Ukuran Banner Youtube dan Thumbnail yang Benar

Ukuran Banner Youtube – Semakin banyak orang berlomba-lomba untuk memviralkan sebuah video di Youtube. Tapi untuk membuat video akhirnya menjadi viral tidak semudah yang dibayangkan. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi. 

Konten video tentu menjadi yang utama, selain itu perlu juga memperhatikan kerapian channel yang dikelola.

Jika kamu ingin menjadi seorang Youtuber, ada banyak aspek yang harus diperhatikan salah satunya ukuran banner Youtube dan thumbnail. 

Gambar dan tulisan pada banner serta thumbnail sangatlah penting. Karena pada bagian inilah user akan tertarik untuk melihat konten yang telah kamu buat.

Banner dan thumbnail adalah sebuah pancingan agar setiap pengguna Youtube mau menonton konten yang kamu buat. 

ukuran thumbnail youtube

Apa Itu Banner Youtube dan Ukurannya

Banyak istilah yang digunakan untuk menyebutkan banner pada channel Youtube. Seperti sampul Youtube, Channel art, atau header Youtube, semua itu merujuk ke satu hal yang sama. 

Banner Youtube adalah tampilan latar belakang yang ada pada bagian atas di setiap channel Youtube. Melalui banner inilah, identitas dari sebuah channel bisa diketahui. 

Oleh karena itu para Youtuber akan berlomba-lomba untuk membuat banner yang menarik dengan desain serta info lengkap.

Ada ukuran banner Youtube yang harus diperhatikan supaya hasilnya gambar dan tulisan tidak terpotong. 

halaman youtube

Ukuran ini berbeda-beda karena ada banyak alat yang digunakan untuk membuka channel seperti layar desktop, TV, hingga smartphone atau tablet. Sehingga banner yang dipasang ketika dilihat di smartphone berbeda dengan dilihat dari layar laptop. 

Bisa saja banner terpotong ketika dilihat dari smartphone. Supaya sekali diupload gambar hasilnya benar maka ada panduan khusus yang harus diperhatikan sebagai berikut :

  1. Ukuran gambar yang disarankan oleh Youtube untuk diupload adalah 2560 X 1440 piksel. Dimensi yang dibutuhkan minimal berukuran 2048 X 1152 piksel. 
  2. Ukuran yang dibutuhkan untuk teks serta logo adalah 1546 X 423 piksel. Pada saat upload teks dan logo, pastikan berada pada area aman. Karena jika tidak pasti akan terpotong di perangkat apapun. 
  3. Ukuran lebar maksimum yang dibutuhkan adalah 2560 X 423 piksel dan harus berada di area aman supaya tetap terlihat di perangkat apa saja. 
  4. Ukuran file yang diunggah maksimal adalah 6MB karena jika lebih besar maka Youtube tidak akan menerima file. 

Jika kamu mengikuti ukuran banner Youtube ini, maka channel yang kamu buat akan memiliki tampilan dari desain, teks dan logo yang tidak terpotong dan tepat. 

ukuran banner youtube

Ukuran Thumbnail Youtube yang Tepat

Selain banner, perhatikan juga soal gambar thumbnail yang akan muncul pada sampul depan video. Thumbnail berukuran kecil dan biasanya Youtube akan mengambil gambar secara acak dari potongan video. 

Gambar thumbnail ini juga yang menjadi daya tarik dari user untuk klik dan menonton video kamu setelah membaca judul. Jadi akan lebih baik jika kamu mensetting thumbnail sendiri supaya lebih menarik dan disesuaikan dengan judul. 

Ukuran thumbnail Youtube yang dibutuhkan masih sama dari tahun-tahun kemarin. Size yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki resolusi 1280 X 720 piksel dan lebarnya 640 piksel. 
  2. Format gambar yang digunakan adalah BMP, JPG, PNG atau GIF.
  3. Thumbnail juga harus memiliki ukuran maksimal 2 MB, jika lebih dari itu maka file tidak akan diterima. 
  4. Terakhir, perhatikan aspek ratio harus 16:9 karena biasanya ukuran ini akan ditinjau kembali pada pemutar Youtube. 

Supaya mendapatkan ukuran yang tepat baik itu banner dan juga thumbnail kamu bisa membuatnya melalui berbagai aplikasi. Baru setelah itu gambar atau desain yang sudah jadi ditambahkan pada video saat upload.

banner pada youtube 

Cara Mengubah dan Menambah Banner Youtube

Ada sederet aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk bisa membuat desain grafis baik banner atau thumbnail. Pastikan sebelum menggunakannya di channel Youtube ukurannya sudah tepat sesuai dengan syarat di atas. 

Jika sudah benar, barulah kamu bisa mengubah atau menambahkan pada channel Youtube. Ada langkah-langkah yang harus kamu ikuti supaya desain tepat untuk dipasang. Perlu diingat, untuk memasang banner ini harus dilakukan di PC atau laptop. 

  1. Nyalakan laptop atau PC dan pastikan sudah terhubung dengan internet. Kemudian masuk ke channel Youtube yang kamu miliki. 
  2. Pada halaman channel, pilih menu Channel Saya atau My Channel di bagian pojok kanan atas. ubah banner youtube - 1
  3. Kemudian pilih menu Customize Channel dan klik. Kamu akan langsung diarahkan pada pengaturan halaman channel. 
  4. Pada bagian atas channel pilih menu sebelah kanan klik Penyesuaian, kemudian klik Branding dan pilih Upload pada menu Gambar Banner untuk menambahkan banner dengan desain yang baru. ubah banner youtube - 2
  5. Jika ingin mengubah banner lama dengan yang baru maka klik kanan menu Penyesuaian, kemudian klik Branding dan Pilih menu Ubah pada Gambar Banner. ubah banner youtube - 3
  6. Setelah melalui langkah 4 dan 5 kamu bisa upload file desain yang sudah diatur ukurannya. Upload foto dari komputer atau Galeri dari Youtube Photo Gallery. 
  7. Setelah memilih salah satu desain yang sudah dipersiapkan, maka akan muncul pratinjau terlebih dahulu. Atur gambar pada bagian banner di pratinjau untuk tata letaknya. ubah banner youtube - 4
  8. Jika ternyata gambar masih terlalu besar, kamu bisa menggunakan cropping agar sesuai dengan penempatannya. 
  9. Jika sudah tepat terakhir tinggal klik Pilih and selesai. Banner pada channel Youtube selesai diganti atau ditambahkan. 

Cara Mengganti Thumbnail pada Channel Youtube

Setelah mengganti banner, kamu bisa juga mengganti thumbnail tapi caranya berbeda. Ukuran thumbnail Youtube yang tepat harus dipersiapkan terlebih dahulu supaya nantinya kamu bisa dengan mudah menggantinya. 

  1. Masuk ke channel Youtube kamu kemudian klik foto profil di yang ada di pojok atas. 
  2. Klik Pengelola Video dan akan muncul semua video yang telah kamu upload. 
  3. Pilih menu edit di bawah judul salah satu video yang telah diupload. 
  4. Dari pilihan yang muncul, klik thumbnail khusus untuk mengganti gambar thumbnail. 
  5. Pilih gambar yang akan dijadikan thumbnail dengan file yang sudah dipersiapkan. 
  6. Terakhir klik simpan perubahan. Maka gambar thumbnail akan berubah sesuai dengan yang sudah kamu upload. 

tips youtube

Tips Membuat Banner Youtube yang Menarik 

Ada banyak sekali aplikasi gratis online atau software yang bisa kamu gunakan. Salah satu yang paling terkenal adalah Canva, pada aplikasi ini sudah tersedia template untuk banner dengan ukuran yang disarankan. 

Kamu tinggal membuat banner yang menarik supaya identitas dari channel Youtube jelas. Ikuti tips ini jika kamu ingin membuat banner Youtube menarik. 

Jangan lupakan teks dan logo

Baca Juga  Cara Membuat Tabel di Excel Praktis Bagi Pemula

Teks yang dimaksud adalah nama dari channel. Pastikan menggunakan font dan warna yang jelas jangan sampai tidak terbaca. Soal logo lebih fleksibel disesuaikan dengan jenis acara yang kamu buat. 

Kecerahan gambar

Perhatikan juga warna dan tingkat kecerahannya. Kualitas harus tinggi dengan tingkat cerah maksimal. Tujuannya agar gambar tidak pecah dan tidak terlalu gelap. 

Tambahkan foto

Kamu juga bisa menambahkan foto jika ingin menjadi seorang influencer. Pastikan foto yang kamu buat keren dan menarik ya. 

Selain mengikuti tips ini, selalu pastikan sekali lagi ukuran banner Youtube dan thumbnail sesuai agar ketika hendak diterapkan pada channel Youtube kamu tak perlu mengubahnya lagi.

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan

Pecinta kuliner, traveling yang ingin berbagi cerita dari kota budaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *