Tutorial

AdaKami Apakah Aman? Baca Review, Syarat, Kelebihan dan Kekurangannya 

Sempat marak beriklan di Youtube dan sosial media, aplikasi AdaKami menawarkan pinjaman online sebagai solusi memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Kamu yang tertarik dengan iklan-iklannya harus simak dulu seperti apa review AdaKami ini. Apalagi kalau kamu berencana untuk meminjam dalam jumlah yang besar. 

Apakah AdaKami ini termasuk pinjol yang aman? Apakah tidak menerapkan bunga tinggi? Bagaimana penagihannya jika kamu terlambat membayar cicilan? 

Simak review lengkapnya ini dulu. 

Apa Itu AdaKami?

aplikasi adakami terbaru
Image: Playstore

Aplikasi AdaKami sudah rilis sejak tahun 2018 di bawah naungan PT Pembiayaan Digital Indonesia. Kantornya ada di Kuningan Timur, Jakarta Selatan. 

Tidak sedikit yang menanyakan aplikasi AdaKami apakah aman. Keamanan ini dibuktikan dengan statusnya yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Jadi jika kamu ingin mengajukan pinjaman tidak perlu khawatir karena aplikasi ini lega dan operasionalnya sudah diawasi OJK. 

Sebagai perusahaan Fintech yang berizin, AdaKami berani menyediakan pinjaman ke masyarakat sampai dengan 10 juta rupiah. Tenor yang disediakan maksimal hingga 12 bulan. 

Kamu yang mungkin membutuhkan dana untuk tambahan modal atau memulai usaha baru bisa mencoba mengajukan terlebih dahulu di AdaKami. 

Tidak sedikit masyarakat yang sudah mencoba aplikasi ini dan sebagian besar memberikan review AdaKami secara positif. 

Apalagi dengan syarat pinjaman yang tidak terlalu sulit membuat siapa saja yang tidak memiliki kartu kredit bisa mengajukan pinjaman di aplikasi ini. 

Meminjam di AdaKami Apakah Aman?

AdaKami mengklaim memiliki sertifikat keamanan yang berskala internasional, jadi para penggunanya bisa merasa aman data pribadinya berada di tempat yang tepat.

AdaKami sendiri telah resmi masuk ke dalam perusahaan yang memiliki izin dan wajib mematuhi ketentuan yang berlaku di bawah OJK.

Tentu saja ketika sebuah perusahaan tersebut melakukan pelanggaran, OJK tidak akan sungkan memberikan sanksi yang sesuai bahkan hingga pencabutan izin beroperasinya.

Jenis Pinjaman di AdaKami 

cicilan biaya adakami

Sebagai aplikasi pinjaman online, AdaKami sudah mempertimbangkan untuk meluncurkan dua produk sekaligus. 

Produk ini dirilis dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat Indonesia akan pinjaman dana tunai. Berikut ini dua pilihan produk yang bisa kamu dapatkan. 

1. Pinjaman Harian 

Sesuai dengan namanya, pinjaman ini menyediakan metode pembayaran harian yaitu dari 14, 21 sampai 28 hari.

Beberapa orang menyebutkannya sebagai pinjaman sekali bayar karena kamu hanya perlu melunasinya sekali. Kamu yang mungkin butuh uang untuk belanja bisa memanfaatkan produk ini. 

Kebanyakan orang yang baru saja mendaftar ke AdaKami selalu berhasil untuk mengajukan pinjaman ini. Limitnya pun tidak terlalu besar dengan tambahan bunga 0,4% per harinya. 

2. Pinjaman Cicilan 

Kalau yang ini pinjaman dengan jumlah yang cukup besar yaitu limit sampai 10 juta rupiah. Cicilan dibayarkan setiap bulan sesuai dengan tenor yang kamu pilih. 

Mengingat cicilannya sampai berbulan-bulan maka AdaKami menentukan bunga yang cukup rendah dibandingkan produk sebelumnya yaitu 0,3% sampai 0,5% per hari. 

Soal produk AdaKami bisa dicicil ini kamu bisa cek terlebih dahulu simulasinya dengan kalkulator yang sudah disediakan dalam aplikasi setelah mendaftar. 

Kamu tinggal masukkan saja perkiraan dana yang ingin dipinjam dan juga tenor. Maka akan muncul informasi berapa cicilan yang harus kamu penuhi setiap bulannya. 

Kehadiran fitur simulasi ini memudahkan kamu untuk menetapkan berapa jumlah pinjaman dan kesanggupan untuk membayar sebelum mengajukannya. 

Syarat Pinjaman AdaKami 

Review AdaKami yang tidak kalah penting tentu saja adalah soal syarat untuk mengajukan pinjaman. Di awal sudah disebutkan kalau syaratnya tidak terlalu sulit. 

Tidak ada agunan yang harus kamu berikan atau kartu kredit untuk bisa meminjam. Berikut ini beberapa syarat yang perlu kamu penuhi. 

1. Syarat Usia 

Kamu haruslah Warga Negara Indonesia yang memiliki usia 21 sampai dengan 50 tahun. Syarat usia ini memang tidak sama seperti pinjol lain yang minimal 18 tahun. 

2. Sudah Memiliki Penghasilan Tetap

Tidak disebutkan berapa penghasilan tetap yang harus kamu miliki, namun sebaiknya kamu harus berpenghasilan minimal 3 juta rupiah jika ingin mengakses pinjaman limit 10 juta rupiah. 

3. Memiliki Rekening 

Supaya uang bisa ditransfer kamu harus memiliki rekening bank sendiri. Rekening ini juga harus sama namanya dengan di akun AdaKami yang sudah kamu beli. 

4. Memiliki eKTP 

Syarat usia 21 tahun sudah pasti kamu memiliki eKTP bukan? Jika saat ini eKTP kamu rusak sebaiknya cetak ulang karena nantinya harus difoto dan dimasukkan ke formulir pengajuan. 

5. Memiliki Aplikasi AdaKami 

Kamu harus memiliki smartphone yang sudah diinstal aplikasi AdaKami. Kamu juga harus membuat akun sehingga bisa mengakses fitur-fitur pinjamannya. 

Sekilas review AdaKami ini cukup menguntungkan karena tidak ada mempersulit dan setelah mengajukan prosesnya pun sangat singkat. 

Kelebihan Pinjaman di AdaKami 

Kelebihan Pinjaman di AdaKami 
Image: adakami.id

Apa yang membuat AdaKami ini menarik perhatian tentu saja karena kelebihan-kelebihan yang ditawarkan. 

Setelah membaca syaratnya dan kamu tertarik, kenali juga apa kelebihannya.

Mungkin saja beberapa kelebihan ini akan membuat kamu lebih mantap untuk meminjam. 

1. Semua Proses Online 

Tidak ada akses pinjaman dilakukan secara langsung di kantor cabang, semuanya serba online. Sekali kamu menginstal aplikasi maka ikuti saja proses yang sudah disediakan. 

Kamu hanya perlu memilih produk, mengisi formulir, upload foto KTP dan menunggu konfirmasi dari admin. Pastikan saja semua syarat yang dibutuhkan telah dipenuhi. 

2. Menyediakan Banyak Fitur Menguntungkan 

Mengakses layanan AdaKami bukan menguntungkan dari segi nominal pinjamannya tetapi juga fitur yang disediakan. 

AdaKami memiliki fitur check in di mana kamu bisa mendapatkan poin jika sering membuka aplikasinya. Poin yang terkumpul bisa dimanfaatkan untuk mendapat hadiah. 

Baik itu hadiah berupa pulsa, potongan cicilan dan masih banyak lagi. Ada juga fitur undian berhadiah yang kamu tukarkan menggunakan poin tadi. 

3. Menyediakan Program Referral 

Beberapa AdaKami review juga menyebutkan kalau aplikasi ini menyediakan program referral. Setiap kali kamu berhasil mendapatkan pengguna yang memanfaatkan kode referral milikmu maka bisa langsung ditukarkan poin. 

Nah, poin ini nantinya bisa kamu tukarkan ke fitur-fitur menarik yang sudah disediakan. 

4. Proses Pencairan Cepat 

Kamu yang sudah berhasil disetujui pengajuan pinjaman tidak perlu menunggu lama. Dana akan ditransfer dalam 10 menit saja ke rekening yang diberikan. 

Jadi pastikan saja kalau rekening sudah benar sehingga dana tidak salah kirim. 

5. Menyediakan Tenor Lama 

Tenor pinjaman AdaKami termasuk kategori yang panjang. Ketika aplikasi pinjol lainnya hanya menyediakan waktu 6 bulanan, AdaKami bisa sampai 12 bulan. 

Kekurangan AdaKami 

Ada juga kekurangan AdaKami pinjaman online yang perlu kamu kenali. Kekurangan ini bisa jadi poin pertimbangan untuk meminjam yang sangat penting. 

1. Bunga yang Cukup Tinggi 

Perhitungan bunga di AdaKami dilakukan per hari jadi jika ditotal dalam sebulannya sangat tinggi. 

Kamu harus bersiap untuk membayar bunga yang tinggi ini setiap bulannya. 

2. Denda yang Tinggi 

Selain bunga, denda keterlambatan membayar cicilan juga selangit. Kamu harus membayar 50 ribu rupiah jika terlambat. 

Jadi pastikan kamu harus tepat waktu membayar cicilan, jika tidak denda akan semakin membengkak. 

3. Penagihan Langsung 

Beberapa review AdaKami yang cenderung negatif adalah penagihan yang dilakukan secara langsung atau mendatangi rumah. 

AdaKami termasuk layanan yang menyediakan penagihan menggunakan debt collector lebih cepat dibandingkan aplikasi pinjol lainnya. 

Kamu yang terlambat membayar beberapa hari saja harus bersiap untuk didatangi oleh para debt collector. 

Sudah tahu seperti apa review AdaKami dan yakin ingin meminjam? Kamu bisa langsung saja untuk mengajukan pinjaman dengan instal aplikasinya terlebih dahulu. 

Yuliarti Swan

Yuliarti Swan, lulusan jurusan televisi dari ISI Jogja yang mendalami dunia tulis menulis sejak awal kuliah. Pernah menjadi staf marcomm selama 4 tahun dan kini berprofesi sebagai freelance Content dan Copywriter. Topik yang sering tulis saya sehari-hari saat ini antara lain teknologi, gaya hidup, dan keuangan. Saat ini saya bekerja sebagai freelance content di salah satu portal teknologi yang membahas secara detail mengenai tutorial, tips dan gadget.

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button