4 Cara Mengisi Token Listrik Salah Satunya Lewat Gopay

Cara Mengisi Token Listrik – Ditemukannya listrik merubah kehidupan manusia yang awalnya hanya bermodalkan api untuk menerangi di kala gelap, menjadi teknologi baru yang membuka kemungkinan pada berbagai barang elektronik yang ada saat ini.

Sebagai konsumen listrik, ada dua jenis listrik yang dapat dinikmati yaitu listrik prabayar dan listrik pascabayar. Listrik prabayar adalah listrik yang pembayarannya berada di awal. Artinya, Anda harus membayar terlebih dahulu untuk dapat menikmati listrik. Listrik prabayar juga disebut dengan listrik pintar karena pelanggan atau konsumen listrik dapat mengendalikan pemakaian.

Alat meteran listrik yang digunakan pada listrik prabayar juga tidak menggunakan meteran listrik yang berbentuk analog, tetapi berbentuk digital sehingga konsumen listrik dapat memasukkan kode pengisian listrik. Sistem yang diterapkan pada listrik prabayar ini mirip dengan pulsa prabayar telepon genggam. Salah satu kelebihan dari listrik prabayar adalah Anda tidak perlu lagi khawatir terlambat membayar.

Listrik prabayar atau yang lebih akrab disebut token listrik ini dapat disesuaikan dengan anggaran belanja dan dapat diatur pemakaiannya. Namun, bagi Anda yang menggunakan token listrik di rumah, sebaiknya Anda selalu sedia voucher cadangan agar tidak perlu merasa panik jika token listrik Anda sudah habis.

4 Cara Isi Token Listrik

cara memasukan token listrik

Images By: Panduan Teknisi

Secara umum, ada beberapa cara mengisi token listrik yang dapat dilakukan yaitu dengan voucher atau secara online melalui internet Banking, M-bangking atau ATM. Selain itu, token listrik juga dapat diisi dengan menggunakan dompet elektronik seperti OVO maupun dengan Gopay.

1. Dengan voucher pulsa listrik

Bagi Anda yang menggunakan listrik prabayar, dibutuhkan cara mengisi token listrik yaitu dengan voucher pulsa listrik agar Anda dapat menikmati listrik. Voucher pulsa listrik dapat Anda beli dengan mudah serta praktis dan tersedia dalam berbagai nominal. Artinya, Anda dapat membeli voucher pulsa listrik tersebut sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan listrik prabayar Anda.

Harga token listrik atau voucher pulsa listrik yang tersedia adalah 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu, 200 ribu, 500 ribu dan 1 juta rupiah. Apabila keperluan Anda dalam mengisi token listrik hanya untuk
ruang lingkup kost, umumnya hanya dengan membeli voucher pulsa listrik dengan nominal 20 ribu atau 50 ribu sudah cukup untuk satu bulan pemakaian listrik.

Namun, jika pemakaian listrik Anda dalam ruang lingkup rumah tangga, maka sebaiknya Anda membeli voucher pulsa listrik dengan nominal minimal 200 ribu rupiah karena konsumsi daya rumah tangga lebih besar dibanding konsumsi listrik dalam ruang lingkup kost.

Sebelum dapat menikmati listrik prabayar, Anda harus memasukkan kode unik voucher ke token listrik. Kode unik pada voucher pulsa listrik tersebut terdiri dari 20 digit yang biasanya diberi tanda dengan tulisan ‘STROOM/TOKEN’. Kode unik ini dapat ditemukan pada bagian bawah bukti pembelian voucher pulsa listrik.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Pada Aplikasi

Cara memasukkan token listrik agar pulsa listrik Anda bertambah adalah dengan memasukkan atau mengetik kode unik pada token. Saat memasukan kode unik, pastikan bahwa kodenya sudah benar. Apabila Anda salah memasukkan kode, Anda bisa menghapusnya menggunakan tombol backspace pada keypad token yang biasanya ada di sebelah kiri dan paling bawah dari keypad token.

Setelah memasukkan kode unik pada token dan telah Anda yakini benar, tekan tombol enter yang ada pada token listrik. Jangan lupa untuk memperhatikan layar monitor. Apabila muncul status ‘ACCEPT’ pada layar, artinya kode unik voucher yang Anda masukkan sudah benar dan saldo listrik akan bertambah secara otomatis sesuai dengan jumlah pulsa listrik yang Anda beli.

Sebaliknya, apabila saldo listrik Anda tidak bertambah artinya kode unik voucher yang Anda masukkan salah dan Anda harus kembali memasukkan kode unik pada voucher ke token listrik. Lakukan dengan langkah yang sama hingga saldo listrik Anda bertambah.

2. Lewat ATM

Selain cara mengisi token listrik menggunakan voucher pulsa listrik, Anda juga dapat mengisi token listrik dengan cara beli token listrik online yang caranya lebih mudah dan lebih praktis. Salah satu cara membeli pulsa listrik secara online adalah dengan menggunakan transaksi ATM, M-banking atau internet banking.

Baca Juga  Mau Transfer Uang? Ini Daftar kode Bank di Indonesia

Meskipun langkah transaksi pada ATM, M-banking dan Internet banking sedikit berbeda, namun sebenarnya cara transaksi untuk beli token listrik pada ketiganya tetap sama. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa setiap bank pada umumnya mengaplikasikan cara transaksi token listrik yang berbeda-beda.

3. Lewat OVO

Setelah era revolusi industri 4.0, kini hampir setiap transaksi beralih dari transaksi offline ke transaksi online. Salah satu penandanya adalah semakin banyaknya dompet elektronik atau e-wallet yang menawarkan kemudahan tersebut. Salah satu dompet elektronik yang banyak digunakan adalah OVO yang juga dapat memfasilitasi Anda dalam cara mengisi token listrik yang lebih praktis.

Untuk membeli token listrik di OVO, Anda harus memiliki aplikasi OVO terlebih dahulu dan memiliki saldo yang mencukupi untuk membeli token listrik di OVO. Anda dapat mengisi saldo OVO melalui ATM, M-banking, internet banking maupun merchant rekanan OVO seperti Hypermart, Matahari Departement Store maupun melalui OVO Booth yang ada di pusat perbelanjaan.

Carabeli token listrik lewat OVO dapat dilakukan dengan membuka aplikasi OVO kemudian pilih menu PLN di home screen. Masukkan nomor meter atau nomor seri token Anda kemudian pilih prabayar atau pascabayar. Pilih nominal yang tersedia yang sesuai dengan kebutuhan listrik Anda kemudian pilih metode pembayaran. Cek detail transaksi kemudian pilih opsi konfirmasi.

4. Lewat Gopay

cara mengisi token listrik

Images By; Gojek

Gopay adalah salah satu dompet elektronik atau dompet digital seperti halnya OVO. artinya, Anda baru bisa menggunakan cara mengisi token listrik lewat Gopay apabila Anda telah memasang aplikasinya. Bedanya, Gopay adalah suatu fitur yang melekat pada aplikasi Gojek yang merupakan pengembangnya.

Namun, melakukan pembelian token listrik lewat Gopay pada dasarnya sama saja dengan OVO karena Anda harus memiliki saldo Gopay yang cukup. Apabila saldo gopay Anda tidak cukup, artinya Anda harus mengisi saldo gopay terlebih dahulu.

Cara mengisi pulsa listrik atau token listrik lewat Gopay tidak kalah mudah dibanding OVO, yaitu pertama Anda harus masuk terlebih dahulu ke aplikasi Gojek. Setelah masuk ke menu utama aplikasi, pilih opsi GoBills kemudian pilih PLN. Setelah masuk ke menu PLN, pilih menu tab Prepaid yang artinya prabayar kemudian masukkan nomor ID PLN milik Anda.

Setelah itu, pilihlah nominal token listrik yang ingin Anda beli. Sebelum menyelesaikan transaksi, Anda akan diarahkan untuk melihat detail pembayaran. Apabila saldo Gopay Anda mencukupi, Anda hanya perlu menekan tombol Buy untuk menyelesaikan transakti pembelian token listrik tersebut.

Cara Cek Token Listrik

Cara cek token listrik salah satunya adalah dengan melihat lampu indikator pada token listrik yang ada di rumah. Meskipun tidak memberikan informasi yang terlalu akurat atau detail tentang saldo pulsa listrik, namun lampu indikator pada token listrik dapat memberikan panduan bagi Anda untuk melakukan pengisian.

Lampu indikator token akan menunjukkan tiga jenis warna yang masing-masing akan memberikan Anda gambaran tentang saldo pulsa listrik Anda, yaitu hijau, kuning dan merah. Jika lampu indikator berwarna hijau, artinya saldo pulsa listrik masih sangat banyak. Jika warnanya kuning, artinya pulsa masih cukup banyak.

Baca Juga  Roaming: Ini Fungsi dan Cara Mengaktifkannya

Jika berwarna merah, maka pulsa listrik sudah hampir habis. Saat lampu indikator berwarna merah, berkedip dan berbunyi, artinya Anda harus segera mengisi token listrik sebelum mati karena lampu indikator tersebbut menandakan situasi kritis pada pulsa listrik Anda.

Aldy Amrillah

Aldy Amrillah

Halo, Perkenalkan nama saya Aldy Amrillah biasa dipanggil Aldy, Saya merupakan penulis artikel yang berasal dari Kota Hujan.Saya memiliki hobi bermain game online, membaca artikel dan menonton berita dan semoga saja artikel yang saya tulis untuk Kalian dapat bermanfaat yah, selamat membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *