Roaming: Ini Fungsi dan Cara Mengaktifkannya

Akses internet di masa sekarang semakin mudah jika dibandingkan dengan akses internet pada beberapa tahun lalu. Karena itulah di zaman sekarang akan sangat mudah untuk menemukan jaringan internet. Perkembangan teknologi bahkan telah merambah ke berbagai tempat yang awalnya dianggap terpencil sehingga sekarang jaringan untuk mengakses internet dapat dijangkau di wilayah terpencil sekalipun.

Meski perkembangan zaman dan teknologi begitu pesat selama beberapa tahun belakangan, namun tetap saja ada beberapa kondisi yang menyebabkan jaringan internet menjadi sulit untuk didapatkan. Salah satunya adalah saat Anda sedang berada di luar negeri.

Dewasa ini, berkunjung ke luar negeri tidak lagi sulit karena sarana transportasi yang tersedia semakin banyak. Globalisasi menyebabkan banyak orang yang lalu lalang dari satu negara ke negara lain baik untuk bekerja maupun untuk menikmati waktu liburan mereka.

Namun, kemungkinan Anda akan merasa sulit untuk mendapatkan jaringan internet seperti halnya di negara sendiri. Ini karena jaringan internet yang disediakan oleh provider seluler seperti halnya di negara sendiri akan semakin sulit didapatkan karena terkendala oleh jarak. Meski begitu, Anda masih dapat menikmati layanan provider seluler seperti biasa dengan fitur yang disebut roaming data.

Roaming Adalah Suatu Kondisi Dimana Perangkat Komuniasi Terhubung

apa itu roaming
Roaming adalah suatu kondisi dimana perangkat komunikasi Anda seperti smartphone misalnya terhubung secara otomatis ke jaringan internet saat Anda sedang berada di wilayah yang tidak terjangkau oleh jaringan ponsel Anda. Caranya adalah dengan memanfaatkan penyedia layanan atau provider lain yang tersedia di wilayah tersebut.

Roaming data juga dapat diartikan sebagai kerja sama antara provider yang ada di Indonesia dengan provider di negara lain sehingga memungkinkan pemakai provider seluler dari Indonesia untuk tetap dapat mengakses internet meskipun sedang berada di negara lain. Meski begitu, arti roaming tidak hanya terbatas pada kemampuan mengakses jaringan internet di negara lain.

Baca Juga  4 Cara Membuat Google Form Serta Cara Menggunakannya

Roaming data adalah fitur yang membuat pengguna provider untuk tetap dapat menikmati layanan provider seluler seperti biasa meskipun sedang berada di luar negeri. Dengan kata lain, fitur roaming merupakan fitur yang membuat pengguna provider seluler dapat menikmati layanan mengirim dan menerima pesan berupa SMS dari orang lain.

Tentunya, pesan yang dimaksud termasuk mengirim dan menerima pesan SMS dalam bentuk multimedia. Selain dapat menerima dan mengirim pesan, fitur roaming juga memungkinkan penggunanya untuk menelepon atau menerima telepon dari orang lain di manapun bahkan melakukan panggilan kepada orang lain yang berupa video call.

Fitur roaming data juga memungkinkan penggunanya untuk menerima semua telepon dalam bentuk voice mail jika ponsel atau smartphone pengguna sedang dalam mode pesawat. Dengan kata lain, telepon tersebut akan tersimpan dalam bentuk voice mail yang dapat dibuka oleh pengguna fitur roaming data saat ponselnya tidak lagi dalam mode pesawat.

Biaya Roaming Data

arti roaming
Meskipun fitur roaming data dapat memberikan kemudahan kepada pengguna provider untuk berkomunikasi bahkan saat sedang tidak berada di negara sendiri, namun roaming adalah fitur yang membutuhkan biaya. Biaya roaming data bersifat relatif dan sangat dipengaruhi oleh penyedia layanan internet yang dipakai.

Umumnya, biaya yang harus dibayarkan bagi Anda yang ingin menikmati fitur roaming cukup besar. Provider juga dapat mengurangi pulsa Anda dalam jumlah besar yang bahkan terkesan tidak wajar.

Terlebih jika Anda menggunakan jaringan internet. Biaya yang dibebankan kepada Anda mungkin jauh lebih besar dibanding layanan provider seluler yang lain seperti SMS dan telepon.

Karena itulah sangat disarankan bagi Anda yang akan bepergian ke luar negeri untuk menggali informasi tentang biaya yang harus dibayarkan saat menggunakan fitur roaming data. Dengan menggali informasi tentang biaya roaming data, Anda akan dapat memperkirakan seberapa besar biaya yang harus Anda bayar untuk menikmati fitur roaming data tersebut.

Baca Juga  3 Cara Menghapus Halaman di Facebook Secara Permanen

Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terkejut saat melihat tagihan telepon Anda yang mungkin menjadi membengkak. Selain itu, dengan memperkirakan berapa banyak biaya yang harus Anda bayar untuk menikmati fitur roaming, Anda juga dapat menyiapkan uang yang diperlukan untuk membayar biaya roaming data.

Jika Anda sedang berlibur di luar negeri dan ingin menikmati biaya roaming data yang lebih murah, Anda bisa mencoba paket-paket roaming yang disediakan oleh provider Anda. Dengan cara tersebut, pulsa Anda tidak akan langsung dipotong untuk membayar roaming data tersebut. Pembelian paket roaming data terkadang sifatnya wajib. Jika tidak dilakukan ada kemungkinan roaming data tidak bisa aktif.

Jika Anda masih merasa bingung terkait perlu atau tidaknya membeli paket roaming data, Anda bisa menghubungi provider yang Anda pakai untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Termasuk informasi tentang paket roaming data apa saja yang disediakan oleh provider yang bersangkutan.

Cara Mengaktifkan Roaming Data

roaming data adalah
Fungsi roaming adalah yang telah dijelaskan memberikan gambaran bahwa roaming data sangatlah penting saat Anda berkunjung ke luar negeri. Karena itulah fitur roaming data perlu diaktifkan sebelum Anda menjejakkan kaki di negeri orang. Untuk mengaktifkan roaming data, sangat disarankan agar Anda membeli paket roaming data terlebih dahulu dari provider yang dipakai.

Biasanya, paket SMS, telepon dan internet atau kuota sudah dijadikan satu dalam paket roaming data. Meski begitu, roaming data tidak harus langsung diaktifkan jika Anda belum memerlukan layanannya. Terlebih jika Anda masih terjangkau oleh jaringan provider Anda sendiri.

Jika Anda sudah tidak terjangkau oleh jaringan provider sendiri dan benar-benar harus melakukan komunikasi dengan orang lain melalui perangkat seluler Anda, barulah Anda bisa mengaktifkan fitur roaming data. Cara mengaktifkan roaming data adalah dengan mengikuti beberapa langkah. Langkah pertama adalah buka setelan atau pengaturan kemudian buka menu kartu sim.

Baca Juga  Tutorial Cara Menggunakan Kuota Maxstream dan 4 Fungsinya

Setelah jendela menu kartu sim terbuka, Anda akan menghadapi berbagai pilihan menu. Dari berbagai menu tersebut, pilihlah menu roaming data kemudian aktifkan roaming data dari menu tersebut. Setelah mengaktifkan roaming data, restart ponsel atau smartphone Anda.

Jika ponsel atau smartphone Anda telah direstart, sambungan ponsel Anda ke internet dapat diaktifkan kembali. Dengan begitu, roaming data sudah aktif dan Anda dapat menikmati layanan dari roaming data tersebut meskipun sedang berada di negara lain.

Bagi Anda yang menggunakan iPhone, Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut ini untuk mengaktifkan roaming data. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengaktifkan roaming data adalah membuka menu setting atau pengaturan pada iPhone Anda.

Kemudian cari dan pilih atau buka menu data seluler. Setelah menu data seluler terbuka, aktifkan roaming data agar fitur roaming data dapat aktif atau digunakan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati jaringan internet maupun layanan perangkat seluler seperti halnya saat di negara sendiri.

Dika Permana

Dika Permana

Hidup di dunia maya ditemani suara keyboard yang nyaring berbunyi. Yuk jelajahi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *