Mengenal Tari Merak, Tarian Tradisi Jawa Barat

Terdapat cukup banyak jenis tarian-tarian tradisional yang ada di Indonesia. Maka dari itulah Indonesia ini sendiri dikenal sebagai negara yang kaya akan keberagaman budaya mulai dari budaya tradisional sampai dengan budaya-budaya yang modern. Tari yang berasal dari Jawa Barat adalah Tari Merak. 

Merak adalah sebuah kata di dalam Bahasa Indonesia yang memiliki arti burung Merak. Burung Merak ini sendiri adalah burung yang dianugerahi keindahan bulunya yang berkilauan.

Mulai dari warna biru dan juga hijau mempesona. Bahkan ketika burung tersebut berteriak parau, teriakannya sendiri tampak berbeda dengan keindahan-keindahan yang dimilikinya. 

Di mana tarian ini akan menampilkan beberapa kreasi-kreasi baru yang diolah seakan-akan menjelaskan tentang kehidupan seorang burung Merak. Dinamakan sebagai tarian ini sendiri karena memang mengambil referensi dari tingkah laku burung Merak setiap harinya. 

tari merak berasal dari
image : blogkulo.com

Mengenal Sejarah Tari Merak 

Tari Merak sendiri merupakan salah satu jenis tarian tradisional yang terkenal di seluruh Indonesia. Tari Merak sendiri berasal dari Jawa Barat yang juga mengekspresikan gerakan tari yang benar-benar sama persis seperti kehidupan dari burung Merak. 

Seiring berkembangnya waktu, ada seorang salah satu seniman dari Sunda yaitu Raden Tjetje Somantri yang mengangkat jenis tarian Merak ke dalam dunia seni kontemporer pada tahun 1950. Kemudian 15 tahun kemudian atau sekitar tahun 1965 ini, tarian Merak kemudian diubah ulang dengan berbagai gerakan yang baru. 

Gerakan baru itu dicetuskan oleh seorang yang juga sangat mencintai seni yaitu Irawati Urban. Dia adalah seorang seniman dan maestro yang berasal dari Bandung.

Tarian Merak ini sendiri diciptakan dalam bentuk tarian rampak yang juga cukup populer di kalangan orang-orang Sunda. 

Maksud dari kontemporer yang diusung oleh seniman satu ini adalah setiap penari yang mampu menciptakan dengan bebas bagaimana mengembangkan tarian tersebut sesuai dengan kreasinya masing-masing. 

Gerakan yang dilakukan pada tari Merak juga hampir sama dengan gerakan burung Merak yang sedang ingin memikat betinanya.

Pada saat inilah tari Merak bisa ditentukan pada beberapa pagelaran seni tradisional dan juga seni modern di seluruh pagelaran tari yang ada di Pulau Jawa. 

properti tari merak

Mengenal Fungsi Tari Merak 

Tari Merak sendiri dilakukan untuk menyambut tamu dalam beberapa kegiatan tertentu. Tari Merak sendiri juga biasa dipentaskan dalam beberapa kegiatan hajatan maupun beberapa kegiatan formal yang ada pada suatu instansi. 

Dari awal sampai dengan akhir, para penarik akan melakukan beberapa gerakan yang menggambarkan keanggunan, keindahan dan juga kelincahan dari burung Merak itu sendiri.

Adapun untuk beberapa fungsi dari tarian Merak diantaranya adalah:

  • Fungsi pertama dari tari Merak ini sendiri digunakan untuk menyambut pada tamu-tamu agung yang hadir dalam setiap kegiatan acara maupun beberapa ritual tertentu. 
  • Fungsi kedua tentu bisa dijadikan sebagai persembahan para tamu di dalam kegiatan-kegiatan acara. Terutama acara pernikahan yang menggunakan adat Sunda. 
  • Fungsi berikutnya yaitu untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada sejumlah masyarakat lokal dan juga interlokal. 
  • Fungsi berikutnya yaitu digunakan dalam upacara penyambutan beberapa rombongan pengantin pria yang sedang menuju ke pelaminan ketika menggunakan adat Jawa. 
kostum tari merak
image : kamerabudaya.com

Mengenal Kostum Tari Merak 

Sama dengan beberapa tarian tradisional lainnya yang ada di Indonesia, properti tari Merak ini juga akan menonjolkan identitas maupun ciri khas dari tari Merak itu sendiri. Ada cukup banyak kostum serta aksesoris yang digunakan untuk mendukung kesempurnaan dari tarian yang akan dilakukan di atas panggung. 

  • Pola Bulu Merak
Baca Juga  5 Nama Rumah Adat Sulawesi Selatan, Gambar dan Cirinya

Untuk kostum warna yang akan digunakan oleh para penari biasanya akan sesuai dengan pola dari bulu Merak sendiri. Para penari akan menggunakan kostum yang sepenuhnya berwarna. Beberapa warnanya seperti merah, kuning dan juga hijau. Beberapa warna ini menggambarkan keindahan dari burung Merak itu sendiri. 

  • Sayap

Kemudian, properti selanjutnya adalah sayap. Para penari akan menggunakan sepasang sayap dengan filosofi bahwa kostum ini adalah bentuk dari burung Merak jantan yang sedang mengembang. 

Kostum warnanya juga dihiasi dengan karakteristik yang dominan yaitu sayap yang bisa digerakkan oleh sejumlah penarinya dengan anggun. Sehingga nantinya mampu membuat tarian terlihat jauh lebih indah. 

  • Mahkota

Para penari nantinya juga harus menggunakan mahkota bernama yang akan bergoyang ketika para penarinya membuat sayap dan gerakan kepala. 

  • Syal 

Agar membuat properti atau kostum dari tarian ini lebih menarik, maka para penarinya disarankan untuk menggunakan syal senada dengan warna kostum yang akan digunakan. Kemudian nantinya syal ini dirapikan di pinggang para penarinya agar bisa terlihat seperti sepasang sayap burung Merak. 

Mengenal Gerakan Dasar Tarian Merak 

  • Gerakan Kepala

Ada beberapa gerakan tari Merak yang termasuk sebagai gerakan dasarnya. Sejumlah gerakan dasar ini terdiri atas gerakan kepala, tangan, kaki dan juga beberapa gerakan campuran. Adapun beberapa gerakan pertamanya adalah kepala, dan beberapa gerakan lainnya yaitu:

  • Galier

Galier ini adalah gerakan yang mengharuskan para penarinya untuk memutarkan kepalanya baik ke kanan, kiri, ke depan atau ke belakang. 

  • Gilek

Gilek sendiri adalah gerakan tarian yang mengharuskan para penarinya untuk menggelengkan kepalanya ke kanan dan juga ke kiri. 

  • Gerakan Tangan 

Untuk beberapa gerakan tangan yang harus dilakukan pada penarinya adalah:

  • Ukel
Baca Juga  4 Jenis Rumah Adat DKI Jakarta dan Bagian-Bagiannya

Ukel adalah gerakan yang mengharuskan para penarinya untuk luwes dalam memutar tangannya untuk bergerak sesuai dengan irama. 

  • Selut

Selut adalah gerakan yang mengharuskan para penarinya untuk menggerakkan tangannya ke kanan dan ke kiri dengan mendorong tangannya dengan tangkas ke depan atau ke atas secara bergantian dengan mengikuti irama. 

  • Tepak Bahu

Tepak bahu adalah salah satu gerakan yang mengharuskan para pemainnya untuk menepuk pundak dengan salah satu tangan.

Tepuk bahu ini sendiri juga mengharuskan para penarinya untuk menepuk bahu dengan menggunakan dua tangan secara bersilang dalam dua putaran tangan. 

  • Capang

Capang adalah gerakan tangan yang mengharuskan para penarinya untuk menekuk satu tangan. 

  • Nyawang

Nyawang sendiri adalah sebuah isyarat para penari yang mengharuskan mereka untuk menunjukkan kepada siapa saja yang akan menonton bahwa tangan itu sedang berisyarat untuk melihat keadaan jauh ke depan. 

gerakan tari merak
image : sijenius.com
  • Lontang Kanan atau Kiri

Lontang kanan atau kiri adalah gerakan tangan di mana para penarinya harus menggunakan dua tangan untuk saling bergerak secara bergantian. 

  • Gerakan Kaki 

Ada juga gerakan lain yang dilakukan oleh para penarinya salah satunya adalah gerakan kaki. Untuk beberapa gerakan kaki yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

  • Duduk Deku

Duduk deku adalah salah satu gerakan duduk yang mengharuskan para penarinya untuk melipat kedua kaki mereka ke arah bawah. 

  • Seser

Gerakan seser sendiri adalah gerakan kaki yang mewajibkan para penarinya untuk menggeserkan kaki mereka ke kanan dan ke kiri. 

  • Sirig

Gerakan sirig ini adalah gerakan kaki yang mewajibkan para penarinya untuk menggoyangkan kedua kakinya. 

  • Gerakan Gabungan 

Gerakan gabungan ini adalah gerakan paling akhir dalam tari Merak. Gerakan ini mengharuskan para penarinya untuk menggabungkan antara kepala, tangan dan juga kaki di dalam gerakan yang sama. Akan tetapi, tangan dan kaki nantinya harus digerakkan dengan pasangan yang berbeda. 

Jadi, gerakan ini adalah gerakan untuk menyilangkan tangan kanan dengan kaki kiri dan begitupun sebaliknya. Pementasan tari ini sendiri pada umumnya akan ditarikan secara serempak. Di mana biasanya akan terdiri dari 3 penari atau bahkan lebih. 

Masing-masing penari memiliki fungsi sebagai wanita dan juga pria dengan diiringi sebuah lagu Cingcangkeling.

Di dalam adegan gerak tertentu, terkadang waditra bonang akan menabrak kayu cukup keras sehingga akan terdengar cukup kencang. Adegan ini juga menjadi salah satu adegan dari sepasang burung Merak yang sedang bercinta. 

pesona tarian merak
image : kaskus.co.id

Mengenal Ciri Khas Tari Merak 

Setelah memahami seluruh informasi tari Merak itu sendiri, sejarahnya, fungsi, gerakan, dan lainnya. Bahkan setiap jenis tariannya juga memiliki ciri khas tersendiri yang memang cukup ikonik seperti ciri-ciri tarian Merak sebagai berikut ini:

  • Tari Merak sendiri merupakan sebuah tarian yang akan dilakukan dengan berpasangan. Maksud dari berpasangan ini sendiri adalah gerakan yang membutuhkan dua pemeran baik itu sebagai burung Merak jantan dan juga burung Merak betina yang bisa dibedakan berdasarkan kostumnya. 
  • Nantinya gerakan yang akan dilakukan penari sangat lemah gemulai. Masing-masing pemeran penari akan menggerakkan tubuh mereka sehingga sangat terlihat mirip dengan tingkah laku dari burung Merak itu sendiri. Terutama pada saat Merak jantan sedang mencari perhatian dengan Merak betina. ‘
  • Kostum maupun busana yang akan digunakan para penarinya juga memiliki motif yang bahkan sama persis dengan burung Merak. Sebagai contohnya berada pada bagian bulu Merak yang digunakan hampir sama dengan motif bulu burung Merak yang asli. 

Corak-corak yang digunakan pada tarian ini biasanya warna hitam, biru, dan juga merah. Selain sayap, penari juga menggunakan beberapa aksesoris tambahan yang ada di bagian kepala menyerupai dengan mahkota.

Melestarikan Budaya Tarian Merak 

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa tari Merak ini adalah tarian tradisional yang ada di Indonesia dan berasal dari Jawa Barat. Masyarakat Provinsi Jawa Barat memang harus bangga dengan kehadiran sejumlah tarian tradisional yang satu ini karena tarian ini bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di beberapa negara. 

Jadi, itulah sebagian informasi yang bisa Anda pahami tentang salah satu tarian yang ada di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk memahami dan belajar tentang tarian ini, maka Anda bisa mendatangi ke sejumlah sanggar tari tradisional yang ada di seluruh Indonesia. 

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *