Mengenal Rumus Pengurangan Excel dan Cara Mengaplikasikannya

Rumus Pengurangan Excel – Excel adalah salah satu software yang bisa membantu memudahkan pekerjaan hanya dengan mengandalkan rumus-rumusnya.

Ada banyak sekali rumus di Excel yang dilambangkan dengan bermacam huruf.  Salah satunya tentu saja adalah rumus pengurangan Excel.

Rumus pengurangan yang terdapat di Microsoft Excel dapat membantu Anda untuk menghitung operasi ini dengan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, Excel juga bisa menjadi pengganti kalkulator dalam hal  seperti rumus perkalian, rumus penjumlahan, rumus pembulatan hingga rumus rata-rata dan cara penggunaannya pun cukup mudah.

Untuk penjelasan selengkapnya, silahkan simak uraian berikut.

Mengenal Rumus Pengurangan di Microsoft Excel

Ada berbagai macam rumus di Excel dan salah satunya adalah pengurangan. Rumus pengurangan di Excel ini sama dengan lainnya, yakni dengan memasukkan angka dan tanda yang sesuai.

Setelah itu, maka akan langsung muncul hasil penghitungannya. Sebenarnya rumus pengurangan ini berbeda dari lainnya.

Jika rumus lain seperti penjumlahan, perkalian dan pembagian harus menggunakan kode khusus untuk memprosesnya, berbeda dengan pengurangan.

Hal ini disebabkan karena angka yang dimasukkan terkadang jumlahnya tidak terlalu banyak, sehingga hanya memakai tanda (-) saja sudah cukup.

Tetapi, ada beberapa cara yang bisa Anda pilih ketika akan melakukan proses pengurangan dengan menggunakan Excel. Cara-cara ini bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan yang paling mudah diaplikasikan.

Pengurangan Exel dengan Memanfaatkan Kolom Sebagai Data

Cara pertama yang bisa Anda lakukan jika ingin menggunakan rumus pengurangan Excel adalah menggunakan kolom di software sebagai tempat untuk memasukkan data atau angka.

Cara ini agak sedikit rumit, tetapi Anda bisa langsung mencobanya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Microsoft Excel dan tunggu sampai muncul tampilan Excel
  • Klik cell yang hendak Anda masuki angka atau data

rumus pengurangan di excel

  • Setelah itu, ketik sama dengan (=) di kolom tersebut

cara pengurangan di excel

  • Pilih cell lain yang ingin digunakan untuk proses pengurangan

pengurangan excel

  • Klik tombol enter pada keyboard
  • Tunggu beberapa detik, lalu hasilnya akan muncul
  • Sebelumnya tentu saja Anda jangan lupa masukkan data atau angka di cell yang dipilih.

Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya secara berurutan. Cara yang satu ini mungkin sedikit rumit, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba jika rumus Excel pengurangan tidak bisa digunakan.

Menggunakan Angka dalam Operasi Pengurangan di Excel

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk melakukan operasi pengurangan di Microsoft Excel adalah dengan memakai angka.

Cara yang satu ini bisa terbilang mudah karena tidak memerlukan waktu lama untuk menyelesaikannya. Anda bisa ikuti tahapannya pada penjelasan di bawah ini.

  • Buka Microsoft Excel
  • Pilih dua cell yang hendak dimasuki angka (Misalnya Anda memilih angka 9 dan 3)

pengurangan di excel

  • Kemudian klik tanda sama dengan (=) di cell tersebut

cara pengurangan excel

  • Tekan enter
  • Lalu hasilnya akan muncul dalam hitungan detik saja

Rumus pengurangan Excel yang satu ini sangat mudah bukan untuk diterapkan? Anda tidak perlu menghabiskan waktu banyak untuk menghitungnya karena cukup dengan rumus simpel saja sudah mendapatkan hasil tersebut.

Cobalah untuk melakukan pengurangan yang lainnya jika telah berhasil.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memperhatikan contoh penggunaan rumus tersebut.

Misalnya, Anda ingin mengurangi 100 dengan 50. Disini, Anda  bisa tulis 100 di cell A3 dan 50 di kolom B3, kemudian tulis rumus A3-B3 pada C3. Setelah itu, hasilnya akan muncul dalam hitungan detik.

Cell Excel Sebagai Konstanta

Cara lain yang juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif jika kedua rumus di atas tidak bisa berfungsi dengan baik adalah menggunakan cell sebagai konstanta dalam operasi pengurangan.

Jika Anda masih belum memiliki gambaran bagaimana cara mengaplikasikannya, silahkan simak uraian berikut.

  • Buka Excel
  • Gunakan rumus =H3 – $G$2. Maksud dari rumus ini adalah cell H3 dikurangi G2.

pengurangan di excel

  • Lambang $ mengartikan bahwa cell G2 yang Anda pilih untuk jadi konstanta.

Fungsi lain dari lambang $ tersebut adalah sebagai sebuah perintah kepada Excel agar tidak mengubah posisi cell G2 ke yang lainnya, baik itu di bawah atau di atasnya.

Jadi Anda tidak akan kebingungan ketika menggunakan rumus pengurangan Excel ini.

Selain itu adanya lambang $ tersebut juga mengartikan bahwa kolom G2 adalah cell yang permanen, sehingga hasil pengurangannya tidak bisa berpindah.

Yang perlu Anda ketahui juga adalah, rumus tersebut bisa diubah cellnya sesuai dengan keinginan Anda terkait di kolom mana yang ingin dioperasikan.

Anda juga bisa menyeret nilai H4 dan H5 dengan tetap menambahkan lambang konstanta di G2. Ketika Anda menyeret kolom di sebelah H3, maka semuanya akan terisi dengan angka yang dihasilkan dari operasi pengurangan tersebut.

Cara-cara di atas bisa Anda coba satu persatu untuk mengetahui man acara yang paling mudah untuk diterapkan.

Kini Anda pun tidak perlu menghitung secara manual karena bisa memakai cara pengurangan di Excel di atas, kapan pun ingin menghitung angka dengan operasi hitung pengurangan.

Setiamah Setya

Perkenalkan nama saya Setiamah. Pada dasarnya bermain kata adalah bagian hoby saya sejak lama. Seiring berjalannya waktu, akhirnya jadilah dia bagian dari hidup saya sejak beragam wawasan baru saya dapatkan dari menulis berbagai tema.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *