Tutorial

Ternyata Mudah, Ini Cara Transfer Gopay ke OVO

Artikel terakhir diperbaharui 13-08-2021 oleh Aldy Amrillah

Transfer Gopay ke OVO – Gopay dan OVO merupakan dua aplikasi pembayaran yang banyak digunakan. Alat pembayaran elektronik dari Gojek tersebut bisa digunakan untuk membayar atau mengirim saldo ke akun e-money lain, misalnya saja Ovo. Transfer Gopay ke OVO tersebut meliputi beberapa langkah.

Panduan Proses Cara Transfer Go-Pay ke OVO

Untuk bisa melakukannya, maka Anda harus memenuhi persyaratan terlebih dulu. Persyaratan tersebut adalah akun Gopay harus diupgrade agar memiliki Gopay plus dan mempunyai saldo yang cukup untuk melakukan transfer. Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan transfer dari  akun Gopay ke Ovo.

  • Masuk Aplikasi Gojek

Gojek adalah aplikasi transportasi umum ojek online yang merambah ke bidang lainnya. Contohnya saja adanya fitur Go-Send untuk jasa pengiriman, Go-Car untuk jasa pengantaran dengan mobil, Go-Food untuk mengirim makanan atau minuman, dan Go-Pay untuk aplikasi pembayaran online

Langkah pertama buka akun Anda di aplikasi Gojek. Syarat untuk melakukan transfer adalah harus mempunyai akun Gopay. Untuk memperoleh akun tersebut, maka harus mendaftar dulu lewat aplikasi Gojek dengan mengisi identitas diri lengkap dengan benar sesuai KTP.

Setelah mendaftar, selanjutnya Anda perlu memastikan akun Gopay tersebut sudah dalam versi Gopay. Jika belum, Anda harus mengubahnya dengan cara mengupgrade akun Gopay tersebut ke Gopay Plus agar dapat aktif dan dapat digunakan untuk mentransfer saldo e-money. 

  • Pilih Menu Bayar

Setelah tahap pendaftaran akun Gopay beres, buka aplikasi Gojek. Pada halaman awal aplikasi, pilih menu “Bayar”. Ada juga cara lain yaitu dengan mengklik menu “Lainnya”, lalu temukan menu “Tarik”, klik menu tersebut dan ikuti langkah-langkahnya.

Pada halaman berikutnya akan muncul beberapa pilihan metode pembayaran. Ada pilihan metode bayar menggunakan rekening bank, nomor telepon, atau menggunakan kode virtual tertentu. Anda bisa memilih salah satu, yaitu pada bagian melalui rekening Bank. 

aplikasi gojek

Image: https://play.google.com/

  • Menemukan Rekening Bank yang Dituju

Cara transfer Gopay ke OVO membutuhkan rekening Bank yang aktif untuk mengirim saldo tersebut. Tahap selanjutnya yaitu memilih bank tujuan yang akan digunakan untuk transfer ke Ovo menggunakan rekening tersebut. Pakai saja jenis Bank Anda yang miliki dan aktif serta jumlah saldonya cukup.

  • Mengisi Nomor Rekening Tujuan

Setelah Anda memilih metode pembayaran rekening bank, tuliskan nama Nobu Bank di menu Bank. Tuliskan nobu Bank tersebut menggunakan nomor akun Ovo yang dituju. Sebelum menuliskan nomor akun Ovo yang dituju, tuliskan angka 9 di depannya dan lanjutkan nomor tujuan akun Ovo.

Jika nomor tujuan sudah benar, maka sistem akan mengkonfirmasi. Tahap berikutnya pilih tombol “Verifikasi”. Jika layar aplikasi sudah mengkonfirmasi, maka data yang dimasukkan sudah benar. Setelah itu bisa menekan tombol “Lanjut”. 

  • Memasukkan Nominal Transfer

Tahap berikutnya yaitu masukkan nominal atau jumlah saldo Gopay yang akan ditransfer ke akun Ovo. Setelah nominal sudah benar, klik “Lanjutkan”. Jumlah minimal saldo yang dapat ditransfer yaitu Rp 10.000, untuk maksimal batas pengiriman uang ke saldo Gopay yaitu Rp 1.000.000. 

  • Melakukan Konfirmasi Transfer

Ketika sudah mengisi jumlah saldo yang akan ditransfer pastikan semua rincian informasi yang ditampilkan oleh layar aplikasi sudah benar atau belum. Jika semua informasi sudah benar, proses transfer akan berjalan. Tekan tombol “Konfirmasi” agar proses transfer berjalan. 

  • Memasukkan Pin Gopay

Sesudah memasukkan semua proses penginputan nominal beserta nomor tujuan, input PIN Gopay sebagai bukti transaksi dari aplikasi tersebut. PIN Gopay yang dimasukkan yaitu 6 digit angka. Pastikan PIN tersebut benar dan dirahasiakan agar akun beserta saldo Gopay di dalamnya tetap aman.

Peran PIN tersebut adalah sebagai alat keamanan untuk setiap kegiatan transaksi. Jika PIN yang dimasukkan sudah sesuai dengan PIN Gopay milik Anda, maka transaksi akan diproses, Jika PIN masih salah, maka sistem akan kembali mengulangi perintah untuk pengisian PIN Gopay hingga benar.

  • Transfer Berhasil Dilakukan

Jika sudah berhasil memasukkan PIN Gopay layar aplikasi akan menampilkan pemberitahuan jika saldo sudah berkurang sesuai dengan nominal yang telah ditransfer ke akun Ovo. Selamat, proses transfer berhasil. Anda akan dikenakan biaya admin sebesar jumlah tertentu untuk mengirim saldo.

Panduan Cara Transfer OVO ke Gopay

Setelah mengetahui cara transfer dari akun Gopay ke OVO, kini Anda juga wajib mengetahui jika ingin melakukan transfer OVO ke Gopay. Caranya meliputi beberapa tahap dan sangat mudah dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang patut Anda coba diantaranya:.

  • Buka Aplikasi Ovo

Untuk melakukan transfer dari Ovo ke Gopay caranya sedikit sama, hanya saja harus membuka aplikasi Ovo dahulu. Buka aplikasi Ovo yang sudah terpasang di smartphone. Pastikan koneksi internet Anda stabil agar bisa membuka halaman aplikasi.

Trik ini memang sedikit lebih rumit dari cara sebelumnya. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara alternatif lain. Hal ini mungkin bisa dimanfaatkan jika tidak berhasil saat mencoba cara pertama. Aplikasi Ovo ini dibuat untuk dijadikan alat pembayaran digital ke beberapa alat pembayaran lain.

  • Pilih Menu Top Up

Jika halaman Ovo sudah terbuka akan muncul beberapa menu dan fitur aplikasi. Pilih saja menu Top Up pada pojok kiri atas. Fitur ini berguna untuk mengisi saldo Ovo dari beberapa akun pembayaran elektronik lain atau metode tertentu.

  • Pilih Metode Lain

Setelah menekan ikon Top Up, pilih menu Metode Lain di pojok kanan atas halaman aplikasi. Sistem aplikasi akan menampilkan berbagai pilihan metode pembayaran yang bisa dipilih salah satu. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan, bisa rekening bank, gerai, atau akun lainnya.

cara top up ovo

Image: https://play.google.com/

  • Pilih Bank

Sesudah memilih metode pembayaran, berikutnya adalah menentukan Bank. Caranya yaitu pilih menu ATM, lalu klik pada jenis Bank yang dipilih. Ada banyak jenis pilihan Bank mulai dari Bank negara hingga bank swasta. Misalnya saja memilih bank BNI Syariah sebagai rekening bank yang aktif dan bersaldo.

  • Copy Kode Pembayaran

Saat memilih BNI Syariah, maka sistem aplikasi akan memberitahu kode pembayaran dari jenis bank tersebut. Ingat kode bank tersebut atau catat kodenya agar tidak lupa. Jika sudah, kini saatnya membuka aplikasi Gojek. 

  • Buka Aplikasi Gojek

Buka aplikasi Gojek. Halaman aplikasi Gojek akan menampilkan banyak menu. Pilih saja menu “Bayar” pada bagian atas. Kemudian pilih fitur “Ke Rekening Bank” untuk memilih beberapa jenis bank tersedia atau beberapa akun pembayaran lain yang bisa Anda tentukan. 

Tahap selanjutnya yaitu pilih bank tujuan. Setelah itu klik Transfer ke rekening tujuan, misalnya saja BNI Syariah seperti yang sudah dipilih tadi. Periksa kembali semua rincian transfer yang akan dilakukan, mulai dari nama akun tujuan, nominal transfer, dan keterangan lainnya.

  • Memasukkan PIN Gopay

Langkah berikutnya adalah masukkan PIN Gopay dengan benar setelah memasukkan nominal transfer yang akan dipindahkan dan pilih ke akun Ovo. Pastikan akun Ovo tersebut aktif dan PIN Gopay yang Anda masukkan sebelumnya sudah benar.

  • Transfer Sudah Berhasil

Proses transfer akan diproses dan diverifikasi jika data sudah benar. Layar aplikasi akan menginformasikan bahwa saldo Gopay sudah berkurang akibat digunakan untuk transfer ke akun Ovo. Silahkan cek kembali apakah proses transfer tersebut benar-benar berhasil.

transfer ovo ke gopay

Biaya Admin Transfer Gopay ke Ovo Atau Sebaliknya

Umumnya saat melakukan transaksi ke beda Bank atau akun, maka akan dikenakan biaya admin. Biaya admin yang ditetapkan tergantung pada jenis Bank atau akun pembayaran digital tertentu. Ada juga yang tidak perlu membayar biaya admin jika mentransfer ke sesama Bank atau akun pembayaran yang sama.

Untuk biaya admin transfer dari Gopay ke Ovo atau sebaliknya, Anda akan dikenakan charge atau potongan saldo sebesar 2500 rupiah. Jika ada tawaran promo dari Gopay bisa saja Anda menggunakannya agar tidak terkena biaya admin saat melakukan transfer atau top up.

Kedua cara tersebut sebenarnya memiliki tujuan sama, yaitu transfer dari akun Gopay ke akun Ovo.

Bedanya adalah cara pertama Anda bisa langsung top up dari akun Gopay di aplikasi Gojek, sedangkan cara kedua sedikit panjang karena harus membuka Ovo dahulu kemudian membuka aplikasi Gojek.

Penjelasan mengenai cara transfer Gopay ke Ovo dan sebaliknya di atas bisa dipahami lebih lanjut. Sahabat Tedas.id dapat menggunakan kedua cara tersebut jika sewaktu-waktu membutuhkannya.

Langkah yang mudah dan fitur aplikasi yang gampang dipahami penggunaannya tidak akan menyulitkan Anda.

Setiamah Setya
Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

    Comments are closed.