi dari seluruh penjuru dunia, pada Museum Angkut ini juga terdapat Zona Pasar Apung Nusantara dimana para pengunjung bisa menikmati beragam kuliner khas Nusantara sambil bersantai. Anda bisa menyantap makanan khas Nusantara seperti gado-gado, nasi timbel, rujak cingur dan juga bakso.

Pada zona ini Anda juga bisa membeli oleh-oleh atau Souvenir. Disini terdapat banyak sekali pengrajin yang menjual oleh-oleh untuk Anda jadikan cinderamata. Seperti namanya Zona Pasar Apung Nusantara, transaksi yang dilakukan pada zona ini dilakukan di atas perahu khas seperti suasana pasar apung di kota Balikpapan.

10. Indonesian Heritage Museum

Museum Angkut ini juga memiliki berbagai macam koleksi peninggalan sejarah dan juga senjata tradisional di Indonesia. Semua ini berada pada Zona Indonesian Heritage Museum yang memiliki ribuan koleksi benda-benda bersejarah di Indonesia.

Pada zona ini Anda bisa memperkaya ilmu pengetahuan tentang seni dan juga budaya yang ada di Indonesia. Selain senjata tradisional Indonesia, pada zona ini juga menampilkan berbagai macam senjata tradisional dari berbagai negara juga.

Nah itulah ulasan saya mengenai Museum Angkut ini. Semoga bisa menambah wawasan Anda dan juga menjadi acuan bagi Anda yang ingin berkunjung ke Museum Angkut Malang dalam waktu dekat. Dengan membaca ulasan saya diatas tentu Anda jadi bisa mengerti, kira-kira di Museum Angkut ini ada apa saja dan berapa harga tiket masuk yang harus dibayarkan.

Bagi sahabat Tedas yang ingin mengunjungi Museum Angkut Malang ini Anda juga bisa menikmati berbagai macam pertunjukan khusus di dalamnya. Misalnya saja terdapat pertunjukan Night Divas yang bisa Anda nikmati setiap hari pada jam 18.30 sampai jam 19.99. Selain itu juga ada pertunjukan California Car Wash Dance yang bisa Anda nikmati saat Weekend.

Anton Wahyu

Anton Wahyu

Nama Saya Anton Wahyu biasa dipanggil Anton. Saya adalah Mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Swasta di Solo.Saya juga merupakan penulis artikel, punya hobi mendengarkan musik, di website ini Saya mencoba membagikan informasi yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *